Cara Mengganti Email Utama Facebook Dengan Email Yang Baru

Cara untuk mengganti email utama facebook atau FB yang sudah lama digunakan dengan alamat e-mail yang baru sangat mudah dan bisa dilakukan baik menggunakan layanan yahoo ataupun gmail.Penggantian ini harus dilakukan jika ada masalah,contohnya e-mailnya sudah tidak bisa di akses atau dinonaktifkan.

Mengganti email facebook dengan yang lama dengan yang baru ini bukan pembahasan tentang diblokirnya akun FB anda yaa.Jadi langkah ini dilakukan untuk anda yang MASIH bisa log in,bukan anda yang akunya sudah dihapus pihak FB.



Cara Mengganti Email Facebook Dengan Yang Baru




Cara-Mengganti-Email-Utama-Facebook

E-Mail yang ada di FB sebenarnya digunakan selain untuk mendaftar dan membuat akunya,alamat ini juga berguna sebagai tempat menerima pemberitahuan dan notifikasi apapun dari FB.

Artikel ini saya tuliskan berdasarkan apa  yang saya alami alami beberapa waktu yang lalu.Sebenarnya selama ini saya memang aktif menggunakan aplikasi media sosial ini dan selama ini saya log in seperti biasanya,saya fikir hal tersebut tidak masalah.

Sampai beberapa hari yang lalu,saya iseng-iseng untuk membuka alamat e-mail YAHOO yang saya gunakan untuk mendafatar akun FBnya.Alangkah terkejutnya saya melihat notifikasi yang muncul saat saya tuliskan alamat YAHOO MAIL saya di kolok log in,disana tertulis " MAAFKAMI TIDAK MENGENALI EMAIL INI ".

Pertama saya sempat heran,ini maksudnya apa,karena setahu saya,kalau salah alamat emailnya atau salah paswrdnya,notifikasinya tidak seperti itu.Setelah saya cari tahu ke berbagai sumber,saya dapatkan satu kesimpulan bahwa "E-MAILnya SUDAH DINONAKTIFKAN ".


Masih bisa log in walaupun emailnya sudah dinonaktifkan


Ini yang sebenarnya paling membuat saya bingung.Kalau emailnya sudah nonaktif,kok saya masih bisa masuk dan log in akun? ternyata setelah saya hubungi pusat bantuan FBnya,saya dapat jawabanya.

Mereka mengatakan bahwa " untuk log hanya diperlukan menuliskan alamat email uatama/nomor telepon yang digunakan untuk mendaftarkan akun dan mengisi paswordnya saja ".Masalah emailnya sudah nonaktif atau nomornya sudah tidak terpakai,itu tidak masalah,yang penting dulu keduanya sudah TERVERIFIKASI.
Maksudnya begini : saat anda mendaftar menggunakan email dan emailnya sudah terverifikasi,ya sudah,anda bisa menggunakanya untuk log in dengan menuliskan alamat emailnya ( walaupun emailnya sudah tidak bisa dibuka ).

Begitupun dengan nomor telepon.Ketika anda mendaftarkan nomor telepon dan sudah TERVERIFIKASI,maka anda bisa menggunakanya untuk log in ( walaupun nomornya sudah tidak terpakai ).OK,sekarang kita ke inti pembahasanya.


Langkah Mengganti dan Menghapus Email Utama Facebook


Untuk bisa menggantikan email utamanya dengan yang bari di FB anda,langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai beriikut :

  • Masuk akun FB anda
  • Klik " setting " atau " pengaturan " ( icon garis tiga di pojok kanan atas akun anda )
  • Pilih "informasi pribadi " atau " private information "
  • Akan terlihat beberapa pilihan disana
  • Pilih " edit " pada bagian ALAMAT E-MAIL

cara-merubah-email-facebook



  • Pilih " tambahkan alamat e-mail " seperti gambar diatas
  • Isikan alamat e-mail baru yang ingin anda tambahkan
  • Isikan kata sandi atau pasword anda
  • Pilih " tambahkan e-mail 
  • Secara otomatis,sistem akan mengirimkan konfirmasi ke e-mail terbaru anda
  • Buka pesan yang masuk tersebut
  • isikan " kode " yang dikirmkan kedalam kotak kosong yang tersedia,atau
  • Klik " link " atau " tautan " yang ada di dalam pesan masuk e-mail baru anda
  • Selesai

Dengan langkah tersebut,anda sudah bisa menambahkan alamat yang baru.Lalu langkah selanjutnya apa? langkah selanjutnya adalah anda MENGHAPUS e-mail yang lama kemudian menjadikan yang baru sebagai alamat utama,langkahnya sebagai berikut :

  • Masuk menu setting/pengaturan akun FB anda
  • Pilih " informasi pribadi 
  • Pilih " edit " di bagian " alamat emailnya "
  • Akan terlihat 2 alamat emaaill ( 1 yang lama,1 lagi yang baru " )
  • Pilih " hapus " PADA ALAMAT YANG LAMA
  • Isikan pasword anda
  • Klik " Lanjutkan " atau OK 
  • Selesai


E-MAIL Kode Konfirmasi Tidak Masuk ke Alamat E-mail Yang Baru


Ini adalah masalah yang sampai sekarang belum ada pemecahanya.Saya sendiri mencoba segala cara tidak berhasil medapatkan kode via emailnya.Mulai dari mengganti emailnya sampai berkali-kali,mengutak attik settingan dan masih banyak lagi yang saya lakukan,tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil.

Tetapi MASIH ADA JALAN KELUAR.Ada 2 opsi yang akan saya berikan untuk anda.1 opsi berdasarkan pengalaman pribadi,opsi yang lain berdasarkan pengalaman teman.Adapun SOLUSI untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah :

  • Menghubungi Pihak Bantuan Facebook ( tetapi melalu menu " penggantian nama " )

Jadi anda berpura-pura mengajukan komplain kepada CS nya,katakan bahwa anda tidak bisa mengganti nama.Setelah ada balasan dari sana,anda katakan bahwa anda tidak mendapatkan kode konfirmasi si e-mail yang baru.

Menurut teman saya,pihak FB akan " mereboot " sistem FB kita menjadi seperti semula.Dan setelah itu,teman saya bisa mendapatkan konfirmasi apapun.Saya sedang mencobanya sekarang.

  • Menggunakan nomor telepon untuk log in

Ini opsi yang saya sendiri lakukan.Jadi intinya,anda mengubah nomor telepon yang lama dengan yang baru,kemudian lakukan tahapanya sampai proses VERIFIKASI selesai.Setelah itu,anda LOG IN nay hanya menggunakan nomor tersebut saja untuk seterusnya.Langkah penggantian nomor teleponya ada di artikel lain.




Dengan melakukan beberapa langkah dan pilihan diatas,saya harapkan sekarang anda sudah tidak khawatir dan terlalu memusingkan permasalahan emailnya lagi.Artikel lainya juga mungkin bisa membantu anda :






Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengganti atau menghapus email utama facebook (  FB ) untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti amailnya sudah dinonaktifkan dan lain sebagainya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

6 komentar

6 komentar untuk Cara Mengganti Email Utama Facebook Dengan Email Yang Baru.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Anonim

Makasih bro, sngat membantu

Balas Hapus
.
Iqbal
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
.
Iqbal

Btw cara hubungi CS fbnya gimana?
Mhon jwabannya bro

Balas Hapus
.
Puji Hartono

ada di menu bantuan :

1. pilih menu pusat bantuan
2. Pilih kebijakan dan pelaporan
3. pilih masukan tentang fitur
4. anda akan diarahkan ke halaman kosong ( form kosong )
5. isikan semua keluhan anda di form kosong
6. klik kirim

Atau anda bisa gunakan opsi pilihan yang lain,silahkan cari dan pilih saja,intinya cari yang ada form untuk menuliskan keluhan anda,nanti akan dibalas oleh pihak FBnya.

Balas Hapus
.
Iqbal

Udah gan, gaada balasan

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tolong jelaskan masalah detail anda apa.Jika masalahnya mengganti email utama,seharusnya menggunakan langkah diatas bisa dilakukan.Kalau hanya ingin mendapatkan balasan dari CS FB,maka tidak perlu difikirkan lagi.

Coba jelaskan,anda kesulitanya di bagian mana dan ingin bagaimana?

Balas Hapus