Tips Diterima Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Ada beberapa tips diterima kerja di indomaret yang harus anda lakukan supaya bisa lolos tes seleksi dan dapat tanda tangan kontrak di perusahaan ritel tersebut.Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri saat mendaftar dan bisa lulus dan bekerja disana.

Langkah yang bisa anda lakukan supaya bisa diterima bekerja di indomaret tidaklah terlalu sulit karena memang test yang diberikan tidak susah.terlebih lagi mungkin persainganya juga tidak terlalu banyak dibandingkan dengan persaingan masuk perusahaan sekelas astra group.Silahkan disimak baik-baik untuk penjelasanya.



Cara Supaya Bisa Diterima Bekerja di Indomaret




tips-diterima-kerja-di-indomaret




Salah satu perusahaan ritel terbesar di indonesia ini selain memiliki banyak cabang,tentunya membutuhkan banyak karyawan untuk keberlangsungan produktivitasnya bukan? inilah mungkin yang mebuat lowongan disini sering sekali dibuka.

Hal utama yang menjadi tolak ukur apakah anda berhak lolos bekerja atau tidak adalah HASIL TESnya.Saya akan jelaskan secara detail prosesnya untuk anda,silahkan disimak baik-baik :


Pakaian saat melamar kerja di indomaret harus rapih


Langkah awal tentunya adalah mendaftarkan diri.Jika anda datang untuk melamar di tempat ini,pakaian yang perlu anda gunakan adalah :
  • Sepatu hitam polos
  • Celana panjang hitam bahan
  • Baju putih berkerah ( bisa lengan panjang bisa pendek )
  • Rambut dan kumis jenggot dicukur rapih


Ini adalah pakaian yang umumnya dikenakan.karena saya dulu juga deperti itu.Jangan coba-coba iseng dengan tidak mematuhinya ya,walaupun nama perusahaan ini tidak sebesar ASTRA,tetapi jika anda tidak mematuhi peraturan,petugas tidak segan mengusir anda keluar loh,jadi ikuti aturanya saja ya.

Kemudian jika anda sudah mendaftarkan diri anda,tentunya anda akan menunggu panggilan mengikuti tesnya.Jika anda beruntung dan memang TUHAN memberikan rezeki untuk anda,anda akan mendapatkan penggilan tes itu.Langkah selanjutnya bagaimana?

Selanjutnya adalah anda harus mengikuti  tahapan seleksi prosesnya.Ada beberapa tes dan training yang harus anda lalui,berikut saya jelakan rincinya :


Pertanyaan dan jawaban tes indomaret harus memenuhi nilai minimal


Saat anda sudah mendapatkan panggilan seleksi awal,silahkan pergi menuju tempat yang ditentukan dengan menggunakan pakaiaan seperti yang saya tuliskan diatas.Tapi biasanya semuanya akan tertulis lengkap di SMS yang anda terima.Ikuti semua perintah dan petunjuknya.

Untuk alurnya kurang lebih seperti ini :


1. matematika dasar


Soal pertama adalah matematika dasar.Bentuknya hitung-hitungan uang hampir seluruh soal,paling beberapa yang hanya berupa kilogram dan meter sentimeter saja.Saya masih ingta beberapa soalnya,anggap saja ini bocoran soal untuk anda,hehe.Kurang lebih seperti ini :
  • Budi membawa uang 75.000.Dia membeli buku seharga 5.000 sebanyak 3 buah.blpoint seharga 2.500 1 buah dan 3 buah pensil seharga 1.500.Berapa uang kembalianya?
  • Jika 1 ons harganya 3.500,berapa harga untuk 2.5 kilogram?


Untuk menjawab matematika dasar,tipsnya adalah :

Sebagian besar soalnya memang tidak jauh--jauh dari uang,mungkin karena ini meruapakan toko jual beli kali ya.Soal yang kilogram dan sentimeter hanya beberapa saja,tetapi untuk persiapan,saya sarankan anda untuk belajar sebanyak-banyaknya supaya jika bentuknya nanti lain dari pengalaman saya dulu,anda tidak kaget.


2. Interview atau wawancara


Percaya atau tidak,pengumuman yang lolos dengan yang tidak langsung hari itu juga.Dan jika lolos,anda akan dipersilahkan mengikuti wawancara pada hari berikutnya sesuai dengan yang telah diitentukan.

Pertanyaanya sederhana dan tidak terlalu sulit,saya ingat beberapa saja,kurang lebih seperti ini :
  • Perkenalan diri ( nama,lulusan,pekerjaan orangtua,jumlah saudara ) ya perkenalan biasa saja
  • Hobi
  • Kegiatan sehari-hari
  • Alasan mencari kerjaan


Seingat hanya seperti itu saja.Mungkin karena kubutuhan yang mendesak,jadi prosesnya seperti itu.Tetapi saya tidak tahu apakah memang seperti itu atau seperti yang saya katakan.

Saat menjawab wawancaranya,tipsnya adalah :
  • Harus tegas
  • Jangan bertele-tele jika menjawab ( kalau memang pas,jawab saja dengan siap/ya saja )
  • Gunakan pakaian rapih sesuai panduan yang ada di panggilan SMSnya ( karena sebelum mulai anda akan disuruh berdiri dan HRD akan melihat pakaian anda )
  • Duduk tegap jangan bersender kursi


Pengumumanya tidak hari itu juga,melainkan beberapa hari setelahnya melalui SMS.Jika memang rezeki anda.anda akan dipanggil untuk mengikuti training di DC/TC pusatnya.Ingat,ini belum selesai yaa,masih ada tahapan selanjutnya.


Ikuti training dengan baik sesuai peraturan


Seperti yang saya katakan sebelumnya,jika anda beruntung,anda akan dipersilhakan mengikuti proses ini.Saya akan jelaskan untuk anda sedetail mungkin.

Training ini adalah semacam kegiatan pemberian materi terkait apa saja yang harus dilakukan di toko nantinya dan hal apa yang tidak boleh dilakukan.Waktunya bermacam-macam,untuk pramuniaga biasanya 10 hari,untuk kasir biasanya 15 hari tetapi bisa berubah sesuai kebutuhan.

Yang menjadi point disini bukan hanya MATERI TRAINING DI INDOMARETnya saja,melainkan ada yang tidak kalah penting yaitu : peraturan!

Supaya bisa lolos,tipsnya adalah sebagai berikut :
  • Selalu ikuti peraturan yang berlaku ( apapun itu baik pakaian,rambut,sepatu,sabuk,dll )
  • Jaga kesopanan ( tutur kata dan perilaku )
  • Jaga tatakrama saat dikelas
  • Selalu ikuti perintah pemberi materi,jangan dilawan dan patuhi saja
  • Jangan sampai telat apalagi tidak masuk ( jika sakit,masuk saja,nanti izin ke klinik )
  • Jika anda salah dan mendapat hukuman,jangan dibantah,ikuti saja


Kenapa saya katakan seperti itu,karena pemberi materi training punya kuasa penuh untuk menggagalkan anda dan menyuruh anda pulang.Jadi saat anda sudah pada tahapan ini,anda harus dana wajib tidak melakukan kesalahan ( yang fatal ).

Saat saya dulu,ada 4 anak yang gagal disini,kesemuanya itu dikarenakan tidak bisa mejaga sopan santun.Mereka yang gagal tersebut memang kalau bicara seperti tidak ada saringanya,asal ceplos saja.Saya sempat tidak percaya kalau mereka disuruh pulang dan gagal,tetapi kenyataanya memang seperti itu.


Lalaui masa percobaan di toko dengan baik


Masa percobaan? apa ini? ini adalah tahapan terahir anda untuk bisa tanda tangan kontrak selama kurang lebih 1 tahun.Jadi sebelum itu,anda akan diberikan masa percobaan,waktu saya dulu,lamanya adalah 3 bulan.Jika dalam 3 bulan anda bisa melaluinya dengan baik,anda akan ditawari tandatangan kontrak selama 1 tahun kedepan.

Supaya tahapan terahir ini sukses,tipsnya adalah :
  • Jangan sampai telat datang
  • Lakukan tugas sesuai dengan perintah senior dengan baik ( jika beruntuk anda akan mendapati senior yang baik,tapi begitupun sebaliknya ) tidak usah takut,karena senior yang tidak baik,bisa dilaporkan ke supervisor atau pertugas di DC/TC nanti
  • Usahakan memang terlihat anda niat bekerja dan jangan sampai terlihat anda itu pemalas
  • Jaga tatakrama dengan personil yang lain


Setelah 3 bulan,pihak pusat akan meminta kepala toko anda untuk memberikan penilaian tentang diri anda.Jika nilainya baik,seperti yang saya katakan,anda bisa TTD kontrak untuk 1 tahun kedepan.Dan secara resmi anda sudah diterimaa bekerja di toko indomaret,selamat.

Ada beberapa artikel lain yang mungkin bisa sedikit membantu anda :


- Jenis tes matematika yang sering membuat gagal para calon karyawan baru

- Tugas atau jobdesk karyawan indomart sesuai dengan jabatan masing-masing

- Cara menjadi karyawan tetap di indomartt


Demikian pembahasan mengenai tips diterima bekerja di indomaret yang saya tuliskan berdasarkan apa yang saya alami sendiri.Semoga bisa sedikti membantu anda yang ingin melamar pekerjaan di ritel ini.Terimakasih telah membaca,see uu.
50 komentar

50 komentar untuk Tips Diterima Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Pribadi.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

udh interview dan isi bioadata terus kita harus nunggu panggilan gitu mas katanya disuruh nunggu 2 minggu ?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Iya,memang harus menunggu.Tetapi jika sampai 2 minggu belum ada pemanggilan,saya harap anda TANYAKAN ke DC pusatnya perihal kejelasan statusnya.

Banyak sekali para pelamar yang " acuh " saat tidak ada kejelasan status kelulusan mereka.Saya harap anda AKTIF dan tidaka acuh seperti yang lainya.Semoga membantu.

Balas Hapus
.
Anonim

Senior nya suka jutek jutek ngga ke juniornya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kadang iya,tapi banyak juga yang humble kok.Jadi pribadi yang asyik dan menyenangkan saja,nanti seniornya juga asyik,kalau mereka tetep jutek ya,anggap saja nggak ada.

Balas Hapus
.
Unknown

Pak, di info lowonganya jm 8, bisa gak perginya jm 9 atau 10,, karna rumah saya jauh dri pusat indomaret

Balas Hapus
.
Puji Hartono

tidak boleh/dilarang/jangan dilakukan! Datang paling tidak setengah jam atau satu jam sebelum waktu yang ditentukan.Saya benar-benar kasih himbauan ini,tolong jangan sampai telat.

Balas Hapus
.
Angga maulana

Bang kalo masa training di toko itu masih menggunakan pakain putih hitam tah?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Masih mas,sampai anda tanda tangan kontrak.Setelah TTD,baru boleh pakai seragam.Kalau masih training pakai seragam ( minem senior biasanya ),ketahuan supervisor bisa kena omel,apalagi ketahuan manager.

Balas Hapus
.
Unknown

Gimna Cara Nya Masukin Lamaran Nya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Bisa kirim via pos langsung ke pusat sesuai kotamadya masing-masing,bisa dititipkan ke toko ( hanya kalau sedang buka loker ).

Balas Hapus
.
bella purnama

Saya udh interview terus disuruh jangan pulang dulu kemudian disana nulis apa saja yg harus d bawa ketika training. Setelah menulis apa saja yg d bawa untuk training hrd menyuruh untuk menunggu telepon dari pusat. Kira kira gimana ya kalo ginii

Balas Hapus
.
Puji Hartono

90% anda akan dipanggil,tetapi anda juga harus sabar dan tetap optimis walaupun segala kemungkinan itu pasti anda.Sepengalaman saya,jika sudah seperti itu,sangat besar kemungkinanya untuk dipanggil kembali.

Balas Hapus
.
Geo

Saya mau nanya pak, kan saya pas tgl 12/07/19 itu ngelamar trs lanjut interview nah abis itu disuruh pulang setelah ttd di kertas kecil gt pak yabg isi nya ada 12 prosedur kalo ga salah. Nah trs katanya saya disuruh nunggu seminggu nanti dikabarin lwt telf/wa buat kelanjutan training katanya pasti gak php. Skrg udah hampir seminggu apa kira2 ini diterima atau ga ya pak? Trs kalo ditelf sehari seblm apa gmn

Balas Hapus
.
Haqul

Gan kalau setelah interview disuruh nunggu 2 minggu. Batas panggilan selanjutnya itu lebih tepatnya biasanya hari ke berapa ya gan sebelum 2 minggu atau pas 2 minggu gan? Mohon pencerahan

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak bisa dipastikan,tetapi 90% sebelum waktu 2 minggu itu.Jika lebih,tenang saja,masih ada harapan ( kemungkinan menunggu yang lama habis kontrak dulu ).

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Banyak sekali yang menanyakan hal ini.Jika memang anda tes di perusahaan ( bukan terkena oknum penipuan ),maka seharusnya sudah hampir bisa dipastikan anda akan lolos.Untuk pemberitahuanya biasanya via SMS yang dikirim masal ke peserta yang lulus,tetapi terkadang juga lewat telfon.

Balas Hapus
.
Unknown

Pak saya mau nanya apa boleh pakai kemaja warna lain karna warna putih gak punya pak apa boleh

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Setau saya itu DIWAJIBKAN.Jika berani menerima resiko dan siap mental,pakai yang ada saja.

Balas Hapus
.
Unknown

Pak,saya serius sangat ingin bertanya pak,hehe.. 2 hari lalu saya melamar pekerjaan di Indomaret,setelah saya melewati tes matematika dan psikotes saya pun interview. Akhir dari kata-k ata hrd itu adalah "tunggu kabar ya,nomor anda aktif kan? Cek SMS" saya lupa menanyakan kurun waktu sampai kapan saya menunggu. Kebetulan saya kandidat pertama yg di interview. Kandidat kedua dia disuru menunggu 1 bulan, lalu ada pula yg 2 minggu dan boleh pulang. Nah beberapa orang yg lolos ternyata tidak dipulangkan,karna esok lusanya langsung pemberkasan ke pusat tangerang 2.

Lalu Pak, apa saya masih dalam pertimbangan? Saya sudah tanda tangan persetujuan apa bila dapat panggilan, tapi hrd trsbt tidak memberi tahu saya kapan batas waktunya. Artinya apa ya pak? Terimakasih pak,mohon bantu jawab kegelisahan saya,hehe 😂

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Saya sudah tuliskan jawaban untuk pertanyaan seperti ini dalam artikel saya baru-baru ini.Silahkan dibaca dan difahami dengan seksama isi dari artikel tersebut.

Balas Hapus
.
Unknown

Apakah di indo marco ada pabrik roti?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Indomarco adalah sebutan lain untuk indomart.Jadi kedua nama itu artinya sama saja.

Balas Hapus
.
aji

sms untuk ikut tes disuruh pake polo shirt ama jeans item min,klo pake polonya item gpp min?..trs sepatunya harus formal kah?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jika tidak ada keterangan HARUS WARNA APA di SMSnya,maka pakai warna hitam boleh.Sepatu juga sama,jika tidak ada ketentuan,maka bisa pakai jenis apa saja.Usahakan yang formal saja.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya suka artiikel nya terimah kasih banyak😊😊😊

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sama sama yaa.

Balas Hapus
.
Unknown

Apakah ada bekas tindik tidak di terima di indomaret ?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau ketahuan pas cek fisik,TIDAK BISA.

Balas Hapus
.
FrengkyALun

Gimana gan, ketrima nggak ?

Balas Hapus
.
Unknown

tips supaya bisa lulus dalam tes psikotesnya gimana pak?saya udah 5 kali tapi tetap gagal

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya.Silahkan and cari dan pelajari dengan baik materinya.

Balas Hapus
.
Unknown

Kk di brosur loker nya tidak ada keterangan warna sepatu,apakah itu berarti boleh sepatu bebas?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

kalau bisa,diusahakan sekali pakai yang warna hitam.Tapi kalau benar-benar tidak ada,pakai yang ada saja.

Balas Hapus
.
Unknown

Ijin tanya, kan saat lolos psikotes disuruh mengisi formulir recruitmen apakah bisa diisi setelah pulang selesai interview? Apakah itu mempengaruhi lolos tidaknya tes recruitmen ini? Dikarenakan menunda pengisian form

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak berpengaruh,tapi kenapa di isi ketika pulang bukan setelah selesai?

Balas Hapus
.
Unknown

Permisi mau tanya saya kan dapat panggilan test dan psikotes tapi di luar kota lebih tepatnya saya dapat panggilan di daerah gresik sedangkan saya berdomisili di surabaya, setelah diterima apakah nanti di tepatkan di surabaya atau tetap di daerah gresik yaa mohon dijawabbb kak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak pasti,yang jelas biasanya dicari lokasi terdekat.Kalau tidak ada yang kosong,ikut perusahaan mau dimana tempatkanya.

Balas Hapus
.
Unknown

Kak saya mau tanya, jika mendapat panggilan psikotest dari Indomaret lewat wa saya harus apa? Lgsg datang ke tempatnya apa harus ada yg diisi lagi kak mohon jawabannya karna Senin besok saya mendapat panggilan psikotest 🙏

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ikuti apa yang tertulis di WA saja. Usahakan datang BAWA TEMAN ATAU SAUDARA JANGAN SENDIRIAN kecuali kamu yakin itu tempat tes memang asli tempatnya.

Balas Hapus
.
Unknown

Mohon maaf izin bertanya,jika sudah lolos test lalu sudah interview lalu disuruh nunggu 2 minggu,itu bagaimana🙏apakah ada kemungkinan untuk diterima,🙏

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Itu banyak kemungkinanya, saya sudah jelaskan di artikel. Silahkan ketik di kolom menu/pencarian artikel dengan judul arti menunggu panggilan tes.

Balas Hapus
.
Nyangkem babasan jeung paribasa

Jadi intinya tes Indomaret itu berturut-turut? atau hanya satu hari?dari tes psikotes, tes keterampilan, interview,test fisiknya sampai lolos training nantinya kak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

2 2 nya bisa. Mempertimbangkan jumlah pelamar kerja,tempat tes nya dan waktu masih memungkinkan atau tidak.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya mau tanya kalo sudah mengunggah biodata harus nunggu 1 bulan ya kalo gak ada panggilan atau sms dari perusahaannya gimana ya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

datangi kantor DC nya,,coba tanyakan kalau ingin informasi yang benar benar jelas.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

karena kadang, tidak ada panggilan belum tentu gagal. Bisa pending atau alasan lainya.

Balas Hapus
.
moch arifin

pak mau nanya,apakah saat interview ada test mata minus pak?semisal minus tapi ga berkacamata apakah bisa pak?terima kasih🙏🏻

Balas Hapus
.
Puji Hartono

tes mata ada, cuma selama itu tidak terlalu parah, boleh.

Balas Hapus
.
Adel

Kak maaf mau nanya itu yg tes matematika nya ditulis apa langsung jawab? Dan bagaimana kalo Jawaban kita salah? Mohon bantuannya kak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

ditulis, kalau salah coret aja, ganti dengan jawaban baru.

Balas Hapus