Contoh Psikotes Gambar Pohon yang Baik dan Benar + Penjelasan

Contoh psikotes gambar pohon yang baik dan benar yang akan saya bahas sudah lengkap dengan penjelasan dan cara menggambarnya.Salah satu bentuk yang paling umum adalah pohon mangga atau yang berkambium,tetapi ada point penting dalam pembuatanya,jadi silahkan fahami dengan baik penjelasan dalam artikel kali ini.

Psikotes gambar pohon dan orang atau manusia bisa dikatakan hampir sama dalam menggambar atau langkah membuatnya.Filosofi atau penilaianya hampir sama,hanya bentuk gambarnya yang berbeda.


Psikotes Gambar Pohon



Pengertian

Psikotes gambar merupakan sebuah tahapan sikotes kerja dimana calon karyawan baru yang sewdang diseleksi harus mengerjakan sebuah soal tes yang mengharuskan mereka untuk menggambar sesuatu sesuai instruksi HRD,salah satunya adalah bentuk pohon.

Sebenarnya ada banyak sekali bentuk yang sering sekali keluar dan diujikan kepada calon karyawan baru,tapi untuk kali ini saya akan membahas khusus yang satu ini.Untuk bentuk yang lainya anda bisa mencarinya di artikel saya yang lainya.


Tujuan

Tujuan atau fungsi tes menggambar pohon ini adalah untuk melihat atau menilai :
  • Kepribadian
  • Kreativitas

- Kepribadian :  Kepribadian atau karakter anda akan terlihat jelas disini,terutama dalam hal " kepatuhan mengikuti instruksi ".Sebuah perusahaan lebih menyukai seseorang yang patuh daripada orang yang pintar dan genius.

- Kreativitas : Tingkat kreativitas anda juga akan terlihat disini.Semakin kreativ seseorang,hasil gambarnya akan semakin bagus ( tetapi ini bukan point utamanya ).Point utamanya adalah pada penilaian kepribadian.


Apa saja bentuk pohon yang sering keluar saat psikotes?

Ada banyak bentuk yang sering keluar dan diujikan saat sikotes,antara lain :
  • Mangga
  • Rambutan
  • Durian
Dan mungkin masih banyak lagi.TAPI apapun bentuknya,HAMPIR SELALU menggunakan jenis yang berkambium atau ber akar tunggang ( akarnya besar ).

Saya sendiri hampir puluhan kali mengikuti sikotest bentuk ini dan SEMUANYA menggunakan bentuk atau jenis pepohonan yang seperti itu.


Bentuk gambar pohon yang bagus seperti apa? Kenapa bentuk gambarnya selalu seperti itu?

Dalam penilaian keperibadian atau karakteristik,bentuk pepohonan yang memiliki bagian yang lengkap adalah bentuk yang memiliki nilai yangbagus,bagianya meliputi :
  • Daun
  • Dahan/Ranting
  • Akar
  • Batang
  • Buah
Apa hubunganya dengan pekerjaan? Bentuk pepohonan yang memiliki bagian yang lengkap,bisa menginterpretasikan pribadi seseorang dengan lengkap pula.Maksudnya begini : Bagian daun untuk menilai ini,bagian dahan untuk menilai itu dan seterusnya ( saya akan perjelas di bagian bawah artikel ini ).


Psikotes Menggambar Pohon Berkambium


Ada beberapa bentuk yang akan saya berikan untuk anda khususnya untuk bentuk pepohonan yang memiliki kambium karena memang bentuk ini yang sangat sering keluar.

Pepohonan yang berkambium adalah pepohonan yang memiliki cabang berkayu atau sederhananya pepohonan yang dahanya becabang dan biasanya bisa digunakan sebagai kayu.Berikut contohnya :


1. Nangka


Bentuk pertama adalah pepohonan berbuah nangka.bentuknya kurang lebih seperti ini :


contoh psikotes gambar pohon yang baik dan benar

Sebenarnya bentuk diatas sudah bagus ( hampir sempurna ),tetapi alangkah baiknya kalau akar juga terlihat,kenapa? Supaya bagian-bagian pohonya terlihat semua dan lengkap.

Untuk bentuk orang atau manusia yang ada di gambarnya,itu hanya opsional ( jika HRD memberikan instruksi untuk menambahkan bentuk manusia atau orang,maka anda HARUS menambahkanya dan jika HRD hanya menginstruksikan bentuk pepohonan saja,maka gambarlah pepohonan saja.


2. Rambutan


Bentuk kedua adalah pepohonan rambutan.Bentuknya kurang lebih seperti ini :


bentuk gambar pohon psikotes yang benar

Pada gambar diatas bisa dikategorikan " KURANG BAGUS ",kenapa? Karena bagian pohonya kurang lengkap.Jika anda membaca semua penjelasan saya dari awal,point kelengkapan bagian pohon merupakan point sangat penting ketika mengerjakan sikotes bentuk seperti ini.

Apa yang salah atau bagian apa yang kurang dari bentuk diatas? Selain buahnya tidak tergambar,akarnya juga tidak terlihat.Selain itu bentuk dahanya terlalu pendek.Anda bisa menggunakan contoh yang pertama untuk membuatnya lebih sempurna lagi.


Tes Psikotes Menggambar Pohon Mangga



Bentuk pepohonan yang sangat sering digunakan baik oleh HRD atau pelamar kerja sebagai opsi yang paling mudah dan membuatnya.Mungkin karena bentuk pepohonan ini sangat sering dijumpai di sekitar kita.

Gambar pohon mangga yang berbuah adalah bentuk yang memiliki nilai bagus asalkan bagian lainya juga digambar dan terlihat jelas.Berikut contohnya :


contoh psikotes gambar pohon mangga yang berbuah


Bentuk diatas masuk kedalam kategori HAMPIR SEMPURNA,kenapa belum sempurna padahal bentuknya sangat bagus? Yapp,karena bagian akarnya tidak terlihat.

Loh mas,akar itu kan didalam tanah,otomatis tidak terlihat dong,gimana gambarnya?

Kalau anda mengatakan seperti itu,mungkin anda belum melihat pepohonan yang SUDAH TUMBUH SEMPURNA.Jika pohonya sudah tumbuh sempurna,akan terlihat ( walaupun sedikit ) akar yang keluar dari tanah.

Itulah yang harus anda gambarkan.Atau anda bisa menggunakan opsi lain dimana anda menggambarnya langsung ( seolah-olah tanahnya transparan ).Jadi bentuk akarnya akan terlihat dibawah tanah ( itu tidak apa-apa ).


Kenapa bagianya harus lengkap?

Dari semua bentuk percontohan yang saya berikan,point utamanya adalah " LENGKAP BAGIANYA ",hal ini dilakukan HRD untuk menilai kepribadian anda,karena bagian-bagian yang anda gambarkan memiliki filosofi tersendiri.

- Gambiar yang bagianya lengkap bisa mencerminkan : Anda adalah seseorang yang TELITI dan sabar dalam kehidupan dan memperhatikan hal-hal yang detail.Jadi jika bekerja nanti,anda akan dinilai akan menjadi karyawan yang teliti ( walaupun mungkin aslinya tidak seperti itu ).

Orang yang ceroboh dan tidak sabaran,akan cenderung menggambarnya dengan asal-asalan ( yang penting jadi lah ).Perusahaan mana yang mau punya karyawan seperti itu.

- Daun : Bagian ini mencerminkan OTAK KIRI anda.Orang yang orak kirinya bagus,akan menggambarkan bentuk ini dengan baik,sementara sebaliknya tidak demikian.Otak kiri mencerminkan daya logika atau daya logis seseorang.

- Dahan atau batang : Bisa untuk menilai tingkat emosional seseorang.Brntuk dahan atau batang yang bercabang-cabang mencerminkan seseorang yang sedikit rumit dalam pemikiranya.Sementara bentuk cabang dan dahan yang sederhana,mencerminkan kesederhanaan atau tidak neko neko orangnya.

- Buah : Buah mencerminkan hasil dari sebuah pekerjaan.Orang yang menggambarkan buah,akan terlihat sebagai pribadi yang mementingkan hasil dalam bekerja.Agak sedikir jelek jika seseorang tidak memikirkan hasil ketika bekerja ( kerjanya jadi asal jadi saja nanti ).

- Akar : Akar mencerminkan keteguha atau ketetapan seseorang.Seseorang yang menggambarkan akar dengan bentuk yang bagus,bisa diartiken seseorang tersebut memiliki " benteng/pertahanan " hidup yang kuat.


Apakah gambarnya harus BAGUS?

TIDAK.Yang terpenting bagianya lengkap dan jelas bentuknya.Hindari menggambar yang bentuknya tidak jelas misalnya : gambaran daun lebih mirip seperti awan ( masa ada awan di atas pohon,pohon kayangan kah? ).

Ingat yaa,tidak harus bagus,yang penting lengkap bagianya dan jelas itu gambar bagian apa.Itulah kesalahan yangs ering sekali dilakukan para pelamar kerja saat mengerjakan psikotes gambar pohon,jadi perhatikan semua panduan dalam artikel ini yaa.


BACA :




Demikian pembahasan tentang contoh psikotes gambar pohon yang baik dan benar saat seleksi kerja berlangsung.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

1/07/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Psikotes Gambar Pohon yang Baik dan Benar + Penjelasan.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar