Psikotes Gambar Rumah yang Benar + Penjelasanya

Psikotes gambar rumah yang benar merupakan bentuk test yang hampir sama dengan menggambar pohon ataupun orang ketika berlangsung seleksi calon karyawan baru.Penilaian didalamnya juga hampir sama yaitu menilai kepribadian atau karakter dari diri anda pribadi.

Tes psikotes menggambar rumah yang baik dan benar harus anda fahami jika ingin mendapatkan nilai bagus di mata HRD perusahaan dan bisa bersaing dengan kandidat lainya.Ada beberapa tips dan trik yang bisa anda gunakan ketika anda mendapati bentuk soal yang seperti ini.


Psikotes Menggambar Rumah



cara menggambar rumah saat psikotes



Psikotes gambar baik gambaran rumah kemudian pohon dan orang merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam melihat karakteristik dari para kendidat karyawan baru mereka.Inilah kenapa,hampir di setiap psikotes akan selalu muncul bentuk soal yang seperti ini.


Kenapa harus gambar?

Karena dalam sebuah seleksi calon karyawan,ada beberapa kriteria yang perusahaan cari untuk setiap kandidatnya,antara lain :
  • Intekegensi atau tingkat kecerdasan
  • Kepribadian
  • Logika berfikir
  • Kemampuan bekerjasama
  • Kepatuhan terhadap peraturan dan instruksi
  • Kerajinan dan kerapihan

Dari semua kriteria tersebut,perusahaan " mengakali " semua itu dengan bentuk soal-soal dan instruksi yang berbeda untuk tiap kriteria.

Akan saya perinci disini :

- Untuk perusahaan yang ingin mengukur atau menilai tingkat kecerdasan para kandidat laryawan baru mereka,biasanya perusahaan akan melakukan sebuah tes dalam bentuk soal yang mengharuskan para calon karyawan untuk berfikir,contohnya : test matematika.

- Sedangkan untuk mengukur kapribadian atau karakteristtik,biasanya perusahaan menilainya dengan bentuk soal kepribadian ( hampir mirip pelajaran PPKN dulu ) dan tes gambar.


Apakah anda sudah mengerti? Jika belum,fahami paragraf ini :

Tahukah anda jika tingkat kepribadian dan karakter anda BISA TERLIHAT dari gambar yang anda buat? Dan selain dari itu,ada beberapa hal yang bisa menggambarkan kepribadian atau karakter anda,antara lain :
  • Cara berpakaian
  • Cara berbicara
  • Bentuk tulisan
  • Hobi
Dan masih sangat banyak hal yang bisa mencerminkan tingkah laku seseorang secara tersirat atau tidak langsung.Inilah kenapa proses " menggambar " menjadi salah satu hal yang sering diujikan ketika sikotes berlangsung.

Sekarang anda sudah tahu KENAPA dan APA SEBABNYA bentuk soal seperti ini.Langkah selanjutnya dalah " Gambar rumah psikotes yang baik dan benar " itu bagaimana?

Untuk trik dan tipsnya adalah sebagai berikut :


1. Gambarlah semua bagian lengkap


Maksudnya bagaimana? Dalam sebuah tempat tinggal,sudah parti memiliki bagian-bagian yang " selalu " ada bukan? itulah yang harus anda gambarkan secara detail.Bagian-bagian tersebut antara lain :
  • Pintu
  • Jendela
  • Pagar
  • Tiang penyangga ( biasanya di bagian depan )
  • Atap
Intinya anda harus menggambarkan secara lengkap,kenapa harus menggambar secara lengkap? Karena dari sini ada sebuah penilaian berupa :

- Kelengkapan gambar mencerminkan anda adalah seorang yang detail dalam melakukan segala sesuatu.Hal tersebut sangat baik di mata perusahaan,karena anda akan dinilai orang bisa diandalkan jika diberikan sebuah pekerjaan penting.


2. Khusus bagian pintu dan jendela usahakan dalam keadaan terbuka


Untuk bagian pintu dan jendela yang terbuka,akan mencerminkan anda adalah seorang yang terbuka atau pemikiranya terbuka.Hal ini sangat bagus,karena anda akan dinilai sebagai pribadi yang mudah untuk menerima usulan,kritik atau saran dari orang lain.

Sangat tidak pas jika ada seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan tetapi memiliki perangai atau karakter " seenaknya sendiri ",karena sebuah perusahaan sudah pasti memiliki tujuan untuk dicapai dan dikerjakan dengan kerjasama yang baik.


3. Hindari garis tebal ( sekali gores ) dan penghapusan


Saya sarankan untuk tidak menggambarnya dengan sekali gores saja apalagi ditambah garis yang sangat tebal.Gambarlah dengan garis tipis perlahan dan setelah yakin sudah maksimal,barulah anda menebalkan garisnya.

Selain itu,hindari penghapusan gambarnya secara berkali-kali ( mungkin sesekali menghapus masih wajar ) namanya juga manusia.Tetapi saya sarankan untuk anda menjaga kertas supaya tetap rapih.

Kenapa hal tersebut penting? Karena,selain tingkat ketelitian anda,tingkat kehati-hatian anda juga terlihat disini.Anda akan dinilai sebagai pribadi yang selalu berhati-hati dalam melakukan berbagai hal.

Jika anda menggambarnya dengan hanya satu kali gores saja dan banyak kesalahan penghapusan,anda akan terlihat sebagai pribadi yang ceroboh.Ini sangat buruk untuk penilaian anda dimata perusahaan atau HRD.


Apakah boleh menggambar orang dan pohon atau sawah atau sejeninsya untuk pemanis?

Jika memang hanya ada instruksi untuk anda supaya menggambar RUMAHNYA saja,anda boleh untuk menambahkan pemanis lainya,DENGAN CATATAN :


4. Gambar rumahnya harus lebih besar dari gambar lainya


Maksudnya adalah : Tempat tinggal yang anda gambarkan harus memiliki ukuran lebih besar atau lebih " mencolok " dari gambaran lainya,kenapa?

Karena akan terlihat bahwa anda lebih mengutamakan perusahaan daripada kepentingan pribadi dan akan lebih mendahulukan praturan atau perintah daripada ego anda sendiri.Ini sangat baik untuk anda nantinya.


5. Gambarlah pagar dan tiang yang kuat


Untuk bagian tiang biasanya ada di depan rumahnya atau teras dan sebisa mungkin anda membuat pagar juga mengelilingi tempat tinggal tersebut ( dengan akses jalan/yang bisa untuk dilalui berjalan ).Jadi anda JANGAN membuat pagar FULL memagari hunian,karena akan sangat aneh nantinya ( masuknya lewat mana? lompat? ).

Hal ini akan mencerminkan diri anda yang " menjaga sesuatu dengan baik dan akan terlihat sebagai seseorang yang berfikir " bagaimana caranya membuat sesuatu menjadi kuat dan kokoh ".HRD bisa menilai sangat baik untuk hal ini.


Saya mamiliki sebuah pengalaman pribadi untuk jenis test seperti ini.Dulu saya sempat mengikuti seleksi di sebuah gerai telepon ternama,dan tahukan anda bahwa hanya inilah bentuk test yang diberikan ( yapp,tidak ada matematika dan lainya ) hanya ini saja.

Setelah saya menggambarkan sebuah tempat tingal dan langsung dinilai HRD,penilaianya " SANGAT BURUK ".Gambarnya yang saya buat kurang lebih seperti ini :



gambar rumah yang salah saat psikotes


Kurang lebih hampir sama seperti itu gambarnya.Tahukah anda apa yang terjadi? Selain saya GAGAL,saya juga mendapatkan penilaian sangat jelek dari HRD.Berikut percakapan saya dengan HRDnya :

- HRD : Ini gambar kamu ya?
- Saya : Iya pak
- HRD : ( tanpa basa basi ) gambarnya ndak bagus,tapi ndak masalah,yang jadi masalah : kamu orangnya tertutup,kurang teliti,sedikit ngawur,tidak tahan tekanan,sama satu lagi kamu nggak betah dirumah ya?
- Saya : ( whatt,Kokk TAU nih orang ) iya pak ( dengan nada pasrah dan sedikit heran karena memang seperti itu kenyataanya )
- HRD : nanti kami hubungi kalau anda lolos
- Saya : ( sedikit yakin kalau sudah GAGAL ) salahnya dimana pak?
- HRD : ( senyum ) kamu tau yaa? jadi gini mas : Rumahnya yang anda gambarkan selain tidak detail,anda malah gembar orang dan pohonya yang " DIBAGUSKAN " kan instruksinya bukan itu.Orang dan pohon untuk pemanis saja toh?
- Saya : iya pak
- HRD : Rumahnya itu saya lihat sebagai sebuah perusahaan dan gambar lainya saya ibaratkan sebagai karyawan didalamnya termasuk anda.Anda membuat perusahaan ala kadarnya,tetapi membuat pohon sebagus mungkin,anda egois nanti,lebih memntingkan diri sendiri daripada perusahaan
- Saya : Maaf pak,saya ndak mudeng
- HRD : Silahkan baca buku tentang psikologi dasar manusia nanti anda mudeng


Dan setelah saya membaca sedikit,saya sedikit mengerti dan terciptalah artikel ini.Jadi hanya dengan sebuah " picture " karakteristik anda akan terlihat ( dimata HRD/psikolog profesional tentunya ).

Jika informasi ini masih kurang untuk anda,silahkan baca artikel yang lain yang masih berhubungan dengan psikotest gambar ini.

BACA :



Demikian pembahasan tentang psikotes gambar rumah yang benar dan baik dimata HRD atau perusahaan ketika anda mengiktui seleksi calon karyawan baru.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

12/09/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Psikotes Gambar Rumah yang Benar + Penjelasanya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar