Kisi-kisi Soal Tes Psikotes dan Wawancara di Bank ( BRI,MANDIRI,BCA dan BNI )

Kisi-kisi soal tes di bank baik itu psikotes,wawancara atau interview dan proses lainya yang akan saya tulis ini adalah hasil rangkuman dari beberapa teman saya yang kebutulan pernah mengikuti seleksi calon karyawan,ada yang untuk perbangkan BRI,MANDIRI,BCA dan ada juga yang untuk BNI.

Tetapi berdasarkan beberapa teman yang saya introgasi tersebut hampir secara keseluruhan soal tes yang diujikan dan keluar hampir sama saja terutaman untuk psikotesnya.Dan wawancaranya pun pertanyaan yang diajukan juga tidak terlalu jauh berbeda satu dengan yang lain,untuk itulah saya coba tuliskan disini.Siapa tahu bisa bermanfaat untuk anda semua.



Kisi-Kisi psikotes dan Wawancara atau Interview di Bank




kisi-kisi-tes-di-bank



Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seorang pelamar kerja supaya bisa diterima bekerja di bank.Psikotes dan wawancara atau interview di bank merupakan salah satu dari banyaknya sistem penyeleksian yang ada.Dan pada tahapan inilah biasanya banyak sekali para pelamar yang gagal dan tidak berhasil.

Jika anda dalam waktu dekat akan mengikuti proses seleksinya atau sekedar ingin mengetahui bagaimana tahapan-tahapanya,silahkan fahami dengan baik apa yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini.Semoga dengan artikel ini,saya bisa sedikit membantu anda semua supaya bisa berhasil melalui berbagai tahapan test yang ada.

Seperti yang saya katakan sebelumnya,bahwa ini adalah hasil rangkuman dari beberapa teman yang saya tanyai mengenai bagaimana dan soal apa saja yang keluar saat mereka mengikuti proses seleksi disana.Tetapi saya hanya akan membahas detail tentang psikotes dan wawancara atau interviewnya saja,untuk proses yang lain,mungkin hanya sedikit saja,berikut kisi-kisinya :


1. Psikotes


Sebenarnya ini bukanlah tahapan paling awal,karena tahapan paling awal biasanya adalah seleksi administrasi.Pada seleksi administrasi,anda hanya perlu memberikan berkas sesuai dengan apa yang pihak bank minta.Jika semuanya sesuai,anda kemungkinan besar akan lolos.

Tahapan selanjutnya yaitu psikotest ini,inilah bagian terssulit dari serangkaian proses seleksi penyaringan calon karyawan yang ada.Ada beberapa soal yang diberikan dalam tahapan ini,yaitu :

  • Kraeplin atau Pauli


Ini adalah bentuk soal yang paling sering digunakan untuk berbagai macam perusahaan dalam merekryt calon karyawan mereka.Bentuk soalnya sendiri seperti hitungan dasar dimana terdapat pola tambah-tambahan angka sebanyak satu lembar kertas full.

Jika anda belum mengerti tentang kraeplin/pauli ini,silahkan lihat gambar dibawah :

kraeplin


Jika anda sering mengikuti seleksi perusahaan,saya yakin anda tidak akan asing dengan soal ini.Tetapi jika anda baru menemuinya,ada baiknya anda belajar bagaimana cara mengerjakanya dengan baik dan benar yang sudah saya sediakan dibagian bawah artikel ini.

  • Matematika Deret Angka

Ini bentuknya adalah deretan angka yang memiliki " pola dan rumus tersembunyi " didalamnya.Tugas anda adalah mencari rumus apa yangdigunakan untuk bisa menjawab dan mengerjakan pertanyaan yang diberikan.Saya berikan contohnya :
- 2,4,6,8,.....
Angka berapa jawabanya? jawaban yang benar adalah = 10
Karena pola atau rumusnya dalah : semua bilangan ditambahkan 2
- 2,5,8,11,14,....
Angka berapa jawabanya? jawaban yang benar adalah = 17
Karena pola atau rumus tersembunyinya adalah : semua bilangan ditambahkan 3
Anda harus sering berlatih untuk bisa mengerjakan soal bentuk yang seperti ini,karena polanya tidak hanya model yang sederhana seperti itu,ada pola " perkalian " pembagian " bahkan " kuadrat " pun sering digunakan.

  •  Matematika Soal Cerita


Kalau untuk bentuk yang satu ini,saya rasa anda semua sudah sangat familiar,karena di jenjang sekolah dulu,bentuk ini selalu keluar entah itu saat ujian semester maupun ujian kelulusan.Saya akan berikan contohnya :

- Andi berkendara dari kota A ke kota B yang berjarak 100 km.Jika anda berkendara dengan kecepatan 10 km per jam dan istirahat selama 1 jam,berapa lama perjalanan andi?

Ini adalah versi yang paling simpel,anda bisa kembangkan sendiri dengan mencarinya di berbagai buku panduan mengerjakan soal matematika khususnya untuk test di bank.

  • Menggambar Pohon dan Orang


Terdengar sangat mudah kah? tetapi kenyataanya tidak semudah dan se simple yang terdengar.Memang intinya anda semua hanya harus menggambarkan orang dan pohon saja,lalu apa yang dinilai? dan bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan nilai yang tinggi dan bagus?

Ada beberapa point penting saat anda menggambarnya,berikut point pentingnya :

- Ketika anda menggambar orang,gambarlah bagian tubuhnya secara utuh,dimana terlihat dengan jelas semua anggota badan dan terlihat jelas perbedaanya ( yang mana tangan yang mana kaki ).

- Ketika anda menggambar pohon,gambarlah pohon yang berakar tunggang ( pohon rambutan,mangga,durian,dll ) dan gambarlah semua bagianya dengan jelas ( daun,buah,batang,akar ).

  • Tes Kepribadian


Bentuk soal ini adalah bentuk dimana pengerjaanya tidak menggunakan rumus dan memang tidak ada rumusnya.Anda harus menjawab pertanyaan atau pernyataan yang diberikan dengan jawaban yang paling sesuai dengan kepribadian anda masing-masing.

Saya berikan contohnya :

- Dalam sebuah tempat kerja,saya paling suka :

a. diruangan sendiri dan mengerjakanya sendirian
b. diluar ruangan dengan banyak rekan kerja
c. mengerjakan pekerjaan tanpa ada gangguan sekecil apapun
d. menerima terget yang harus saya selesaikan sebagai tantangan bekerja


Diatas adalah salah satu contoh soal kepribadian yang ada di bank.Bentuknya bisa bermacam-macam dan bervariasi,bahkan salah satu teman saya mengatakan bahwa soal ini ada sekitar 200 soal.

  • Test Verbal




Ada 3 macam bentuk untuk tese ini,yaitu :

a. Test analogi

Ini adalah mencari kata yang berhubungan dengan kata pertama,saya berikan contohnya :

- Mendung = Hujan
- Lapar = Makan
- Haus = Minum

Kalau menurut saya pribadi,ini lebih ke arah hal apa yang akan dilakukan setelah kata pertama atau hal apa yang berkaitan dengan kata pertama.Yang membuat ini sedikit sulit adalah membedakan mana tes analogi,anonim dan sinonim.Tapi saya akan jelaskan perbedaan ketiganya sekalian disini.


b. Anonim

Ini adalah bentuk LAWAN KATA dari kata pertama,saya berikan contohnya :

- Terang = Gelap
- Langit = Bumi
- Suka = Benci

Anda bisa mempelajari ini di  berbagai buku dan artikel saya yang lainya.


c. Sinonim

Ini adalah bentuk PESAMAAN KATA,saya berikan contohnya :

- Laki-laki = Pria
- Cahaya = Nur
- Matahari = Surya


  • Kemampuan Numerik


Dari menjelaskanya panjang lebar,saya akan langsung memberikan contohnya untuk anda,berikut contoh soal numerik di bank :


a. Matematika dasar

Ini adalah bentuk matematika dasar,antara lain : luas bangun,kecepatan,berat,jarak dsb.


b. Pecahan

Contohnya sebagai berikut : 1/2 x 1/5 = ...... lalu 1/4 : 1/8 x 2/4 = ......


c. Persen

Contohnya : 25% x 2.5 % =......kemudian 65% : 15% = ......


Model soalnya bisa anda kembangkan sendiri dengan bantuan buku atau di artikel saya yang lainya.

  • Skill


Anda akan diminta membawa laptop,kemudian anda akan di instruksikan untuk menjalankan beberapa program yang ada disana ( jika belum punya,anda akan diberikan aplikasinya ).Beberapa program yang dijalankan antara lain :

- Words
- Axel
- Berbalas e-mail dengan benar

Ini biasanya yang paling sering digunakan.Anda bisa melatih kemampuan untuk program yang lain supaya anda bisa lebih siap dan matang untuk menjalani proses recruitmentnya.


2. Wawancara atau Interview


Proses ini tidak hanya 1 kali tapi ada yang 2 kali bahkan sampai 3 kali.Tetapi mau berapa kalipun,yang namanya wawancara kerja di bank,pasti tidak akan jauh berbeda pertanyaan yang diajukan oleh penyeleksinya.

Beberapa pertanyaan yang ditanyakan antara lain :

  1. Perkenalan Diri
  2. Hobi
  3. Skil yang dimiliki
  4. Menjelaskan tentang jurusan sekolah anda
  5. Motivasi anda bekerja apa
  6. Ide untuk memasarkan produk bagaimana
  7. Jika terjadi problem,bagaimana cara menangani menurut versi anda
  8. Ide untuk menambah nasabah
  9. Permasalahan yang sering dihadapi nasabah sebagian besar apa saja dan bagaimana mengatasinya 
  10. Cara menghadapi nasabah dengan berbagai karakter
  11. Terget setelah diterima bekerja
  12. Kekurangan dan kelebihan anda

Untuk lebih membantu anda,saya juga sudah tuliskan beberapa artikel lain yang ada dibagian bawah nanti.Untuk bisa menjawabnya dengan benar,selain anda harus melakukan riset terhadap perusahaan tujuan anda,anda juga harus berlatih dan banyak membaca tentang jawaban yang benar untuk interview di bank.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,ada beberapa artikel lain yang mungkin bisa membantu anda dalam menghadapi proses seleksi calon karyawan ini.Berikut beberapa artikel tersebut :







Demikian pembahasan tentang kisi-kisi tes di bank baik psikotes maupun wawancara atau interview.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.


8/05/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-kisi Soal Tes Psikotes dan Wawancara di Bank ( BRI,MANDIRI,BCA dan BNI ).

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente