Kisi-Kisi Soal Ujian EPS Topik Korea Pengalaman Dari Yang Sudah Lulus

Untuk kisi kisi soal ujian eps topik korea yang akan saya tulis ini berdasarkan dari informasi para teman saya yang bisa dan sudah lulus dan bekerja disana,karena memang saya sendiri punya banyak tetangga yang sedang belajar di sebuah LPK bahasa di daerah saya.untuk jadwal dan tatacaranya sudah saya tuliskan sebelumnya pada artikel saya tentang jadwal semarang dan jakarta serta alur test eeps topic terlengkap.

Apa saja dan bagaimana bentuk soal yang diberikan pada tahapan seleksi proses kerja ke korea ini tidaklah PASTI keluar tetapi lebih kepada mempermudah anda khususnya yang baru belajar dan belum menguasai banyak kosa kata supaya bisa lebih tahu dan mengira-ngira akan seperti apa nantinya.Kalau untuk anda yang sudah bertahun-tahun belajar dan menguasai banyak kosakatanya,mungkin persiapan yang perlu anda lakukan hanya oada bagian mental saja yaa,hehe.



Kisi-kisi dan soal yang keluar saat tes eps topik korea




kisi-kisi-soal-ujian-eps-topik-korea




Dalam sebuah seleksi magang ke negara K-POP ini,mungkin hal paling banyak ditanyakan dan dicari adalah apa saja soal yang keluar ketika berlangsungnya ujian.Untuk itu,kali ini saya akan sedikit membagikan " hasil perbincangan " saya dengan teman-teman dan tetangga saya yang sudah sukses diterima bekerja disana.

Tetapi perlu anda ingat dan catat,artikel ini tidak untuk menjamin soal apa saja yang akan keluar dan diujikan nantinya.Saya hanya berusaha berbagi pengalaman saja,supaya anda tidak terlalu kaget nantinya,apalagi untuk anda yang baru belajar sebentar dan akan ikut ujianya.Paling tidak anda ada sedikit gambaran akan seperti apa nantinya disana.


Soal ujian eps topik HRD korea


Kita langsung saja bahas ya.Untuk jumlah soal yang diberikan,mereka mengatakan bahwa ada sekitar 50 soal yang harus anda jawab pada sebuah kertas lembar jawaban.tetapi menurut informasi,tahun ini sitemnya akan diganti menggunakan komputer ( CBT ).

Tetapi intinya sama saja,bedanya hanya jika menggunakan kertas,anda mengisinya ya menggunakan bolpint/pensil dengan menebalkan bulatan kecil pada pilihan anda ( seperti ujian SMA dulu ) kemudian jika menggunakan komputer,anda hanya tinggal " klik " pada jawaban pilihan anda dan selesai.

Dari 50 soal,dibagi menjadi beberapa kategori pertanyaan,maksudnya begini :
  • 25 soalnya reading ( bacaan ) yang 25 lagi listening ( anda mendengarkan )


Untuk bentuk yang sering ditanyakan baik reading ataupun listeningnya kurang lebih seperti ini :


1. Kata benda


Menurut mereka,pasti kata benda akan keluar entah satu atau mungkin bisa sampai 3 pertanyaan nanti.Memang jalan keluar terbaik ya anda harus hafal semuanya,jika anda sudah hafal semuanya ya sudah mau apa lagi.

Tetapi untuk anda yang mungkin belum hafal banyak,silahkan hafalkan benda-benda yang umum yang sekiranya akan ditanyakan,contohnya :
  • Alat-alat kerja
  • Alat-alat keselamatan
  • Benda yang digunakan sehari-hari
  • Hewan
  • Sayuran
  • Makanan


Anda bisa mengira-ngiranya sendiri.Ini adalah salah satu TRIK CEPAT MENGHAFALKAN KOSAKATA yang teman-teman saya katakan.Jadi kalau sekiranya bendanya agak aneh atau mungkin tidak terlalu penting,ya tidak perlu,karena akan menambah beban otak anda ketika menghafalkanya nanti.

Contah kata benda yang mungkin bisa anda kesampingkan antara lain seperti : ban dalam,kuningan kabel,tutup radiator,dll.Saya yakin anda bisa memilah dan memilih mana yang sekiranya akan keluar dan mana yang tidak.


2. Musim


Jangan sampai melewatkan ini.karena mereka mengatakan,dari beberapa tahun lalu,pasti keluar,terlebih lagi jumlah kosa katanya sedikit.jadi jangan samapi anda tidak hafal ini,karena akan sangat rugi nanti.


3. Frekuensi 


Saya yakin anda sangat familier dengan kata : gerondhe,geromyon,geromm,myon,essoo,dll.Menurut mereka,malah jenis kata ini yang sering salah khususnya untuk mereka yang sudah lama.Kenapa? mungkin karena saking banyaknya kosakata,jadi hal sepelenya mereka lupakan.

Gunakan kesempatan ini,jangan sampai anda tidak hafal.memang terlihat sepele,tetapi mereka berani pastikan bentuk ini akan keluar nanti.


4. Letak atau lokasi


Ini juga tidak kalah sepelenya dari nomor sebelumnya,TETAPI lagi-lagi mereka mengatakan bahwa jenis ini pasti akan keluar entah satu atau dua nomor.Berdoa saja bisa lebih banyak.Mungkin memang sangat sepele,bahkan ketika saya membacanyapun terlihat sangat mudah,hanya : didepan,dibelakang,diatas,disamping,dibawah.

Dan lagi-lagi mereka berkata bahwa hal sepelelah yang justru sering dilupakan oleh para peserta ujianya.Saya harap dengan membaca ini,anda tidak melakukan kesalahan yang sama.


5. Munwha ( budaya )


Dalam beberapa soalnya nanti,akan ada pembahasan tentang budaya di negara sana.Pembahasan ini sudah tertulis dan ada di buku paket yang saya yakin anda semua juga sudah dapatkan dari LKP masing-masing.

Jika memang anda mampu,hafalkan itu semua.Ini akan sangat membantu,karena tidak hanya di readingnya saja,tetapi di listeningnya juga kemungkinan besar akan keluar.


6. Kata kerja dan kata sifat


Dari beberapa buku mereka yang saya baca,memang untuk jenis kosakata ini yang paling banyak dan paling membuat pusing.Mungkin ada ratusan kata yang harus dikuasai.Tetapi seperti tehnik menghafalkan kosakata korea supaya cepat hafal yang pernah saya katakan diatas,anda hanya perlu mengira-ngira kata apa saja yang akan keluar.

Susah? memang iya,mungkin untuk kosakata yang lain agak sedikit mudah mengira-ngiranya,tetapi untuk kata kerja dan kata sifat sangatlah susah.Tetapi untuk mempermudah anda,silahkan hafalkan kata-kata yang sering keluar dalam latihan mengerjakan soal yang biasanya LPK berikan.


CATATAN PENTING!!


1. Artikel ini hanya bersifat memberikan gambaran dan tidak menjamin bentuk soalnya akan sama persis,harap anda fahami.

2. Lakukan tehnik menghafal kosa kata yang benar untuk mempermudah anda menguasainya

3. Untuk anda yang baru belajar,jangan menyerah karena rezeki itu TUHAN yang atur,dan untuk anda yang sudah lama,jangan sepelekan kosakata yang sudah saya katakan diatas

4. Yang tahu soalnya hanya petugas BNP2TKI dan HRD korea saja.Bahkan hari pertama dan kedua soalnya berbeda.Jadi saya harapkan anda tidak mencari bentuk pertanyaan pasti yang akan keluar seperti apa karena memang tidak ada yang tau


Demikian pembahasan tentang kisi-kisi soal tes ujian eps topik korea yang bersumber dari pengalaman teman dan tetangga saya yang sudah lolos dan diterima bekerja disana.Semoga walaupun hanya sedikit,bisa membantu anda dalam mengerjakanya nanti.Terimakasih telah membaca,see uu. 

7/05/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-Kisi Soal Ujian EPS Topik Korea Pengalaman Dari Yang Sudah Lulus.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente