Jobdesk atau Tugas Karyawan PT AICE ( Kantor Cabang )

Kali ini saya akan membahas tentang apa saja jobdesk atau tugas pekerjaan dari karyawan PT AICE ice cream yang ada di insonesia sesuai dengan divisi atau jabatan masing-masing tentunya.Karena dalam satu cabang itu terdapat beberapa bagian contohnya sales,staff admin,pelaksana gudang,driver atau sopir maketing suport serta sales hunter atau pencari titik baru.

Dari berbagai divisi tersebut tentunya memiliki tugas atau tanggung jawab yang berbeda-beda.Saya akan menjelaskanya untuk anda,tetapi tidak terlalu mendetail hanya untuk bahan pengetahuan atau pertimbangan anda saja.

Perlu anda ketahui bahwa yang akan saya jelaskan itu KHUSUS untuk yang bekerja di KANTOR CABANG/kantor pemasaranya yaa,bukan di pabriknya.Kalau pekerja pabriknya seperti bagian produksi,QC dan lai-lain akan saya jelaskan lain waktu.


Karyawan PT AICE Tugasnya Apa Saja?




karyawan aice itu kerjanya ngapain aja




PT AICE adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan khususnya untuk produksi es krim.Perusahaan yang berpusat di negara singapura ini memang sedang naik daun beberapa bulan belakangan.

Saya sendiri banyak sekali menemukan berbagai informasi lowongan atau loker PT AICE ini di berbagai media sosial.Bahkan di website resminya juga menyebarkan brosur serupa.

Tidak mau ketinggalan info,saya langsung menanyakan ke bagian pusat dan memang benar untuk beberapa daerah sedang dibuka lowongan kerja secara besar-besaran karena memang ada penambahan area atau wilayah penjualan.


Kantor Cabang Itu Apa?

Sebelum ke inti pembahasan,saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian atau maksud dari kantor pemasaran cabang itu apa.

Kantor cabang adalah sebuah tempat dimana disanalah lokasi para sales atau lokasi terjadinya perputaran bisnis.Bahasa sederhananya adalah : Ini merupakan tempat untuk penjualan produk es krimnya,BUKAN PABRIK pembuatanya.

Dengan kata lain,kantor cabang beda dengan pabrik.kalau pabrik itu tempat untuk pembuatanya dan setelah es krim jadi,barang dikirimkan ke kantor cabang untuk dilakukan proses pemasaranya.

Jadi,produk atai ice cream tidak langsung di distribusikan ke toko-toko dari pabriknya,melainkan dari kantor cabang-cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.Sampai disini saya harapkan anda sudah mengerti dan faham.

Ilustrasi mudahnya seperti ini : PABRIK ----> KANTOR CABANG -----> TOKO/WARUNG.


Bagian/Divisi Karyawan di Kantor Cabang AICE

Jika seperti itu,berarti di kantor cabang tidak ada bagian produksi dong? Benar sekali,bagian produksi dan semacamnya hanya ada di pabriknya.

Walaupun seperti itu,yang namanya perusahaan tetap harus memiliki pembagian tugas atau divisi untuk menjalankan bisnis mereka.Didalam kantor cabang,ada beberapa bagian yang ada,antara lain :
  • Gudang/warehouse
  • Admin
  • Sales
  • Sales Hunter
  • MS ( Marketing Suport )
  • Sopir
  • Manager
  • Wakil Manager
  • Kepala Gudang
Dari berbagai jenis bagian tersebut,memiliki tanggung jawab atau jobdesk serta tugas yang berbeda-beda sesuai dengan bagianya.

Kalau anda ingin melamar kerja disana dan kebetulan ada salah satu divisi seperti diatas,mungkin penjelasan saya akan sedikit membantu anda.


1. Staff Gudang atau Pelaksana Gudang PT AICE Kerjanya Apa?


Pertama yang akan saya jelaskan adalah tanggung jawab pelaksana gudang.Mereka bertugas dalam hal bongkar muat barang.Jadi segala hal yang berhubungan dengan pembongkaran barang dari kontainer kemudian muat ke modil sales,itu semua tugasnya staff gudang.

Detailnya seperti ini :
  • Membongkar/menurunkan barang dari kontainer dan memasukanya ke ruang penyimpanan khusus bersuhu -22 celcius
  • Melakukan perawatan tempat penyimpanan
  • Memuat/mengeluarkan barang ke mobil sales
  • Memasukan kembali barang ke tempat penyimpanan jika barang tidak habis dijual sales
Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan ini,anda harus kuat berada disuhu ruangan yang mencapai -22 derajat celsius.

Tenang saja,ada baju khusus yang disediakan untuk anda sepaya tidak kedinginan.Semua sudah disiapkan perusahaan.

Selain tahan suhu dingin,anda juga harus siap tenaga,karena memang bagian ini sangat erat hubunganya dengan pekerjaan oto atau yang membutuhkan tenaga.

Barangnya atau boxnya tidak berat,paling hanya 1 atau 2 kilogram saja.Hanya saja ketika bongkar barang,jumlahnya memang banyak.Tidak perlu khawatir karena divisi ini biasanya tidak hanya sendiri bahkan bisa sampai 5 bahkan 6 orang untuk bagian pelaksana gudang.

Terlebih lagi jika sedang bongkar barang,perusahaan akan membayar orang luar untuk membantu karyawan melakukan pembongkaran barang,bisa 2 sampai 4 orang yang disewa.Tidak berat kok :).


2. Staff Admin


Bagian ini bertanggung jawab untuk memonitor penjualan para sales.Jadi admin akan mencatat berapa barang yang dibawa sales,kemudian berapa jumlah yang laku terjual.

Selain itu,admin juga bertugas untuk menghitung uang hasil penjualan apakah sesuai dengan julah yang seharusnya atau tidak.

Masih ada lagi tanggung jawab dari seorang admin,yaitu memastikan uang yang didapat asli,TIDAK ada yang palsu.Sudah disediakan alat untuk mendeteksi itu uang asli atau palsu.Tidak berat bagian ini,tetapi harus extra teliti.


3. Sales


Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam hal penjualan produk.Dalam satu kantor cabang,biasanya sudah dibagi-bagi wilayahnya ( sales A wilayah ini,sales B itu DST ).Dan dalam satu wilayah,sales akan diberikan tanggung jawab beberapa outlet/toko ( bisa 100an lebih ).

Jadi sales nantinya akan melakukan kunjungan ke berbagai outlet untuk memasarkan produknya.Biasanya sales yang mendapatkan wilayah dengan penjualan bagus,hasil jualnya juga akan bagus.

Outlet/toko yang jumlahnya banyak biasanya akan dibagi-bagi hari kunjunganya.Tidak mungkin 100 toko akan dikunjungi dalam satu hari.Biasanya dalam satu hari,seorang sales akan mengunjungi 20 toko saja.

Sisanya akan dibagi sesuai dengan hari kerja ( senin sampai sabtu ).


4. Driver/Sopir


Sopir bertugas untuk membantu sales dalam melakukan proses transaksi jual beli,contohnya membantu menurunkan barng dari mobil,membantu menata barang di frezer dan sebagainya.

Tanggung jawab utama seorang driver adalah mengantarkan sales berkunjung ke toko tepat waktu.Jadi kalau ada keterlambatan,biasanya yang akan ditanyakan terlebih dahulu sopirnya itu.

Selain itu,perawatan mobil juga menjadi tanggung jawab sopir.Sopir harus selalu melakukan pengecekan terhadap armada atau mobil yang mereka gunakan.


5. Sales Hunter/Pencari Titik Baru


Divisi ini memiliki peranan untuk mencari toko/outlet baru untuk ditawari kerjasama dengan perusahaan AICE.

Bahasa kerenya itu " Pelebaran Wilayah ".Jadi seorang sales hunter dituntut untuk bisa menjaring sebanyak-banyaknya toko agar mau ikut bekerjasama.

Setiap hari mereka akan melakukan perjalanan ke barbagai daerah/wilayah mencari toko dan menawari kerjasama.Ada terget bulanan untuk seorang sales hunter.Tentu saja ada terget,karena kalau tidak ada terget,bisa-bisa dalam satu bulan tidak ada 1 tokopun yang didapat.

Inilah divisi yang paling berperan penting dalam hal pelebaran wilayah seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Mereka dituntut untuk bisa berkomunikasi dan melakukan promosi dengan baik kepada pihak toko.Itulah kenapa,biasanya lowongan untuk divisi ini sering sekali tertulis " Harus pandai berkomunikasi/melakukan negosiasi ".


6. MS ( Marketing Suport )


Sesuai namanya " suport marketing/membantu penjualan ",divisi ini memiliki tanggung jawab untuk membantu proses penjualan.

Peranan utamanya adalah : Mengirimkan frezer ker berbagai toko yang sudah DEAL/SETUJU melakukan kerjasama dengan perusahaan.

Jadi,setelah pencari titik mendapatkan toko yang mau bekerjasama,MS akan mengambil alih pekerjaan berikutnya yaitu mengirimkan frezer ke toko tersebut.

Selain mengirimkan frezer,seorang MS dituntut untuk bisa melakukan berbagai hal seperti : melakukan penjualan,driver dan sebagainya.Namanya juga suport,jadi harus bisa mensuport berbagai divisi lain khususnya bagian penjualan.

Tetapi yang utamanya memang melakukan pengiriman frezer.


Dari penjelasan singkat diatas,bisa dibuat bagan seperti ini :

Pencari Titik ( dapat toko ) -----> MS ( kirim frezer ) -----> Pelaksana Gudang ( muat barang ) -----> Sales + Driver ( kirim barang ) -----> Admin ( pencatatan hasil penjualan )


Diatas hanya penjelasan sederhana saja.Walaupun tidak terlalu mendetail,paling tidak anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang apa saja yang akan anda kerjakan jika suatu waktu anda ingin melamar kerjaan di perusahaan ini.

Oh iya,sebagai tambahan saja yaa : Untuk anda yang ingin melamar di perusahaan CABANG,model tesnya langsung wawancara yaa,jadi tidak ada psikotes layaknya melamar perusahaan ASTRA atau sejenisnya.

BACA :




Demikian penjelasan singkat tentang apa saja tugas atau jobdesk dari karywan PT AICE es krim khususnya untuk kantor cabang bagian pemasaran.Semoga bisa membantu anda,see uu.

12/15/2019 - 2 komentar

Related Posts

2 komentar untuk Jobdesk atau Tugas Karyawan PT AICE ( Kantor Cabang ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Unknown 3/12/2020

Besok saya ada panggilan di aice cabang PIK, sbg adm marketing. Apakah cara krj nya kira2 sama saja dgn admin yg bpk sebutkan ini? Oya kalau boleh tau bagaimana bpk tau? Apakah bpk prnah bekerja disana? Thx

Balas Hapus
.
Unknown 3/12/2020

Kalau boleh tau apakah bpk pernah bekerja disana?

Balas Hapus