14 Cara Mempercepat Hp Samsung Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Cara mempercepat hp samsung android yang lemot padahal apliksai sedikit harus anda lakukan dengan langkah yang baik dan benar supaya dalam mengatasi leletnya smartphone ini bisa berhasil dan mempercepat kinerja gadget anda menjadi lebih kencang dalam menjalankan berbagai software.Ini merupakan kelanjutan dari pembahasan tentang bagaimana memilih smartphone yang berkualitas tetapi harganya murah yang pernah saya bahas sebelumnya.

Tahapan untuk bisa membuat kinerja android samsung semakin cepat ini bisa juga anda terapkan pada merk yang lainya,karena secara garis besar prosesnya sama saja.Silahkan anda ikuti semua tips yang akan saya berikan dibawah ini.

Cara Mempercepat Hp Samsung Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit


Android adalah sebuah sistem operasi yang didesign untuk perangkat seperti smartphone yang berbasis linux.Pengembang awalnya tentu saja perusahaan anroid.inc.Ini adalah pesaing terbesar dan terberat dari sistem operasi windows phone dan untuk waktu sekarang,androlah yang sedang berada pada puncak kejayaanya.

Kelebihan dari sistem operasi ini adalah suport dan mendukung banyaknya aplikasi.Inilah faktor utama yang membuatnya semakin merajai pasaran dalam dunia teknologi khususnya perangkat smartphone.Karena untuk para pengguna gadget,hal terpenting adalah bagaimana untuk bisa memainkan bebagai macam aplikasi dalam satu perangkat saja.

Kekurangan dari sistem operasi ini adalah terkadang para penggunanya dibuat kesal karena mendadak menjadi lelet ketika membuka suatu aplikasi tertentu.Walaupun secara garis besar bukan sistem operasinya saja yang menyababkan hal itu,ada hal lain yang juga mempengaruhi dan ikut andail dalam menimbulkan masalah tersebut.Dan pada artikel kali ini saya akan mengulasnya secara lengkap untuk anda,silahkan disimak baik-baik.

Penyebab smartphone menjadi lambat antara lain :
  • Terlalu banyak menginstal aplikasi
  • Banyak aplikasi yang running pada background 
  • Ram terlalu kecil atau dibawah standar ( standart nya 1gb )
  • Memori internal terlalu kecil ( 4gb minimal )
  • Tidak didukung memori external
  • Virus yang menyerang
  • Sistem operasi tidak sesuai dengan spekgadget
  • Terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu yang bersamaan
  • Menyalakan notifikasi pemberitahuan pada " semua " media atau akun
  • Masa penggunaan sudah terlalu lama

Tetapi untuk menangani permasalahan lelet dan suhu tinggi smartphone dengan penyebab seperti diatas,anda tidak perlu sampai melakukan rooting pada gadget anda,apalagi sampai harus membongkar mesin gadget anda.Karena bisa jadi bukan hardwarelah letak permasalahanya.

Jika suatu saat gadget anda terasa sangat berat dan lola ( loading lama ) dalam merespon dan terasa suhunya tidak normal padahal aplikasinya sedikit,lakukan beberapa langkah dibawah ini :

Cara Mengatasi Hp Android Samsung Lemot Menggunakan Aplikasi

Sebagai langkah awal adalah menggunakan aplikasi agar smartphone tidak lelet,maksudnya adalah anda harus menginstal beberapa apps yang memang dirancang untuk bisa menaikan kinerja dari gadget yang anda miliki,anda bisa memanfaatkan layanan Playstore untuk memilih aplikasinya.Beberapa yang sering saya gunakan adalah :

1. Gunakan Clean Master.


Ini adalah apps gratis yang berfungsi untuk membersihkan file-file sampah yang membuat kinerja gadget menjadi berat.Apps ini bisa anda dapatkan pada layanan playstore atau market store sesuai dengan OS yang anda gunakan.

Untuk nama app nya dan jenisnya ada banyak sekali,anda bebas untuk memilih yang mana,tetapi saya sarankan,anda membaca terlebih dahulu review atau komentar para pengguna yang terdapat pada bagian bawah app nya.Disana para pengguna terdahulu akan memberikan komentar mereka apakah bagus atau tidak,silahkan ambil yang memiliki komentar bagus.Untuk tampilan apps ini kurang lebih seperti ini :

Mengatasi-Android-Samsung-Lemot

Terlihat pada gambar diatas,bahwa fitur yang diberikan sangatlah lengkap.untuk penjelasnya seperti ini :
  • Junk Files : berfungsi untuk membersihkan file sampah yang memberatkan kinerja smartphone
  • Phone Boost : berfungsi untuk menaikan dan mendorong kinerja smartphone menjadi lebih maksimal
  • Antivirus : berfungsi untuk mendeteksi apakah terdapat file yang berbahaya atau memiliki potensi merusak smartphone
  • App Manager : Berfungsi untuk melakukan konfigurasi mana yang akan anda matikan dan mana yang akan anda jalankan.

2. Gunakan 360 Secutity lite.


3. Gunakan Du Speed Booster.


4.Gunakan  CC cleaner.


Itu semua aplikasi agar smartphone tidak lelet tanpa rooting dan sudah saya buktikan sendiri sukses dan berhasil menambah kiherja gadget saya menjadi lebih bagus.Anda bebas memilih yang mana,silahkan pilih dengan mempertimbangkan point penting yang sudah saya jelaskan diatas.

Cara Mempercepat Hp Android Samsung Lemot Tanpa Aplikasi

Langkah ini mungkin bisa menjadi alternatif ketika masalah diatas muncul.Ada beberapa point penting yang harus anda perhatikan supaya bisa membuahkan hasil yang maksimal.Untuk langkah langkahnya adalah :

6. Uninstal yang tidak terlalu penting.


Mungkin untuk sebagian pengguna beranggapan bahwa semakin banyak apps yang ada dalam smartphone akan lebih bagus.Tetapi dalam kenyataanya,tidak semua smartphone dibekali kemampuan untuk menampung dan menjalankan banyak apps sekaligus.Ini erat kaitanya dengan RAM dan PROCESOR.


Jika spek gadget anda belum sedemikian " gahar " saya sarankan untuk tidak memaksakan mengistal banyak aplikasii.Alih-alih untuk memudahkan dalam menikmati teknologi,yang ada nanti anda akan direpotkan dengan lelet nya gadget yang anda gunakan tersebut.Silahkan gunakan apps yang memang anda perlukan saja.

7. Cegah running pada background.


Tahukah anda kalau ada beberapa apps yang berjalan atau melakukan proses running tanpa kita membuka apps tersebut?inilah yang dinamakan running pada background.Anda bisa mematikan proses ini dengan melakukan setting perizinan apps.Centang atau ceklis pada tulisan " cegah apps berjalan otomatis ".Silahkan dicari settingan tersebut,karena beda merk,beda juga jenis settingan atau kata-kata nya.

Dengan langkah ini,kerja mesin akan lebih ringan dan akan lebih kencang.tetapi ada sedikit efek nya,yaitu biasanya jika ada notifikasi pada apps yang anda cegah berjalan akan " hilang ".Maksudnya adalah anda akan menerima notifikasi pemberitahuan ketika anda buka apps tersebut.Jadi selama anda tidak membukanya,jika ada notifikasi masuk,ya anda tidak akan tahu karena tidak dimunculkan.tetapi menurut saya ini tidak terlalu menjadi masalah,daripada dipaksakan dan ahirnya gadget jadi lelet,benar kan?hehe.

8. Perkecil kinerja RAM.


Dalam bahasa saya RAM adalah kapasitas atau jumlah memori yang bertugas menjalankan aplikassi.Jika memori internal dan external tugasnya menyimpan,ini tugasnya menjalankan,jadi anda tidak boleh salah dalam mengartikanya.

Untuk memperkecil kapasitas memori kerja ini,anda bisa lakukan langkah pada nomer 2.Silahkan ditambah dengan menutup apps atau jangan membuka apps dalam jumlah banyak sekaligus.Jadi setelah membuka satu apps dan selesai menggunakanya,silahkan tutup dengan benar menggunakan tomnol " exit apps ".jangan biasakan hanya menekan tombol " merah " saja untuk menutupnya karena apps tersebut belum tertutup sepenuhnya.ini yang sering lalai untuk para pengguna.Saya harap setelah membaca artikel ini,anda akan merubah kebiasaan buruk tersebut.

9. Tambah kapasitas memori dengan memasang memori external.


Banyak kasus leletnya sebuah smartphone yang diakibatkan oleh sidikitnya kapasitas memori didalamnya.Untuk kapasitas standart menurut saya adalah untuk memori internal ( yang sudah terpasang otomatis didalam mesin ) 4 gb saya rasa sudah sangat minimum,lebih besar lebih bagus,dan kapasitas terbesar yang ada dipasaran sekarang sudah mencapai 64 gb loh.

Jika memorinya kecil,silahkan anda tambahkan dengan memasang memory external,yang bisa anda beli dan dapatkan secara terpisah pada toko atau gerai langganan anda masing-masing.Saran saya,pasanglah memory dengan melihat kemampuan maksimal smartphone anda terlebih dahulu.Maksudnya jika gadget anda maksimal hanya bisa dipasangkan memory 16 gb,jangan dipaksakan untuk ditanamkan memory yang 32 gb atau lebih besar.Ini akan memperburuk keadaan nantinya.

Anda bisa lihat dalam kemasan atau silahkan browsing pada google search berapa kemampuan maksimal untuk gadget yang anda gunakan tersebut.Beda merk dan tipe akan beda juga kemampuanya.

10. Hilangkan virus dengan instal ulang.


Silahkan anda teliti dengan benar,apakah ada virus yang bersarang,jika memang anda yakin,silahkan lakukan reset pabrik atau instal ulang dengan baik dan benar.Ini akan menghilangkah malware yang ada dan menjangkiti perangkat keras anda secara menyeluruh dan sampai ke akar-akarnya.

Biasanya ciri-ciri gadget yang terserang adalah terjadi eror yang mendadak dan tiba-tiba setelah menginstal atau menyimpan suatu file yang baru anda dapatkan entah dengan melakukan browsing ataupun lewat media bluetooth atau share it.Jika memang seperti itu,silahkan lakukan langkah ini.

11. Sesuaikan versi sistem pengoperasianya.


Pernahkan anda mengupgrade sistem operasi ke sistem yang lebih tinggi atau terbaru?contohnya jika sebelumya anda menggunakan sistem operasi jelly bean,kemudian anda upgrade ke versi lolipop atau marsmelow.Ini sebenarnya sah-sah saja,tetapi anda harus tahu apakah gadget anda memang sudah suport dan mendukung sistem tersebut atau belum.

Yang sering memnjadi masalah adalah pengguna tidak mengerti kemampuan maksimal yang sudah dirancang pada gadget mereka.Alih-alih ingin memiliki sistem terbaru,para pengguna dengan asal-asalan mengupgrade sistem didalam perangkat.Jika memang tidak kuat atau tidak suport,hasilnya bukan lebih baik tapi akan terjadi banyak masalah salah satunya leletnya respon perangkat anda.

Saran saya,gunakan sistem yang suport saja.Jika memang tidak mendukung versi terbaru,jangan dipaksakan,jika terlanjur anda upgrade dan terjadi lelet,suilahkan lakukan downgrade atau kembalikan ke sistem semula saja.

12. Tutup aplikasi setelah dipakai.


Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya,jika stelah selesai menggunakan sebuah apps,silahkan tutup dengan langkah yang benar,yaitu dengan klik tulisan " exit apps ".Jangan hanya gunakan tombol merah atau tombol home saja.

13. Stop chating bersamaan dengan banyak aplikasi.


yang saya maksud disini adalah anda melakukan chating dengan teman atau siapapun menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dan dengan beberapa orang sekaligus.Akan ada notifikasi pemberitahuan secara terus menerus,dan ini akan membuat kinerja gadget anda semakin berat.Kemungkinan akan menimbulkan lola nya respon.

Saran saya,lakukan kontak dengan sedikit aplikasi saja,walaupun dengan orang banyak,tetapi jika hanya menggunakan satu apps saja,ini akan sedikit memperingan kinerja mesin perangkat kesayangan anda.

14. Ganti perangkat yang usang.


Semakin lama penggunaan,tentu akan semakin berkurang pula kemampuan sebuah alat,baik software ataupun hardwarenya.Mungkin untuk sofware anda hanya tinggal update ke versi terbaru.Tetapi jika masalahnya pada hardware,mau tidak mau anda harus menggantinya dengan perangkat keras yang baru dan masih fresh.

Kenapa bisa seperti itu?karena semahal apapun gadget anda jika pemakaian sudah melebihi batas maksimal,kemempuan dan fungsinya juga akan ikut melemah.Tidak ada sebuah smartphone yang bisa dipakai puluhan tahun tanpa ada perawatan dan penggantian secara berkala.

Baca Juga :

Tutorial instal ulang untuk android

Mengatasi FACEBOOOK menutup sendiri secara tiba-tiba ( FB tidak menanggapi )

Panduan Hard reset dan soft reset smartphone samsungg



Dengan melakukan semua langkah diatas,saya harap permasalahan yang sedang anda alami saat ini.Jika ada yang kurang mengerti silahkan anda tanyakan saja pada kolom komentar,karena satu kalimat dari anda akan membuat saya semakin semangat dalam menulis srtikel2 lainya.

Demikian pembahasan Cara Mempercepat Hp Samsung Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit yang sudah sering saya lakukan.Semoga sekarang gadget anda sudah normal seperti sebelumnya.Terimakasih telah membaca,see uu.










3/04/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 14 Cara Mempercepat Hp Samsung Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente