Pakaian Untuk Interview/Wawancara Kerja Wanita Berhijab yang Baik dan Benar

Pakaian interview atau wawancara kerja bagi wanita berhijab memang terkadang menjadi sedikit masalah terutama untuk perempuan yang menggunakan kerudung.Baik kudung biasa ataupun syar i yang dikenakan,akan saya berikan penjelasanya semua.

Pakaian untuk wawancara atau interview kerja khususnya bagi wanita yang menggunakan hijab memang sedikit berbeda dengan yang umum.Tetapi anda tidak perlu risau,saya akan memberikan penjelasan bagaimana memakai atau yang harus dipakai itu yang bagaimana.



Pakaian Wawancara/Interview Kerja Wanita Berhijab




pakaian yang baik dan benar untuk wanita berhijab yang akan wawancara kerja atau interview






Dikutip dari laman wikipedia,hijab adalah kata yang memiliki arti " penghalang ".Maksudnya adalah sebuah busana yang dikenakan untuk menghalangi atau menutupi aurat seorang perempuan.Ini adalah busana yang dikenakan untuk perempuan muslim.

Dalam agama islam,seorang perempuan HARUS dan WAJIB menggunakan hijab TETAPI harus mengikuti aturan yang berlaku.Maksudnya aturan adalah : Busana yang digunakan harus mengikuti peraturan peragamaan,jadi idak boleh seenaknya sendiri.


Aturan pakaian untuk interview kerjaan ( khususnya untuk perempuan )

Saya akan memulai penjelasanya dari sini.Untuk seorang perempuan,ada sedikir " aturan/etika " ketika melakukan prosesi wawancara kerjaan,antara lain :
  • Rapih
  • Sesuai norma yang berlaku
  • Sopan
  • Bersih
Intinya,busana yang dinekanan harus " sesuai keadaan " saja.Jadi tidak ada point khususnya disini ( tidak boleh begini,tidak boleh begitu dan sebagainya ).Tetapi ini TIDAK untuk semua perusahaan,karena ada juga perusahaan yang berbeda,akan saya bahas di paragraf bawah.


Aturan busana hijab bagi perempuan

Menurut laman tribunews,penggunaan hijb yang benar adalah menutup SELURUH anggota badan yang dinilai sebagai aurat kaum hawa.Anggota badan tersebut hampir meliputi SELURUH ANGGOTA BADAN kecuali telapak tangan dan mata saja.

Jadi selain telapak tangan dan mata,semua anggota badan tersebut dinilau sebagai aurat dan harus ditutup.


Kok banyak yang tidak seperti itu?

Untuk masalah ini,saya TIDAK MAU membahasnya lebih jauh,karena ini merupakan kepercayaan dam prinsip hidup seseorang dan itu adalah HAK semua orang.


Tidak ada yang bertentangan

Jika anda baca dengan seksama,peraturan pengunaan busana ketika wawancara pekerjaan dengan peraturan berbusana secara hukum agama TIDAK ADA hal yang bertentangan.Jadi,anda tidak perlu terlalu menghawatirkan hal ini.

Anda cukup MEMADUKAN kedua peraturan itu ( aturan untuk wanita umum dan hijabers ) dan anda aplikasikan kedalam busana yang akan anda gunakan ( kan tidak ada yang berseberangan,jadi bisa di padukan ).


Itu kan untuk yang ( tertutup semua ),kalau yang hijabnya tidak seperti itu bagaimana?

Untuk anda yang menggunakan hijab tetapi tidak tertutup semua seperti diatas,anda bisa mengikuti INSTRUKSI perusahaan jika memang ada perintah dari HRDnya.Biasanya HRD akan memberikan perintah,harus menggunakan seperti ini,itu dan sebagainya.


Busana Wawancara/Interview untuk Wanita Berhijab


Jika memang HRD menginstrksikanya,maka ikuti saja.Jika tidak ada instruksi,maka anda bisa mengikuti saran saya dibawah ini :


1. Kerudung


Dalam menggunakan kerudung,baiknya anda memperhatikan hal berikut :
  • Bersih
  • Rapi
Intinya hanya itu saja,tetapi biasanya yanag menjadi pertanyaa itu : Menutup bagian dada atau tidak ( dimasukan kedalam kerah baju )?

Untuk penjangnya sampai mana,anda bisa mengikuti instruksi HRD,tetapi jika tidak ada instruksi,itu semua KEMBALI KE ANDA MASING-MASING.Jika anda ingin menggunakanya sampai menutupi bagian dada,maka gunakanlah itu.

Jika anda ingin memasukanya kedalam kerah,maka masukan saja kedalam kerah baju anda.Itu semua hak dan pilihan keyakina  masing-masing.Tidak etis kalau saya " mengharuskan " untuk memakai yang seperti apa.

Hanya saja,menurut penagalaman saya pribad khususnya untuk mereka yang menggunakan kerudung TIDAK tertutup rapat,kebanyakan memasukan kudungnya kedalam krah baju,mungkin itu untuk lebih terlihat rapih dan simple.Anda bisa mengikutinya,tapi sekali lagi,saya TIDAK MENGHARUSKAN karena ini mutlak hak pribadi dari anda.


Pengunaan asesoris bagaimana?

Untuk peggunaan asesoris seperti bros atau lainya,diperbolehkan sebenarnya,hanya saja saya lebih menyarankan untuk menggunakan yang polos saja.Lebih rapih saja dilihat.Paling gunakan saja peniti untuk membentuk model kerudungnya.

Contohnya kurang lebih seperti ini :


bentuk atau model kerudung yang digunakan untuk wawancara atau interview pekerjaan



2. Baju


Untuk penggunaan atau model baju,anda bisa mencotoh gambar diatas.Walaupun tertutup,tetapi tetap terlihat rapih simple dan elegan.Hanya saja,saya menyarankan untuk menyinkronkan warna antara kudung dan baju.

Jika tidak ada instruksi khusus penggunaan warna,maka gunakanlah warna yang sesuai walaupun tidak sesuai juga tidak apa-apa,akan lebih nyaman dipandang saja kala warnanya sesuai.


3. Rok atau Celana


Walaupun anda menggunakan kerudung,tidak ada aturan khusus yang mengharuskan anda untuk menggunakan rok ataupun celana.Jadi anda bebas untuk memilih salah satunya.

Apapun yang anda gunakan nantinya,HARUS dan WAJIB panjang menutupi kaki anda ( sampai kakinya tidak terlihat ).Untuk warnanya silahkan sinkronkan dengan warna kerudung dan baju anda,sedangkan bahan,ada baiknya anda mengunakan bahan jenis kain.

Penggunaan jenis kain lebih baik daripada jeans.Selain lebih formal,penggunaan bahan jenis kain akan meminimalisir hawa panas.


4. Sepatu


Sepatu yang bagus digunakan yang sperti apa? Jika anda punya,dunakan sepatu jenis seperti pantofel.Tetapi jika tidak ada,gunakan seadanya saja TETAPI WAJIB sepatu yaa.Jangan gunakan sandal yang mirip sepatu karena itu berbeda.

Gunakanlah sepatu dan kenakanlah kaos kaki.Point ini sangat sering saya jumpai kesalahan,dimana mereka menggunakan sandal ( yang mirip sepatu ) kemudian ditutupi dengan kaos kaki.Lebih parahnya,ada yang tidak menggunakan kaos kaki.

Ingat yaa,anda itu ingin melamar pekerjaan,bukan jalan-jalan ke mall atau nonton bioskop.Jadi gunakan busana yang formal dan serius.


CATATAN PENTING

A. Saya tau alau perempuan itu tidak akan lepas dengan yang namanya MODEL/MODIS,tetapi jika berbicara interviw,maka LUPAKAN itu semua,kenapa? Karena HRD TIDAK MENILAI GAYA ANDA,melainkan kesesuaian kriteria.

B. Penggunaan busana tidak hanya mengenai adat dan norma,seorang HRD akan menilai kepribadian anda berdasarkan busana yang anda kenakan.Jadi jangan semabarangan kalau berbusana ketika wawancra kerjaan yaa.


BACA :





Demikian pembahasan tentang bagaimana memakai pakaian atau busana yang baik dan benar untuk wawancara/interview kerja untuk wanita berhijab atau berkerudung.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/16/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pakaian Untuk Interview/Wawancara Kerja Wanita Berhijab yang Baik dan Benar.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar