Cara Menggunakan Aplikasi Pinterest di Android Dengan Mudah

Cara Menggunakan Aplikasi Pinterest pada perangkat android atau smartphone sangat mudah dan hanya dengan beberapa langkah saja anda bisa langsung menikmati apps tersebut.Tetapi berbeda dengan apps lain yang lebih familiar seperti FB atau Intsagram,layanan ini lebih cenderung kepada berbagi file gambar walaupun sebenarnya tidak hanya seperti itu.

Tatacara menggunakan aplikasi pinteres yang berbeda membuat sebagian besar pengguna baru merasa kebingungan seperti halnya saya sendiri,tetapi setelah mempelajari fungsi dan navigasi yang ada,saya sedikit memahami bagaimana pemakainanya.Dan sekarang saya akan tuliskan sedikit mengenai apps ini,jika ada kekurangan saya mohon maaf sebelumnya.Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya mengenai QUORA dan INSTAPAPER yang pernah saya bahas sebelumnya soal backlink blogger,semoga bisa membantu anda juga.


Cara Menggunakan Aplikasi Pinterest pada android



Pinterest adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk media berbagi pengalaman pribadi kepada orang lain terutama dalam bentuk gambar atau foto.Media ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sedang berbisnis secara online,karena semua produk yang anda jual bisa anda share keseluruh dunia menggunakan apps yang satu ini,sangat menarik bukan?.

Kelebihan apps ini adalah pengguna bisa mempromosikan suatu produk atau layanan dengan bantuan media gambar atau foto,yang menurut saya lebih menjanjikan daripada hanya sekedar menggunakan tulisan saja.Selain produk,anda juga bisa memasarkan layanan jasa atau apapun yang anda kehendaki,termasuk juga untuk promo website dan blogger jika memang anda menekuninya.

Kekurangan apps ini adalah tidak terlalu familiarnya untuk kalangan masyarakat awam seperti saya,membuat pengguna baru sering merasa kesulitan untuk memahami bagaimana sebenarnya penggunaanya yang benar.Untuk itulah saya akan coba jelaskan secara singkat supaya anda semua bisa sedikit mengerti langkah-langkahnya.

1. Bagaimana mendaftar atau membuat akun di Pinterest?


Supaya anda bisa menggunakanya dengan maksimal,tentunya yang pertama harus anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu,langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagi berikut :


Langkah Pertama : Mendownload aplikasinya di Playtore


Silahkan anda instal apps nya terlebih dahulu,anda bisa mendapatkanya pada PLAYSTORE atau sesuaikan dengan merket store OS anda masing-masing.Ukuranya memang sedikit besar yaitu 80 mb kalau saya tidak salah ingat.tetapi meskipun seperti itu,melihat kegunaan dan manfaat dari apps ini,80 mb saya rasa sangat wajar dan layak untuk anda simpan pada gadget anda masing-masing.

Langkah Kedua : Menginstal aplikasinya dan daftarkan diri anda


Setelah anda mendapatkan aplikasinya,selanjutnya adalah Log In,dimana secara otomatis jika anda Log In,anda harus membuat akun atau mendaftarkanya,langkahnya sebagai berikut :


Ada 3 langkah untuk melakukan log in,antara lain sebagi berikut :

  1. Menggunakan Email anda
  2. Menggunakan akun facebook anda
  3. Menggunakan akun google anda

Tampilan awalnya kurang lebih seperti ini :


cara-membuat-akun-pinterest


PENTING!

Menggunakan langkah yang manapun,email anda HARUS MASIH AKTIF! kenapa? karena jika anda mendaftarkan email yang sudah di nonaktifkan,ini akan mempersulit anda ketika akan MENJAWAB pertanyaan seseorang nantinya.

Karena,saat anda menjawab sebuah pertanyaan,akan ada email konfirmasi ke alamat email yang anda daftarkan sebelum tulisan anda terpublish.Ini banyak terjadi untuk mereka-mereka yang mendaftarkan diri menggunakan FB,dimana email mereka sudah di Nonaktifkan,tetapi masih bisa masuk ke akun.

- Langkah mendaftarkan diri menggunakan FACEBOOK ( gambar dengan lingkaran nomor 2 diatas ) adalah langkah paling mudah,langkahnya :
  1. Langsung klik " continue with facebook "
  2. Akan keluar jendela dimana terdapat nama akun anda
  3. Klik " ok " atau " sign in "
  4. Selesai

- Langkah mendaftarkan diri menggunakan akun GOOGLE ( gambar dengan lingkaran nomor 3 diatas ) adalah sebagai berikut :
  1. Klik " continue with google "
  2. Akan muncul jendela untuk mengisi : email dan pasword anda
  3. Klik " ok " atau " sign in "
  4. Selesai

- Langkah mendaftarkan diri menggunakan email ( gambar dengan lingkaran nomor 1 diatas ) adalah sebagai berikut :
  1. Langsung isikan alamat email aktif anda 
  2. Isikan pasword pinterestnya ( ingat,bukan pasword email log in anda,tapi ini pasword yang akan anda gunakan untuk log in di pinterestnya di kemudian hari )
  3. Ingat dan catat paswordnya,jangan sampai anda lupa
  4. Klik " continue "
  5. Akan ada email konformasi ke akun anda
  6. Klik tautan yang ada dalam email tersebut
  7. Selesai

Sekarang anda sudah terdaftar sebagai pengguna di aplikasi pinterestnya.Ini hanya beru tahapan awalnya saja,langkah penggunaan nya masih banyak.Silahkan lanjutkan membacanya.


2. Fungsi menu-menu yang ada di media sosial pinterest?


Kita hampir sampai pada point utamanya,saya anggap anda semua sudah bisa log in dan sudah terdaftar sebagai pengguna resminya.Untuk mulai menggunakanya anda harus tahu dan faham FUNGSI dari menu-menu yang ada di pinterestnya terlebih dahulu. 

Silahkan perhatikan gambar dibawah,kurang lebih tampilan berandanya akan seperti ini :


Cara-Menggunakan-Aplikasi-Pinterest

 

Fungsi dari menu tersebut adalah sebagai berikut :


A. Tanda ( + ) 


Ini fungsinya ada 3 yaitu :
  1. Untuk membuat " PAPAN "
  2. Untuk upload foto secara manual
  3. Untuk upload foto menggunakan link atau tautan website


B. Tanda " roda gigi " atau setting


Disini adalah letak pengaturan untuk akun anda,didalam menu ini terdapat pengaturan-pengaturan seperti :
  1. Edit profil
  2. Edit pengaturan
  3. Dapatkan bantuan
  4. Lihat persyaratan dan privasi
  5. Iklan personalisasi
  6. Tentang
  7. Keluar (  log out )

Didalam menu inilah tempatnya jika anda ingin mengubah foto profil,nama pengguna,negara,jenis kelamin dan lain sebagainya.Jika anda sebelumnya sudah familiar dengn FB,saya rasa anda tidak akan bingung lagi melihat tampilanya,karena point utamanya hampir sama saja.


C. Menu " papan "


Menu papan fungsinya adalah untuk membuat KATEGORI didalam akun anda.Jadi dengan fitur ini,anda bisa menggolongkan atau mengklasifikasikan foto anda.Jika anda meng upload foto tentang " makanan " anda bisa membuat papan yang berjudulkan " food " atau  " makanan ".

Jika anda meng upload foto tentang " TRAVELLING " anda bisa memasukanya di papan " liburan " atau " wisata " dan sebagainya.Jadi foto-foto yanganda upload,akan lebih tertata rapi sesuai dengan topik utama foto anda.


D. Menu " PIN "


Setelah anda mengklasifikasikan foto-foto anda,silahkan lakukan PIN dengan foto tersebut.Dengan langkah ini,foto anda akan duteruskan ke para pengguna lain,jika mereka menyukainya mungkin mereka akan mulai mengikuti anda atau bahkan mengiktui website anda.


E. Menu " dicoba "


Hampir mirip dengan menu " pin ",dengan menu ini,foto anda akan dicoba untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari pengguna lain.


F. Menu bagian bawah

  • Nomor 4 terdapat 4 bagian disana yaitu :
  1. Yang bergambar logo aplikasinya adalah halaman beranda anda.Disini anda bisa melihat berbagai macam foto dari pengguna lainya di seluruh dunia
  2. Sebelahnya yang bergambar kompas adalah tombol untuk kalian mencari ide atau gambar jika anda kehabisan ide.Ada banyak sekali ide atau topik yang bisa anda lihat,contohnya : sedang tren,buat sendiri,sejarah,humor,kutipan,teknologi,perjalanan,seni,fotografi dan masih banyak lagi yang lainya.
  3. Yang bertanda percakapan adalah tombol jika ada pemberitahuan apapun dan jika ada pesan masuk kedalam akun anda.
  4. Yang bergambar orang adalah tampilan profil anda.


3. Cara membuat " papan " di pinterest


Papan adalah sebuah fitur yang berguna untuk mengklasifikasikan foto-foto anda.Jadi jika anda anda membaca penjelasan diatas,sekarang saatnya anda membuat " papan " untuk nanti ketika anda upload foto,anda hanya tinggal memasukanya kedalam " papan " yang sesuai saja.

Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik icon ( + )
  2. Pilih " buat papan "
  3. Tuliskan nama " papan " nya,contohnya : makanan,food,travveling,woman,animals dan sebagainya ( sebanyak yang anda inginkan,bebas ) semakin banyak " papan " akan memudahkan anda mengklasifikasikan foto anda nantinya
  4. Klik " buat "
  5. Selesai

Selanjutnya,dari berbagai papan yang anda buat tadi,anda hanya tinggal mengupload foto-foto andalan anda.Ingat yaa,JANGAN SAMPAI SALAH memasukan foto kedalam " papan ".Karena tidak lucu kalau nama PAPANnya makanan,tetapi anda masukan foto hewan didalamnya,nanti orang lain akan mengira,makanan anda adalah hewan,hehe.

4. Cara meng upload foto kedalam akun pinterest


Ini adalah point utamanya,karena media sosial ini memang dikhususkan untuk berbagi file foto atau picture saja,jadi yang bisa anda share dan bagikan ya foto-foto andalan anda.Untuk bisa mengupload foto ada 2 cara,yaitu :
  • Menggunakan langkah manual ( klik icon + di pojok kanan atas )

Jika anda memilih untuk menggunakan langkah ini,tahapanya adalah sebagai berikut :
  1. Klik icon " + "
  2. Pilih " foto " karena kita akan upload manual
  3. Pda bagian simpan dari pinterest : klik tanda panah kebawah pada kalimat " pinterestnya "
  4. Otomatis anda akan dibawa ke menu penyimpanan telepon anda,pilih fotonya
  5. Anda bisa tuliskan keterangan di sebelah kanan foto dengan tulisan apapun
  6. Pilih " papan " atau kategori mana yang sesuai dengan foto  tersebut
  7. Tunggu proses selesai
  8. Selesai

  • Menggunakan perantara website atau link tautan

Jika anda memilih cara yang kedua ini,anda terlebih dahulu harus memiliki sebuah website.Jika tidak,anda tetap bisa share sebuah link yang anda dapatkan dari website yang anda temukan.Pada bagian ini sangat penting khususnya untuk mereka yang ingin BERJUALAN ONLINE atau mengoptimasi website mereka.

Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik link atau tautan websitenya
  2. Pilih " salin " atau " copy url "
  3. Masuk akun pinterest anda
  4. Secara otomatis,link yang anda salin atau copy tadi akan masuk kedalam akun anda
  5. klik tanda panah jika anda ingin menyimpanya di akun anda
  6. Pilih " papan " yang ingin anda gunakan untuk mangklasifikasikan fotonya
  7. Selesai


Jika langkah diatas menurut anda ribet,anda bisa lakukan langkah lainya,seperti berikut :
  1. Klik icon ( + )
  2. Pilih " situs web "
  3. Masukan alamat websitenya
  4. Tunggu proses pengambilan foto dari web tersebut
  5. Pilih " papan " yang sesuai
  6. Selesai

TAMBAHAN


- Jika anda ingin berjualan online
  1. Persiapkan website atau foto dagangan anda sebagus mungkin
  2. Jika anda tidak punya website,anda bisa membuatnya terlebih dahulu atau kalaupun tidak,anda harus cantumkan dan tuliskan CONTACT kemana mereka harus menghubungi anda

- Jika anda hanya ingin mengoptimalkan website anda

  1. Siapkan gambar-gambar yang semenarik mungkin
  2. Perbanyak jumlah gambar dan papan
  3. Perbanyak melakukan " pin "

Mungkin secara garis besarnya seperti itu,jika memang ada kekuranganya mohon dimaafkan.Jika anda mengikuti dengan benar langkah-langkah diatas,saya yakin sekarang anda sudah mengerti dan faham bagaimana menggunakanya.Silahkan gunakan untuk kepentingan anda masing-masing,jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan lewat kolom komentar.

Demikian pembahasan Cara Menggunakan Aplikasi Pinterest pada perangkat smartphone atau android.Semoga bisa sedikit membantu kalian jika merupakan pengguna baru untuk apps ini.Terimakasih sudah membaca,see uu.


2/26/2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Cara Menggunakan Aplikasi Pinterest di Android Dengan Mudah.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

masi bingung,gimana caranya mau pesan beli barang dan dibeberapa gambar tidak tercantum harga barang

Balas Hapus
.

Beli barang? saya ndak pernah beli barang di pinterest.Saya malah baru tahu disana bisa jual beli barang.Setahu saya itu gambar " perwakilan " untuk website atau media sosial milik siempunya gambar.kalau mau beli,ya klik saja gambarnya ( kunjungi ) setelah masuk halamanya,komunikasikan dengan sipemilik langsungnya.Semoga membantu.

Balas Hapus

Advertaismente