Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya ( Tulis Tangan )

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar lengkap dengan contoh tulis tangan brikut ini bisa anda gunakan untuk pabrik ( otomotif-garment-makanan ) swasta ( restoran/rumah makan-ritel-toko-sopir ) atupun BUMN ( pns-pegawai rumahsakit-pegawai bank ).Walaupun ini merupakan hasil tulisan tangan,tetapi memiliki nilai yang sangat bagus dimata HRD dan anda wajib memahaminya supaya lamaran anda diterima dan berhasil.

Cara membuat surat lamaran kerja sangat penting dilakukan dengan langkah yang benar karena selain menjadi point utama penilaian HRD,berkas inilah yang berperan sebagai deskripsi kelayakan seorang pelamar apakah pantas untuk diterima atau tidak,jadi buatlah dengan hati-hati dan teliti.Silahkan ikuti panduanya dibawah.


Cara Membuat atau Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Lengkap Dengan Contohnya

 

Lamaran pekerjaan adalah sebuah " proposal singkat " yang menceritakan tentang data diri dengan menambahkan beberapa informasi tambahan sebagai " promosi diri " untuk perusahaan supaya bisa diterima bekerja.Langkah ini berbeda dengan cara mengirim lamaran pekerjaan via email,sedikit lebih rumit,tetapi tidak susah jika anda mengerti point utamanya.

Berikut Struktur penulisan yang baku atau bisa dikatakan,ini adalah kerangka dasarnya.Kenapa saya sebut seperti itu,karena mau dimanapun tempatnya,bentuknya tidak akan jauh berbeda,hanya perlu disesuaikan saja alamat perusahaan dan persyaratan yang diminta.



cara membuat surat lamaran pekerjaan

Pada gambar diatas terlihat beberapa point yang saya lingkari menggunakan nomor,itulah point yang harus anda fahami.


Tatacara menulis badan surat lamaran pekerjaan


Dalam satu buah kertas yang bertuliskan lamaranya,saya bagi menjadi beberapa bagian yang harus anda isi dengan benar.Berikut langkah dan isi tulisan yang benar :

1. Pastikan pembuka atau lampiran ditulis dengan benar


Sesuai dengan gambar diatas,pada nomor 1 adalah lampiran.Dalam bahasa saya ini merupakan inti atau maksud dari proposal secara keseluruhan.Anda bisa isikan sperti ini :
  • Lampiran : Lamaran Pekerjaan atau
  • Lampiran : Lamaran kerja
Biasanya saya sendiri lebih sering untuk menggunakan yang pertama,karena dilihat dari segi bahasa,kolom pertama lebih terkesan formal.Tetapi itu semua terserah pada anda sendiri,jika merasa yakin dengan kolom kedua,silahkan,tetapi saya tidak menyarankan.Dan jika perusahaan yang anda tuju adalah perusahaan besar,silahkan gunakan kolom pertama. 

2. Penulisan tempat pembuatan tidak boleh salah


Anda bisa mengisi sesuai gambar diatas,itu untuk menunjukan dimana dan kapan proposal itu dibuat,anda bisa perhatikan tanda baca nya yaitu tanda ( , ) setelah nama tempat dan penulisan tanggal bisa menggunakan tanda ( - ).

3. Menulis alamat perusahaan harus tepat


Ini adalah kolom untuk tujuan proposal anda,di isi HAMPIR SAMA dengan yang anda isikan pada halaman depan amplop,hanya saja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,yaitu :
  • Penulisan alamat biasanya panjang,anda tidak boleh menggabungnya menjadi satu baris,karena akan terlihat tidak rapi,penulisan alamat perusahaan bisa anda bagi menjadi 3 baris atau sesuai dengan panjang pendek alamat,silahakan lihat cotnoh dibawah :
Contoh penulisan yang SALAH

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit kawasan itc jalan bunga mawar layu no 13 bekasi jawa barat 2345
Di tempat.
Contoh penulisan yang BENAR

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit
kawasan itc
jalan bunga mawar layu no 13
Bekasi,Jawa Barat 2345
di tempat.

Coba anda perhatikan,rapi yang mana?jika anda perhatikan baik-baik,pada contoh kedua lebih rapi dan lebih enak dibaca bukan?sekarang saya harap anda sudah mengerti dan faham tentang  pengaturan baris pada kolom alamat.
Tidak harus sama persis,yang penting rapih di lihat,panjang nya se imbang dan enak dibaca.


4. Harus jelas dalam menuliskan biodata diri

Perhatikan gambar utama diatas,hampir sama dengan nomer 3,disini yang menjadi poin penting
adalah rapi.Anda bisa perhatikan contoh di gambar,baris nya rapi dan tidak berantakan.
Jika alamatnya panjang bagaimana?
Anda bisa mengatasinya menggunakan cara seperti yang saya contohkan dibawah :
Nama :
Alamat :
  • Dusun dukuh wetang kulon ngalor ngidul desa utara barat selatan timur utara RT 0011 RW 0022 kecamatan arah mata angin kabupaten globe peta dunia jawa pinggir indonesia.Rumah berwarna hijau muda dengan pohon durian didepanya dan pohon belimbing dibelakangnya serta di samping banyak sawah dan kebun dan seterusnya.
Pendidikan :
No Hp :

Mau sepanjang apapun alamat rumah anda,jika penulisanya seperti yang saya contohkan diatas,itu semua tidak masalah.Anda hanya perlu menyamakan garis sampingnya saja.Dengan begitu bentuknya akan rapi dan enak dilihat.

Kemudian,pada bagian biodata diri ini,apa saja yang harus di isikan?biasanya saya menggunakan bagan seperti ini :

a. Nama
b. Tempat tanggal lahir
c. Alamat
d. Pendidikan 
E. No hp

Point di atas sudah cukup untuk mendefinisikan informasi diri anda kepada perusahaan,tidak perlu membubuhkan hal yang tidak perlu.


5. Perhatikan tulisan pembuka surat


Pada poin ke 5 ini bisa anda isi sesuai gambar di atas atau kalau saya biasanya mengisi bagan
ini dengan satu paragraf saja,seperti ini yang biasa saya tulis :

Dengan ini saya mengajukan laamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin.Dan untuk bahan pertimbangan saya lampirkan :

Saya biasanya hanya menulisnya seperti itu dan langsung menyebutkan poin ke 6 nanti.Terserah anda ingin mengisinya seperti apa,tetapi untuk lebih mempersingkatnya,silahkan anda tulis saja seperti yang saya contohkan ( padat singkat tidak terlalu bertele tele ).

6. Pastikan persyaratan dan berkas pendukung lengkap


Perhatikan baik baik poin ini,di sinilah yang kadang menjadi bom waktu untuk para pelamar,kenapa
bisa?Akan saya jelaskan :

Pada bagian ini sebenarnya yang perlu anda lakukan adalah memberikan berkas sesuai dengan kriteria yang di minta perusahaan DITAMBAH sedikit sertifikat untuk nilai tambah penilaian anda.Jadi isikan saja persyaratan yang diminta dan beberapa sertifikat jika anda punya.

Disini kadang para pelamar membubuhkan berkas yang tidak penting.Alih-alih ingin mendapatkan nilai lebih,justru hal tersebut bisa membuat HRD berfikir jika anda hanya asal-asalan dalam memberikan berkas anda.Jadi perhatikan baik-baik poin atau berkas apa yang diminta perusahaan.

Point atau berkas yang biasa dilampirkan adalah :
  • fotokopi ijasah
  • fotokopi skhun
  • fotokopi skck
  • fotokopi KTP
  • fotokopi kartu kuning
  • daftar riwayat hidup
  • fotokopi transkrip nilai 
  • surat sehat dari dokter
  • Pas foto berwarna 4x6 2 lembar
  • sertifikat ...........
  • sertifikat ..........
Poin sertifikat adalah nilai tambah anda,semakin banyak semakin bagus tetapi harus anda perhatikan baik-baik :

- Sertifikat yang anda cantumkan harus anda kuasai ilmunya,kenapa?karena jika di tanyakan oleh HRD dan anda tidak bisa menjelaskan,saya yakin nama anda akan mendapatkan tinta merah (x).Karena secara nalar,seseorang yang memiliki sertifikat,sudah pasti faham dan mengerti dengan apa yang berkaitan dengan itu.

Jika ada orang yang melampirkan berkas sertifikat dan ditanyakan ternyata tidak bisa menjawab,kira-kira apa yang difikirkan HRD?
Mereka akan berfikir jika sertifikat itu hasil dari manipulasi anda sendiri alias scan secara ilegal.

- Kalau anda hanya sedikit mengerti tentang detail dari sertifikat yang akan anda bubuhkan,ada baik nya anda urungkan saja,tetapi jika anda tipe orang yang suka bertaruh dalam hidup,silahkan dicoba saja.

- Jika anda tidak mengerti tentang sertifikat yang anda cantumkan,ya jangan di paksakan,karena kalau di paksakan,anda hanya akan mempersulit diri anda sendiri nantinya.

Inilah yang saya maksud supaya anda benar-benar bijak dalam membubuhkan sertifikat.Alih alih anda ingin nilai lebih di mata para HRD,kemudian tanpa pikir panjang anda cantumkan semua sertifikat ( IT,FORKLIFT,BAHASA JEPANG,BAHASA INGGRIS ) begitu di tanyakan dan di suruh menjelaskan atau mempraktekan,anda ternyata tidak bisa.Itu tidak bagus untuk penilaian.

Jadi bijaklah saat mencantumkan sertifikat.
Kenapa bisa orang nggak faham tetapi mempunyai sertifikat?tidak perlu saya jelaskan,yang jelas tidak perlu anda lakukan,jika memang tidak mengerti,ya sudah,jangan lakukan hal menyalahi hukum ini,yang nantinya akan berimbas pada diri anda sendiri.


7. Tidak boleh sembarangan menulis penutup/tanda tangan


Poin terahir adalah penutup,bisa anda isi sesuai gambar,tidak ada yang khusus di sini,isi saja
sesuai gambar di atas.
Sedikit catatan saja : Tanda tangan jangan terlalu besar,kecil saja sesuai
lebar nama.Jangan coba-coba membuat tanda tangan yang terlalu berlebihan,karena seperti yang saya katakan pada paragraf atas,karakter atau kepribadian anda bisa terlihat dari bentuk tulisan,jadi lakukan serapi mungkin.

Itu semua adalah kerangka dasarnya,selanjutnya tinggal anda sesuaikan saja alamat perusahaan dan persyaratan yang dibutuhkan,jika anda masih kurang faham juga,berikut saya berikan beberapa contohnya :


Contoh surat lamaran pekerjaan untuk semua instansi baik swasta maupun negri ( BUMN )



Setelah anda mengerti bagaimana kerangka sesuai yang saya jelaskan di atas,sekarang saatnya mempraktekanya pada lembar kertas dan jangan lupa berdoa dulu,berikut contoh surat lamaran kerja :

1. Sesuai EYD


Yang dimaksud disini adalah Ejaan Yang Disempurnakan,kalau dalam bahasa saya,sesuai dengan bahasa indonesia yang baku dan jangan menggunakan bahasa yang gaul atau informal :

Kepada Yth:

Bpk/Ibu : Kepala Personalia

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari papan pengumuman pada kantor post cabang semarang yang memberitahukan bahwa PT Sukses Maju sedang membutuhkan tenaga operator mesin bubut,dengan ini saya mengajukan laamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang betanda tangan di bawah ini :

Nama : Albert Mangkubumi

Tempat / tgl. Lahir : Semarang,20 Januari 1980

Jenis Kelamin : Laki-laki

Pendidikan Terakhir : SMK Mesin Perkakas

Alamat : Jln Raden Fatah no 16 Semarang Jawa TengaH

No. Telepon : 0821 386 859 46

Sebagai bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1. Fotkopi Ijasah
2. Fotokopi SKHUN
3. Fotokopi SKCK
4. Fotokopi KTP
5. Fotokopi Transkrip Nilai


Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Terima kasih atas perhatianya,dan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Albert Mangkubumi.


2. Yang biasa digunakan


Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya :

Kepada. Yth : Kepala Personalia

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca pada media sosial Instagram bahwa Expedisi Kirim Terus membutuhkan karyawan sebagai administrasi gudang,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi tersebut.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Sukirno bin sukirman     
Tempat, Tanggal Lahir     : Probolinggo,10 Desember 1990   
Alamat Asal     : Dsun pekuncen rt 1 rw 2 kecamatan Ajimambang Kabupaten Probolinggo Jawa Tengah         
Pendidikan Terakhir     : D3 Akuntansi   
Telepon     :     0813 2750 6655

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi KTP
2.Fotokopi Ijasah Terahir
3.Fotokopi Nilai
4.Fotokopi SKCK berlaku

Besar harapan saya untuk bisa ditrima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Sukirno bin sukirman.

3. Yang Baik dan Benar


Kepada Yth: Kepala HRD

PT. Indah Maju Makmur
Kawasan Indutri Karawang
Blok e-6 no 12
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Bedu Amri    
Tempat, Tanggal Lahir     : Magelang.13 Februari 1994    
Alamat     : Dusun kopo rt 3 rw 3 Desa tlaga Kecamatan manahan Kabupaten Magelang Jawa Tengah    
No. HP     :     0822 2555 6666

Berkenaan dengan ini,saya mengajukan laamaran  kepada Bapak / Ibu supaya bisa diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin.Sebagai bahan penilaian, saya sertakan lampiran berikut :

1.Fotokopi Ijasah
2.Fotokopi SKHUN
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Pas Foto Berwarna 4×6
5.Fotokopi SKCK
6.Fotokopi Akte kelahiran

Demikianlah agar digunakan sebagai bahan pertimbangan,besar harapan saya agar bisa diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpinan.Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,


Bedu Amri.


4. Untuk Bank


Untuk yang satu ini,biasanya yang dicari adalah lulusan dengan jurusan tertentu,silahkan di sesuaikan saja.Tetapi jika tidak sesuai dan kalian ingin mencobanya,silahkan saja,itu lebih bagus :

Kepada Yth :
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang

PT Bank Rakyat Indonesia
Kantor cabang yogyakarta
Jln Pelajar Timur
Km 2 Karang Tengah
Yogyakarta
Dengan hormat,

Sehubungan informasi yang saya dapat pada surat kabar yogya post bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk bagian Survey Data,dengan ini saya ajukan permohonan untuk bisa mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Karina Dian   
Tempat/Tanggal Lahir     : Banyumas,5 Januari 2018    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan : S1 Akuntansi    
Alamat     : Jln Diponegoro km 5 Perum Argo Wisata no 10 Banyumas JAwa Tengah     
HP     : 08787 48756 21   

Sebagai bahan pertimbangan,berikut beberapa berkas yang saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Terahir
2. Fotokopi Nilai
3. Fotokopi SKHUN
4. Fotokopi SKCK
5. Fotokopi KTP
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Surat Keterangan Belum Menikah Dari Dinas Terkait

Besar harapan saya untuk bisa siterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Saya akan bekerja seseuai peraturan yang berlaku dan mengikuti semua perintah atasan dengan baik.Terimakasih atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya.

Karina Dian.

5. Untuk Pabrik atau PT


Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth : Kepala personalia

PT.Mandom Jaya
Kawasan Jababeka 1
Blok 5-8
Cikarang
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Teguh Rohadi

Tempat/ Tanggal lahir : Tegal,15 Februari 1988

Pendidikan Terakhir : SMK Mesin Otomotif

Alamat : Dusun Kidulrawa rt12 rw 1 Desa Kulonanget Tegal Jawa Tengah

Telepon : 0838 8546 6333

Dengan ini saya ajukan laamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Sebagai bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi SKHUN
2.Fotokopi Ijasah
3.Fotokopi KTP
4.Fotokopi SKCK
5.Sertifikat SIO Forklift

Demikian surat laamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Teguh Rohadi.

6. Untuk Fresh Graduate


Ini ditujukan untuk kalian yang baru selesai dan lulus baik SMK ataupun sarjana.Intinya adalah kalian belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mendaftar pekerjaan :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth:

HRD PT Minyak Mentah Insani
Jln Palangka raya km 10
Palangkaraya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari pengumuman di Perguruan Tinggi Palangkaraya bahwa perusahaan ini membutuhkan operator alat berat,dengan ini saya mengajukan laamaran untuk mengisi posisi kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Amelda Pasaribu   
Tempat, Tanggal Lahir     : Palangkaraya,25 Februari 1988    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan Terakhir     : SMK Mesin    
Alamat     : Perum. Idah Kejora No 17 Palangkaraya   
HP     : 0821 4637 6699   

Saya merupakan lulusan SMK Negeri 1 Ma'arif Palangkaraya dengan nilai terbaik,dengan ini saya mengajukan diri untuk bisa menjadi pekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1. Fotokopi SKHUN
2. Fotokopi Ijasah
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi Surat Dokter
5. Daftar Riwayat Hidup
6. Sertifikat Kejuruan

Saya dalam kondisi sehat dan siap ditempatkan dimanapun sesuai kebutuhan perusahaan.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Amelda pasaribu.

 

7. Untuk Pekerjaan Umum


Bentuk seperti ini bisa di gunakan untuk semua tempat,tetapi tetap harus mengikuti struktur yang benar seperti penjelasan saya pada paragraf atas.

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth :

Manager Personalia
PT Maju Terus Makmur
Jln Tentara Pelajar
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pada informasi yang saya peroleh melalui website resmi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai ahli biologi,dengan ini saya bermaksud mendaftarkan diri untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :Erwin Simanjuntak
Tempat, tgl. lahir :30 Maret 1990
Pendidikan Akhir :D3 Biologi
Alamat :Jln raya Medan km 6 Medan
Telepon (HP) :0877 3456 1234
Status Perkawinan : Belum menikah

Saya merupakan lulusan terbaik dalam jurusan biologi dan pernah bekerja sebagai ahli biologi pada perusahaan sebelumnya dan memiliki sertifikat yang sah.Saya bersedia sitempatkan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan perusaha.

sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Sertifikat SAH dilegalisir
2. Serifikat Kerja
3. Ijasah D3
4. Nilai IP
5. Pas foto 4x6

Besar harapan saya untuk bisa siterima dan bergabung menjadi karyawan dalam perusahaan yangBapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya


Erwin Simanjuntak.


8. Untuk Ritel ( Alfamart ataupun Indomaret )


Saya sendiri pernah melamar pada salah satu ritel menggunakan cara ini,Tetapi sebelum melamar,fahami dulu bagaimana sistem kerja di ritel supaya kalian tidak kaget.Untuk struktur penulisanya juga tidak jauh berbeda dengan yang lain :

Bandung,5 Januari 2018

Yth.

HRD PT Indomarco prismatama ( Indomaret )
Jln Midang Kamulan KM 16
Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama  : Asep Saripudin

Tempat, Tanggal Lahir : Majalaya,13 MAret 1997

Jenis Kelamin  : Laki-laki

Pendidikan  : SMA 1 Majalaya

No. Telepon  : 0821 4685 6478

Alamat  : Perum Majalaya Permai no 20,Bandung

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada job fair akbar di bandung yang memberitahukan bahwa perusahaan ini sedang membutuhkan karyawan untuk bagian administrasi,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi yang kosong tersebut.Sebagai bahan pertimabngan saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Dilegalisir

2. Fotokopi SKHUN Dilegalisir

3. Fotokopi Transkrip Nilai

4. Fotokopi KTP

5. Pas Photo 3×4 terbaru

6. Sertifikat Komputer

Berkas laamaran ini saya tulis dengan sebenar-benarnya dan saya bersedia menerima sangsi jika ada kesalahan data dikemudian hari.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Asep Saripudin.


9. Bentuk yang Sederhana


Kalau didefinisikan menurut bahasa saya,maksudnya adalah : Persyaratan yang kalian berikan sesuai dengan penulisan kata-kata yang simpel dan tidak berlebihan.Hanya seperti itu saja.

Bekasi 1 Januari 2018

Kepada Yth

Manager HRD

PT ( isi sesuai dengan tujuan kalian )

Di Tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ( di isi nama lengkap )

Jenis Kelamin : ( di isi jangan disingkat )

Agama : ( di isi dengan benar )

Pendidikan terahir : ( di isi sesuai ijasah terahir )

Alamat : ( di isi selengkap mugnkin )

No. Telepon : ( di isi harus yang selalu aktif )

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1......
2......
3......
4......

Besar harapan saya untuk bisa diterima pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

( nama lengkap anda ).

Kesalahan yang harus dihindari saat menulis surat lamaran


Kesalahan yang paling fatal dan sering terjadi untuk para pelamar adalah :

Terlalu memngutamakan bentuk tulisanya,sehingga banyak yang sampai berjam jam saat merancang sebuah proposal hanya karena tulisan mereka tidak bagus.Percaya atau tidak bahkan banyak yang sampai rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa orang lain yang memiliki tulisan yang bagus.

Mereka biasanya lalai dengan hal terpenting yaitu PERSYARATAN!saking fokusnya terhadap tulisan yang bagus,persayaratan yang menjadi point utama malah terlupakan.Jadi,disini intinya tulisanya bisa dibaca sudah cukup.Selebihnya ikuti panduan di atas saja.


Saya ingin bertanya satu pertanyaan  :

Mungkin atau tidak HRD menyeleksi proposal satu persatu dari ratusan bahkan ribuan pelamar yang datang ( kurang titik,kurang koma,hurufnya jelek,dll )?

Itu tidak mungkin,karena akan memakan banyak waktu dan kurang efisien.

Yang diseleksi itu persyaratanya,tulisan itu jadi nomer sekian.Jadi ubah kebiasaan buruk anda yang terlalu fokus dalam bentuk huruf dan kalimat.Fokus pada persyaratanya dulu.


Tambahan

a. Perhatikan stempel atau keabsahan berkas yang anda cantumkan
b. Perhatikan tanggal kadaluarsa sebuah dokumen yang anda lampirkan
c. Perhatikan permintaan perusahaan ( apa yang harus di lampirkan )
d. Jangan pernah melampirkan dokumen yang tidak anda kuasai ilmunya,karena ( anda akan membuat jalan kegagalan anda sendiri ).

Jika nanti anda berhasil dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi,anda juga harus mengerti bagaimana mengatasi tes awal setelah mendapat panggilan tes. 


Poin penting yang dinilai HRD

  • Karakter seseorang
  • Kepribadian seseorang 
  • Kelayakan calon karyawan
  • Data diri apakah sesuai dengan kriteria yang diminta perusahaan
  • Kemampuan atau skil seseorang.
Mudah-mudahan dengan mengikuti panduan yang saya berikan ditambah dengan beberapa contoh diatas,sekarang anda sudah mengerti dan faham,bagaimana merancang sebuah proposal yang tepat.

Baca Juga :

- Panduan mengirimkan CV lamaran via email

- Download latihan soal-soal psikotes kerja

- Download kunci jawaban tes gambar warteeg ( 8 Kotak )

Demikian pembahasan tentang bagaimana Cara membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar lengkap dengan contoh untuk bahan referensi anda.Dengan mengikuti alur yang tepat akan memudahkan anda dan memperbesar kesempatan anda bisa dipanggil dalam mengikuti seleksi tahap lanjutan.Jadi buatlah dengan sebaik mungkin karena masa depan anda ada di " amplop " tersebut,hehe.Semoga bisa sedikit membantu anda semua,see uuu.

1/26/2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya ( Tulis Tangan ).

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Bagaimana kalo surat lamaran kerjanya diketik/print?

Balas Hapus
.

Tidak masalah mas,hanya saja " bentuk tulisan tangan " mempunyai nilai plus tersendiri.Dimana pelamar akan terlihat lebih sungguh-sungguh dalam melamar ke sebuah perusahaan.

Balas Hapus

Advertaismente