9+ contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar terbukti dipanggil HRD

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dibawah adalah yang biasanya saya gunakan untuk mendaftar pekerjaan pada perusahaan atau pabrik pada saat saya merantau dahulu dan terbukti bisa diterima bekerja di beberapa perusahaan besar.Dan diartikel ini akan saya berikan dengan proses penulisanya secara detail dan selengkap mungkin.

Cara membuat lamaran pekerjaan harus dilakukan dengan baik karena fungsinya yang sangat penting dan prosesnya pembuatanya juga sangat mudah.Jika kalian melakukan kesalahan dalam tulisan atau ketikan,bukan tidak mungkin permohonan kalian akan ditolak perusahaan dan gagal mendapatkan posisi yang di inginkan.

cara membuat surat lamaran kerja 

Surat lamaran adalah sebuah " proposal singkat " yang menceritakan tentang data diri dengan menambahkan beberapa informasi tambahan sebagai " bujukan " untuk perusahaan supaya bisa diterima bekerja.Langkah ini berbeda dengan cara mengirim lamaran pekerjaan via email,sedikit lebih rumit,tetapi tidak susah.

Berikut Struktur penulisan yang baku.Kenapa saya sebut seperti itu,karena mau dimanapun tempatnya,bentuknya ya tidak jauh dari ini,tinggal disesuaikan saja alamat perusahaan dan persyaratan yang diminta.

cara membuat surat lamaran pekerjaan

Pada gambar diatas terlihat gambar-gambar yang saya lingkari,itulah point yang harus kalian fahami,supaya tidak asal dalam menulisnya.Silahkan disimak baik-baik :
1. Pembuka atau lampiran

Sesuai gambar yang pertama di isi  lampiran : Lamaran pekerjaan kalian bisa mengubah kata " lampiran menjadi   hal : Lamaran pekerjaan kalau saya biasanya mengisi nya dengan kata yang kedua
2. Tempat pembuatan

kalian isi saja sesuai gambar,itu untuk menunjukan dimana dan kapan lamaran itu di buat,kalian bisa perhatikan tanda baca nya yaitu tanda ( , ) setelah nama tempat dan penulisan tanggal bisa menggunakan tanda ( - )
3. Alamat perusahaan

Ini adalah kolom untuk tujuan surat kalian,di isi HAMPIR SAMA dengan yang kalian tulis di amplop,hanya saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan yaitu :
  • Penulisan alamat biasanya panjang,kalian jangan menulis nya menjadi satu baris,karena akan terlihat tidak rapih,penulisan alamat perusahaan bisa kalian bagi menjadi 3 baris atau sesuai kebutuhan.
Contoh penulisan yang SALAH!!!

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit kawasan itc jalan bunga mawar layu no 13 bekasi jawa barat 2345
Di tempat

Contoh penulisan yang benar

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit
kawasan itc
jalan bunga mawar layu no 13
Bekasi,Jawa Barat 2345
di tempat

Coba kalian perhatikan,,rapi yang mana??sekarang faham maksud saya soal pengaturan baris saat menulis alamat yang terlalu panjang kan??
Tidak harus sama persis,yang penting rapih di lihat,panjang nya se imbang dan enak di lihat.

4.Biodata diri

Pada bagian ini kalian bisa lihat di gambar,hampir sama dengan nomer 3,inti penulisan di sini
adalah rapih.Kalian bisa perhatikan contoh di gambar,baris nya rapi dan tidak berantakan.
Kalau alamat nya panjang bagaimana??
Begini caranya :

Nama                                           :
Tempat tanggal lahir                    :
Alamat                                         : Jalan blalamknkjhsalkjhhhkjadkjcbdkjvczl lkhcljsbcklsnncbxl 
                                                       jhclksjcbn kjsgdksgdks sakjfcsakjchlsajc skjdhlsajcnosdjgcw 
                                                       ksjcfhslKKjcnasklj klsajchlsjcbasljhc jkhcljschlkasjc    
No hp                                           :

Mau sepanjang apapun alamat kalian,penulisan bisa tetap rapi jika kalian menulis nya seperti yang saya contohkan di atas.Itu berlaku untuk semua dari nama,Tempat tanggal lahir,jika memang panjang,tulis seperti yang saya contohkan.

Lalu poin apa saja yang harus di isikan??Cukup yang penting saja seperti :

a. Nama
b. Tempat tanggal lahir
c. Alamat
d. Pendidikan 
E. No hp

Point di atas sudah cukup untuk mendefinisikan informasi kalian untuk perusahaan,tidak perlu menuliskan hal yang tidak perlu.

5. Pembuka surat

Pada poin ke 5 ini bisa kalian isi sesuai gambar di atas atau kalau saya biasanya mengisi badan
ini dengan satu paragraf saja,seperti ini yang biasa saya tulis :

Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin.Dan untuk bahan pertimbangan saya lampirkan :

Saya biasanya hanya menulis seperti itu dan langsung menyebutkan poin ke 6 nanti.Terserah kalian mau mengisinya bagaimana,tetapi untuk lebih mempersingkat lamaran kerja kalian,tulis saja seperti yang saya tulis ( padat singkat tidak terlalu bertele tela )

6. Persyaratan dan berkas pendukung

Perhatikan baik baik poin ini,,di sinilah yang kadang menjadi bom waktu untuk kalian,kenapa
bisa?Akan saya jelaskan

Pada bagian ini sebenarnya memberikan berkas sesuai dengan kriteria yang di minta perusahaan DITAMBAH sedikit sertifikat untuk nilai tambah kalian.Jadi isikan saja persyaratan apa saja yang diminta dan beberapa sertifikat jika kalian punya.

poin yang biasa dilampirkan :
  • fotokopi ijasah
  • fotokopi skhun
  • fotokopi skck
  • fotokopi KTP
  • fotokopi kartu kuning
  • daftar riwayat hidup
  • fotokopi transkrip nilai 
  • surat sehat dari dokter
  • Pas foto berwarna 4x6 2 lembar
  • sertifikat ...........
  • sertifikat ..........
Poin sertifikat adalah nilai tambah kalian,semakin banyak semakin bagus tetapi harus kalian perhatikan :

- Sertifikat yang kalian cantumkan harus benar benar kalian kuasai ilmunya kenapa??karena jika di tanyakan oleh HRD kalian tidak bisa menjelaskan,saya yakin nama kalian akan mendapatkan tinta merah (x) alias GAGAL
- Kalau kalian hanya sedikit mengerti tentang detail dari sertifikat kalian,,ada baik nya kalian coba saja,tetapi jika kalian tipe orang yang tidak suka bertaruh dalam hidup,jangan cantumkan
- Jika kalian tidak mengerti tentang sertifikat yang kalian cantumkan,ya jangan di paksakan,karena kalau di paksakan,kalian sama halnya menggali lubang kuburan sendiri

Inilah yang saya maksud sebagai " bom waktu " di atas.Alih alih kalian ingin nilai lebih di mata para HRD,kalian cantumkan semua sertifikat ( IT,FORKLIFT,BAHASA JEPANG,BAHASA INGGRIS ) begitu di tanyakan suruh menjelaskan atau mempraktekan JEGERRRRR!!!!!!bengong mlongo kaya orang kena sawan celeng,kan nggak lucu.

Jadi bijaklah saat mencantumkan sertifikat
Kok bisa orang nggak faham bisa dapat sertifikat??tidak perlu saya jelaskan,yang jelas tidak perlu kalian lakukan,kalau tidak tahu ya tidak usah " membuat " sertifikat.Karena nasib kalian sendiri yang kalian pertaruhkan.

7. Penutup/tanda tangan

 Poin terahir adalah penutup,bisa kalian isi sesuai gambar,tidak ada yang khusus di sini,isi saja
 sesuai gambar di atas.Sedikit catatan saja : Tanda tangan jangan terlalu besar,kecil saja sesuai
 lebar nama ( jangan terlalu lebay )

Jika kalian belum faham juga,berikut saya berikan detainya :

Contoh surat lamaran kerja 

Setelah kalian tahu bagaimana kerangka sesuai yang saya jelaskan di atas,sekarang saatnya menuliskanya pada lembar kertas dan jangan lupa berdoa dulu,ok kita mulai saja mempraktekanya.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD


Yang dimaksud disini adalah Ejaan Yang Disempurnakan,kalau dalam bahasa saya,sesuai dengan bahasa indonesia yang baku dan jangan menggunakan bahasa yang gaul atau informal :

Kepada Yth:

Bpk/Ibu : Kepala Personalia

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari papan pengumuman pada kantor post cabang semarang yang memberitahukan bahwa PT Sukses Maju sedang membutuhkan tenaga operator mesin bubut,dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang betanda tangan di bawah ini :

Nama : Albert Mangkubumi

Tempat / tgl. Lahir : Semarang,20 Januari 1980

Jenis Kelamin : Laki-laki

Pendidikan Terakhir : SMK Mesin Perkakas

Alamat : Jln Raden Fatah no 16 Semarang Jawa TengaH

No. Telepon : 0821 386 859 46

Sebagai bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1. Fotkopi Ijasah
2. Fotokopi SKHUN
3. Fotokopi SKCK
4. Fotokopi KTP
5. Fotokopi Transkrip Nilai


Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Terima kasih atas perhatianya,dan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Albert Mangkubumi

2. Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja


Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya :

Kepada. Yth : Kepala Personalia

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca pada media sosial Instagram bahwa Expedisi Kirim Terus membutuhkan karyawan sebagai administrasi gudang,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi tersebut.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Sukirno bin sukirman     
Tempat, Tanggal Lahir     : Probolinggo,10 Desember 1990   
Alamat Asal     : Dsun pekuncen rt 1 rw 2 kecamatan Ajimambang Kabupaten Probolinggo Jawa Tengah         
Pendidikan Terakhir     : D3 Akuntansi   
Telepon     :     0813 2750 6655

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi KTP
2.Fotokopi Ijasah Terahir
3.Fotokopi Nilai
4.Fotokopi SKCK berlaku

Besar harapan saya untuk bisa ditrima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Sukirno bin sukirman

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar


Kepada Yth: Kepala HRD

PT. Indah Maju Makmur
Kawasan Indutri Karawang
Blok e-6 no 12
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Bedu Amri    
Tempat, Tanggal Lahir     : Magelang.13 Februari 1994    
Alamat     : Dusun kopo rt 3 rw 3 Desa tlaga Kecamatan manahan Kabupaten Magelang Jawa Tengah    
No. HP     :     0822 2555 6666

Berkenaan dengan ini,saya mengajukan surat lamaran  kepada Bapak / Ibu supaya bisa diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin.Sebagai bahan penilaian, saya sertakan lampiran berikut :

1.Fotokopi Ijasah
2.Fotokopi SKHUN
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Pas Foto Berwarna 4×6
5.Fotokopi SKCK
6.Fotokopi Akte kelahiran

Demikianlah agar digunakan sebagai bahan pertimbangan,besar harapan saya agar bisa diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpinan.Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,


Bedu Amri

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Untuk yang satu ini,biasanya yang dicari adalah lulusan dengan jurusan tertentu,silahkan di sesuaikan saja.Tetapi jika tidak sesuai dan kalian ingin mencobanya,silahkan saja,itu lebih bagus :


Kepada Yth :
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang

PT Bank Rakyat Indonesia
Kantor cabang yogyakarta
Jln Pelajar Timur
Km 2 Karang Tengah
Yogyakarta
Dengan hormat,

Sehubungan informasi yang saya dapat pada surat kabar yogya post bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk bagian Survey Data,dengan ini saya ajukan permohonan untuk bisa mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Karina Dian   
Tempat/Tanggal Lahir     : Banyumas,5 Januari 2018    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan : S1 Akuntansi    
Alamat     : Jln Diponegoro km 5 Perum Argo Wisata no 10 Banyumas JAwa Tengah     
HP     : 08787 48756 21   

Sebagai bahan pertimbangan,berikut beberapa berkas yang saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Terahir
2. Fotokopi Nilai
3. Fotokopi SKHUN
4. Fotokopi SKCK
5. Fotokopi KTP
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Surat Keterangan Belum Menikah Dari Dinas Terkait

Besar harapan saya untuk bisa siterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Saya akan bekerja seseuai peraturan yang berlaku dan mengikuti semua perintah atasan dengan baik.Terimakasih atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya.

Karina Dian

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth : Kepala personalia

PT.Mandom Jaya
Kawasan Jababeka 1
Blok 5-8
Cikarang
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Teguh Rohadi

Tempat/ Tanggal lahir : Tegal,15 Februari 1988

Pendidikan Terakhir : SMK Mesin Otomotif

Alamat : Dusun Kidulrawa rt12 rw 1 Desa Kulonanget Tegal Jawa Tengah

Telepon : 0838 8546 6333

Sebagai bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi SKHUN
2.Fotokopi Ijasah
3.Fotokopi KTP
4.Fotokopi SKCK
5.Sertifikat SIO Forklift

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Teguh Rohadi

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate


Ini ditujukan untuk kalian yang baru selesai dan lulus baik SMK ataupun sarjana.Intinya adalah kalian belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mendaftar pekerjaan :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth:

HRD PT Minyak Mentah Insani
Jln Palangka raya km 10
Palangkaraya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari pengumuman di Perguruan Tinggi Palangkaraya bahwa perusahaan ini membutuhkan operator alat berat,dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi posisi kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Amelda Pasaribu   
Tempat, Tanggal Lahir     : Palangkaraya,25 Februari 1988    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan Terakhir     : SMK Mesin    
Alamat     : Perum. Idah Kejora No 17 Palangkaraya   
HP     : 0821 4637 6699   

Saya merupakan lulusan SMK Negeri 1 Ma'arif Palangkaraya dengan nilai terbaik,dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bisa menjadi pekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1. Fotokopi SKHUN
2. Fotokopi Ijasah
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi Surat Dokter
5. Daftar Riwayat Hidup
6. Sertifikat Kejuruan

Saya dalam kondisi sehat dan siap ditempatkan dimanapun sesuai kebutuhan perusahaan.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,
Amelda pasaribu

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Bentuk seperti ini bisa di gunakan untuk semua tempat,tetapi tetap harus mengikuti struktur yang benar seperti penjelasan saya pada paragraf atas.

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth :

Manager Personalia
PT Maju Terus Makmur
Jln Tentara Pelajar
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pada informasi yang saya peroleh melalui website resmi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai ahli biologi,dengan ini saya bermaksud mendaftarkan diri untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :Erwin Simanjuntak
Tempat, tgl. lahir :30 Maret 1990
Pendidikan Akhir :D3 Biologi
Alamat :Jln raya Medan km 6 Medan
Telepon (HP) :0877 3456 1234
Status Perkawinan : Belum menikah

Saya merupakan lulusan terbaik dalam jurusan biologi dan pernah bekerja sebagai ahli biologi pada perusahaan sebelumnya dan memiliki sertifikat yang sah.Saya bersedia sitempatkan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan perusaha.

sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Sertifikat SAH dilegalisir
2. Serifikat Kerja
3. Ijasah D3
4. Nilai IP
5. Pas foto 4x6

Besar harapan saya untuk bisa siterima dan bergabung menjadi karyawan dalam perusahaan yangBapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya

Erwin Simanjuntak

8. Surat Lamaran Kerja Ritel ( Alfamart ataupun Indomaret )


Saya sendiri pernah melamar pada salah satu ritel menggunakan cara ini,Tetapi sebelum melamar,fahami dulu bagaimana sistem kerja di ritel supaya kalian tidak kaget.Untuk struktur penulisanya juga tidak jauh berbeda dengan yang lain :

Bandung,5 Januari 2018

Yth.

HRD PT Indomarco prismatama ( Indomaret )
Jln Midang Kamulan KM 16
Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama  : Asep Saripudin

Tempat, Tanggal Lahir : Majalaya,13 MAret 1997

Jenis Kelamin  : Laki-laki

Pendidikan  : SMA 1 Majalaya

No. Telepon  : 0821 4685 6478

Alamat  : Perum Majalaya Permai no 20,Bandung

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada job fair akbar di bandung yang memberitahukan bahwa perusahaan ini sedang membutuhkan karyawan untuk bagian administrasi,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi yang kosong tersebut.Sebagai bahan pertimabngan saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Dilegalisir

2. Fotokopi SKHUN Dilegalisir

3. Fotokopi Transkrip Nilai

4. Fotokopi KTP

5. Pas Photo 3×4 terbaru

6. Sertifikat Komputer

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya dan saya bersedia menerima sangsi jika ada kesalahan data dikemudian hari.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Asep Saripudin

9. Surat Lamaran Sederhana


Kalau didefinisikan menurut bahasa saya,maksudnya adalah : Persyaratan yang kalian berikan sesuai dengan penulisan kata-kata yang simpel dan tidak berlebihan.Hanya seperti itu saja.

Bekasi 1 Januari 2018

Kepada Yth

Manager HRD

PT ( isi sesuai dengan tujuan kalian )

Di Tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ( di isi nama lengkap )

Jenis Kelamin : ( di isi jangan disingkat )

Agama : ( di isi dengan benar )

Pendidikan terahir : ( di isi sesuai ijasah terahir )

Alamat : ( di isi selengkap mugnkin )

No. Telepon : ( di isi harus yang selalu aktif )

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1......
2......
3......
4......

Besar harapan saya untuk bisa diterima pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

( nama lengkap kalian )

Kesalahan yang harus dihindari saat menuliskan lamaran


Kesalahan yang paling fatal dan sering terjadi untuk para pelamar kerja adalah :

Terlalu memngutamakan tulisan lamaran,sehingga banyak yang sampai berjam jam saat menulis sebuah lamaran kerja hanya karena tulisan mereka tidak bagus.Percaya atau tidak bahkan banyak yang sampai rela mengeluarkan uang banyak untuk menyewa jasa orang lain yang memiliki tulisan bagus.

Mereka biasanya lalai dengan hal terpenting yaitu PERSYARATAN!!saking fokusnya membuat tulisan yang bagus,persayaratan yang menjadi point utama malah terlupakan.Jadi surat lamaean pekerjaan itu intinya tulisanya bisa dibaca sudah cukup.Selebihnya ikuti panduan di atas.

Saya mau bertanya satu pertanyaan ke kalian semua :

Mungkin atau tidak HRD menyeleksi tulisan surat lamaran kalian satu persatu dari ratusan bahkan ribuan pelamar yang datang ( kurang titik,kurang koma,kurang " - " )?? BUAT APA! BUANG WAKTU!

Yang diseleksi itu persyaratanya,tulisan itu jadi nomer sekian.Jadi ubah kebiasaan menDEWAkan tulisan,karena itu bukan faktor utama dalam melamar pekerjaan.
Tambahan

a. Perhatikan stempel atau keabsahan berkas yang kalian cantumkan
b. Perhatikan tanggal kadaluarsa sebuah dokumen yang kalian lampirkan
c. Perhatikan permintaan perusahaan ( apa yang harus di lampirkan )
d. Jangan pernah melampirkan dokumen yang tidak kalian kuasai ilmunya ( kalian membuat jalan kegagalan sendiri )

Inilah yang menjadi nilai tambah kalian.Jadi saran saya,jika kalian ingin mendaftar kerja,pakailah lamaran atau CV yang kalian buat dengan cara manual seperti yang sudah saya berikan di atas.Dan jika kalian sudah berhasil mendapat panggilan tes selanjutnya,kalian harus tahu bagaimana mengatasi tes awal setelah mendapat panggilan tes. 

Poin penting yang dinilai HRD
  • Karakter seseorang dilihat dari bentuk tulisanya
  • Kepribadian seseorang juga dilihat dari tulisanya
  • Kelayakan calon karyawan dinilai dari berkas yang terlampir
  • Data diri apakah sesuai dengan kriteria yang diminta perusahaan
  • Kemampuan atau skil seseorang dilihat dari desainnya ( jika melamar via email ) 

Cara membuat surat lamaran pekerjaan dan contohnya lengkap dengan mengikuti alur yang benar akan memudahkan kalian dan memperbesar kesempatan kalian bisa dipanggil dalam mengikuti seleksi tahap lanjutan.Jadi buat lah dengan sebaik mungkin karena masa depan kalian ada di situ.Semoga bisa sedikit membantu kalian semua,see uuu.











1/26/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 9+ contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar terbukti dipanggil HRD.

komentar di usahakan sesuai topik ya gannn


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente