7 Masalah Wairausaha dan Solusinya Lengkap!

Solusi dari permasalahan yang sering dihadapi warausahawan memang harus dilakukan jika ingin menjadi wirausaha yang sukses.Karena dunia bisnis pasti dan pasti akan menjumpai beberapa masalah yang tidak mungkin dihindari tetapi bisa diselesaikan jika tahu caranya.

Untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah masalah wirausahawan yang sering terjadi,berikut saya jelaskan langkah langkah jika kalian para pelaku usaha kebetulan menghadapi problem yang serupa.Silahkan disimak baik baik.



CARA SUKSES MENJADI WIRAUSAHAWAN



Terlepas dari hasil yang menggiurkan,bisnis yang satu ini sejak dulu menjadi alternatif atau jalan keluar terutama bagi mereka mereka yang kurang beruntung dalam mendapatkan pekerjaan yang layak,walaupun tidak sedikit juga mereka mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan yang layak,tetapi memilih untuk menekuni bisnis yang satu ini.

Tapi sebelum memutuskan untuk menekuni bidang usaha ini,pastikan kalian semua paling tidak mengerti dasar dasar ilmu kewirausahaan ini.Karena ada banyak sekali halangan atau permasalahan yang akan kalian hadapi nanti.Tenang saja.." hasil adalah buah dari usaha dan doa " dan tidak ada kesuksesan tanpa mengalami apa yang namanya kegagalan.



WIRAUSAHA : MASALAH DAN SOLUSI TERBAIK


Jika kalian ingin berhasil dalam berwirausahaa,,hindari hal hal di bawah ini :

Contoh solusi permasalah kewirausahaan dan solusinya

 

1. MODAL USAHA

Hampir 80% dari mereka mereka yang ingin memulai usaha,pasti terbentur dengan masalah modal.Saya sangat tidak menyarankan memulai bisnis dengan modal " hutang " karena ini akan sangat memberatkan kalian kalian semua nanti,teruta untuk kalian yang tidak bisa atau tidak mengerti dengan ilmu menejemen atau mangatur usaha kalian.


SOLUSI

1. Bekerjalah " se adanya " walaupun hasil nya sedikit lakukan ( tabunglah hasilnya )
2. Korbankan beberapa benda berharga ( sewajarnya saja )
3. Mulailah dengan usaha yang bermodal kecil saja ( kalau sukses ) mulai yang lebih besar
4. Kalau terpaksa melakukan hutang,,jangan terlalu banyak mengambil hutang,dan ber hutang lah pada lembaga atau instansi yang membebankan bunga " kecil ",,bahkan kalau bisa yang menggunakan sistem syariah " tanpa bunga "


2. SUMBER DAYA MANUSIA


Banyak usaha atau bisnis yang memilikii sebuah " dilema " dimana bisnis tersebut membutuhkan tenaga sedangkan hasil nya tidak cukup untuk menggaji atau membayar tenaga tenaga tersebut.


SOLUSI

1. Gunakan tenaga kerja yang menguasai banyak hal,,maksudnya satu orang bisa atau faham berbagai macam pekerjaan sesuai usaha yang anda jalankan.Ini sangat efektif untuk memangkas jumlah tenaga yang di butuhkan
2. Manfaatkan keluarga,gunakan tenaga keluarga anda entah itu istri,suami,anak,orang tua,menantu..ini akan menghemat jumlah rupiah yang harus anda keluarkan daripada membayar tenaga dari luar
3. Satu tenaga pekerja dua atau tiga tugas ( jangan berlebihan ) gunakan hati nurani anda


3. MASALAH MANAGEMENT ( uang )

Pernah kah mengalami pamasukan cukup banyak tetapi pengeluaran jauh lebih banyak??letak kesalahan nya ada pada sistem management yang amburadul.Jangan menganggap bahwa karena usaha anda belum besar,jadi tidak perlu yang namanya management,kalau anda seperti itu,anda akan bertemu dan berkenalan dengan yang namanya ' BANGKRUT "

SOLUSI

1. Gunakan uang hanya untuk kebutuhan yang " harus " ada saja,,selain itu jangan gunakan uang anda
2. Hindari sifat glamor atau berlebihan terhadap hal hal yang tidak penting!!!!
3. Jangan terlalu banyak menggunakan tenaga pekerja,lihat point di atas
4. Serahkan tugas ini kepada mereka yang tidak mempunyai jiwa " glamor "


Contoh dan teknik pemecahan masalah dalam berwirausaha

 

4. MASALAH LOKASI

Bisnis anda sepi pengunjung??coba lihat lokasi bisnis anda,sudah strategis atau belum


SOLUSI

1. Cari tempat yang strategis
2. Kalau cara di atas tidak bisa,cobalah sistem promosi atau pemasaran
3. Saat melakukan promosi,sampaikan letak atau tempat bisnis anda dengan se datail detail nya kepada calon konsumen
4. Buat lah peta di kertas dan tempelkan pada semua produk yang akan sampai ke konsumen
5. Permudah lah akses jalan ke tempat bisnis anda
6. Buat lah tempat bisnis yang " UNIK " di mana sekali ada yang melihat,mereka langsung bisa tahu kalau itu adalah tempat usaha anda atau jenis usaha yang anda tekuni


5. PROMOSI DAN PEMASARAN


Tempat sudah sangat strategis tetapi masih sepi pengunjung???masalah nya ada pada promosi dan pemasaran anda.


SOLUSI

1. Buatlah potongan harga untuk menarik pembeli
2. Buatlah produk yang benar benar " berkualitas "
3. Sebarlah selebaran mengenai bisnis anda di berbagai tempat
4. Promosikan lewat jalur media sosial
5. Pasanglah spanduk atau banner yang " menarik "
6. perbanyaklah teman,dan promosikan usaha anda lewat mereka


6. MASALAH PERSAINGAN USAHA


Usaha di sekitar anda lebih maju??lebih ramai??atau mungkin malah ada yang menggunakan cara tidak baik dalam melakukan persaingan???


SOLUSI

1. Kalau pesaing anda melakukan cara yang benar untuk bersaing,,gunakan cara di promosi dan pemasaran di atas
2. Kalau pesaing anda melakukan cara yang tidak benar,gunakan lah jasa

      - TUHAN anda masing-masing ( berdoalah )
      - polisi
      - orang pintar/yang berpengalaman
      - militer
      - kumpulkan saudara atau teman untuk membahas nya bersama sama ( jangan di hadapi sendiri )


7. TIDAK BISA MENGENDALIKAN PERTUMBUHAN USAHA


Ketika usaha anda sudah mulai besar,secara otomati semuanya akan mengikuti,maksudnya jumlah karyawan,jumlah uang yang harus di keluarkan,jumlah bahan produksi yang bertambah,kesemuanya juga akan mengalami kenaikan.JANGAN DI PAKSAKAN!!!!! kalau memang anda tidak bisa menangani itu sendiri.

Banyak sekali kasus,ketika seseorang berhasil menjadikan usaha mereka menjadi besar,ke angkuhan pun muncul.Alih-alih perjuangan nya yang berat,mereka memaksakan untuk me manage semuanya sendirian,padahal kemampuan nya sudah sampai batas.Apa yang terjadi????seperti yang saya katakan di atas.anda akan berkenalan dengan apa yang di namakan KEBANGKRUTAN!!!!!!.


SOLUSI

1. Hilangkan ke angkuhan anda,carilah beberapa partner atau teman atau mungkin salah satu anggota keluarga anda untuk membantu me manage usaha anda,bijak lah dalam bertindak,,SE BESAR APAPUN PENGORBANAN yang sudah anda hadapi,,tetapi ke LANGGENGAN usaha jauh lebih utama bukan??

Ini kata kata yang saya dapatkan dari pengusaha beras samping desa sewaktu mengisi acara di desa saya

" SUKSES ITU MEMANG TUHAN YANG KUASA,TAPI HATI NURANI,KITA SENDIRI PEMILIKNYA.Jangan lupa diri kalau sukses "

Tidak tau kenapa,kata kata ini masih saja melekat di kepala saya,,mungkin suatu saat saya akan jadi orang sukses nih,,hehehe aminnnn.


Kendala yang dihadapi dalam berwirausaha


Itulah beberapa problem yang sering dihadapi para pelaku wirausaha,karena semakin maju usaha yang dijalankan,permasalahan akan sering dijumpai,bukan semata mata karena memang kalian salah saja,tapi anggap itu semua sebagai jembatan kalian dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Semoga sedikit tulisan tentang solusi dari permasalahan yang sering dijumpai wirausahawan di atas bisa menjadi bahan bacaan untuk teman santai sambil minum kopi anda semua nya,,semoga sukses selalu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Masalah Wairausaha dan Solusinya Lengkap!.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar