3 Soal Tes Psikotes di Yayasan Global

Saya akan bercerita pengalaman pribadi tentang soal tes psikotes di yayasan global khususnya yang di cikarang jawa barat.Tetapi tidak menutup kemungkinan ini berlaku untuk semua cabang dari penyalur kerja tersebut.


Soal tes yang keluar saat psikotes di yayasan global ini sebenarnya tidak jauh berbeda dan terkesan itu-itu saja.Hanya saja,mungkin hal ini sangat berguna bagi anda khususnya yang baru petama kali mengikuti seleksi calon karyawan di lembaga itu.


Hampir semua lowongan perusahaan atau PT yang dibuka via yayasan global menggunakan bentuk tes psikotes seperti ini,karena saya sudah beberapa kali mengikuti dan memang soal yang keluar itu-itu saja.



Soal Tes Psikotes Yayasan Global



soal psikotes yang keluar di yayasan global






Psikotes di yayasan global


Ini merupakan tahapan awal yang akan anda lalui jika sebelumnya anda sudah lolos tahapan seleksi berkas.Dalam artian,kriteria anda sudah sesuai dengan apa yang perusahaan minta.

Tahapan selanjutnya adalah mengerjakan soal dengan berbagai macam bentuk.

Sebenarnya ada banyak sekali jenisnya,tetapi yang sering keluar adalah 3 macam yang akan saya jelaskan.Jika anda masih kurang puas dengan penjelasan ini,saya sudah jelaskan bentuk/contoh lain di artikel sebelumnya.



Metode pelaksanaan

Ketika anda diundang untuk mengikuti tahapan ini,nanti anda akan dipersilahkan masuk kedalam ruangan yang memang diperuntukan untuk peserta seleksi.

Anda akan duduk sendiri-sendiri atau berdampingan ( seperti masa sekolah ) sesuai dengan kapasitas ruangan dan jumlah peserta.

Sebelum memulai,biasanya peserta akan di absen menggunakan daftar hadir yang sudah dipersiapkan panitia pelaksana untuk mencegah orang yang tidak lolos masuk menyelinap mengikuti tahapan seleksi.



Menggunakan sistem gugur dan akumulasi

Untuk penentuan lolos tidaknya bagaimana?

Untuk menentukan anda lulus atau tidak,lembaga ini menggunakan 2 sistem,yaitu :
  • Sistem gugur : Setiap selesai satu sesi,akan langsung diberitahukan siapa yang lolos dan siapa yang pulang.Biasanya menunggu beberapa menit untuk menunggu mereka mengoreksi jawabanya.
  • Sistem akumulasi : Pengumuman diberikan satu minggu setelah tes berlangsung.Biasanya via SMS atau telfon.Ini nanti,jawaban anda akan diakumulasikan dan dijadikan rangking.



Bentuk Soal yang Keluar saat Tes Psikotes Yayasan Global




Ketika semuanya sudah siap,maka petugas akan mulai membagikan beberapa lembar pertanyaan yang harus anda jawab.Adapun bentuknya adalah sebagai berikut :


1. Matematika Dasar


Dalam lembar tanya ini,berisi beberapa pertanyaan yang kaitanya dengan hitung-hitungan dasar matematika,seperti :
  • Meter,kilometer,centimeter
  • Kilo gram,gram,ons
  • Rumus bangun datar dan ruang ( panjang x lebar x tinggi )
  • Menghitung nominal uang
  • Pecahan 1/2,1/3,1/5 dan seterusnya

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena soalnya tidak terlalu rumit.Angka-angka yang digunakan dan bentuk pertanyaanya juga sederhana,tidak seperti pertanyaan ketika anda mendaftar CPNS.

Untuk membantu anda mengerjakan,anda bisa menghafalkan beberapa rumus dasar dan berlatih menghitung beberapa hari sebelum hari pelaksanaan.

Kalau memang diperintahkan,silahkan kerjakan lengkap dengan coret-coretan langkah pengerjaanya di lembar jawaban anda.Itu akan menambah nilai anda nanti.

Saya sudah jelaskan dalam artikel sebelumnya secara lengkap.



2. Gambar ( Wartegg )


Untuk jenis ini,terbagi menjadi 2 bagian,yaitu :
  • Menggambar objek ( bisa gambar orang melakukan aktifitas atau gambar pohon lengkap )
  • Menggambar didalam delapan kotak yang sudah tersedia di kertas

- Gambar pohon

Bagian ini,anda akan dipersilahkan untuk menggambar salah satu ( ikut permintaan mereka saja ).Jika gambar pohon,silahkan gambarlah pohon ber akar tunggang ( duren,mangga,rambutan ) lengkap dengan daun,batang dan akarnya.


- Gambar orang/manusia

Bagian ini,gambarlah orang yang sedang melakukan aktifitas/pekerjaan ( mencangkul,olahraga,bermain bola ) lengkap dengan bagian tubuh.Tidak perlu bagus,yang penting terlihat jelas apa maksud gambar itu.


- Gambar 8 kotak

Ini meksudnya adalah : Dalam lembar jawaban anda sudah tersedia 8 kotak dimana masing-masing kotak sudah berisi BENTUK/POLA untuk diteruskan menjadi sebuah gambar lengkap.

Dari ke 8 kotak,bentuknya beda-beda.Ada yang hanya berisi TITIK,ada yang lengkungan,ada gambar kotak hitam putih kecil dan sebagainya.

Ikuti pola yang sudah ada menjadi gambar utuh.Usahakan membentuk gambar benda kerja.



3. Kepribadian


Bagian ini sebenarnya yang paling mudah karena hampir seperti pertanyaan anak SD.Tetapi walaupun seperti itu,anda tidak boleh menyepelekanya dan anda harus mengerjakanya dengan sungguh-sungguh.

Bentuk pertanyaanya seperti ini :

Saya adalah seseorang yang :

a. Pekerja keras
b. Mudah bergaul
c. Pemarah


Tips untuk mengerjaknya bagaimana?

Untuk bentuk pertanyaan yang seperti ini,triknya adalah TIDAK PERLU TERLALU JUJUR!! Kenapa? Karena jawaban yang dibutuhkan/jawaban yang benar harus sesuai dengan apa YANG PERUSAHAAN MAU.

Perusahaan mau pekerja,jadi usahakan jawaban anda yang selaras dan sejalan dengan itu.

Pertanyaan diatas yang paling benar jawabanya adalah ( A ) karena perusahaan butuh pekerja keras,bukan yang mudah bergaul apalagi pemarah.



Apakah soalnya hanya itu? Lalu sejenis KREPLIN,ARMY ALPHA,TIU 5,itu apakah tidak ada?

Bukanya tidak ada,hanya saja itu keluar sewaktu tes lanjutan di perusahaan.

Jadi ketika anda dinyatakan lolos nanti,masih ada lagi seleksi di perusahaan,barulah bentuk seperti kreplin,army alpha,TIU 5 itu muncul.Perjuangan anda belum selesai.

Tenang saja,saya sudah jelaskan secara detail di artikel sebelumnya.

BACA JUGA







Demikian pembahasan tentang apa saja soal yang keluar ketika tes psikotes di yayasan global berlangsung.Jika ada pertanyaan,tanyakan di komentar,semoga membantu,see uu.

12/16/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 3 Soal Tes Psikotes di Yayasan Global.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar