Cara Membuat Lamaran Kerja Online di HP

Cara Membuat Lamaran Kerja Online Yang Benar - Jika anda ingin melamar pekerjaan menggunakan sistem online, maka hal pertama yang harus anda persiapkan adalah surat lamaran kerja yang akan anda kirimkan.

Surat lamaran kerja online sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan surat lamaran kerja manual tulis tangan atau ketik. Hanya mungkin sedikit lebih singkat dibandingkan dengan surat lamaran pekerjaan pada umumnya.


Pengertian Surat Lamaran Kerja Via Online

Cara Membuat Lamaran Kerja Online di HP



Surat lamaran kerja online adalah sebuah surat elektronik yang dikirimkan untuk melamar pekerjaan dengan sistem online ( menggunakan internet ).

Surat lamaran kerja ini isinya lebih singkat daripada lamaran fisik. Tetapi point pentingnya tetap sama saja.

Bentuk surat lamaran pekerjaan menggunakan sistem online seperti ini sering digunakan karena selain lebih menghemat ruang, berkas lamaran seperti ini lebih mudah untuk dilakukan seleksi daripada bentuk fisik.

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan


Surat lamaran kerja online MEMILIKI 2 jenis, yaitu :

  • Bentuk menggunakan EMAIL

  • Bentuk hanya kirim file tunggal ( RESUME )


Tidak selalu perusahaan meminta pelamar kerja untuk mengirimkan lamaran kerja mereka menggunakan email.

Terkadang ada juga yang hanya meminta RESUME atau CV untuk dikirimkan. Inilah perbedaan dari jenis surat lamaran kerja yang menggunakan sistem online.

Hanya tinggal anda sesuaikan saja dengan permintaan perusahaan.


Beda Surat Lamaran Kerja dengan CV


Mungkin beberapa dari anda masih ada yang bingung mengenai perbedaan kedua jenis berkas proposal lamaran kerja tersebut.

Secara fisik mungkin bisa dibilang hampir sama, hanya saja bedanya adalah :
  • CV merupakan VERSI SINGKAT dari surat lamaran pekerjaan

Didalam CV, umumnya hanya berisi informasi penting berupa biodata pelamar pekerjaan saja. Sedangkan dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat kalimat antusiasme, harapan, promosi dan beberapa biodata pribadi.

Jika anda lihat bentuknya, anda akan langsung mengerti perbedaanya.




Bagian - Bagian Surat Lamaran Kerja


Walaupun diawal saya katakan bentuk seperti ini lebih singkat dari versi fisiknya, secara struktur dan kerangkanya hampir sama persis.

Untuk bagian - bagian nya antara lain :


1. KOP Pembuka


Kop pembuka biasanya berisi tentang tujuan surat lamaran pekerjaan anda. Bisa di isikan posisi yang anda lamar.

Pada bagian ini juga tertera tanggal pembuatan jika anda menggunakan jenis resume untuk mengirimkan lamaran kerja anda.


2. Alamat Tujuan


Berisi alamat tujuan dari perusahaan yang anda lamar. Jika anda menggunakan jenis E-MAIL, maka point ini bisa di isikan dalam kolom alamat email perusahaan.

Jika anda menggunakan jenis resume, maka tuliskan alamat fisik perusahaan secara lengkap ( Nama jalan, Nomor, Kode Pos dan Wilayah ).


3. Pembuka Surat


Berisi satu atau dua kalimat pembuka sebagai pengantar surat. Layaknya surat pada umumnya, biasanya point ini berisi salam pembuka atau kalimat lain yang sifatnya hanya untuk "opening " saja.


4. Biodata Pelamar


Bagian ini berisi biodata pelamar kerja, seperti : Nama, Alamat, tempat tanggal Lahir, Pendidikan serta kontak yang dapat dihubungi.

Anda bisa menambahkan point seperti : Agama, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan untuk menambah nilai dari biodata anda.


5. Isi Surat


Bagian pokok dari surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan. Berisi kalimat tujuan utama untuk apa lamaran anda dikirimkan.

Hampir semua jenis berisi tentang POSISI yang anda lamar.


6. Berkas Lampiran


Berisi berkas - berkas apa saja yang anda lampirkan untuk melamar pekerjaan. Khusus untuk jenis yang menggunakan E-MAIL, maka selain dituliskan, file berkas tersebut juga harus dikirimkan.

Berbeda dengan RESUME, walaupun file berkas dituliskan, biasanya tidak ikut dikirimkan melainkan dibawa ketika anda dipanggil atau lolos sesi interview nanti.


7. Penutup


Bagian akhir dari sebuah surat lamaran kerja, dimana bagian ini berisi nama lengkap anda serta tanda tangan anda sebagai pelamar pekerjaan.

Selain itu anda juga bisa menambahkan sedikit kalimat penutup untuk membuat proposal lamaran anda terlihat lebih profesional.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online


Setelah anda mengerti jenis nya, maka berikut ini saya berikan tutorial step by step nya bagaimana tatacara pembuatan surat lamaran pekerjaan online :


1. Pastikan Bagian Atas Email Benar


Bagian atas email lamaran kerja yang saya maksud adalah :
  • Alamat perusahaan
  • Subject email
  • CC dan BCC

Untuk bagian alamat email tujuan sepertinya tidak perlu saya jelaskan. Yang terpenting adalah penulisan alamat harus benar tidak boleh salah walaupun hanya satu huruf atau satu angka.

Untuk bagian subject, silahkan isikan :

" Surat_Lamaran_Kerja"


Untuk bagian CC dan BCC email silahkan kosongkan saja.


2. Memperkenalkan Diri Anda


Mulai bagian isi, silahkan mulai dengan memperkenalkan diri anda. Bentuk perkenalan diri ini bisa anda buat sama persis dengan surat lamaran kerja tulisan tangan atau menggunakan versi singkat atau simplenya.


Contohnya :

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
Alamat
TTL
No HP


atau bisa juga menggunakan versi simplenya, contohnya :

"Perkenalkan, saya ( tuliskan nama panjang anda ) seorang lulusan ( tuliskan lulusan sekolah anda ) dengan nilai rata rata kelulusan ( tulis nilai anda ).


3. Menjelaskan Maksud Lamaran Kerja


Berikutnya adalah menjelaskan maksud atau tujuan surat lamaran kerja anda. Pada bagian ini biasanya diisikan detail posisi atau jabatan yang anda ingin lamar.

Contohnya :

"Saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi ( isikan posisi yang anda inginkan ) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin."

Untuk kalimatnya bisa anda kreasikan sendiri, tetapi uang paling umum digunakan adalah itu.


4. Tuliskan Pengalaman Kerja ( Jika Ada )


Untuk menunjang tujuan lamaran kerja anda khususnya dengan posisi jabatan tertentu, perlu dituliskan lamaran pekerjaan anda.

Akan lebih baik lagi jika pengalaman pekerjaan yang anda tuliskan SELARAS atau SEJALAN dengan posisi pekerjaan yang anda lamar saat ini, contohnya :

"Saya pernah bekerja di perusahaan ( perusahaan lama anda ) selama ( ....tahun ) sebagai ( posisi anda apa ).

Anda juga bisa menambahkan JOBDESK atau tugas yang anda lakukan di perusahaan lama, contohnya :

"Diperusahaan tersebut saya bertugas untuk mengoperasikan mesin (....)".


5. Promosikan Diri Anda


Bagian ini secara detail menjelaskan ke perusahaan bahwa anda " PANTAS " untuk diterima. Gunakan kalimat positif tetapi tidak boleh terlalu berlebihan, contohnya :

"Saya adalah seorang yang sanggup bekerjasama dengan tim dan bisa melakukan pekerjaan dibawah tekanan atau target."

Anda juga bisa menambahkan beberapa kalimat positif lainya untuk menambah nilai anda dimata HRD perusahaan. Tetapi tetap dengan batasan tidak boleh terlalu berlebihan.


6. Penutup ( Kalimat Harapan )


Bagian penutup adalah berisi harapan anda kepada pihak perusahaan atas lamaran pekerjaan yang anda kirimkan.

Contohnya :

"Besar harapan saya untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih."



Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Ada beberapa tips penting dari saya sebelum anda mengirimkan surat lamaran kerjaan anda, yaitu :


1. Pastikan Berkas Lengkap dan Baik


Lengkap sudah pasti semua berkas lamaran sudah anda scan tanpa ada yang tertinggal satu pun. Selain itu, silahkan cek MASA BERLAKU berkas lamaran yang anda kirimkan, karena ada beberapa berkas yang memiliki masa berlaku.

Jangan sekali - kali mengirimkan berkas yang masa berlakunya sudah habis apalagi mengirimkan berkas editan atau palsu.


2. Pastikan Email Aktif


Email aktif tidak hanya berlaku untuk pelamar kerja, tetapi alamat email perusahaan juga harus aktif dan valid.

Jika ada salah satu yanag tidak aktif, maka emailnya tidak akan bisa terkirim.


3. Harus Profesional


Karena ini adalah lamaran sebuah pekerjaan, maka anda harus melakukan semuanya dengan baik. Anda tidak boleh asal,ngawur atau iseng.

Lakukan semua dengan sempurna, mulai dari persiapan berkas, pemilihan bahasa dalam penulisan serta melakukan cek ulang sebelum berkas lamaran dikirimkan.


4. Pilih Waktu Yang Tepat


Terlihat sepele tetapi ini juga sangat membantu. Usahakan mengirimkan lamaran pada hari kerja dan jam kerja HRD perusahaan.

Memang benar jika mengirimkan pada hari libur atau jam bebas, email anda pasti akan terkirim TETAPI akan tertimpa dengan email baru yang masuk.

Padahal biasanya HRD perusahaan melakukan seleksi kerja itu dari email terbaru yang masuk ( walaupun tidak semua HRD seperti itu ).


5. Penggunaan Bahasa


Pastikan untuk menggunakan bahasa formal. Jika anda pernah membaca artikel saya sebelumnya tentang banyaknya pelamar kerja yang gagal karena salah dalam penulisan khususnya pemilihan tata bahasa, maka bagian ini harusnya anda faham.

Selalu pastikan gunakan bahasa yang formal, karena surat lamaran pekerjaan anda akan dinilai baik dimata HRD perusahaan.




BACA JUGA :




Demikian pembahasan tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja online di hp yang baik dan benar. Semoga membantu, see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Membuat Lamaran Kerja Online di HP.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar