Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri di CV Singkat

Contoh Deskripsi Diri Sendiri di CV Lamaran - Ketika anda membuat CV lamaran kerja, mungkin pernah menulis deskripsi diri didalamnya. Deskripsi diri curriculum vitae sedikit berbeda dengan about me/tentang saya.


Contoh Mendeskripsikan diri sendiri didalam sebuah CV lebih mengacu kepada penjabaran secara spesifik seperti apa karakteristik atau kepribadian anda. Bentuk penulisanya dalam curriculum vitae akan saya jelaskan dalam artikel kali ini. 



Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri


contoh deskripsi diri di cv



Deskripsi diri sendiri adalah sebuah bagian dalam CV lamaran kerja yang berisi segala hal " tentang anda " dengan metode penulisan yang lebih spesifik.

Penulisan bagian ini hampir sama dengan " ABOUT ME ", hanya saja versinya sedikit lebih lengkap serta lebih panjang.


Penggunaan Khusus

Untuk penlisan vesi seperti ini, biasanya terdapa kondisi khusus. Maksudnya : Bentuk seperti ini sangat jarang dituliskan atau diminta oleh pihak pemberi lowongan pekerjaan.

Penggunaanya juga TIDAK SELALU untuk melamar kerja.

Selain untuk melamar pekerjaan, versi seperti ini biasanya ditulis untuk keperluan beasiswa kuliah, pendaftaran universitas atau sekolah, serta untuk proposal permohonan lain.



Deskripsi Diri Sendiri Yang Menarik


Untuk membuat deskripsi diri yang menarik baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :


1. Penulisan

Perhatikan penulisan. Tatabahasa harus menggunakan kalimat resmi serta perhatikan kesalahan penulisan.

Jangan sampai menggunakan bahasa pergaulan apalagi terdapat banyak kesalahan penulisan.

Buatlan kerangka atau contoh terlebih dahulu pada kertas yang kosong. Jika dirasa sudah benar, salinlah atau tuliskan pada proposal yang akan anda kirimkan.


2. Pemilihan Bahasa

Jika anda seorang yang toefl nya bagus atau menguasai bahasa inggris, silahkan gunakan bahasa tersebut. Itu akan lebih baik jika menggunakan bahasa indonesia.

Tetapi, jika anda tidak mahir, maka cukup gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Memaksakan diri menggunakan bahasa asing, padahal anda tidak mahir, itu hanya akan membuat curriculum vitae atau proposal anda berantakan.


3. Berikan Informasi yang Baik

Walaupun ini versi panjang dari About ME, anda TIDAK PERLU menuliskan hal yang kurang diperlukan.

Cukup tuliskan beberapa point pentingnya saja.


Contoh Deskripsi Diri Di CV Lamaran Kerja


Berikut ini saya berikan beberapa contoh bagaimana cara menulis deskripsi diri dalam cv lamaran kerja yang baik dan benar, singkat tetapi masih bagus dalam penilaian seorang HRD perusahaan :


Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri Mahasiswa


Bentuk ini saya bagi menjadi 2, yaitu :

  • Untuk yang mendaftar sebagai mahasiswa


" Nama saya puji hartono, saya adalah lulusan SMK pancha bhakti banjarnegara jurusan teknik otomotif dengan nilai rata-rata 9,0.

Saya merupakan seorang yang sangat suka dalam dunia permesinan, itulah kenapa saya ingin mendaftar di universitas indonesia jurusan teknik mesin.

Lahir dalam keluarga dengan bacgroud permesinan, ayah saya seorang wiraswasta pemilik bengkel balanching di banjanegar, sedangkan kakak saya seorang R&D design mesin di sebuah perusahaan mobil di jakarta.

Saya ingin mendaftar jurusan teknik mesin untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan saya dalam bidang permesinan."

  • Untuk yang melamar pekerjaan

" Saya adalah seorang lulusan universitas gajah mada jurusan Informasi dan Teknologi ( IT ) dengan nilai ipk 3,8.

Saya merupakan pribadi yang sangat senang dengan hal hal detail. Mampu bekerja dibawah tekanan dan selalu berusaha menyelesaikan apa yang sudah saya kerjakan.

Pernah mengikuti perlombaan sain bidang IT dan mendapatkan juara 2 tingkat nasional dengan karya ' alat pendeteksisuhu tubuh low budget '.

Saya melamar di perusahaan Bapak/Ibu karena lowongan yang dibuka sesuai dengan ilmu yang saya pelajari di universitas. Serta kualifikasi yang perusahaan minta, sesuai dengan apa yang saya miliki."


Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri Fresh Graduate


Kedua adalah untuk anda yang seroang fresh graduate atau baru saja lulus. Biasanya belum memiliki pengalaman kerja dan bisa dipakai untuk anda yang tidak memiliki kemampuan atau prestasi khusus :

" Saya meupakan lulusan baru tahun 2022 dengan nilai rata rata 7,5. Siap untuk bekerja keras dan mampu bekerja sama dengan sebuah team.

Sangat menghargai waktu dan berusaha selalu tepat waktu.

Siap mengikuti segala macam bentuk peraturan dari perusahaan dan akan berusaha untuk bekerja dengan sebaik mungkin."

Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri Lulusan SMK/SMA


" Saya adalah lulusan SMA jurusan IPA dengan nilai rata-rata ujian akhir 8.0. Saya sangat gemar olahraga khususnya olahraga sepak bola.

Pernah mengikuti praktek kerja lapangan di kantor pariwisata daerah kabupaten sebagai resepcionist.

Saya pribadi yang sangat aktif dan tidak suka berdiam diri. Selain itu, saya juga merupakan pribadi yang terbilang cepat memahami sesuatu.

Saya akan belajar dan berusaha sekeras mungkin untuk bekerja dan memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan jika saya diterima bekerja nanti."


Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri Bahasa Inggris


Pada bagian atas artikel ini sudah saya bahas kalau menggunakan bahasa ini harus dengan syarat : Anda memang faham dan fasih dalam menggunakan bahasa inggris.

Jika tidak, maka jangan gunakan versi ini.


Kalau tidak fasih tetapi perusahaan meminta versi bahasa inggris bagaimana mas?

Agak sulit bagi saya untuk memberikan saran terbaik. Tetapi melihat kondisi sekarang yang memang mencari pekerjaan tidak mudah, maka anda bisa menggunakan jasa orang lain.

Mintalah tolong ke orang lain yang fasih dan bisa. Tetapi dengan satu catatan : Resiko harus siap anda tanggung ( takutnya nanti HRD ngajak ngobrol bahasa inggris, repot ).

Berikut contohnya :

" I am a 2020 graduate. Had worked for 2 years in the astra company as a production operator.

Finished work due to the expiration of the contract period.

During work, I never broke the rules, always came to work and never got into trouble with the company.

Always do work according to targets and deadlines.Highly value time and always comply with company regulations."


Silahkan baca artikel saya sebelumnya jika ini masih belum cukup.





Demikian pembahasan tentang contoh mendeskripsikan diri sendiri dalam CV lamaran kerja secara singkat tetapi baik dan benar. Semoga bisa membantu, see uu.

Tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri di CV Singkat.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar