fZ0wnZo24KnAqSacFaUvGbpSgxuSq9CFoTlwnowj

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup ( Tulis & Ketik )

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup - Seperti yang kita ketahui bersama jika salah satu komponen penting dalam proposal surat lamaran kerja adalah daftar riwayat hidup yang bagus dan menarik, tetapi bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar serta menarik HRD perusahaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan sekarang banyak toko yang menjual bentuk atau format yang sudah setengah jadi.

Yang menjadi permasalahan adalah : Menentukan format atau bentuk yang memang benar dan sesuai dengan keinginan HRD. Kita akan bahas dalam artikel kali ini.


Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup


Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup



DRH atau kepanjangan dari daftar riwayat hidup adalah sebuah proposal atau lembar tulisan yang berisi " riwayat singkat " dari seorang pelamar pekerjaan.

Sesuai dengan artinya, DRH merupakan rangkuman informasi dari seseorang.

Rangkuman informasi seperti apa? Tentunya rangkuman informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan DRH anda dibuat.

Jika DRH dibuat untuk tujuan melamar pekerjaan, maka isi rangkuman riwayat TIDAK BOLEH keluar atau melenceng dari dunia pekerjaan. Atau paling tidak informasi yang sesuai dengan permintaan dari perusahaan.

Untungnya, era modern saat ini, format DRH hampir sama persis untuk semua perusahaan. Bisa dikatakan, hampir semua perusahaan menggunakan bentuk/format yang serupa.

Sangat jarang ada perusahaan yang meminta format/riwayat khusus untuk dituliskan dalam DRH pelamar pekerjaan.


Penulisan Daftar Riwayat Hidup


Untuk format atau bentuk yang umum digunakan dalam daftar riwayat hidup adalah sebagai berikut :

1. Biodata


Biodata adalah informasi mengenai pribadi anda yang berisi :
  • Nama
  • Alamat KTP
  • Alamat Tempat Tinggal Sekarang
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Pendidikan Terahir
  • Agama
  • Kewarganegaraan
  • Kontal ( No Hp/Email )

Untuk alamat, baiknya semua di isi ( baik itu jika alamat anda sekarang berbeda dengan KTP ataupun sama ). Isikan saja keduanya.


2. Riwayat Pendidikan


Riwayat pendidikan biasanya dituliskan lengkap dan urut dari jenjang SD sampai pendidikan terahir, contohnya :
  • SD Negri 19 Semarang dari tahun .... sampai tahun .....
  • SMP Negri ....
  • SMA/SMK ....
  • Universitas ....

Isikan pendidikan formal atau resmi yang benar-benar anda memiliki ijazah valid. Jika anda menempuh pendidikan TIDAK FORMAL/tidak ada ijazahnya, maka tidak perlu anda tuliskan didalamnya.


3. Penglaman Kerja


Disini sebisa mungkin anda isi. Tidak masalah jika memang benar-benar TIDAK memiliki pengalaman kerja ( bisa dikosongkan ). Tetapi lebih baik jika anda mengisinya.

Anda bisa isi dengan pengalaman magang/PKL sekolah/pengalaman bekerja yang tidak di tempat/perusahaan, contohnya :
  • Bekerja di PT ..... dari tahun .... sampai tahun ...
  • PKL di kantor .... dari tahun .... sampai tahun ...
  • Bekerja sebagai teknisi bengkel motor di bengkel ..... dari tahun ... sampai tahun ....

Berbeda dengan pendidikan yang biasanya harus sisertai ijazah valid, pekerjaan tidak seperti itu.

Anda bisa menuliskan jenis pekerjaan yang tidak formal TETAPI anda harus bisa mempertanggung jawabkan hal itu.

Jangan sekali kali menuliskan penglaman bekerja yang anda TIDAK pernah bekerja disitu. Itu bisa menjadi sanjata makan tuang jika HRD menyuruh anda menceritakan atau menjelaskan pekerjaan anda itu seperti apa.


4. Kelebihan/Skill


Mungkin sebagian dari anda, ada yang memiliki kelebihan khusus. Bisa anda cantumkan dalan daftar riwayat hidup.

Kelebihan atau skill itu bermacam-macam, tidak harus skill yang " menakjubkan ". Sopir/bisa mengendarai sepeda motor + sim C saja sudah masuk kedalam skill atau kelebihan.

Sepele, tetapi pada kenyataanya, banyak yang tidak bisa mengendari sepeda motor.

Skill itu contohnya seperti ini :
  • Sopir SIM A/B/B1 dan seterusnya
  • Bisa bahasa asing
  • Las
  • Perbaikan mesin motor

Dan masih banyak lagi kelebihan yang bisa anda tuliskan.


Cara Membuat Riwayat Hidup


Berikut beberapa tips membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan :

1. Tuliskan Deskripsi Lengkap


Bagian deskripsi ini sudah saya jelaskan diatas, yang berisi : Biodata,riwayat pendidikan dan sebagainya.

Tuliskan seperti yang saya contohkan di atas.


2. Pilih Format/Bentuk


Saya membagi DRH menjadi 3 bentuk, yaitu :
  • Tulis Tangan Manual
  • Ketik Komputer Sederhana ( PDF/DOC )
  • Ketik Komputer + Design

TIDAK ADA yang paling bagus diantara ketiganya. Semuanya bagus, hanya saja anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.


Bentuk Tulisan Tangan = Digunakan ketika anda melamar pekerjaan menggunakan lamaran kirim berkas manual ( menggunakan map coklat dan dikirim melalu pos )

Bentuk ketik komputer sederhana = Bisa digunakan untuk pengiriman manual menggunakan pos atau mengirimkan lamaran menggunakan email

Bentuk ketik komputer + design = Khusus digunakan ketika anda melamar kerja via email.


3. Perhatikan Tulisan dan Bahasa


Apapun bentuk yang anda gunakan, perhatikan selalu tulisan dan bahasa yang anda gunakan dalam menulis.

Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan apalagi menggunakan bahasa tidak resmi ( lo,gue,aku,kamu ).


4. Pilih Design Yang Menarik


Jika anda melamar mengunakan email serta ingin mengirimkan bentuk yang menggunakan design tambahan.

Perhatikan dengan baik pemilihan design anda.

Usahakan pilih bentuk/design yang sesederhana mungkin rapi dan enak dilihat + dibaca. JANGAN menggunakan bentuk design berlebihan dan terlalu lebay.


Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan


Untuk anda yang ingin membuat DRH bentuk manual tulisan tangan, berikut langkag langkahnya :

  • Siapkan kertas dan pulpen 

Harus menggunakan pulpen untuk kertasnya saya sarankan GUNAKAN KERTAS FOLIO ( yang ada garisnya ).

Tidak saya sarankan menuliskan DRH menggunakan kertas HVS karena akan kurang rapi nanti.

  • Sediakan kertas coret coretan 

Kertas ini digunakan untuk menuliskan kerangka percontohan, jika dirasa sudah mantap, silahkan pindahkan ke kertas folio yang akan dikirimkan.

Ini berguna untuk meminimalisir kesalahan penulisan. Jadi setelah membuat di kertas percontohan, koreksi dan jika sudah yakin, baru dituliskan di kertas inti.

Berikut contoh bentuk yang sudah jadi :


Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan



Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Ketik Komputer DOC PDF


Untuk membuat format DRH ketik komputer, langkahnya sebagai berikut :
  • Komputer/laptop/menggunakan jasa warnet
  • Siapkan kertas berisi percontohan atau kerangka yang sudah jadi ( supaya nanti tianggal ketik saja tidak banyak kesalahan )

Untuk step bu step nya seperti ini :
  • Langsung masuk ke aplikasi WORD yang biasanya sudah terinstal di komputer
  • Jika muncul notifikasi UPDATE atau tulisan pembuka tidak jelas, pilih CLOSE saja
  • Akan muncul halaman seperti ini

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Ketik Komputer


  • Klik bagian " blank format "
  • Anda akan langsung dibawa ke halaman tempat menulis
  • Silahkan tuliskan sesuai percontohan yang anda siapkan sebelumnya di kertas

Untuk membuat file atau dokumen menjadi bentuk format PDF DOC DOCX bagaimana mas?

Supaya tulisan yang anda buat menjadi format tertentu,caranya seperti ini :


  • cara menulis daftar riwayat hidup



  • cara tulis daftar riwayat hidup



BACA JUGA :


- Contoh daftar riwayat hidup ( yang sudah jadi, lengkap )


Demikian pembahasan tentang cara membuat daftar riwayat hidup baik itu tulis tangan manual ataupun ketik komputer. Semoga membantu, see uu.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan jika ingin mengetahui apakah sudah dibalas,sering seringlah membuka artikel ini secara berkala.
Artikel Terbaru