Contoh Surat Lamaran Kerja di PT/Pabrik

Contoh surat lamaran kerja di PT atau Pabrik - Kali ini saya akan menjelaskan tentang detail dari berkas proposal surat lamaran yang digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah PT atau Pabrik.Ini bisa anda gunakan untuk semua jenis perusahaan,seperti garmen,konveksi,otomotif,makanan dan semua jenis perusahaan.


Contoh surat lamaran pekerjaan di PT atau Pabrik sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan proposal untuk lembaga yang lainya.Hanya saja,akan sedikit berbeda di bagian atachment atau berkas yang dilampirkan.



Surat Lamaran Kerja PT atau Pabrik




surat lamaran kerja untuk pt atau pabrik




Surat lamaran adalah sebuah proposal yang berisi biodata pelamar kerja yang bertujuan untuk mempromosikan diri dimata HRD atau recruiter di sebuah perusahaan.

Ini adalah alat yang digunakan pelamar pekerjaan untuk memberitahukan segala hal yang dia miliki khususnya kriteria yang dia punya supaya bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan.

Dalam praktek dilapangan,proposal ini akan berbeda jenisnya khususnya jika berhubungan dengan sebuah lembaga atau perusahaan.Contohnya saja proposal untuk melamar PNS akan berbeda dengan proposal untuk melamar pekerjaan di toko.

Jika dilihat sekilas,bentuknya memang sama,tetapi jika diteliti lebih dalam,isi dari proposal akan berbeda.Anda TIDAK BOLEH sampai salah dalam menuliskan proposal ini.


Apa yang dicari oleh HRD PT/Pabrik?

Sebelum saya jelaskan lebih dalam,saya akan menjelaskan satu hal.Sangat penting bagi anda untuk tahu,apa sih yang dicari oleh HRD ketika melakukan proses rekrutmen?

Kan sudah ada di info lowongan mas? maunya apa,syaratnya apa saja? dll.

Bukan itu yang saya maksudkan yaa.Kalau masalah persyaratan itu adalah hal umum,yang pasti semua pelamar kerja sudah tau karena memang tertulis di info lowonganya.

Yang saya maksudkan adalah POINT PENILAIAN khusus yang dicari oleh perusahaan dari seorang pelamar pekerjaan.

Di sebuah PT/Pabrik,ketika melakukan proses rekrutment yang paling utama menjadi point penilaian adalah :
  • Kesesuaian kriteria dengan persyaratan yang tertulis ( ini sudah tau semua pasti )
  • Attitude/tatakrama/kepribadian ( ini tidak akan tertulis di info lowongan tapi jadi point utama kelulusan lohh )
  • Kemampuan untuk bekerja ( kira-kira orang itu kuat kerja atau tidak )
  • Skill

Untuk point : Attitude dan kemampuan bekerja,biasanya akan dinilai ketika anda melakukan sesi wawancara atau interview ( kebetulan sudah saya tulis di artikel sebelumnya ).

Untuk kesesuaian kriteria dan skill inilah yang perlu anda tonjolkan didalam proposal surat l;amaran pekerjaan yang anda berikan.

Bagaimana cara untuk membuat atau menonjolkan skill serta kriteria di sebuah surat lamaran kerja? Silahkan lanjutkan membaca.


Contoh Surat Lamaran Kerja PT/Pabrik


Jika anda ingin menonjolkan kriteria dan skill/kemampuan anda,maka tuliskan semua itu di kertas lamaran kerjanya.Bisa juga ditambah dengan sertifikat atau bukti sah dari skill yang anda miliki.

Anggaplah anda seorang ahli bahasa asing/mekanik/spesialis komputer atau punya skill lain,maka bentuk surat lamaran kerja yang baik adalah sebagai berikut :


Kepada
YTH : Kepala personalia
PT .........
Di tempat


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama   :
Alamat :
Tempat tanggal lahir :
Pendidikan terahir :
Nomor telpon :

Dengan ini bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Untuk bahan pertimbangan saya lampirkan ;

1. .....
2. .....
3. .....
4. .....
5. .....
6. .....
7. .....
8. .....
9. ......


Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja di perusahaanyang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

                                     
Hormat syaa

( nama anda )


PERHATIKAN ANGKA 1-4 yang berisi titik diatas!

Disanalah tempat anda untuk menonjolkan kriteria dan skill yang anda miliki.

- Untuk angka 1 - 6 biasanya diisi dengan berkas persyaratan yang diminta perusahaan,seperti : fotokopi ijazah,skhu dan sebagainya ( HARUS ANDA ISI SESUAI PERMINTAAN PERUSAHAAN ).

Tidak boleh SAMPAI KURANG.Inilah point kesesuaian kriteria pelamar yang akan dinilai.Kalau berkasnya kurang,anda akan dinilai kurang sesuai kriteria perusahaan.

Biasanya berkas apa saja akan tertulis di info lowongan baik itu fia media sosial,kantor pos,BKK atau lewat media apapun.kalau ada lowongan ya biasanya akan dituliskan juga persyaratanya apa saja.


- Untuk angka 7 kebawah diisi dengan sertifikat yang anda miliki.Inilah point skill yang akan dinilai oleh perusahaan.Semakin banyak akan semakin bagus nilainya.

Untuk lebih memudahkan anda,berikut ini saya berikan contoh beberapa bentuk surat lamaran kerja di PT tau pabrik yang sering digunakan secara umum :



Semarang,20-seoptember-2021


KPD

Yang Terhormat:

Kepala Personalia 

PT Anugrah Media Gemilang

Jln Maospati,12 semarang,jawa tengah



Saya yang menulis surat ini :


N a m a: Amir syah

Alamat: Jl. matahari no.9

Tempat dan Tanggal Lahir: Madiun, 6 januari 1990

Pendidikan Terakhir: SMK

Nomor Telepon: 0821....


Dengan ini bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:



1. Fotokopi Ijasah

2. Daftar Riwayat Hidup

3. Fotokopi KTP

4. Fotokopi Kartu Keluarga

5. Salinan ijazah terakhir

6. Sertifikat forklift

7. Sertifikat bahasa asing

8. Sertifikat komputer


Demikian surat lamaran yang saya berikan.Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.


Hormat Saya

( Amir Syah )



Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan yang anda miliki saja.Yang terpenting anda tau point utama khususnya yang menjadi point penilaianya.


BACA JUGA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara membuat dan contoh surat lamaran kerja di PT atau Pabrik lengkap dan terbaru.Semoga bisa membantu,see uu.

tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Surat Lamaran Kerja di PT/Pabrik.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar