Tugas dan Kerja Karyawan di PT AHM Indonesia

Kali ini saya akan menjelaskan tentang tugas atau jobdesk kerja karyawan PT AHM Indonesia lengkap dnegan jenis line atau bagian mesinya.Setiap orang memiliki pekerjaan yang berbeda sesuai dengan line apa yang ditempati.


Tugas atau jobdesk karyawan di PT AHM Indonesia memang disesuaikan dengan mesin atau line masing-masing.Ini karena di pabrik atau PT ini terdapat banyak sekali line/divisi.Inilah kenapa perusahaan ini disebut sebagai perusahaan manufaktur atau perakitan.



Tugas atau Jobdesk Karyawan PT AHM Indonesia



jobdesk karyawan di pt ahm indonesia





PT AHM Indonesia adalah sebuah perusahaan masnufaktur sepeda motor terbesar yang ada di indonesia.Produknya adalah sepeda motor merk honda saja.

Di perusahaan ini,menitik beratkan pada hal PERAKITAN produk jadi.

Maksudnya begini : Part ata komponen jadi datang dari perusahaan lain,keudian di perusahaan ini hanya tinggal merakitnya saja menjadi sebuah produk jadi.

Saya akan menjelaskanya untuk anda,apa saja divisi atau line yang ada di perusahaan ini lengkap dengan tugas atau jobdesk di masing-masing line tersebut.


Tugas atau Jobdesk Karyawan AHM Sesuai Dengan Divisinya



Mungkin bagi anda yang pernah bekerja di sebuah perusahaan manufactur,tidak akan asing dengan penjelasan ini.Tetapi bagi anda yang baru lulus atau fresh graduate,hal ini sangat penting untuk anda ketahui.

Tujuanya adalah supaya anda sedikit faham mekanisme pekerjaan di perusahaan ini.Supaya anda tidak terlalu kaget dengan pekerjaan anda nanti.

Apa saja divisinya?


1. Assembling


Divisi pertama adalah asembling atau perakitan.Didalam line ini,menggunakan meja berjalan dimana akan terlihat banyak karyawan berjejer bersebelahan.

Setiap orang memiliki tanggung jawab beda-beda ( ada yang bertugas memasang baut,ada yang memasang cover,memasang bagian rem dan seterusnya ).


Setiap satu part biasanya akan ditangani oleh satu orang pekerja.

Untuk line ini,mungkin yang paling banyak jumlah pekerjanya.Bayangkan saja,satu sepeda motor utuh itu ada ratusan part loh,dan itu semua dipasang satu satu.

Ada yang bertugas memasang cover saja,kemudian memasang rem saja,memasang roda dan semua part dipasang satu-satu.Bahkan ada yang hanya bertugas memasang baut saja ( tapi biasanya jumlah bautnya banyak ).


Tempat sejuk tetapi mengejar target.

Divisi ini biasanya ruanganya ber AC jadi dingin.Sejuk dan adem memang,tetapi divisi ini terkenal dengan kerja yang continue atau terus menerus karena mengejar target.

Untuk sebuah persahaan perakitan ( apapun itu ),bagian asembling adalah ujung tombaknya.Tercapainya target perusahaan hampir bergantung seluruhnya pada divisi ini.


2. PPIC/Warehouse


Bahasa sederhananya ini adalah divisi gudang.Divisi bertugas untuk menjalankan pendataan barang masuk dan barang yang keluar.

Setiap ada barang yang datang atau barang jadi yang siap untuk dikirimkan,warehouse akan menangani hal tersebut.

Ada yang bertugas untuk mendata barang datang,biasanya divisi ini juga bertugas untuk membongkar part yang datang yang biasanya menggunakan container.

Untuk divisi yang bertugas mendata barang keluar,biasanya tugasnya juga melakukan packing atau pembungusan produk.

Pekerjaanya menguran keringat dan fikiran.


3. QC atau Quality Control


Divisi ini bertugas untuk mengecak semua barang yang sudah jadi,apakah layak dikirim atau tidak.Memang terlihat enak kerjanya ( memang enak tapi tanggung jawabnya besar ).

Kalau ada keluhan dari konsumen,biasanya divisi pertama yang akan di introgasi pihak perusahaan adalah divisi QCnya.

Biasanya divisi ini berisi orang-orang lama diperusahaan yang sudah mengerti dan faham betul apa itu kualitas sebuah produk.

Sebagai tambahan saja,khususnya perusahaan jepang,sangat-sangat mengedepankan kualitas produk.Jangan anggap enteng divisi ini,sampai ada yang kelolosan,pasti panjang urusanya nanti.


Secara garis besar itu adalah bagian atau line yang PALING BANYAK MEMBUKA LOWONGAN KERJA.Untuk divisi lain seperti Manager,HRD,QA,itu biasanya akan mengambil orang lama untuk mengisinya larena dibutuhkan pengalaman untuk menduduki bagian itu.

Jika anda ada pertanyaan,silahkan tanyakan di komentar.


BACA JUGA







Demikian pejelasan tentang apa saja tugas atau jobdesk karyawan di PT AHM Indonesia sesuai dengan line atau bagiannya.Semoga bisa membantu,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Tugas dan Kerja Karyawan di PT AHM Indonesia.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar