3 Arti Tampilan Dashboard Kartu Prakerja

Kali ini saya akan menjelaskan arti atau pengertian tampilan dashboard di perndaftaran kertu prakerja.Ada beberapa notifikasi yang tertera di halaman beranda yang terkadang membuat banyak pendaftar bingung mengenai maksudnya apakah mereka lolos atau gagal.


Beberapa notifikasi di tampilan dashboard kartu prakerja memang sedikit membingungkan terutama untuk mereka yang baru saja mendaftarkan diri.Ada yang tertulis " ikut seleksi " ada yang bertuliskan " yay,pendaftaranmu sedang di evaluasi " dan berbagai jenis notif lainya.



Penjelasan Tampilan Dashboard Kartu Prakerja





Kartu prakerja adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan bantuan berupa pelatihan dan uang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kebijakan ini dijalankan menggunakan sistem " seleksi " dimana TIDAK SEMUA masyarakat bisa mendapatkanya.Hanya mereka yang sesuai dengan kriteria dan berhasil melakukan tes formal saja yang berhak mendapatkan bantuan ini.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk sampai dan bisa mendapatkan bantuan kartu prakerja,antara lain :
  • Melakukan pendaftaran resmi di website www.prakerja.go.id
  • Mengisi formulir dengan lengkap
  • Bergabung dengan gelombang yang sedang dibuka
  • Mengerjakan beberapa tes soal sesuai dengan program pelatihan yang dipilih
  • Menunggu pengumuman hasil ( lolos/tidak )
  • Mendapatkan sertifikat
  • mendapatkan bantuan berupa uang

Dari banyaknya tahapan yang berlangsung,ada beberapa bagian yang sering sekali membut bingung para pendaftar khususnya yang baru saja mencoba,yang paling membingungkan adalah ARTI/Pengertian dari tampilan di dashboard kartu prakerja.


Syarat pertama adalah anda sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu

Sebelum melanjutkan,saya harap anda sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu.Silahkan anda masuk ke website resmi dan isilah semua bagian kosong sesuai petunjuk.

Tanda anda sudah berhasil melakukan pendaftaran adalah : Anda bisa melakukan LOG IN ke dashboard kartu prakerja dengan email dan sandi/password milik anda.


Mas,saya sudah daftar kemudian dipersilahkan memilih program pelatihan dan mengerjakan soal,apakah itu sudah termasuk mengikuti seleksi?

Tidak! Anda harus bergabung dengan gelombang terlebih dahulu.Untuk lebih jelasnya,silahkan baca point pertama nanti dibawah.



Jenis-Jenis Tampilan di Dashboard Kartu Prakerja dan Artinya



Berikut ini saya jelaskan tentang beberapa arti atau penjelasan tampilan beranda pendaftaran kartu prakerja :


1. Tampilan Terlambat Daftar Gelombang


Lihat gambar dibawah :





arti dashboard tampilan kartu prakerja ikut seleksi



Jika di beranda anda gambar tampilanya seperti diatas atau hanya tertulis " ikut seleksi " di ikuti gambar seorang pria sedang mengangkat satu kakinya,itu berarti : ANDA TELAT mendaftar gelombang pendaftaran.

Perlu anda ketahui bahwa pendaftaran itu harus mengikuti gelombang YANG DIBUKA SETIAP BULAN dan HANYA BERLANGSUNG paling lama 7 hari saja.

Jadi,jika pendaftaran sudah ditutup,walaupun anda mengerjakan soal dan memilih jenis pelatihan,tampilan berandanya hanya akan seperti itu diatas.

Dan itu artinya anda terlambat mendaftar dan harus menunggu gelombang berikutnya dibuka.


Bagaimana mengatasinya?

Anda harus menunggu gelombang berikutnya dibuka dan daftarlah segera jangan sampai telat lagi.

Begitu ada pembukaan pendaftaran gelombang berikutnya,dibawah gambar laki-laki itu akan tertulis " ikuti/daftar gelomang " silahkan klik DAFTAR dan pilih jenis program pelatihan di ikuti mengerjakan soal.

Setelah itu tunggulah hasilnya keluar.



2. Hasil Sedang Dikoreksi atau Diseleksi


Setelah anda berhasil mendaftar di gelombang yang dibuka dan mengerjakan soal,maka tampilan beranda dashboard kartu prakerja akan seperti ini :





pengertian tampilan di beranda kartu prakerja




Jika di beranda anda tertulis " yay! pendaftaranmu sedang kami evaluasi " ini artinya : Anda sudah berhasil mendaftar dan mengukuiti seleksi.

Anda hanya tinggal menunggu hasinya saja,karena selain hasil dari soal yang anda kerjakan,sistem akan menyeleksi biodata anda juga ( biodata yang anda isi ketika mendaftar pertama kali ".

Sistem akan mencocokan data anda dengan dukcapil setempat sesuai dengan nomor kartu keluarga dan KTP apakah anda sesuai dengan kriteria yang diinginkan atau tidak.

Jika semuanya sesuai dan anda beruntung,maka anda akan lolos.Kenapa saya katakan beruntung?

Karena anda akan bersaing dengan ratusan ribu pendaftar lain,sedangkan kuota yang disiapkan hanya sekitar 200.000 orang saja.



3. Anda Lolos atau Gagal


Setelah anda berhasil daftar di gelombang yang dibuka dan mengerjakan soal,maka jika pengumumanya keluar,tampilan dashboard kartu prakerja akan seperti ini :




gambar tampilah beranda kartu prakerja yang lolos dan yang gagal




Diatas adalah 2 tampilan untuk anda yang lolos dan gagal seleksi kartu prakerja.

Jika lolos maka tulisanya : Selamat datang/selamat anda berhasil.
Jika gagal maka tulisanya : Kamu belum berhasil/anda belum lolos.


Sebenarnya masih banyak lagi bentuk notifikasi di beranda seleksi tetapi untuk saat ini hanya itu saja dulu yang saya jelaskan.


BACA :




Demikian penjelasan tentang arti atau pengertian serta penjelasan tampilan di dashboard pendaftaran kartu prakerja.Semoga membantu,see uu.

3/07/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk 3 Arti Tampilan Dashboard Kartu Prakerja.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar