Mengakali IMEI Diblokir Tidak Terdaftar Kemenprim

Saya akan sedikit berbagai pengalaman cara mengakali atau mengatasi IMEI hp yang diblokir atau tidak terdaftar kemenprim sehingga sinyal terblokir.Tips ini saya khususkan untuk ponsel yang terkena dampak pemblokiran padahal sudah aktif sebelum keputusan itu berlaku.


Cara untuk mengatasi atau bisa dibilang mengakali nomor IMEI hp yang diblokir karena tidak terdaftar kemenprim ini saya bagikan karena sangat banyak yang mengeluhkan terkena dampak padahal ponsel itu beli sebelum peraturan berlaku.



IMEI Diblokir Kemenprim




solusi nomor imei diblokir kemenprim






Baru-baru ini pemerintah telah memberlakukan peraturan yang cukup mengagetkan khususnya bagi para pengguna hp entah itu smartphone android ataupun ponsel lama alias jadul.

Bagaimana tidak,dalam peraturan itu tertulis jika ponsel yang tidak masuk secara resmi atau melalui bea cukai,maka imeinya akan terblokir otomatis.Memang itu tjuanya sangat bagus khususnya bagi perekonomian indonesia.

Tetapi ada satu permasalahan yang cukup serius yang sepertinya lolos dari perencanaan yang mungkin belum matang,apa itu?


- Didalam peraturan berbunyi jika ponsel yang dibeli sebelum peraturan berlaku bisa digunakan,NYATANYA hampir semua ponsel terkena imbas ini.

Bahkan,salah satu member website ini pernah mengeluhkan ponsel merk NOKIA yang dibelinya secara resmi seharaga 5 juta ikut terkena dampak pemblokiran IMEI.Memang itu ponsel keluaran tahun lawas,tetapi walaupun seperti itu,itu ponsel resmi,jadi kurang pas kalau kena imbasnya juga.


Sasaran Utama Kebijakan IMEI Adalah Ponsel BM ( Black Market )

Saya ingin menjelaskan sedikit,kalau kebijakan ini memang bertujuan untuk menghentikan peredaran ponsel BM.Dalam artien ponsel itu masuk ke indonesia tidak dengan jalur resmi.Ponsel itu masuk tanpa melewati BEA CUKAI.

Tetapi,banyak masyarakat awam yang kurang mengerti itu,apalagi sekarang sudah menggunakan sistem jual beli online.

Banyak pembeli yang membeli ponsel tanpa tau bahwa itu ponsel BM.


Pemerintah tau,makanya dalam kebijakan tertulis bahwa ponsel ponsel yang dibeli sebelum keputusan disahkan masih bisa digunakan!

Waitt,itu cuma wacana lohh,nyatanya tidak seperti itu.Banyak ponsel yang dibeli jauh-jauh hari bahkan jauh-jauh taun sebelum diberlakukan kebijakan tetap kena imbasnya.Kalau anda tidak percaya,silahkan cari di media sosial.

Disana akan banyak postingan yang mengeluhkan hal ini.



Solusi IMEI Terblokir Kemenprim ( Beli Sebelum Kebijakan Disahkan )



Jika memang seperti itu,adakah jalan keluar untuk mengatasinya?

ADA.Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini :


1. Mencoba kartu perdana tertentu


Maksudnya begini,silahkan anda coba pasang dengan beberapa kartu perdana.Banyak yang membuktikan bahwa terkadang jika menggunakan operator A bisa digunakan sedangkan menggunakan operator lain tidak.

Anda bisa mencoba untuk menentukan operator yang sesuai dan bisa mendapatkan sinyal.

Beda ponsel dan wilayah biasanya kartu perdana yang cocok juga berbeda-beda.Silahkan coba satu-satu.



2. Meminta bantuan pihak operator


Kasus selanjutnya anda bisa mencoba meminta bantuan pihak operator kartu perdana untuk membantu mengaktifkan sim cardnya.

Yang sudah dicoba adalah menggunakan telkomsel.Hal ini bisa dilakukan tetapi waktunya hanya sampai 90 hari saja.Setelah itu tidak bisa.

Caranya adalah :
  • Hubungi pihak operator baik menggunakan call centre atau email atau akun media sosial mereka
  • katakan bahwa anda ingin meminta bantuan masalah sinyal yang tidak keluar karena IMEI terblokir
  • Nanti pihak operator akan membantu

Untuk kartu perdana yang lain,saya belum mendapatkan laporan.Tetapi anda bisa mencoba langkah ini.



3. Minta bantuan kemenprim atau kantor BEA CUKAI


Jika kedua langkah sebelumnya tidak berhasil,anda bisa mencoba untuk mendatangi langsung kantor BEA CUKAI atau kemenprim untuk meminta bantuan mereka mengaktifkan IMEI anda.

Tetapi jika menggunakan langkah ini,biasanya anda akan dikenakan biaya tambahan untuk kepengurusanya


Pakai online bisa ndak? Jadi tidak perlu datang ke kantor?

Bisa.Anda bisa mengakses situs kemenprim atau BEA CUKAI untuk melakukan aktivasu IMEI.Tetapi tetap akan kena biaya.



4. Mengubah nomor IMEI


Untuk informasi ini,saya sendiri belum pernah mencoba karena terus terang saya kurang faham mekanismenya.

Dalam sebuah forum diskusi ponsel beberapa kali saya menemui tulisan yang memagikan perihal pergantian nomor MEID yang terblokir dengan nomor MEID yang tidak terblokir.Hanya saja saya tidak faham apa yang mereka jelaskan disana.

Yang saya tangkap hanya seperti " mengambil " nomor MEID ponsel yang terdaftar untuk dimasukan ke ponsel yang kena blokir.

Tetapi saya ndak faham maksud detailnya seperti apa.

Kemudian ada pertanyaan seperti ini :

- Mas,ponsel saya itu DULU belinya resmi lohh,bahkan ada nota dari toko yang notabene dulu merupakan gerai resmi ponsel ini,masa saya kena biaya? kalau ponsel BM si wajar,lah ini ponsel remi kok?


Saya sudah mencoba menghubungi pihak terkait tetapi belum menemukan jawaban yang valid.Jawaban mereka selalu muter-muter ndak jelas.Ujung-ujungnya pasti disuruh ke kantor BEA CUKAI.Jadi saya belum bisa menjawab itu.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara mengakali nomor IMEI HP yang diblokir kemenprim karena tidak terdaftar disana.Semoga membantu,see uu.

12/22/2020 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengakali IMEI Diblokir Tidak Terdaftar Kemenprim.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar