3 Cara Mematikan/Menonaktifkan Proximity Sensor Hp

Cara untuk mematikan atau menonaktifkan proximity sensor Hp ini berlaku untuk semua smartphone baik android ataupun iphone apple.Ada beberapa tips dan trik untuk bisa menghilangkan fungsi atau meng off kan efek dari komponen yang membuat layar ponsel mati dan gelap ketika menelpon tersebut.

Mematikan proximity sensor di hp baik versi android ataupun aple ini tidak hanya bisa dilakukan secara manual via setting pengaturan saja,tetapi juga bisa dilakukan dengan langkah yang terbilang cukup extrim tetapi saya jamin work 100%.


Cara Menonaktifkan Proximity Sensor Hp



Proximity sensor adalah sebuah komponen atau part yang terletak di sebelah kamera depan ponsel yang dipasang dengan tujuan untuk membuat layar ponsel terkunci otomatis ketika sedang melakukan sebuah panggilan telpon.

Dengan adanya komponen ini,pengguna ponsel bisa dengan nyaman dan bisa merasa tenang ketika sedang menelfol tanpa khawatir layar ponsel tertekan atau terpencet secara tidak sengaja.

Akan tidak lucu ketika anda sedang melakukan panggilan penting tetapi tiba-tiba terputus akibat layar atau tombol end call tertekan tidak sengaja.


Kenapa sensor proximity perlu dimatikan?

Hal ini biasanya terjadi untuk pengguna ponsel yang lebih merasa nyaman dengan keadaan layar yang tetap menyala ketika telfon,atau mungkin terjadi error yang menyebabkan layar ponsel mereka stuck atau macet jika melakukan panggilan keluar.

Saya sendiri memilih untuk mematikan fungsi ini karena memang terjadi konslet pada komponen yang menyebabkan layar saya selalu error ketika sedang melakukan panggilan atau telfon kepada seseorang.


Apakah berbahaya atau beresiko mematikan sensor proximity?

Untuk bahaya dan resiko terhadap ponsel,berdasarkan pengalaman pribadi saya,hal itu TIDAK MASALAH.

Bukan ponsel yang bisa rusak,hanya saja resikonya hanya ketika menelfon,anda bisa secara tidak sengaja menekan tombol end call baik tertekan jari ataupun tertekan pipi anda.

Sampai saat ini,hanya itu saja resiko dan bahaya yang saya rasakan pada gadget saya.


Cara Mematikan Sensor Proximity di Hp


Ok,jika memang tidak berbahaya,lalu bagaimana langkahnya? Anda bisa menggunakan 3 metode yang sudah saya coba,yaitu :


1. Via Pengaturan Manual


Opsi pertama adalah melalui pengaturan manual.Perlu anda catat bahwa " TIDAK SEMUA PONSEL ADA " dan dibekali pengaturan ini ya,jadi sebagian ada dan sebagian lagi tidak ada.

Khusus untuk ponsel yang memang telah dibekali pengaturanya,anda bisa melakukan hal berikut :
  • Masuk menu " setting/pengaturan " ( lambang roda gigi di pojok kanan atas )
  • Gulir kebawah dan pilih " panggilan/telpon "
  • Anda akan disuguhkan beranda halaman yang berisi segala sesuatu yang berkaitan dengan pengaturan panggilan
  • Pilih " sensor proksimiti/proxymyty " ataupun tulisan yang mirip ( jika dibahasa indonesia tulisanya sensor jarak )
  • Geser kursor sehinggan TIDAK berwarna hijau atau buatlah menjadi OFF
  • Selesai

Setelah anda melakukan ini,coba lakukan panggilan.Seharusnya fungsinya sudah tidak lagi bekerja alias layar ponsel anda akan tetap menyala ketika melakukan panggilan.Tidak lagi gelap ataupun error dan macet.


2. Menempelkan Selotip 


Opsi kedua adalah dengan menempelkan sebuah selotip ( bisa dibagian depan layar ataupun bagian dalam layar ) yang penting selotipnya menutupi censornya.

Opsi ini saya peroleh disebuah akun youtube dan saya langsung coba praktekan.

Sebenarnya,dalam benak saya berfikir : Ini kan sensor jarak,bukanya kalau ditutupi nanti malah terbaca oleh sistem sedang menempel ke telinga? gelap terus layarnya dong? 

Tapi tidak apalah,mungkin saja sensor suhu juga,jadi selotip tidak terbaca anggota badan ( mungkin ) dan kemudian tetap saya coba dan hasilnya memang sesuai dugaan,layar saya langsung gelap dan selalu begitu sampai panggilan berahir.

Saya tidak tau itu karena pengaruh selotip atau memang komponen di ponsel saya yang rusak.

Saya coba lihat komentar di vidio youtube tempat saya dapat tips ini,banyak yang berkomentar kalau itu WORK dan BERHASIL.Saya jadi tambah bingung,tapi mungkin bisa anda coba praktekan saja,siapa tau bisa,kan lumayan bisa irit ongkos daripada ke tukang service.


3. Copot Komponen Sensornya


Akhirnya,tanpa pikir panjang saya mencoba opsi terahir ini.Dan masalah di ponsel saya teratasi dengan baik tanpa menimbulkan efek samping atau kerusakan lain di ponsel saya.

Cara copotnya gimana? Tentu saja dengan MEMBONGKAR PONSEL.

Waktu itu saya hanya bermodal obeng kecil dan silet saja.Setelah saya bongkar mesinya,saya lihat komponen itu dan langsung saya copot/iris menggunakan silet.

Komponenya seperti ini bentuknya :



langkah untuk menghilangkan efek sensor proximity



Silahkan anda lihat gambar diatas,akan terlihat sebuah lensa yang menempel pada sebuah bantalan penahan.

Anda TIDAK PERLU MELEPAS semuanya,cukup lensanya saja.Gunakan silet untuk melakukanya.Bisa sedikit anda panaskan siletnya supaya prosesnya bisa lebih mudah.

Ingatnya,LENSANYA saja yang dicopot,tidak perlu dengan bantalanya ( kalau anda bisa tidak apa-apa sih ).

Jika anda memiliki alatnya,silahkan gunakan solder dengan mata bentuk pisau.Ini jauh lebih mempermudah prosesnya.

Tips ini berlaku untuk semua merk android ataupun apple seperti samsung,xiaomy,sony experia,oppo,vivo,nokia,realme,redmi,lenovo,LG dan hampir semua merk bisa menggunakan tips diatas.


Demikian cara untuk mematikan atau menonaktifkan sensor proximity di hp baik android ataupun apple iphone.Semoga bisa membantu,see uu.

6/01/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 3 Cara Mematikan/Menonaktifkan Proximity Sensor Hp.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar