Layar HP Gelap Jika Menelpon ( Touchscreen Macet )

Layar lcd HP atau ponsel khususnya android memang dirancang untuk otomatis gelap atau mati saat menelfon baik telfon biasa ataupun WA tetapi yang terkadang menjadi masalah adalah setelah lampu lcd tidak menyala alias gelap ts atau touchscreen juga tidak bisa disentuh atau digunakan sampai panggilan berahir baru kembali normal.

Layar hp android ataupun iphone apple yang gelap atau mati ketika telfon ditambah lagi tidak bisa digunakan sentuhnya alias bleng/stuck/macet inilah yang akan saya bahas kali ini.Hal ini erat kaitanya dengan hardware atau part komponen bernama proximity sensor.


Layar HP Mati Saat Telfon ( Biasa ataupun Whatsapp )



mengatasi layar hp yang gelap dan macet jika digunakan menelfon




Lampu ponsel yang otomatis padam ketika anda melakukan panggilan baik itu panggilan biasa ataupun via aplikasi WA memang " SENGAJA DIDESIGN " oleh pihak pengembang ponsel.Jadi itu bukanlah sebuah kerusakan ( khususnya untuk pengguna smartphone yang baru-bru ).


Kenapa atau Apa Tujuannya?

Tujuan dari pihak pengembang memberikan fitur ini sebenarnya sedarhana,yaitu : Supaya pengguna ponsel bisa fokus dalam melakukan panggilan dan tidak sampai SALAH PENCET ketika menelfon.

Jika tampilan tidak dibuat seperti itu,ketika anda menempelkan ponsel di telinga,mungkin saja tanpa sadar anda menekan tombol dan mengakhiri panggilan.

Dengan didesign seperti ini,maka pengguna smartphone bisa dengan nyaman melakukan penggilan tanpa harus was-was layar tertekan tanpa sengaja.


Apa Nama Komponenya?

Part mesin yang bertugas untuk mengatur pengaturan ini bernama " SENSOR PROXIMITY ".

Ini adalah sebuah part kecil yang bentuknya sangat mirip dengan kamera depan dan biasanya letaknya juga didepan bersebelahan dengan camera depan.

Anda bisa perhatikan ponsel anda,pasti anda akan melihat sebuah komponen yang terlihat seperti front camera tetapi bukan.Itulah yang namanaya proxymity sensor.


Dimana Letak Pengaturanya?

Untuk point ini,saya harus katakan bahwa : TIDAK SEMUA JENIS PONSEL disediakan pengaturan manual didalamnya.

Ada sebagian merk ponsel yang memang sudah disediakan secara manual tetapi ada juga yang sudah terintegrasi secara otomatis ( tidak bisa otak-atik lagi ).

Saya akan jelaskan dibagian bawah artikel ini.


Sebab Layar HP yang Mati Saat Menelpon?


Pembahasan ini ssaya khususkan untuk anda yang merasa terganggu atau ingin mematikan fungsi dari sensor ini atau mungkin yang HPnya memang bermasalah seperti " layarnya tidak bisa digunakan jika sudah gelap dan hanya bisa menunngu sampai telfon berahir barulah kembali normal ".

Apa saja penyebab permasalahan seperti bisa terjadi?


1. Ponsel Error Sistem


Kemungkinan yang pertama adalah karena ponsel anda mengalami sistem yang error.Bisa karena kesalahan update firmware atau OS,bisa juga karena ponsel dijejali dengan aplikasi yang terlalu banyak.

Anda perlu ingat bahwa ponsel itu memiliki kapasitas maksimal dan tip ponsel itu kekuatan tampungnya berbeda-beda.

Jika anda menggunakan ponsel kelas menengah kebawah dan menginstal berbagai macam aplikasi,maka permasalahan seperti ini sangat mungkin untuk terjadi.


2. Terkena Virus/Malware


Tahukah anda jika diluaran sana terdapat banyak sekali jenis virus atau malware yang bisa mempengaruhi kinerja ponsel?

Darimana terkena virusnya?

Ada banyak kemungkinan dimana anda terkena malware,diantaranya ketika anda menginstal sebuah aplikasi,melakukan pertukaran file dengan ponsel lain,atau mendownload sebuah file dari internet.

Bisa saja,file yang baru saja masuk kedalam ponsel anda berisi sebuah virus sehingga mengganggu kinerja gadget anda.


3. Kerusakan/Konslet pada LCD


Sebenarnya ini sangat jarang terjadi,tetapi tidak menutup kemungkinan bisa saja seperti itu.

Anda bisa melakukan pengetesan menggunakan ponsel anda untuk kegiatan lainya,jika dirasa tidak ada masalah,maka seharusnya bukan ini penyebabnya.

Tetapi jika memng dirasa ada masalah pada LCD,maka silahkan perbaiki di service sentre terdekat.


4. Proximity Sensor Rusak


Hampir 95% masalah layar yang mati saat telfonan tapi tidak bisa digunakan sampai telfonya selesai adalah karena kerusakan pada part komponen sensor proximity ini.

Jadi jika point sebelumnya tidak ada kerusakan tau tidak ada hal yang mencurigakan,maka sangat besar kemungkinan komponen inilah biang keladinya.

Seperti kasus yang menimpa saya beberapa waktu yang lalu,setelah saya teliti dengan seksama ternyata masalahnya ada di sensor ini yang konslet/rusak.


Solusi Layar HP Mati saat Menelpon


Dari beberapa penyebb yang sudah saya jelaskan diatas,maka ada beberapa jalan keluar untuk masalah seperti ini,antara lain :


1. Lakukan Soft Reset


Soft reset adalah sebuah tindakan mengembalikan semua pengaturan seperti semula layaknya anda baru membeli ponsel.

Jadi semua aplikasi,settingan nada,walpaper ataupun apapun itu akan kembali seperti sediakala sat anda membeli ponsel dulu.

Dalam melakukan softreset,selain aplikasi dan settingan,nomor ponsel dan data juga bisa ikut terhapus,jadi lakukan dengan benar jika ingin melakukan ini.

Saya sudah berikan tutorialnya pada artikel sebelumnya :

BACA :




2. Lakukan Hardreset


Hampir sama dengan softreset,hardreset juga sebuah tindakan mengembalikan semua hal di ponsel seperti layaknya ponsel baru.

Bedanya adalah : Jika softreset,jenis pengembalian sistem pengaturanya sedikit kurang powerfull khususnya untuk menghapus file yang susah atau tidak bisa dihapus.

Jika menggunakan hardreset,seharusnya file yang susah dihapuspun akan hilang dan ponsel benar-benar seperti baru kembali.


BACA JUGA :




3. Matikan/Nonaktifkan Sensor Proximity


Jika anda sudah melakukan hal diatas dan LCD anda tidak bermasalah,maka langkah terahir adalah dengan mematikan atau menonaktifkan fungsi sensor proximyty.Atau jika anda malas melakukan soft/hardreset maka bisa langsung melakukan langkah ini saja.

Dengan berat hati saya katakan : TIDAK SEMUA PONSEL dibekali pengaturan manual untuk mematikan fungsi sensor ini.

Ada beberapa ponsel yang ada pengaturanya,tetapi ada juga yang tidak ada.

Tenang saja,sudah saya jelaskan bagaimana solusinya untuk semua jenis ponsel,baik yang ada pengaturanya ataupun tidak.


BACA LAINYA :




Jika layar HP android anda gelap atau mati ketika menelfon lalu tidak bisa disentuh ataupun digunakan sampai panggilan berahir baru kembali normal,maka itu semua adalah sebab dan solusinya.Semoga membantu,see uu.

5/31/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Layar HP Gelap Jika Menelpon ( Touchscreen Macet ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar