Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan Sinyal

Masalah kartu sim perdana yang terbaca di hp android atau ponsel tetapi tidak keluar sinyal internet bisa disebabkan karena faktor software dan hardwarenya.Permasalahan ini biasanya ditandai dengan munculnya tulisan panggilan darurat saja,tidak ada layanan atau ada juga yang tidak bisa tersambung ke layanan telphone.

Kartu sim perdana yang terbaca tapi tidak keluar sinyal internet alias bar sinyal hanya searching atau gambar kaca pembesar silang merah saja menandakan ada kerusakan di perangkat lunak ataupun perangkat kerasnya.Inilah yang membuat bar sinyal 3G,H+ ataupun 4G LTE tidak bisa muncul.

Masalah ini bisa terjadi di semua provider baik itu telkomsel,indosat,im3,3,smartfren,xl dan juga bisa terjadi di berbagai merk ponsel baik samsung,xiaomi,lenovo,asus,evercross,iphone dan sebagainya.



Kartu Perdana Hp Terbaca Tapi Sinyal Tidak Muncul




Sinyal telpon yang tidak keluar padahal kartu perdana sim terbaca sebenarnya merupakan masalah yang sangat sering terjadi bagi para pengguna smartphone ataupun ponsel jenis biasa pada umumnya.

Dari pengalaman saya,ada banyak sekali penyebab terjadinya kerusakan atau error sinyal ponsel tidak terhubung tetapi sim card terbaca,antara lain :
  • Salah melakukan update OS
  • Kesalahan melakukan flash
  • Kegagalan dalam melakukan rooting ponsel
  • Kerusakan mesin
  • Kerusakan komponen signal
  • Terkena air
  • Terjatuh atau terbanting
Dan masih banyak lagi sebab musababnya error seperti ini terjadi.

Secara garis besar,kerusakan seperti ini bisa dikelompokan menjadi 2 jenis kerusakan,yaitu :
  • Rusak di softwarenya atau sistem pengaturan.dan
  • Rusak di hardware komponen mesin atau part signal

Sebab Sinyal SIM Perdana Tidak Muncul Padahal Kartunya Terbaca Karena SOFTWARE


Untuk yang pertama akan saya jelaskan adalah letak kerusakan di softwarenya.Software yang mana yang biasanya bermasalah?

  • Kesalahan Firmware

Yang sering terjadi adalah mereka yang biasanya sebelumnya melakukan flashing atau upgrade sistem OS tanpa pengetahuan dan urutan yang benar.

Kesalahan melakukan pergantian firmware bisa mengakibatkan hilangnya signal pada ponsel walaupun jika anda cek sim cardnya terbaca.

Jika memang benar ini yang sebelumnya anda lakukan,maka silahkan serahkan ke orang yang lebih mengerti untuk mengembalikan firmware ponsel anda.Jika anda paksakan,ponsel anda bisa MATOT alias mati total nantinya.

  • Hilangnya IMEI

Pernah membaca kalimat : IMEI NULL atau IMEI INVALID?

Ini bisa terjadi karena banyak hal.Untuk penyebabnya mungkin tidak terlalu penting,yang terpenting sekarang adalah :

SILAHKAN CEK IMEI PONSEL ANDA,apakah ada atau invalid.Caranya bagaimana?
  • Ketik *#06#*
  • Otomatis layar ponsel anda akan memunculkan halaman yang berisi nomor imei
  • Jika ponsel anda menggunakan 2 sim slot,maka akan terlihat 2 nomer imei untuk masing-masing sim slot
  • Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 atau 16 angka
  • Jika dilayar anda yang muncul tulisan " imei invalid/null " maka inilah biang masalahnya
Untuk mengatasi ini akan saya jabarkan di bagian bawah artikel supaya artikel bisa lebih ter struktur rapi.

  • Nomor Pita Basis Hilang

Hampir sama dengan IMEI,pita basis juga sangat besar pengaruhnya untuk signal ponsel anda.Cara mengetahui nomor pita basis bagaimana?
  • Masuk menu " setting/pengaturan "
  • Geser ke bagian " tentang ponsel "
  • Disana akan ada banyak tulisan seperti " informasi hukum,software,status ponsel dan sebagainya "
  • Carilah tulisan " pita basis " atau " baseband "
  • Jika ada angka-angka maka ponsel anda aman
  • Jika tertulis " pita basis/baseband tidak diketahui " maka inilah letak masalahnya

Dari berbagai pengalaman saya,inilah sebab ( khususnya bagian software ) yang menyebabkan kartu sim card tidak keluar sinyal padahal terbaca nama operatornya di pengaturan sim.


Sebab Sinyal Tidak Keluar Padahal SIM Perdana Terbaca Karena HARDWARE


Jika point siftware diatas TIDAK DITEMUKAN adanya masalah,maka 95% letak erorr nya ada di mesin atau part signal.

Anda tidak perlu berfikir untuk melakukan flash atau instal ulang jika point software yang saya jelaskan diatas tidak ada yang bermasalah.Langsung diagnosa ke bagian mesinya.

Apanya yang rusak di bagian mesin yang menyebabkan masalah sinyal tak keluar padahal sim card terbaca?

  • Rusak Antena Body

Tahukah anda kalau ada beberapa merk ponsel seperti xiaomi,samsung,lenovo,asus,evercross dan merk lainya ada yang menggunakan antena body?

Antena body adalah part yang biasanya menempel pada bagian cover atau tutup bodi bagian belakang dimana terdapat kuningan kecil yang jika cover ditutup,maka kuningan itu akan menempel pada sebuah benda di mesin.

Untuk mengetahui ini,silahkan anda lepas tutup bodi ( BUKAN TUTUP BATERAI ).Tutup bodi bagian yang menutup mesin dibagian belakang,bukan tutup baterai ( jangan sampai salah ).


sinyal hp tidak keluar padahal kartu terbaca


Part kuningan itulah yang memiliki peranan penting khususnya untuk anda yang ponselnya menggunakan jenis antena body seperti ini.

  • Rusak Kabel Antena

Part ini hampir 90% ponsel menggunakanya.Bentuknya kecil seperti kabel biasa yang biasanya terhubung antara masin atas dan mesin bawah.

Untuk melihat part ini,anda harus membongkar bagian body untuk melihat mesinya langsung karena antena pasti menempel pada bagian masin dan tidak bisa dilihat hanya dengan membuka cover belakang saja.

Beruntung jika ponsel anda bisa melihat komponen ini hanya dengan membuka cover belakang,tetapi bagia yang ponselnya harus dibongkar total,mungkin saya sarankan untuk menyerahkanya ke teknisi yang berpengalaman.



sim card hp terbaca tetapi sinyalnya tak muncul




  • Rusak IC Signal/IC PA

IC PA adalah sebutan populer untuk sebuah part dalam mesin yang berfungsi untuk mengatur signal.Jika semua yang sudah saya sebutkan diatas ternyata tidak ada masalah,maka part terahir yang kemungkinan besar bermasalah adalah IC PA ini.

Sebenarnya,hampir semua kasus android yang sinyalnya hilang letak masalahnya di IC ini,tetapi saya sebutkan di urutan terahir,kenapa?

Karena untuk memperbaiki masalah ini BIAYANYA yang PALING MAHAL.

Jadi saya urutkan dari biaya yang termurah dulu.Terlebih lagi,akan sedikit percuma kalau anda sampai ganti IC ini tapi ternyata masalahnya di part yang lainya.

Untuk itu,saya sarankan bagi anda yang ingin melakukan perbaikan,maka lakukan urutan satu persatu part atau software yang bisa menimbulkan masalah.Setelah ketemu masalahnya dimana,barulah eksekusi masalahnya.



Cara Mengatasi Sinyal Tidak Keluar Tapi Kartu Perdana SIM Terbaca


Jika anda sudah tau letak masalahnya dimana,lalu bagaimana solusi atau memperbaikinya?

  • Flashing dengan langkah yang benar

Ini saya khususnya untuk pengguna android yang memang terjadi erorr setelah melakukan otak-atik di bagian firmware atau OSnya.

Jika anda tidak melakukan perubahan apapun terhadap sistemnya,silahkan lewatkan point ini.

  • Kembalikan nomor imei

Anda bisa mengembalikan nomor imei yang hilang dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.Saya akan menuliskanya di artikel yang lain supaya anda bisa lebih faham.

BACA :


  • Ganti part yang rusak

Jika tidak ada masalah di software,maka sudah bisa dipastikan itu masalahnya di hardware atau mesin.Silahkan anda analisa dan teliti part manakah yang bermasalah.

Jika memang IC PA,maka ganti part tersebut.Tetapi sebelum mengganti,anda harus yakin betul mana yang rusak.Jangan sampai anda mengganti part yang tidak rusak,itu akan sia-sia saja.


Permasalahan ponsel saya selesai dengan langkah pergantian IC PA,tetapi sebelumnya saya sudah lakukan pengecekan menyeluruh terhadap komponen/part yang berpotensi bermasalah dengan signal.Jadi sewaktu memutuskan untuk mengganti IC,saya yakin itulah biang keladinya.

Semoga pembahasan tentang apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi serta memperbaiki sinyal 3G 4G LTE H+ yang tidak muncul keluar padahal sim card perdana terbaca diatas bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan Sinyal.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar