8 Tips Mencegah Virus Corona Jika Bekerja Diluar Rumah

Virus covid-19 rasanya sudah sangat mengkhawatirkan terutama bagi mereka yang tidak punya pilihan alias harus bekerja di luar rumah.Bagi mereka yang memiliki uang banyak mungkin tidak terlalu pusing,tetapi bagi masyarakat menengah kebawah rasanya mencari cara untuk mencegah atau antisipasi merupakan hal yang wajib dilakukan sekarang ini.

Jadi walaupun harus bekerja diluar rumah,para pekerja masih tetap melakukan tindakan pencegahan supaya seandainya saat diluar ruangan mereka terpapar virus corona,sesampainya dirumah mereka tidak menulkarkanya ke keluarga terdekat.

Adakan tips atau trik untuk mencegah virus corona atau covid-19 bagi masyarakat yang terpaksa bekerja diluar rumah? Tentu saja ada.

Walaupun mungkin tidak 100% terbukti,paling tidak sebagai manusia yang diberikan akan dan fikiran,kita semua bisa meminimalisir penularan dan perkembangan bakteri yang sangat berbahaya ini.



Langkah Pencegahan Virus Corona Bagi Pekerja Diluar Rumah



tips mencegah virus corona bagi pekerja di luar rumah


Sebelum ke point utama,saya akan menjelaskan beberapa fakta tentang virus covid-19 ini,mungkin dengan memberikan beberapa fakta berikut,anda akan sedikit memiliki sebuah ide atau jalan keluar ketika harus menghadapi dilema bekerja di luar rumah.

Beberapa fakta tentang virus corona atau lebih tepatnya,apa saja yang bisa membuat bakteri ini mati antara lain :
  • Virus corona akan mati dengan cairan penghancur lemak ( bukan obat diet tapi sabun penghilang lemak seperti sabun cuci piring,sabun mandi,deterjen dan sejenisnya )
  • Virus ini akan mati dengan cairan alkohol atau desinfektan
  • Bakteri akan mati pada suhu diatas 100 derajat celcius

Mungkin 3 fakta ini bisa sedikit memberikan ide bagi anda untuk menentukan langkah apa kedepanya khususnya untuk mencegah penularan bakteri yang sangat berbahaya ini.

Saya punya sedikit tips bagi anda yang terpaksa harus bekerja diluar rumah untuk " paling tidak " mencegah atau meminimalisir resiko penularan covid-19,antara lain :


1. Hindari menyentuh ( MATA,MULUT,HIDUNG dan TELINGA )


Saya kutip dari kompas.com dalam sebuah artikel perbincangan mereka dengan salah seorang dokter,yang mengatakan jika virus covid ini akan sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh.

Bagian tubuh yang rentan untuk dimasuki virus ini adalah mulut,mata,hidung dan telinga.

Jadi,selama bakteri hanya menempel di bagian tubuh lain dan mati sebelum masuk kedalam tubuh,seseorang akan sangat kecil kemungkinanya untuk tertular.

Jadi,bagi anda yang sedang bertugas diluar ruangan,usahkan untuk tidak menyentuh bagian tubuh yang saya sebutkan.Jika sangat terpaksa,cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun barulah menyentuh bagian tersebut.


2. Gunakan masker atau pelindung muka


Kok bisa? Ini untuk mencegah masuknya bakteri lewat ketidaksengajaan.

Mungkin saja anda sedang berbicara dengan seseorang yang positif terkena covid-19 dan air liarnya muncrat ke muka anda.Untuk mengantisipasinya,ssunakan pelindung muka.

Didalam sebuah tulisan twitter,ada seorang dokter yang mengatakan bahwa,bakteri covid-19 termasuk kedalam bakteri dengan ukuran yang " BESAR ",jadi masker saja sudah cukup untuk menghindari masuknya bakteri kedalam organ tubuh khususnya hidung dan mulut.


3. Selalu membawa sabun cuci tangan


Hal ini tidak berlebihan karena memang bakteri ini mengancam nyawa anda.Jadi saya rasa sekedar membawa sabun cuci tangan sangatlah pantas dan tidak berlebihan.

Usahakan,setelah melakukan kegiatan apapun diluar ruangan,langsung cuci tangan anda.Karena bagian tubuh yang memiliki andil terbesar penularan adalah telapak tangan.


4. Selalu membawa hand sanitaiser atau alkohol


Jika sabun masih dirasa belum cukup,anda bisa membawa cairan alkohok 70% atau handsanitaiser.Kombinasikan dengan sabun cuci tangan untuk mengurangi atau meminimalkan pe nularan covid-19.

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa covid-19 tidak bisa bertahan dengan cairan alkohol atau cairan pembersih lemak ( sabun ).


5. Pakailah sarung tangan


Anda bisa menggunakan sarung tangan karet atau sarung tangan biasa untuk mencegah penularan bakteri covid-19.

Seandainya anda menyentuh benda yang tertular dengan bakteri ini,paling tidak kulit tangan anda terlindungi sarung tangan.Kalaupun bakterinya nempel,masih ada sarung tangan sebagai media pelindung.

Selesai menggunakan sarung tangan,cuci pakai alkohol dan ulangi menggunakan air sabun.


6. Sterilkan barang sesampainya dirumah


Bagi anda yang selesai berbelanja atau membawa barang dari luar rumah,sesampainya dirumah silahkan anda seterilkan.

Cara paling mudah adalah dengan mencucinya dengan sabun atau menyemprotkan alkohol kemudian anda cuci setelahnya.

Hal ini berlaku untuk PAKAIAN,HELM atau benda apapun yang baru anda bawa keluar rumah.Langsung seterilkan dan usahakan anda langsung mandi menggunakan sabun dengan baik dan benar.

lakukan sterilisasi barang sebelum anda bersentuhan dengan anggota keluarga anda,terutama anak dan orang berusia lanjut karena mereka sangat rentan tertular.


7. Siapkan cairan desinfektan


Saya beberapa hari ini mencari informasi di google tentang cairan ini.Ternyata,cairan ini bisa dibuat sendiri walaupun ada juga yang beli sudah tinggal pakai.

Cairan ini bisa anda semprotkan atau anda gunakan pada benda yang sekiranya rawan tertempel bakteri dikuar ruangan seperti mobil atau motor anda.

Jika tidak bisa,gunakan cairan sabun saja sudah cukup.


8. Tingkatkan kesadaran diri


Ini adalah POINT PALING PENTING!!!

Kenapa saya katakan demikian? Karena masih sangat banyak masyarakat yang seolah menyepelekan bakteri ini dengan dalih " semua sudah diatur TUHAN ".

Rezeki juga sudah diatur,tapi kalau anda diam saja dirumah,apa iya anda bisa makan KFC tiap hari? Siapa yang mau kasih?

Jodoh juga sudah diatur,tapi kalau anda diam saja dikamar,siapaya yang mau datang melamar? yang ada anda disangka orang stress.


Jangan sampai anda kehilangan NYAWA orang yang paling berharga dalam hidup anda hanya karena ego atau kebodohan anda sendiri.Manusia diberikan akan dan fikiran untuk mengatasi masalah,bukan sekedar untuk isi kepala.

Lakukan yang terbaik untuk ANAK anda,dan orang lain yang anda sayangi.Setelah anda melakukan yang terbaik,serahkan semuanya kepada TUHAN.

Ingat : tawakal,pasrah,menyerah,ogah mikir ( itu beda definisinya ) silahkan lihat kamus kalau tidak percaya.


Artikel ini saya rangum dari berbagai sumber yang terpercaya.Jika cara untuk mencegah virus corona bagi yang bekerja diluar rumah ini anda rasa tidak perlu,silahkan lakukan hal lain yang penting anda harus memikirkan orang tersayang dalam hidup anda.Semoga bermanfaat,see uu.

3/25/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 8 Tips Mencegah Virus Corona Jika Bekerja Diluar Rumah.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar