Salah Menulis Alamat dan Paket Sudah Dikirim

Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana solusi atau cara untuk mengatasi kesalahan menulis alamat penerima dan paket sudah terlanjur terkirim ketika anda belanja online baik dikirim menggunakan J&T ataupun JNE dan mungkin berlaku juga untuk expedisi lain seperti TIKI,WAHANA serta lainya.

Salah tulis alamat penerima sedangkan paketnya sudah terkirim baik menggunakan JnT ataupun JNE ini sangat sering sekali terjadi,apalagi sekarang situs onlen sudah sangat banyak seperti Bukalapak,Tokopedia,Shopee ataupun situs atau website jual beli online lainya.

Artikel ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi ketika berbelanja di bukalapak dan ternyata saya salah tulis alamat penerima ( saya ),dan lebih parahnya lagi,paketan sudah terlanjur dikirimkan.Tetapi dengan langkah ini,akhirnya barang atau paketan saya berhasil sampai dengan selamat dan tepat waktu.

Tidak hanya belanja online saja,tetapi pengiriman umum juga bisa menggunakan langkah ini sebagai jalan keluar untuk masalah kesalahan penulisan alamat penerima ketika mengirimkan sebuah barang atau paketan dengan jasa expedisi.


Salah Menuliskan Alamat Penerima saat Mengirimkan Barang



mengatasi kesalahan menulis alamat penerima pengiriman barang



Pada era sekarang ini,kegiatan saling berkirim barang atau lebih dikenal dengan istilah " kirim paket " sudah menjadi hal yang sangat biasa dilakukan.

Seseorang bisa mengirimkan barang kepada orang lain dengan waktu yang sangat cepat,bahkan dengan ukuran atau jumlah barang yang sangat banyak sekalipun.

Untuk melakukanya juga tidak terlalu sulit,anda hanya perlu untuk menuliskan alamat dengan baik dan benar serta membayar sejumlah uang untuk biaya operasional pihak expedisi.Tentunya selain beberapa persyaratan khusus yang harus anda patuhi seperti tidak boleh mengirimkan benda berbahaya dan semacamnya.

Inilah letak permasalahan yang terlihat sepele tetapi sangat sering terjadi,yaitu salahnya seorang penerima atau pembeli menuliskan alamat yang dituju.Walaupun terlihat sepele,tetapi ini imbasnya bisa sangat tidak mengenakan,dimana paketan bisa dikembalikan ke pengirim atau bahkan hilang entah kemana.

Jika anda mungkin pernah atau sedang mengalami masalah ini,silahkan anda ikuti beberapa langkah yang saya lakukan ketika mengalami masalah serupa.


Cara Mengatasi Salah Menulis Alamat Penerima pada Paketan Barang



Pernah suatu ketika saya berbelanja online dan salah menuliskan tempat tinggal saya dan yang lebih parahnya lagi,paketan atau barang sudah terlanjur terkirim dan sudah di pihak expedisi.

Tetapi,akhirnya paketan saya bisa sampai walaupun harus melalui proses yang sedikit rumit.Adapun beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika mengalami masalah tersebut antara lain :


1. Menunggu Telpon Pihak Expedisi


Maksudnya begini :

Dalam SOP atau prosedur pengiriman,jika terdapat kekeliruan atau keanehan lokasi tujuan,biasanya pihak expedisi akan menelpon pihak pengirim/penjual untuk menanyakan kekeliruan atau keanehan penulisan tujuan.

Dan selain penjual/pengirim,pihak penerima juga biasanya akan ditelfon untuk menanyakan tentang kekeliruan tersebut dan meminta data yang benar.

Sayangnya,opsi ini tidak selalu terjadi,dalam beberapa kasus,pihak expedisi langsung mengirimkan kembali paket kepada pihak penjual dikarenakan tujuan " tidak jelas ".Bahkan ada juga yang akhirnya harus menelan pil pahit dan menerima kenyataan paketan mereka hilang tidak tau dimana.

Jika anda tidak suka dengan opsi ini,maka anda bisa melakukan opsi berikutnya ( yang saya lakukan beberapa watu yang lalu )


2. Menghubungi Pihak Penjual


Jika anda menyadari kekeliruan ini dan paket sudah terlanjur dikirimkan,maka segeralah untuk menelpon pihak pengirim atau pihak penjual untuk menceritakan kronologis lengkapnya.

Kenapa harus menelpon penjual/pengirim?

Supaya,ketika nanti pihak expedisi menanyakan kekeliruan ini,TIDAK TERJADI MIS komunikasi.Pihak expedisi akan kebingungan jika ketika menelpon penjual dan pembeli ternyata informasinya tidak saling tau menau.

Jika pihak expedisi menerima info atau penjelasan yang serasi atauara pengirim dan penerima,itu kan lebih memudahkan pihak expedisi melakukan tindakan terhadap paket tersebut.

Setelah pihak penerima dan pihak pengirim tau kekeliruan ini,maka langkah selanjutnya adalah :


3. Melacak Posisi Paket


Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melacak posisi paket anda.Anda bisa mengeceknya dengan nomor resi yang anda miliki.

Untuk melacak posisi paket juga sangat mudah.Anda hanya perlu meng akses GOOGLE saja,dimana disana terdapat banyak sekali website untuk melacak kode resi untuk mengetahui posisi terupdate paket atau barang kiriman.

Setelah mengetahui posisi paket sedang berada dimana,maka selanjutnya adalah :


4. Menghubungi Pihak Expedisi di Tempat Paketan itu Berada


Lebih jelasnya seperti ini :

Saya ambilkan contoh,setelah anda mengecek posisi paket,ternyata barang sedang berada di wilayah semarang kota,maka silahkan anda mencari tau nomer telepon pihak expedisi di kantor semarang.

Disini point yang paling sulit untuk dilakukan,tetapi bukan tidak mungkin.

Anda bisa menggunakan google atau media sosial seperti Faceebook dan sebagainya untuk mencari informasi mengenai nomer telepon pihak expedisi.

Dalam kasus saya kemarin,bahkan saya harus share di berbagai group FB wilayah setempat untuk mengetahui nomer HP kurir/karyawan pihak expedisi dimana paketan saya berada dan akhirnya saya mendapatkan 2 orang yang bisa saya hubungi.

Setelah anda bisa mendapatkan kontak karyawan di kantor itu,silahkan hubungi dan ceritakan kronologis kejadian atau kronologis kekeliruan yang terjadi kepada pihak keryawan.

Nantinya,pihak karyawan akan menelpon pihak pengirim/penjual untuk menanyakan ulang hal tersebut dan jika penjelasan antara pengirim dan penerima sinkron alias sama,maka pihak expedisi akan langsung melakukan tindakan.


Ada 3 tindakan yang biasanya akan diambil oleh pihak expedisi,yaitu :
  • Mengembalikan ke pengirim 
  • Mengganti resi lama dengan yang baru ( buka resi baru )
  • Meneruskan paket ke tujuan ( dengan mencoret penulisan yang salah dan memberikan kode khusus )
Jika anda sudah berkomunikasi dengan pengirim dan pihak expedisi,biasanya kalau tidak kedua ya opsi ketiga yang akan diambil.

Untuk opsi nomer 1 dilakukan jika memang benar2 mentok tidak ada kejelasan atau titik terang apapun perihal barang kiriman tersebut.

Kasus saya tempo hari,akhirnya menggunakan opsi ketiga,dimana penulisan yang salah dicoret dan diberikan label atau kode khusus pada kemasan barang.Setelah menunggu satu hari,barang saya sampai tujuan dengan selamat.


CATATAN PENTING!

Langkah diatas mungkin tidak berlaku untuk expedisi tertentu karena setiap jasa expedisi memiliki kebijakan atau SOP masing-masing.

Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba daripada barang anda hilang,hehe.


Semoga pembahasan mengenai cara untuk mengatasi atau jalan keluar jika keliru atau salah menuliskan alamat penerima paket ketika mengirimkan atau membeli barang sedangkan paketan sudah dikirimkan diatas bisa bermanfaat.Terimakasih telah membaca,see uu.

10/27/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Salah Menulis Alamat dan Paket Sudah Dikirim.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar