5 Solusi Paket Kuota Internet Masih Banyak,Tapi Tidak Bisa Internetan

Paket kuota internet masih banyak tetapi tidak bisa internetan biasanya ditandai dengan icon bar sinyal 4g lte atau 3g yang terlihat konek atau nyambung tapi untuk membuka fb,wa atau bahkan youtube tak ada koneksi.Cara mengatasi atau solusinya cukup mudah,anda jangan terburu-nuru melakukan perbaikan mesin,karena bisa jadi penyebab hal tersebut adalah karena kesalahan ringan saja.

Cara mengatasi kuota paket internet yang masih ada sisa banyak tetapi tidak bisa digunakan untuk internetan sebenarnya cukup mudah.Jika bar sinyal 4g lte atau H+/3g anda terlihat masih konek,maka anda bisa memperbaiki di softwarenya,tetapi jika sudah tidak keluar signalnya,maka kemungkinan masalahnya di hardwarenya.


Tidak Bisa Internetan Padahal Kuota Internet Masih Banyak




mengatasi paket kuota internet masih banyak tapi tidak bisa buat internetan




Paket internet atau bahasa populernya kuota adalah sebuah " batas jumlah " penggunaan hak akses sinyal tertentu yang diberikan pihak provider kepada pengguna sesuai dengan jumlah rupiah yang mereka beli,makin mahal maka jumlah yang didapatkan akan semakin banyak.

Dengan paketan inilah para pengguna smartphone android bisa melakukan atau mengakses internet sesuai keinginan mereka tentunya sampai batas atau jumlah yang diberikan habis. 


Android " TIDAK BERGUNA " Tanpa Kuota

Sebenarnya istilah ini tidak sepenuhnya benar dan tidak bisa disalahkan juga,kenapa?Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut,antara lain :

  • Ponsel tidak hanya untuk telepon dan sms saja
Mungkin jaman dulu,pengguna ponsel,mayoritas hanya membutuhkanya untuk menghubungi seseorang saja,seperti telefon atau sms saja.Jaman sekarang,tidak seperti itu lagi.

Ponsel sudah digunakan untuk berbagai hal,bahkan melihat televisi pun sekarang sudah bisa menggunakan telpon genggam.

Aplikasi adalah sebutan bagi banyaknya software atau perangkat lunak yang diciptakan untuk menggantikan berbagai fungsi peralatan jaman dulu.Dan tahukah anda,aplikasi hanya bisa digunakan jika pengguna gadget memiliki akses internet saja.

  • Aplikasi menggantikan segala hal
Seperti yang sudah saya singgung diatas,bahwa sekarang sudah sangat modern.Hanya dengan bantuan aplikasi,seorang pengguna ponsel bisa melakukan hampir semua hal,seperti : Berbelanja tanpa keluar rumah,memesan makanan tanpa pergi ke toko makanan bahkan memesan kendaraan pun bisa menggunakan aplikasi.

Jika anda membaca tulisan ini dan tidak percaya dengan yang saya tuliskan,anda bisa mencoba membeli gadget terbaru dan silahkan buktikan sendiri.

  • Pulsa sudah diganti dengan akses internet
Dari berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah kehidupan penggunanya,ada sedikit kelemahan,dimana : Hampir semua aplikasi HARUS dan WAJIB di akses dengan koneksi internet.Jika pengguna tidak memilikinya,maka tidak akan bisa menggunakan sebuah aplikasi ( khususnya yang apps online ).

Hampir sama dengan waktu dulu,jika ingin sms atau telpon,maka harus ada pulsanya.Sekarang,kalau ingin menggunakan aplikasi,maka harus ada akses internetnya.


Dari kenyataan tersebur,saya bahkan berani membuat kesimpulan dimana internest sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk mereka-mereka yang hidup di jaman modern ini.Tidak percaya? Silahkan saja anda yang sedang membaca tulisan ini,ganti ponsel anda dengan yang jadoel,satu bulan saja dan lihat gimana hampanya hari-hari anda,hehe.


Penyebab Tidak Bisa Internetan padahal Kuota dan Sinyal Internet Masih ada serta Konek?


Inilah permasalahan yang sangat sering terjadi kepada pengguna smartphone atau android,dimana ketika mereka cek sisa kuota ternyata masih ada atau baru sebentar digunakan,tetapi tiba-tiba sudah tidak bisa akses internet.

Jangankan membuka youtube,buka watshapp saja tidak bisa.

Kenapa tidak bisa akses internet padahal kuotanya masih,sebabnya antara lain :

  • Bar atau Icon Sinyal " HANYA " Simbol
Maksudnya begini : Banyak yang beranggapan,bahwa ketika sudah muncul tulisan atau angka 4g,3g dan H+,maka otomatis akan bisa mengakses semuanya,INI SALAH BESAR!

Munculnya tulisan 4G atau 3G dan sebagainya,itu hanya " tanda " bahwa kartu perdana anda masih aktif dan masih bisa menangkap sinyal,hanya itu saja.

Masalah bisa atau tidaknya meng akses sebuah aplikasi,itu tergantung dari ada atau tidaknya KUOTA di ponsel anda.Jika quotanya sudah habis,maka walaupun muncul 4G LTEnya,tetap saja anda TIDAK BISA mengakases apapun.

  • Pembagian " JAM " di Quotanya
Masalah selanjutnya yang masih banyak masyaraakat kurang mengerti adalah : Ada pembagian khusus pada jenis quota yang anda beli atau gunakan.Maksudnya begini :

Anda pernah mendengar atau mungkin membaca di bungkus kartu perdana anda,dimana tertulis seperti ini : Quota reguler 1 Giga,HO OQ 2 GB dan 5 GB ( 00-06 ).

Maksud dari tulisan tersebut adalah : Anda bisa menggunakan akses BEBAS HANYA 1 GIGA SAJA!,sisanya adalah khusus untuk meng akses aplikasi HO OQ dan hanya bisa digunakan antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi.

Banyak sekali jenis atau macam dari pembagian quota seperti ini.Ada juga yang dibagi SETENGAH 4G DAN SETENGAHNYA 3G.Jika seperti itu,maka bagi anda yang TIDAK SUPORT 4G,setengah jatah anda akan hilang atau tidak bisa digunakan.

  • Kerusakan ponsel
Terkadang,memang ada kalanya sebuah ponsel sekelas smartphone sekalipun akan mengalami kerusakan.

Salah satu akibat dari rusaknya perangkat ponsel adalah terganggunya konektivitas sinyal.Hal ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah,salah satunya adalah icon 4G muncul atau keluar,padahal aslinya tidak bisa untuk akses apapun.

Hal ini sering sekali muncul jika perangkat atau telpon genggam mengalami masalah atau kerusakan pada mesin yang sudah tidak bisa menahan panas suhu yang berlebih.Biasanya gejalanya seperti itu.


Mengatasi Android Tidak Bisa Internetan Padahal Kuotanya Masih Ada


Jika masalah seperti ini muncul dan terjadi menimpa anda,maka anda tidak perlu panik atau khawatir.Seperti yang saya katakan diawal bahwa,masalah seperti ini bukan semata-mata karena smartphone anda rusak,melainkan banyak faktor yang kemungkinan menyebabkan hal ini.

TETAPI,pastikan kalau bar atau icon 4G/3G/H+ muncul yaa,jika iconya ikut hilang dan tidak keluar,maka anda bisa membaca artikel saya yang sebelumya :



Kembali ke topik,untuk anda yang mengalami kasus seperti yang saya tuliskan di judul artikel ini,anda bisa melakukan beberapa langkah,antara lain :


1. Lihat dan Ganti Jenis Paketan


Yang paling awal bisa anda lakukan adalah dengan melihat jenis paket apa yang anda gunakan.Ada kemungkinan,paket yang anda gunakan itu DIBAGI-BAGI entah berdasarkan jam ataupu jenis sinyalnya.

Untuk mengeceknya,anda bisa melakukan ini :
  • Tekan *123#
  • Tekan tombol telfon/hijau/ok ( seperti layaknya orang menelfon )
  • Akan muncul pilihan,pilih tulisan " INFO " dengan menuliskan angka yang anda ingin pilih
  • Akan mucul halaman baru,pilih tulisan " cek kuota internet "
  • Pilih lagi " cek kuota internet reguler/quota data "
  • Selesai
  • Tunggu balasan sms dari operator
Dari balasan yang anda dapatkan,silahkan anda baca dan anda teliti,jenis paket apa yang anda gunakan.

Didalam balasan dari operator,akan muncul semua data paket anda dengan lengkap,mulai dari sisa quota,pembagian jam,pembagian sinyal dan semuanya.Silahkan teliti.

Dari pengalaman saya pribadi,yang paling sering adalah masalah ini.Dimana mereka tidak tau mengenai pembagian quota,saat mereka mita bantuan dan saya cek,ternyata yang masih sisa adalah jam malam ( 12 malam sampai jam 6 pagi ).

Jika seperti itu,maka anda TIDAK BISA menggunakan sisa quota SELAIN dari jam yang sudah ditentukan.Kalau ditentukan jam 12 malam,berarti anda harus meng akses internetnya jam 12 malam,tidak bisa ditawar lagi.


2. Pastikan Tidak Ada Masalah Tekhnis


Cobalah tanyakan kepada teman anda YANG MENGGUNAKAN PERDANA SAMA,apakah mereka mengalami hal tersebut atau tidak.

Jika pengguna kartu perdana yang lain ( yang sama ) mengalaminya juga,maka ini terjadi karena memang ada gangguan tekhnis dari pusatnya.Anda tidak bisa berbuat banyak selain menunggu sampai ada perbaikan dari servernya.

Jika kedua poin diatas tidak ada masalah,dan semuanya berjalan sebagaimana mestinya,anda bisa melakukan langkah selanjutnya.


3. Jadikan Mode Pesawat Beberapa Menit


Sillahkan gunakan fitur mode pesawat yang hampir selalu ada di semua merk smartphone android.Caranya sebagai berikut :
  • Masuk menu pengaturan ( icon roda gigi di pojok kanan atas )
  • Klik icon/gambar pesawat yang terlihat
  • Biarkan selama beberapa menit
  • Kembalikan seperti semula
Dengan melakukan hal diatas,anda akan memaksa sistem untuk melakukan koneksi terhadap sinyal yang tersedia,mungkin bisa dikatakan ( me refresh ) sinyal.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa,selama anda melakukan " mode pesawat ",anda TIDAK BISA melakukan apapun karena sinyal benar-benar " terputus " total.

Tenang saja,ini tidak akan berdampak apapun kepada smartphone anda.Setelah beberpa menit,kembalikan lagi seperti sediakala,maka semuanya akan normal kembali.


4. Ganti APN 


APN adalah sebuah pengaturan yang diberikan oleh operator kartu pedana,supaya kartu anda bisa terkoneksi dengan jaringan mereka.Beda merk perdana,biasanya APN nya berbeda-beda.

Jika masalah terjadi,ada kemungkinan,APN yang diberikan dari pusatnya sedang error atau gangguan.Tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan APN yang lain yang lebih OK.Langkah menggantinya adalah sebagai berikut :
  • Masuk menu setting/pengaturan
  • Pilih " jaringan seluler " biasanya menu ini ada didalam menu yang bertuliskan " lainya "
  • Pilih " nama titik akses/acces point name "
  • Disanalah terletak berbagai pilihan APN yang bisa anda ganti
  • Klik icon " + " atau tulisan " tambah " di pojok kanan atas
  • Isikan APN sesuai keinginan
  • Simpan
  • Pilih APN tersebut sebagai koneksi pilihan
Mungkin artikel saya yang membahas soal APN bisa membantu anda untuk memilih beberapa APN yang bisa anda coba.




5. Lakukan Reset ( soft reset dan hard reset )


Reset adalah langkah dimana anda melakukan tindakan untuk mengambalikan semua settingan didalam ponsel menjadi seperti baru atau seperti dari pabriknya.

Dalam langkah reset,anda bisa memilih beberapa metode,yaitu :'
  • Soft reset,dan
  • Hard reset
Kedua metode ini berbeda satu dengan yang lainya baik tatacara maupun fungsi dan kegunaanya.

- Untuk soft reset,silahkan lakukan :
  • Masuk menu setting/pengaturan
  • Pilih menu " keamanan dan sandi "
  • Pilih " pulihkan atau kembalikan ke pengaturan pabrik "
  • Klik " mulai "
  • Tunggu proses
  • Selesai

- Untuk hard reset,anda bisa lakukan :
  • Matikan telpon anda
  • Tekan kombinasi tombol sesuai dengan merk smartphone yang anda gunakan
  • Pilih " clear cache "
  • Pilih " wipe data "
  • Pilih " reboot sistem now "
  • Tunggu proses
  • Selesai
Jika paduan reset ini masih kurang jelas,anda bisa ikuti panduan berikut yang lain.



Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan masalah sinyal ini antara lain :


A. Apakah perlu berpindah lokasi?

Jika di lokasi tersebut baik-baik saja,maka anda TIDAK PERLU pindah lokasi.Tetapi jika anda memang barus saja mendiami lokasi tertentu dan error,ada kemungkinan itu karena lokasi anda tidak terjangkau jaringan sinyal.


B. Jika semua langkah tidak berhasil bagaimana?

Jika anda sudah melakukan semua langkah diatas bahkkan anda sudah mengganti kartu paket perdana anda tetap tidak berhasil,maka besar kemungkinan itu karena ada komponen mesin yang rusak.Silahkan anda bawa ke service centre yang terbaik pilihan anda dan lakukan perbaikan.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki masalah tidak bisa internetan padahal sisa kuota paket internet masih ada dan banyak.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/15/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 5 Solusi Paket Kuota Internet Masih Banyak,Tapi Tidak Bisa Internetan.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar