Gaji Kerja di Korea Selatan Sektor Manufactur dan Perikanan/Fishing

Gaji kerja di korea selatan tergantung dari sektor apa anda bekerja contohnya manufactur serta perikanan atau fishing.Kedua sactor tersebut memiliki besar upah atau bayaran yang berbeda,berlaku untuk sector yang lainya.

Gaji korea selatan khususnya untuk TKI memang terbilang sangat besar dikarenakan nilai tukar won terhadap rupiah yang cukup lumayan.Bahkan,dibandingkan dengan jepang,UMR/UMK korsel jauh lebih tinggi.



Gaji Bekerja di Korea





besar gaji atau upah jika bekerja di korea selatan



Korea selatan adalah sebuah negara maju yang ber ibukotakan seoul dengan jumlah penduduk mencapai angka 50 juta jiwa.Negara ini merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang memiliki hubungan sangat baik dengan indonesia khususnya dalam bidang tenaga kerja.

Berbekal hubungan kenegaraan yang baik tersebut,kedua negara mengizinkan warganya untuk bekerja kepada salah satu negara,tentunya dengan mengikuti peraturan resmi yang berlaku.

Bagi warga negara indonesia yang ingin bekerja disana,pemerintah korsel menyediakan berbagai macam jenis industri perusahaan yang bisa dipilih,antara lain :
  • Manufacturing
  • Fising/penangkapan ikan
  • Pertanian
  • Jasa
Dan berbagai jenis industri yang lainya.


Manufacturing dan Fising Paling Banyak Peminatnya

Dari berbagai macam perindustrian/sector yang tersedia,manufaktur dan penangkapan ikan merupakan perusahaan yang paling banyak peminatnya.Tahukah anda kenapa bisa seperti itu?

Hal tersebut tejadi karena selain industri tersebutlah yang paling sering membuka lowongan kerja,jumlah upah atau bayaran dari industri tersebut sangat besar dan masuk kategori " yang paling besar ".Tidak heran jika sangat banyak peminatnya.

Kebetulan tahun 2018 lalu saya mengikuti seleksi manufaktur tetapi gagal karena sainganya sangat banyak dan saya memang masih bodoh bahasa korselnya,tapi lumayan buat pengalaman dan untuk bahan saya bikinkan beberapa artikel dalam website ini.


Berapa Gaji Bekerja di Korea Selatan Sektor Manufactur?


Setelah saya mencari dan membaca berbagai sumber,saya mendapati angka yang cukup fantastis,dimana UMR korea selatan tahun 2019 ini mencapai angka 8.350 WON/JAM.Jika tahun 2018 lalu berada di angka 7.350.maka tahun 2019 ini naik sebesar 1.000 WON.

Jika dirupiahkan,maka :
  • 7.350 WON berapa rupiah? = Rp 90.700
  • 8.350 WON berapa rupiah? = Rp 103.00
Ini untuk satu jam yaa.Untuk jam kerjanya sendiri normalnya 8 jam dan jika anda mendapatkan lemburan,maka ada perhitunganya sendiri sesuai kebijakan perusahaan.Jadi kalau UMR itu kebijakan pemerintah yang semua wajib patuh,tapi kalau bayaran lemburan itu kebijakan perusahaan.

Beruntung jika anda mendapatkan perusahaan yang jam lemburanya sangat banyak.Ditambahkan dengan gaji pokok anda diatas,tentu saja dalam sebulan,uang sebesar 30 juta sampai 40 juta sangat mungkin untuk anda dapatkan.

Tetapi perlu anda ingat bahwa,KENYATAAN tidak seindah yang dibayangkan,paling tidak itulah kalimat yang selalu para TKI korsel katakan untuk mereka calon penerusnya.

Mungkin karena pekerjaan yang diemban berat yang menjadikan kalimat ini sangat populer untuk kalangan TKI korsel.Untuk anda yang berminat,jangan hanya terpancing oleh besar bayaranya saja yaa,tetapi juga harus melihat bagaimana pekerjaan mereka disana,supaya tidak kaget dan kabur nantinya.


Apakah semua perusahaan upahnya sama?

Jawabanya TIDAK.Besar upah anda itu bukan hanya tergantung dari perusahaan tempat anda bekerja,tapi juga tergantung dari jumlah jam lembur,kebijakan ( bonus ) dan jenis perusahaan.

Dengan kata lain,jika dari 5 orang TKI berangkat ke korsel,TIDAK SEMUA akan mendapatkan upah yang sama.Mungkin beberapa akan membawa pulang uang yang banyak,tapi yang lain tidak akan sama,itu semua tergantung dari rezeki dan nasib anda saja.

Kalau diambil SAMA RATA,mungkin angka 13 juta sampai 18 juta adalah angka yang paling " aman " untuk dijadikan acuan atau motivasi.

Untuk perusahaan berskala besar seperti perakitan mobil,kilang minyak dan sejenisnya,maka upahnya akan besar.Untuk berskala menegah kebawah,tentu saja tidak akan sama dengan yang skalanya besar.

Sama saja sebenarnya sistem penggajian disana dengan indonesia,bedanya hanya " JUMLAH UANGNYA " saja,hehe.


Berapa Gaji Bekerja di Korea Selatan Sektor Perikanan atau Fishing


Sektor yang selanjutnya adalah FISHING atau penangkapan ikan.Besaran upahnya " HAMPIR SAMA " dengan sektor manufaktur yaitu diangka 7.000 sampai 8.000 WON.Angka standartnya adalah 15 juta an rupiah.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda fahami perihal sektor penangkapan ikan ini,antara lain :

  • Gajinya lebih besar dari sektor manufaktur
Tahukah anda jika sektor penangkapan ikan itu upahnya lebih besar daripada pabrik atau perusahaan? Percaya tidak percaya,memang seperti itu kenyataanya.

Selain resiko yang besar,penyebab lain kenapa upahnya bisa sangat tinggi adalah : Jam lemburan sangat banyak.

Sebenarnya secara logika sudah bisa ditebak,bayangkan saja,ketika anda sedang menangkap ikan,kemudian jam kerja anda habis,apakah kapalnya akan langsung dibawa pulang? Tentu saja tidak,mau tidak mau harus menunggu sampai ikanya naik keatas kapal.

  • Liburnya banyak
Khusus jika musim dingin/salju,sektor perikanan biasanya akan meliburkan atau memberikan cuti untuk pekerjanya.

Kalau tidak libur atau cuti,mau apa lagi? Lautnya membeku bukan? Kalaupun tidak beku,suhunya sangat extrim dan bisa membahayakan keselamatan kru kapal.

  • Libur digaji
Jika musim dingin seperti diatas,biasanya pekerjanya akan diberikan hak untuk cuti atau libur sampai musim dingin berahir.

Dan tahukah anda,selama masa cuti,anda masih dibayar seperti hari normal biasa loh.Sangat luar biasa memang sektor yang satu ini.


KESIMPULAN :

Besar UMR atau upah di korsel ( manufaktur dan fishing ) itu hampir sama persis.Hanya jam lemburan saja yang menjadi faktor UTAMA besar kecilnya upah bulanan yang akan anda dapatkan.

BACA :





Demikian pembahasan tentang berapa jumlah gaji yang diterima jika bekerja di korea selatan khususnya untuk sektor manufactur dan fishing.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/22/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Gaji Kerja di Korea Selatan Sektor Manufactur dan Perikanan/Fishing.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar