3 Cara Kerja ke Korea Selatan Tanpa Tes CBT/EPS TOPIK

Cara kerja ke korea selatan tanpa tes sebenarnya mungkin saja untuk dilakukan tetapi harus dengan kondisi-kondisi tertentu.Bagi anda yang ingin bekerja di korsel,mungkin perlu membaca penjelasan saya kali ini.

Kerja korea selatan tanpa harus tes eps topik atau CBT terlebih dahulu,merupakan hal yang banyak dicari mereka-mereka calon TKI yang malas mengikuti rumitnya proses seleksi atau mungkin sudah putus asa karena selalu gagal test seleksi.


Bekerja di Kores Selatan Tanpa Tes




bekerja di korea selatan tanpa mengikuti tes







Korea selatan adalah sebuah negara yang memiliki hubungan baik dengan negara indonesia,salah satunya dalam bidang ketenagakerjaan.Banyak pertukaran tenaga kerja antara kedua negara ini,tetapi yang paling banyak memang negara indonesia yang warganya bekerja disana.

Tetapi ada yang perlu anda ketahui,yaitu : Siapapun yang ingin merantau dan mengadu nasibnya di korsel,harus mengikuti serangkaian alur atau proses yang telah berlaku.Alur yang berlaku adalah dengan menggunakan test.

Tes kerjaan di korsel biasanya disebut dengan CBT atau EPS TOPIK.

CBT adalah kepanjangan dari Computer Basic Test dimana anda harus mengerjakan soal ujianya menggunakan komputer.Sistem ini masih tergolong baru,karena beberapa tahun yang lalu,masih menggunakan kertas jawaban biasa.

Tetapi apapun media yang digunakan,pertanyaan soal dan jawabanya masih tetap sama saja,hanya alat untuk mengerjakanya saja yang berbeda.


Alur proses TKI ke korsel menggunakan CBT

Dalam melakukan recruitment atau ketika membuka lowongan pekerjaan,negara korsel memberlakukan sebuah " PERATURAN " dimana calon pekerja yang akan mendaftar,WAJIB untuk mengikuti serangkaian seleksi.

Adapun alur seleksinya adalah sebagai berikut :

  • Pendaftaran awal ( upload berkas )
  • Ujia CBT atau EPS TOPIK
  • Wawancara/interview
  • Prelim
  • Medical
  • Terbang ( berangkat )
Sepintas memang terlihat tidak terlalu rumit yaa dan sebenarnya jika anda sudah mengerti dan mengikuti semua tahapan sesuai arahan,proses ini memang tidak terlalu rumit.

Yang menjadi masalah utama adalah " LAMA " menunggu prosesnya.bayangkan saja,untuk pengumuman seleksi berkas awal saja,jeda waktunya bisa sampai 1 minggu atau bahkan lebih.Belum lagi untuk seleksi yang lainya.


Terlalu lama menunggu,sertifikat sampai kadaluarsa

Bagi anda yang bisa lolos sampai tahapan wawancara atau interview,anda akan mendapatkan sebuah sertifikat bahasa yang dikeluarkan resmi oleh pihak BNP2TKI.

Sertifikat inilah yang digunakan sebagai " bukti " bahwa anda memang sudah lulus dan layak untuk bekerja.Tetapi setelah anda mendapatkan sertifikat,anda BELUM TENTU bisa bekerja disana,kenapa bisa seperti itu?

Berhubungan dengan LAMA waktu menunggu,jadi setiap satu tahapan selesai,peserta akan menunggu ( tak tau nunggu apa ) dan waktunya tidak menentu.

Hubunganya dengan sertifikat kadaluarsa apa?

Dengan sangat lamanya proses menunggu,sertifikat semakin tahun akan semakin habis masa berlakunya,karena memang SERTIFIKAT BAHASA KORSEL MEMILIKI BATAS WAKTU,yaitu selama 2 tahun.

Jika selama 2 tahun anda tidak mendapatkan pemanggilan berikutnya,maka otomatis sertifikat anda akan kadaluarsa dan jika anda ingin melanjutkan pendaftaran,anda harus mengikuti ujian CBT lagi,untuk memperbaharui sertifikatnya.

Jadi jika sertifikat anda kadaluarsa,untuk memperpanjangnya,caranya adalah dengan mengikuti ujian esp topik lagi,bukan dengan mendatangi BNP2TKI dan meminta diperpanjang yaa.


Mungkin itulah beberapa alasan kenapa banyak yang ingin bekerja di kores selatan tapi tanpa harus mengikuti tes CBT eps topik.

Jika seperti itu,apakah bisa?


Bagaimana caranya bekerja di korea selatan tanpa tes?


Kabar baik untuk anda yang mungkin sedang mencari solusi atau jalan keluar supaya proses bekerja ke korsel bisa ditempuh tanpa harus mengikuti ujian seleksi.

Ada beberapa langkah atau beberapa point yang mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan di korsel dengan tidak mengikuti ujian resminya,antara lain :


1. Menunggu lowongan khusus


Kemungkinan kecil memang,tetapi mungkin sekitar tahun dibawah 2010 lalu,pernah ada sebuah lowongan disana dengan hanya mengandalkan mahir bahasa saja,jadi tidak perlu mengikuti ujian-ujian yang rumit itu.

Kalau saya tidak salah ingat,lowongan fishing atau perikanan.Ketika lowongan itu dibuka,peserta hanya perlu untuk membuat/memiliki sertifikat berenang dan mahir bahasa ( dibuktikan dengan wawancara sederhana ).

Untuk tahun sekarang mungkin belum ada lagi yang seperti ini,inilah kenapa saya katakan bahwa kemungkinanya sangat kecil.

Tetapi,sekecil apapun kemungkinan itu,bisa saja terjadi bukan? Karena semua itu " mutlak " kewenangan pihak korselnya.Jadi kalau mereka menghendaki seleksi yang seperti itu,maka pihak indonesia hanya bisa mengikutinya saja dan kabar baik untuk anda semua.


2. Menggunakan orang berpengaruh ( orang dalam )


Pernahkah anda mendengar ada sebuah pekerja yang masuk ke sebuah perusahaan dengan menggunakan jasa orang dalam? Alias tidak mengikuti prosedur umum,tapi bisa menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Ternyata,praktek seperti itu tidak hanya berlaku untuk negara indonesia saja,di negara korsel,hal ini juga masih berlaku.

Kenapa bisa begitu?

Begini : Ketika anda selesai melakukan tahapan wawancara/interview,data anda akan DISEBAR ke seluruh perusahaan yang ada di korsel sana.Jadi,nanti pihak perusahaan akan menyeleksi anda satu persatu,manakah yang paling cocok untuk mereka,itulah yang akan dipanggil.

Bayangkan jika anda memiliki kenalan atau mungkin kerabat di sebuah perusahaan atau mungkin seorang atasan yang sangat anda kenal disana.Anda bisa meminta bantuan beliau untuk memilih anda sebagai calon pekerja di perusahaan tersebut.

Apakah itu menyalahi hukum? Kalau hukum tidak,tapi itu menyalahi " ETIKA " profesionalisme pekerjaan yang notabene,orang-orang korsel SANGAT menjunjung tinggi profesionalisme tersebut.

Tapi,tetap harus ujian dong kalau begitu? Silahkan baca point selanjutnya.


3. Modal nekad


Modal nekad itu begini : Anda langsung berangkat saja kesana.Jadi setelah sampai disana,anda mencari pekerjaan sendiri.

Hal ini lanjutan dari point momor 2 diatas.Jika anda memilih jalan ini,anda WAJIB adn harus sudah memiliki seorang teman atau saudara yang bisa menjamin anda mendapatkan kerjaan disana.Jika tidak ada,maka jangan ambil langkah ini.


KESIMPULAN :

Proses seleksi dengan menggunakan ujian CBT itu adalah sebuah sistem atau alur seleksi resmi,jadi secara garis besar,anda mau tidak mau harus melaluinya.

Jika anda bersikeras untuk tidak melaluinya,maka langkah yang akan anda temui mungkin sangat berat dan beresiko tinggi.Saya rasa,resiko sebesar itu sangat tidak sebanding dengan uang atau pekerjaan.

BACA :





Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk bekerja di korea selatan tanpa harus mengikuti tes ujian CBT atau eps topik.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/18/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 3 Cara Kerja ke Korea Selatan Tanpa Tes CBT/EPS TOPIK.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar