5 Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja di PT/Perusahaan

Cara interview yang baik merupakan panduan dasar agar bisa diterima kerja di perusahaan atau PT yang anda inginkan.Wawancara pekerjaan yang bagus meliputi banyak hal mulai dari sikap,jawaban yang benar serta attitude atau tatakrama yang bagus.

Tatacara interview atau wawancara kerja yang baik dan benar harus dimulai dari persiapan yang matang sampai dengan selesai proses tanya jawabnya.Jadi jika anda hanya mempersiapkan jawaban yang benar saja,maka itu semua belum cukup.


Cara Interview atau Wawancara Kerja yang Baik dan Benar




cara interview yang baik dan benar agar supaya diterima kerja di PT/Perusahaan



Interview atau wawancara adalah sebuah tahapan seleksi untuk calon karyawan baru dengan menggunakan metode tanya jawab sebagai langkah penilaian kriterianya.Karena ini adalah tahapan seleksi,sudah tentu ada " point penilaian khusus " didalamnya yang tidak dikatakan ole para pelamar kerja.


Apa saja sih yang dinilai dari interview/wawancara kerja?

Ada banyak hal yang menjadi point penilaian dalam tahapan seleksi ini,antara lain :
  • Intelegensi atau tingkat kecerdasan
  • Sikap/attitude
  • Kemampuan bekerjasama
  • Psikologis
  • Kesesuaian skill dengan kebutuhan perusahaan
Dari berbagai hal diatas,tidak ada point utama yang mana karena bentuk penilaian wawancara adalah nilai akumulatif.Jadi,hasil dari semua kriteria diatas akan dijumlah/diakumulasikan menjadi nilai pribadi dari masing-masing pelamar.

Dari semua point yang dinilai diatas,anda harus tau bagaimana cara mendapatkan nilai yang bagus untuk tiatiap kategori atau kriteria diatas.Itulah kenapa diawal saya katakan bahwa,hanya mempersiapkan jawaban saja tidaklah cukup.

Bagaimana cara melakukan interview atau wawancara kerja yang baik dan benar agar diterima? Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :


1. Mengikuti Instruksi HRD


Sebelum datang ke perusahaan atau tempat wawancara,biasanya para peserta akan mendapatkan SMS ata telepon bukan? Didalam percakapan telpon atau SMSnya biasanya akan tertulis beberapa hal yang harus peserta lakukan ketika mengikuti tahapan seleksi ini,contohnya :
  • Datang dengan berpakaian ....
  • Membawa ....
  • Datang pada pukul ....
  • Tidak boleh membawa ...
Dan berbagai instruksi lainya.Anda sebagai pelamar mau tidak mau HARUS dan wajib untuk mengikuti instruksi ini,kenapa?

Karen hal ini masuk kedalam penilaian " kepatuhan terhadap perintah " dimana sebuah perusahaan sudah pasti sangat menginginkan calon karyawan yang patuh dan tertib.Jika anda tidak mengikuti himbauan ini,anda akan mendapatkan panilaian yang jelek.


Kalau di SMS/Telpon tidak ada instruksi apapun selain jam bagaimana?

Jika saat pemanggilan intervew tidak ada instruksi apapun selain jam yang ditentukan,bukan berarti anda tidak melakukan persiapan yang baik.Anda bisa menggunakan beberapa panduan yang sudah saya tuliskan dalam artikel sebelumnya.

BACA :





2. Datang Tepat Waktu


Ketepatan waktu merupakan hal yang sangat diperhitungkan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan recruitment calon karyawan mereka.Seseorang yang menghargai waktu bisa dikategorikan sebagai calon pekerja yang baik.

Jika untuk datang ke prosesi wawancara saja anda telat,bagaimana anda akan menjalankan pekerjaan yang dituntut untuk memenuhi waktu/terget tertentu nantinya.

Point ini masuk kedalam penilaian " kedisiplinan ".Perusahaan manapun akan sangat tertarik kepada seorang calon pekerja yang disiplin,bahkan di sebuah perusahaan yang pernah saya huni beberapa tahun yang lalu,HRDnya pernah bilang bahwa disiplin memiliki nilai lebih tinggi daripada tingkat kecerdasan.

Percayalah,jika perusahaan hanya memiliki 2 pilihan antara orang cerdas dan disiplin,maka perusahaan akan LEBIH MEMILIH yang disiplin.Jika anda tidak percaya,silahkan tanyakan ke HRD yang anda kenal mengenai 2 piihan ini.


3. Bersikap Profesional


Sikap atau attitude merupakan point lainya yang akan dinilai dari diri anda,jadi perlihatkan sikap yang bagus dan profesional.Bersikap profesional tidak dengan berpakaian jas layaknya seorang direktur ataupun memperlihatkan bahwa anda adalah lulusan sekolah yang ternama,tidak seperti itu.

Sikap profesional yang saya maksudkan adalah bersikap sewajarnya tetapi memberikan kesan terhadap HRD bahwa anda adalah calon karyawan yang layak untuk diterima bekerja.

Sikap yang bagus ketika wawancara kerja berlangsung itu antara lain :
  • Mengetuk pintu atau memberi salam ketika akan masuk ruangan
  • Menjunjung tinggi nilai kesopanan ketika berada didalam ruangan ( mulai dari cara duduk,posisi tangan bahkan nada bicara juga harus anda jaga )
  • Memperhatikan bagaimana cara menjawab sebuah pertanyaan ( tidak boleh asal jawab saja )
  • Menunjukan sikap yang baik ketika selesai proses seleksi ( contohnya seperti berjabat tangan bahkan menutup pintu yang benar itu bagaimana?
Semua hal yang saya maksudkan diatas masuk kedalam point " SIKAP " atau attitude dalam sebuah wawancara pekerjaan.

BACA JUGA :




4. Berikan Jawaban yang Tepat


Inilah point intinya,karena sebuah seleksi wawancara adalah proses tanya jawab antara calon karyawan dengan HRD perusahaan maka,anda sebagai calon karyawan dituntut untuk memberikan sebuah jawaban yang tepat.

Jawaban yang baik dan benar saat wawancara kerja itu bagaimana? Yang saya maksudkan tepat adalah jawaban yang : Bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan HRD TANPA HARUS menimbulkan pertanyaan yang lainya.

Jadi,jika jawaban anda tepat,maka HRD hanya akan menanyakan pertanyaan itu satu kali saja dan akan bertanya dengan jawaban yang lainya.Jika jawaban anda kurang tepat,biasanya HRD akan bertanya lagi mengenai topik yang sama.

Contoh jawaban yang TEPAT untuk sebuah pertanyaan adalah sebagai berikut :

- HRD : Apa hobi kamu?
- Anda : Olahraga basket pak

Selesai.HRD tidak akan bertanya lebih jauh lagi mengenai topik ini karena jawabanya sudah tepat ( padat singkat dan jelas ).Selain anda akan dinilai orang yang konsisten jika memberikan jawaban yang tepat,hal ini bagus juga untuk anda karena HRD tidak akan memberikan pertanyaan yang akan sulit untuk anda jawab nantinya.

Contoh jawaban yang KURANG TEPAT untuk sebuah pertanyaan :

- HRD : Apa hobi kamu?
- Anda : Baca buku pak?
- HRD : Buku apa?
- Anda : Buku sejarah pak?
- HRD : Sejarah apa yang anda baca?
- Anda : bleng ( anggap anda bisa jawab ini )
- HRD : Selain sejarah itu,apa lagi?
- Anda : Sejarah .... Pak
- HRD : Coba ceritakan sejarahnya bagaimana?

Hanya dengan 1 jawaban yang kurang tepat,anda bisa di " hajar " dengan berbagai macam pertanyaan lanjutan yangmungin saja malah akan membuat anda terlihat " bodoh " dan terkesan ingin sombong diri saja.

Kenapa bisa seperti itu?

Begini,seorang HRD itu melakukan penilaian berdasarkan dari jawaban yang anda katakan,jadi jika jawaban anda sudah membuat HRD mendapatkan penilaian,maka HRD akan ganti pertanyaan dengan yang lain.

Jika HRD belum mendapatkan sebuah penilaian,maka akan muter-muter saja pertanyaanya seputar itu-itu saja.Sampai benar-benar mendapatkan jawaban yang memberikan sebuah nilai.Itulah kenapa saya katakan bahwa anda harus memberikan jawaban yang tepat.

BACA LAINYA :





5. Hindari Kesalahan


Ada beberapa hal yang tidak boleh bahkan masuk kedalam kategori " dilarang " untuk dilakukan ketika melakukan tahapan seleksi wawancara kerja,seperti :
  • Tidak mengikuti instruksi
  • Telat datang
  • Salah menggunakan pakaian
  • Tidak membawa berkas atau hal yang harus dibawa
Khususnya untuk mereka-mereka yang belum pernah mengikuti seleksi semacam ini,saya yakin sering melakukan berbagai kesalahan yang saya sebutkan diatas.

Silahkan pelajari dengan baik apa saja yang sudah saya jelaskan dalam paragraf sebelumnya untuk menghindari berbagai kesalahan yang mungkin saja anda lakukan.


Lakukan persiapan dengan sebaik mungkin jika anda ingi mendapatkan penilaian yang sempurna dan ingin bisa lolos tahapan seleksi wawancara kerja seperti ini.Jangan pernah mengangga hal ini mudah,karena banyak hal yang akan dinilai dari diri anda.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara melakukan interview kerja yang baik supaya bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan atau PT yang anda inginkan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/23/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 5 Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja di PT/Perusahaan.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar