Rekber ( Rekening Bersama ) - Penjelasan dan Cara Menggunakanya

Kali ini saya akan menjelaskan apa itu rekber atau rekening bersama lengkap dengan cara menggunakan serta penjelasan sistem yang terjadi didalamnya bagaimana.Karena tujuan dan fungsi dari sistem jual beli seperti ini juga sangat bagus dan aman baik untuk penjual dan pembeli,maka saya akan paparkan dengan detail kepada anda.

Rekber ( rekening bersama ) bisa dikatakan sebagai " jalan tengah " bagi penjual dan pembeli agar terhindar dari penipuan atau bentuk pelanggaran yang lainya.Kok bisa? Saya akan menjelaskanya untuk anda.


Rekening Bersama atau REKBER



Pengertian Rekber


Rekening Bersama atau lebih familiar dengan sebutan rekber adalah sebuah sistem transaksi jual beli ONLINE yang menggunakan orang ketiga sebagai " HAKIM " untuk proses transaksi tersebut.Dengan bantuan " hakim/orang ketiga " inilah proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih aman.

Berhubung ini transaksi online ( antara pembeli dan penjual tidak bertemu langsung ) maka keamanan adalah point yang paling penting dari semuanya.


Aman? memangnya kenapa kalau tidak pakai REK-BER

Begini,dalam sebuah transaksi jual beli khususnya online,pasti anda sering mendengar atau bahkan mengalaminya dimana :
  • Barangnya tidak sesuai
  • Barangnya ternyata rusak
  • Yang dikirimkan tidak sesuai perjanjian
Dan masih banyak kejadian yang tidak mengenakan bukan? Jika anda menggunakan siste rek-ber maka semua kejadian tersebut bisa diminimalisir.


Fungsi serta Tujuan Rekber


Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas,sistem transaksi ini memiliki tujuan atau fungsi untuk menjaga keamanan transaksi antara si penjual dan pembeli.


Penjual dan Pembeli? Maksudnya bagaimana?

Tahukah anda bahwa tindak penipuan online TIDAK HANYA bisa menimpa pembeli saja,melainkan penjual juga bisa terkena penipuan.Saya akan jelaskan lebih detail lagi untuk anda :

- Tindak penipuan yang sering menimpa pembeli :
  • Barangnya tidak sesuai dengan kesepakatan
  • Setelah di transfer uang,barang tidak dikirimkan
  • Barang yang tidak dikirimkan
  • Dan sebagainya

-  Tindak penipuan kepada penjual :
  • Barang sudah diterima tetapi bilangnya belum terima
  • Barang yang diterima kondisinya bagus tetapi bilangnya jelek
  • Barang sudah diterima kemudian part atau mesinya diganti kemudian mengatakan bahwa barangnya palsu
  • Dan sebagainya

Ada banyak sekali jenis penipuan online yang bisa menimpa kedua belah pihak ( pembeli dan penjualnya ).Itulah kenapa sistem rekening besama diciptakan atau dibuat,supaya semua tindak menipu tersebut bisa di organisir.


Jenis dan Macam-Macam Rekber


Untuk jenis re-bernya sendiri ada 2 macam,yaitu :
  • Terpisah ( orang yang ditunjuk berdasarkan persetujuan kedua belah pihak )
  • Terhubung otomatis ( sudah ada dan anda sebagai pembeli atau penjual tidak bisa memilih )

- Terpisah

Untuk jenis yang terpisah atau orang ketiga sesuai persetujuan pembeli dan penjual maksudnya begini :

Anggaplah anda sedang melakukan transaksi jual beli di media sosial seperti facebook,instagram,twitter atau yang lainya,kemudian berdasarkan kesepakatan bersama,menunjuk orang ketiga sebagai rek-ber atau pihak ketiga untuk menjadi " HAKIM " atas transaksi anda.

Tips jika anda menggunakan sistem rekening besama dengan jenis seperti ini untuk menghindari tindakan penipuan adalah :
  • Pastikan orang yang anda pilih adalah orang yang bertanggung jawab ( anda harus tahu orang itu baik pembeli maupun penjual ).Anda bisa menunjuk orang yang terpercaya atau situs reakber yang terpercaya untuk itu.
  • Jangan mau jika anda ditawari rek-ber tetapi anda sendiri tidak tau itu siapa atau organisasi apa ( bisa jadi itu kong kalikong penipu saja )


- Terhubung Otomatis

Jenis yang ini biasanya terdapat pada situs jual beli online seperti bukalapak,tokopedia dan sejenisnya.Baik anda sebagai pembeli maupun penjual TIDAK BISA MEMILIH untuk menunjuk orang ketiganya.

Semuanya sudah ada didalam situs online tersebut,jadi anda hanya tinggal mengikuti instruksinya saja.

Tips untuk menggunakan jenis ini adalah :
  • Selalu pilih situs online yang terpercaya ( jangan belanja di situs online yang abal-abal )
Kenapa harus seperti itu? Karena situs ual beli online yang sudah terpercaya/terkenal,biasanya memang menggunakan jasa Rekening Bearsama yang sudah tervalidasi.Dan kalaupun terjadi kesalahan sistem,si pemilik situs akan betanggung jawab untuk itu.


Cara Menggunakan Rekber Bagaimana?


Untuk alur/sistem/langkah pengunanya adalah sebagai berikut :


penjelasan dan bagaimana cara menggunakan rekber atau rekening bersama


Perhatikan gambar diatas : Itu adalah alur perjalanan dari sistim rekening bersama.Untuk cara menggunakanya adalah sebagai berikut :


1. Pastikan Sudah Deal


Pertama saya anggap anda sudah setuju/deal baik antara penjual dengan pembeli dengan menggunakan bantuan orang ketiga ( yang anda pilih bersama ) ataupun menggunakan yang sudah otomaits ada.


2. Pembeli Transfer


Selanjutnya adalah si PEMBELI melakukan transfer uang sebesar yang sudah disetujui kepada pihak REK-BERnya + biaya jasa.Untuk biaya jasa rekaning bersama bervariasi antara 10.000 sampai 50.000 tergantung dari pihak rekenig bersamanya saja.

Setau saya 50.000 adalah angka yang paling tinggi untuk sekali transaksi ( itupun saya menggunakan jasa orang ketiga yang saya pilih sendiri,jika menggunakan situs besar,mungkin akan lebih murah ).

Jika biayanya terlalu mahal,itu keputusan anda,mau menggunakanya atau mengganti dengan jasa yang lainya.


3. Pihak Rek-Bernya Melakukan Konfirmasi


Setelah uang pembeli diterima pihak rekening besamanya,maka mereka akan melakukan konfirmasi kepada pembeli dan lenjual :
  • Kepada pembeli : Kami sudah menerima uang transaksi sebesar ...... untuk pembayaran unit ..... dan sebagainya ( biasanya bentuk notifikasinya seperti itu,tetapi tidak selalu sama seperti itu yaa )
  • Kepada penjual : Kami sudah menerima uang dari pembeli sebesar..... untuk pembayaran unit .... selanjutnya silahkan anda kirimkan barang yang dimaksud ke alamat pembeli ( ini juga kurang lebih seperti ini pemberitahuanya,bisa juga berbeda )


4. Penjual Mengirim Barang


Jika anda adalah sebagai penjual,setelah menerima notifikasi dari pihak REK-bersama,barulah anda mengirimkan barang/unit yang dimaksudkan ( ingat yaa,kirim barang setelah ada notifikasi/pemberitahuan dari pihak rek-bernya ).

Setelah mengirimkan barangnya,silahkan berikan KODE RESI pengiriman kepada pihak rekening bersaama sebagai bukti sah jika anda sudah mengirimkan barangnya.nanti pihak REK-BER juga akan melakukan pengecekan,apakah resi tersebut benar/valid atau resi bodong.

Jika pembeli mengatakan sudah trasfer uang tetapi pihak rek-bernya tidak memberikan pemberitahuan apapun maka JANGAN KIRIMKAN barangnya.Ini sudah merupakan alurnya,jadi anda sebagai penjual tidak perlu takut nama anda jelek jika memang rakbernya belum konfirmasi kepada anda,karena memang prosedurnya seperti itu.


5. Pembeli Menerima Barang dan Melakukan Pengecekan


Setelah pembeli menerima barang,pembeli akan melakukan pengecekan,apakah semuanya sesuai dengan kesepakatan atau tidak.Jika pihak pembeli sudah puas dan semuanya lancar maka pembeli WAJIB memberitahukan pihak rekening bersiama bahwa semuanya sudah diterima dan lancar.


6. Pihak Rek-Ber Memberikan Uang Kepada Penjual


Setelah semuanya lancar,maka barulah pihak rekening bersama akan memberikan hak uang kepada penjual dan transaksipun SELSAI.


MASALAH yang sering terjadi :


- Si Pembeli menerima barang yang tidak sesuai bagaimana?

Jika pembeli menerima barang yang tidak sesuai kesepakatan maka,pembeli diperbolehkan melakukan komplain ke pihak REK-bersama dan meminta jalan tengah untuk penyelesaian.Selama masalah belum selesai maka uang pembeli TIDAK AKAN diberikan ke panjual


- Si Pembeli sudah menerima barang tetapi mengatakan belum terima bagaimana?

Tidak bisa,kan pihak rekenig bersama memiliki kode RESI pengiriman.Jika mereka mengecek ternayata statusnya sudah terkirim,maka barang akan diangap sudah terkirim ( tanpa alasan apapun ).


- Si pembeli memang belum menerima barangnya tetapi resi tertulis sudah terkirim bagaimana?

Pihak rek-ber akan mengangap tu sudah terkirim.Jadi itu urusan pembelipenerima dengan pihak jasa expedisi pengiriman ( mungkin salah kirim atau alasan lainya ).Tetapi anda sebagai pembeli tidak perlu kahawatir,karena pihak rekening bersama akan menunggu sampai masalah ini selesai baru uangnya diberikan ke pihak penjual.

Mereka juga biasanya akan membantu anda untuk melakukan komplain ke jasa pengiriman perihal masalah tersebut.


- Si Penjual memberikan resi palsu

Ketika penjual berbuat curang dengan memberikan resi palsu ( padahal dia belum mengirimkan barangnya ) dengan sangat mudah pihak rekening-bersama akan mengetahuinya dan uang pembeli akan AMAN dan dikembalikan ke pembeli.


- Si Pembeli sudah menerima barang tetapi tidak melakukan konfirmasi ke pihak rek-bernya bagaimana?

Biasanya ada masa tenggang waktu ( antara 2 sampai 5 hari ) tergantung kebijakan pihak rekening besama yang anda gunakan.Jika dalam tenggang waktu yang ditentukan si pembeli TIDAK MELAK
UKAN KONFIRMASI maka,transaksi dianggap SUKSES dan uang akan di berikan ke penjual.


Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar ini,silahkan tanyakan di kolom komentar TETAPI patuhi peraturan sebelum berkomentar ( baca deskripsi di atas form komentar dibawah ).




Demikian penjelasan tentang rekber atau rekening bersama,semga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/02/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Rekber ( Rekening Bersama ) - Penjelasan dan Cara Menggunakanya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar