Pengertian Psikotes,Tujuan dan Contoh Soal yang Diujikan

Psikotes adalah serangkaian proses seleksi yang dilakukan untuk menyeleksi calon karyawan baru di sebuah tempat kerja baik perusahaan,PT,Toko atau apapun jenisnya baik swasta ataupun BUMN dengan menggunakan media soal berbasis intelegensia.


Pengertian Psikotes


Kenapa bentuk soal seperti ini selalu keluar?


Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas bahwa,sebuah tempat kerja TENTU TIDAK AKAN mempekerjakan seorang karyawan yang tidak sesuai dengan kriteria atau standar yang diinginkan.


Dengan media sikotes inilah,sebuah tempat kerja bisa melakukan penilaian terhadap pribadi dari calon karyawan mereka.


Tujuan Psikotes



Tahukah anda jika tingkat intelegensi,kepribadian,psikis dan logika anda bisa diukur?


Sangat tidak mungkin untuk sebuah perusahaan " harus menanyai satu persatu " calon karyawan mereka untuk mengetahui semua hal tersebut bukan?


Inilah kenapa,psikotes diciptakan,yaitu bertujuan untuk mengetahui tingkat intelegensi atau kecerdasan,kepribadian,psikologi dan logika dari seseorang,apakah sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan ataukah tidak.


Darimana menilainya?


Hasil atau nilai yang anda hasilkan adalah acuan utama pihak penyeleksi untuk menentukan apakah anda sesuai kriteria atau tidak.


Apakah standar nilai itu? Berapa nilai minimal dan maksimalnya?


Walaupun nilai merupakan acuan paling utama,untuk mentukan BERAPA nilai yang bagus itu sedikit susah,kenapa? Karena setiap perusahaan atau tempat kerja sudah pasti memiliki kriteria tersendiri.


Dan saya tekankan disini,anda TIDAK PERLU memikirkan dan mencari tahu berapa nilai standar sebuah sikotes di perusahaan,karena selain informasi tersebut BUKAN untuk umum,hal terpenting adalah bagaimana bisa mengerjakan soal-soalnya dengan baik dan benar.


Apakah Semua Tempat Kerja ada Psikotesnya?


Untuk hukum yang mengatur atau mengharuskan sebuah tempat kerja harus menggunakan sikotes itu TIDAK ADA.Jadi itu semua mutlak kebijakan dari tempat kerja tersebut.


Biasanya perusahaan besar baik swasta ataupun BUMN seperti :
Bank
Astra group
Toyota group
PT/Pabrik berskala menengah ke atas
BUMN ( badan usaha milik negara )
Selalu menggunakan metode sikotes untuk merekrut karyawan baru.


Intinya itu semua merupakan kabijakan dari perusahaan.Jika anda mendapati perusahaan yang TIDAK MEMENTINGKAN metode sikotes ini,maka proses atau tahapan seleksi semacam ini tidak akan ada ( walupun kemungkinanya sangat kecil ada perusahaan yangs seperti itu ).


Apa Saja Contoh Soal yang Keluar dan Diujikan?



Ada banyak sekali bentuk soal yang sering digunakan saat psikotes kerja berlangsung,antara lain :



1. Kraepelin/Kreapelin/Kreplin/Pauli/Test Koran



Semua istilah tersebut SAMA SAJA,jadi anda tidak perlu bingung jika HRD menggunakan salah satu nama diatas,maksudnya sama saja.


Berikut contoh soalnya :









Mungkin untuk anda YANG BELUM PERNAH menjumpau seleksi sikotes akan sedikit bingung dengan bentuk soal ini,tetapi untuk anda yang pernah menjumpainya,akan sangat familiar dengan soal ini.




Apa itu tes koran/pauli/kreapelin?


Ini adalah sebuah test yang berisi deretang angka dasar ( 0 - 9 ) dimana anda harus menjumlahkan setiap angka secara berurutan ( dari bawah ka atas atau dari samping kiri ke kanan ) atau sebaliknya.


Bentuk test ini bertujuan atau fungsinya adalah untuk mengukur tingkat KETAHANAN MENTAL anda.


Anda pasti sangat sering membaca sebuah lowongan pekerjaan dimana disana tertulis " mampu dan tahan terhadap tekanan kerja " bukan? Dengan tes inilah kemampuan tersebut diukur.



Bagaimana cara HRD mengukur atau menilai?


Pihak penyeleksi kerja menilai ini dengan " GRAFIK ".Grafik yang bagus adalah grafik yang memiliki nilai rata-rata NAIK.Jika grafik anda rata-ratanya TURUN maka,anda kemungkinan besar akan GAGAL karena dianggap tidak tahan tekanan.


Jika anda BELUM MENGERTI maksudnya grafik itu bagaimana dan penjelasan lainya,silahkan anda baca pada artikel saya yang lain :


BACA :



- Trik mengerjakan tes kreapelin/pauli.test koran dengan grafik yang naik




2. Tes TIU 5



Test ini kebanyakan menggunakan GAMBAR sebagai media penilaian.Tujuan dari test ini adalah mengukur tingkat intelegensi atau kecerdasan anda.


Berikut contohnya :









Selain daripada itu,masih BANYAK jenis yang lainya.Untuk bisa mengerjakan bentuk soal yang seperti ini,anda perlu menggunakan LOGIKA dan IMAJINASI yang bagus.Karena bentu soal seperti ini TIDAK MENGGUNAKAN rumus matematika,melainkan rumus penalaran atau daya logis saja.


BACA :



- Latihan tes psikotes gambar online




Anda bisa mempelajari dan langsung mempraktekan mengerjakan soal pada artikel tersebut.




3. Test Army Alpha Integency



Hampir sama dengan TIU 5,bentuk test ini juga bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan atau intelegensi anda.Bentuk soalnya seperti ini :









Ada sedikit tips untuk anda jika mengerjakan soal seperti ini,yaitu : Anda hanya perlu mendengarkan instruksi dengan baik ( hanya itu saja ).


Karena,test ini hanya mengukur tingkat kecerdasan atau lebih tepatnya daya konsentrasi saja.Jadi anda hanya perlu mengikuti instruksi dengan baik sesuai dengan apa yang dikatakan HRD nanti.Anda bisa mempelajarinya di video berikut :










4. Test Matematika Dasar



Untuk bagian ini,hal utama yang perlu anda persiapkan adalah : HAFAL BANYAK RUMUS MATEMATIKA dan BISA BERHITUNG.


Jadi,satu-satunya cara adalah dengan sering-sering belajar dan menghafalkan berbagai rumus matematik.Bentuknya ada bermacam-macam,antara lain :
Matematika cerita
Rumus bangun datar dan ruang
Desimal
Pecahan


Apapun jenisnya,jika anda hfal banyak rumus dan bisa berhitung,anda tidak akan terlalu kesulitan mengerjakan tes jenis ini.




5. Wartegg Test ( gambar 8 kotak )



Pernahkah anda melihat bentuk soal yang seperti ini?







Didalam 8 kotak tersebut terdapat beberapa bentuk/pola yang harus anda LANJUTKAN MENJADI GAMBAR UTUH.




Gambar apa? Supaya nilianya bagus di isi gambar apa?


Memang ada penilainya dalam tes ini,jadi anda TIDAK BOLEH ASAL dalam menggambarnya.Ada point-point yang perlu anda perhatikan,antara lain :
Usahkan untuk menggambarkan bentuk benda yang digunakan untuk bekerja
Tidak boleh menggambarkan bentuk yang negatif
Tidak boleh keluar dari pola yang sudah ada ( harus benar-benar diteruskan polanya )


Untuk lebih memudahkan anda,silahkan anda pelajari artikel berikut :


BACA :



- Kumpulan kunci jawaban untuk gambar wartegg tes




6. Gambar Manusia/Orang kemudian Rumah dan Pohon



Biasanya ini untuk tahapan yang terahir setelah semua tahapan diatas dilalui.Bisa saja anda diminta untuk menggambar semua atau salah satunya.


Tetapi gambar apapun yang diminta,kuncinya adalah anda mengerti point-point tepenting ketika akan menggambarnya.Anda bisa mempelajarinya dalam artikel saya yang lainya,silahkan anda cari saja dan pelajari semuanya.




Demikian pembahasan tentang pengertian dari psikotes kerja lengkap dengan tujuan dan contoh soal yang sering keluar dan diujikan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Pengertian Psikotes,Tujuan dan Contoh Soal yang Diujikan.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar