Tips dan Trik Lulus Tes CPNS + Materi Soal

Saya akan berbagai pengalaman tentang bagaimana cara menghadapi tes CPNS baik berupa latihan soal materi hingga persiapan fisik yang kebetulan tanggal 30 mei 2021 nanti akan dibuka.Silahkan disimak apa saja materi atau contoh soal yang akan keluar nanti.

Cara terbaik untuk menghadapi tes seleksi CPNS adalah dengan memahami bentuk soal serta tahapan-tahapan yang akan dilakukan.Dengan begitu,anda bisa melakukan persiapan dengan matang dan tidak kaget dengan apa yang akan terjadi nanti.



Materi Tes CPNS




tips dan trik untuk lulus cpns





Tahun 2021 ini memang akan dibuka seleksi CPNS untuk beberapa formasi kementrian baik tingkat provinsi maupun kabupaten.

Ada banyak formasi lowongan yang akan dibuka.Anda hanya tinggal melihat kualifikasi mana dan formasi apa yang paling anda minati.

Untuk syarat serta bagaimana cara mendaftarnya,sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya.Kali ini saya akan fokus menjelaskan bentuk contoh soal atau materi CPNS yang biasanya keluar dan di ujikan.


Beda Formasi,Beda Bentuk Soal dan Tahapan Seleksi

Sebelum ke pembahasan inti,saya ingin mengatakan bahwa nantinya,formasi yang anda pilih akan menentukan bentuk soal yang keluar.

Untuk formasi lulusan SMA/SMK sederajat seperti lowongan penjaga tahanan atau sipir lapas,bentuk tesnya akan berbeda dengan mereka yang lulusan D3/S1 yang mendaftar di bidang kedokteran atau seperti Badan Intelejen Indonesia contohnya.

Tetapi jika diambil garis besarnya,semua akan hampir sama persis.



Tahapan Seleksi CPNS



Penjelasan awal akan saya mulai dengan tahapan seleksi untuk beberapa formasi CPNS yang dibuka.Untuk tahapanya secara garis besar seperti ini :
  • Melakukan pendaftaran
  • Seleksi berkas pendaftaran
  • Pengumuman lolos seleksi berkas
Setelah anda dinyatakan lolos,maka akan lanjut ke tahapan :
  • Seleksi mengerjakan soal dengan komputer ( SKD/Seleksi Kompetensi Dasar )
  • Seleksi kemampuan 9 SKB/Seleksi Kompetensi bidang )


Dua point terahir yang akan saya jelaskan.Karena untuk point sebelumnya,mungkin tidak terlalu rumit dan sudah banyak dijelaskan.



Kisi-Kisi tahapan Seleksi SKD CPNS


SKD atau seleksi kompetensi dasar merupakan seleksi dimana peserta harus mengerjakan soal-soal di komputer dengan diberikan waktu.

Disini ada 3 point penilaian,yaitu :
  • TWK
  • TKP
  • TIU

Ketiga point diatas merupakan jenis soal yang memang terbagi menjadi 3 bagian,dimana setiap bagian harus memiliki nilai yang bagus.


Bagaimana cara untuk mempersiapkan diri menghadapi tes SKD CPNS?

Yang paling baik adalah dengan memahami setiap bentuk tes dan mencari tau bagaimana contoh soalnya.Saya akan menjelaskan satu persatu untuk anda.



1. Persiapan menghadapi tes CPNS TWK ( Tes Wawassan Kebangsaan )


Ini merupakan test dimana anda akan diberikan soal tentang sejarah kebangsaan indonesia.Sesuai dengan namanya,bentuk seleksi ini akan menilai pengetahuan anda tentang bangsa indonesia,mulai dari sejarah,asal muasal,dan sebagainya.

Untuk contoh soal yang keluar kurang lebih seperti ini :


1. Apa kepanjangan lembaga BPUPKI?

   a. Badan penyelidik usaha usaha persiapan kemerdekaan indonesia
   b. Badan pembinaan untuk para ketua instansi
   c. Badan pengawasan untuk pembantu kepala instansi

Jawabanya adalah A



2. mata uang negara di atur dalam undang undang pasal berapa?

   a. pasal 23a
   b. pasal 23b
   c. pasal 23c

Jawabanya adalah B


Kebetulan saya sudah memberikan contoh soal yang bisa anda donlot di akhir artikel ini,tetapi anda harus memahami penjelasan dengan baik.



2. Persiapan Tes TIU CPNS

Test ini bertujuan mengukur tingkat intelegensi anda semua,di sini terdapat banyak materi soal di antaranya :

1. Kemampuan berbahasa indonesia
2. Kemampuan dalam kata/istilah
3. Matematika dasar
4. Logika
5. Bahasa inggris


Memang jika dilihat dari nama testnya,seleksi tahapan ini bertujuan untuk menilai tingat intelegency anda.

Berikut saya sudah sediakan bahan pembelajaran untuk anda dalam bentuk PDF :

Baca :





 

3. Persiapan Tes TKP CPNS


Tes TKP atau Tes Karakteristik Pribadi lebih mengarah ke penilaian kepribadian anda secara umum.Dengan seleksi ini,karakter atau sifat anda bisa terlihat.

Untuk bisa lolos dan mendapatkan nilai bagus,anda harus memahami bentuk soal yang biasanya keluar.Saya sudah berikan banyak contoh di link atas tadi.



Kisi-Kisi Tahapan SKB CPNS ( Seleksi Kompetensi Bidang )



Ini merupakan seleksi lanjutan jika anda berhasil lulus seleksi TWK sebelumnya.Untuk beberapa formasi seperti bidang kedokteran,perbankan,lembaga pemerintahan ( khususnya lulusan D3 keatas ) bentuk seleksinya berupa : TES WAWANCARA.

Untuk formasi seperti sipir lapas biasanya bentuk seleksinya ; WAWANCARA + SKILL.


Untuk menjelaskan TES CPNS memang terbilang sangat panjang,jadi saya tulis beberapa artikel juga supaya lebih mudah difahami.Silahkan baca artikel lainya jika masih ada yang kurang,see uu.

5/01/2021 - 2 komentar

2 komentar untuk Tips dan Trik Lulus Tes CPNS + Materi Soal.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Unknown 4/13/2018

Ka maaf kok tet TIUnya gabisa didownload ya? Boleh minta send via email? Kalau boleh tolong saya minta ya ka ke Ayutianaputri@gmail.com trimakasih banyak ka

Balas Hapus
.
Puji Hartono 4/13/2018

Sudah saya perbaiki,silahkan dicoba kembali.Semoga membantu.

Balas Hapus