Psikotes Gambar Orang atau Manusia - Cara Menggambar + Contoh

Cara menggambar psikotes gambar orang atau manusia yang akan saya bahas kali ini sudah lengkap dengan contoh gambarnya dan bagaimana trik menggambarnya.Psikotes menggambar orang sangat sering sekali keluar dan diujikan ketika sikotest berlangsung.

Cara menggambar orang atau manusia saat psikotes kerja berlangsung harus anda fahami dengan baik dan benar supaya mendapatkan nilai yang bagus nantinya.Dengan nilai yang bagus itulah,kesempatan anda untuk diterima bekerja juga akan semakin besar.


Psikotes Gambar Orang atau Manusia yang Baik dan Benar



Pengertian

Apa itu psikotest gambar orang atau manusia? Ini adalah sebuah soal dalam proses seleksi calon karyawan baru dengan bentuk soal yang mewajibkan peserta menggambar bentuk manusia sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Jadi,nantinya anda akan diberikan sebuah kertas kosong yang harus anda isi dengan sebuah gambar lengkap dengan instruksi yang harus anda ikuti.


Instruksinya bagaimana?

Untuk instruksinya sebenarnya " sesuka " HRDnya saja mau seperti apa.Tetapi biasanya bentuk instruksi atau perintahnya seperti ini :
  • Gambarlah seorang pria atau wanita setengah baya berumur antara 20 sampai 35 tahun
  • Gambarlak seseorang yang sedang melakukan sebuah aktivitas pekerjaan
  • Gambarlah bentuk manusia atau orang dengan anggota badan yang lengkap
Dan masih banyak lagi bentuk perintahnya.

Anda tidak perlu terlalu menghawatirkan bentuk instruksinya nanti akan seperti apa,yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus,karena bentuk tes seperti itu memiliki point penilaian yang sangat penting.


Apa yang dinilai dari bentuk psikotest gambar orang?

Point penilaian yang paling signifikan untuk bentuk test seperti adalah : Menilai kapribadian atau karakteristik seseorang.

Sifat anda seperti apa,perangai anda seperti apa dan beberapa point lainya akan terlihat jelas dimata HRD nanti.Jadi,perhatikan dengan baik semua pembahasan kali ini.


Bagaimana cara menggambar psikotes orang atau manusia supaya mendapatkan nilai yang bagus?


Dalam soal seperti ini,penilaianya sedikit berbeda dengan bentuk soal mengerjakan matematika atau pilihan ganda.Hanya saja ada beberapa point penting yang harus anda lakukan dan tidak boleh anda lakukan jika ingin mendapatkan nilai yang sempurna,antara lain :


1. Harus dan wajib mengikuti semua instruksi


Hal pertama yang harus anda lakuka adalah mengikuti instruksi atau perintah dengan baik ( jangan ada yang sampai terlewatan ).Contohnya instruksi atau perintahnya seperti ini :

- HRD : Buatlah sebuah gambar manusia yang sedang melakukan aktivitas yang menggunakan seragam lengkap dengan alat safety yang digunakan.

Berdasarkan instruksi diatas,berarti anda harus menggambarkan seorang manusia yang sedang melakukan aktivitas ( bisa dikaakan sedang bekerja ).Ada 3 point penting pada instruksi diatas,yaitu :
  • Gambarnya harus sedang bekerja aau melakukan sesuatu
  • Gambarnya harus mengunakan seragam
  • Gambarnya harus menggunakan alat safety atau alat keselamatan

Tetapi anda harus mencari jenis pekerjaan yang menggunakan seragam dan alat safety atau alat keselamatan.Tidak mungkin kan,anda menggambar seorang PETANI ( petani mana yang kerjanya menggunakan seragam dan mengunakan alat safety atau alat keselamatan ).

Bentuk terbaik untuk hasil yang sesuai instruksi adalah : Seorang pekerja pabrik atau karyawan perusahaan,kenapa?

Karena seorang pekerja pabrik sudah pasti sedang melakukan sesuatu,menggunakan seragam dan mengunakan alat safety atau keselamatan,faham sampai sini yaa.Contoh yang sudah jadinya seperti ini :


contoh psikotes gambar orang


Kalau ditambah gambarnya dengan bentuk lain bagaimana mas?

Maksudnya anda menggambar bentuk lain untuk pemanis begitu? Sebenarnyasah-sah saja,TETAPI saran saya ikuti instrksinya saja untuk cari aman.

Mungkin dengan menggambarkan bentuk yang lain,anda akan dinilai sebagai pribadi yang imajinasinya tinggi,tapi tidak menutup kemungkinan anda juga akan dinilai sebagai pribadi yang tidak patuh terhadap perintah.

Itulah kenapa saya lebih menganjurkan anda untuk mengikuti instruksi yang diberikan saja.Untuk cari amanya saja.


2. Minimalkan kesalahan atau penghapusan gambar


Mungkin nanti anda akan diinstruksikan menggunakan pensil untuk menggambarnya,itu lebih baik daripada menggunakan bolpoint.Sampai saat ini,saya hanya menjumpai yang menggunakan pensil saja,belum pernah saya jumpai yang menggunakan bolpoint untuk menggambarnya ( walaupun mungkin saja ada ).

Apapun alat tulis yang anda gunakan,perhatikan point kedua ini,dimana anda harus meminimalisir bentuk kesalahan dengan cara menghapusnya.Kenapa seperti itu?

Karena bentuk kesalahan ataupenghapusan yang terlau banyak akan menimbulkan kesan bahwa anda adalah orang yang lin-plan ( tidak teguh dengan pendirian ).Baru maju selangkah,ah salah kayaknya,hapus.Baru maju 2 langkah,ahh salah lagi kayaknya,hapus lagi dan seterusnya.

Cara meminimalisirnya bagaimana?
  • Selalu awali dengan garis tipis-tipis
  • Fikirkan terlehih dahulu apa yang mau anda gambar,jangan menggambar dulu mikirnya belakangan
  • Banyak berlatih dirumah

Tapi saya sakti mas,saya bisa menghapus gambar tanpa ada bekasnya,gimana?

Wahh,bagus sekali kalau seperti itu.Kalau berkenan,tolong bagi ilmunya ke saya,hehe.Kalau memang anda bisa melakukanya,itu sangat baik.Anda bisa membuat bentuk yang sempurna tanpa ada bekas penghapusan apapun nantinya.


3. Perhatikan posisi dan ukuran gambarnya


Point yang saya maksudkan untuk posisi adalah : Letak gambarnya di kertas yang disediakan.Sedangkan ukuran maksudnya adalah : Tinggi dan lebar gambarnya sesuaikan dengan kertas.

- Posisi : Pada point ini,usahakan etak gambar berada DITENGAH kertas baik kertasnya menghadap horizontal ataupun vertical,intinya harus berada di tengah.

- Ukuran : Pada point ini,silahkan gambarlah bentuk yang memiliki tinggi atau lebar yang " SESUAI " dengan kertas.Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.

Perhatikan contoh gambar dibawah :


cara menggambar psikotes orang atau manusia



Kotak yang saya berada didalam adalah tinggi dan lebar gambarnya.Tidak terlalu besar ( karena masih ada sisa kaerta ) dan tidak terlalu kecil.


4. Gambarnya harus jelas ( tidak harus bagus )


Setelah point sebelumnya anda tau,sekarang adalah point yang banyak " disalah artikan " oleh banyak pelamar kerja.banyak yang beranggapan bahwa gambarnya harus bagus,ITU SALAH!

Kalau bisa bagus,itup point plus untuk anda,tetapi jika tidak bisa bagus,anda cuku membuat bentuknya dengan jelas.Maksudnya jelas disini adalah : Bentuk yang anda buat itu sesuai dengan yang anda maksudkan ( jika anda menggambar hidung,ya buatlah seperti hidung ).

Niatnya mau menggambar hidung,tapi bentuknya lebih mirip dengan angka 3.Ini berlaku untuk semua bagian yaa.

Bagaimana supaya anda bisa membuatnya seperti itu? Jalan satu-satunya adalah berlatih dan terus berlatih.Gunakan waktu kosong anda ketika belum memiliki pekerjaan dengan belajar berbagai bentuk soal tes psikotes dan bagaimana cara supaya mendapatkan nilai yang bagus utuk tiap-tiap tesnya.


IKHTISAR

Point terpenting adalah point pertama dimana instruksi harus diikuti dengan baik,selanjutnya anda lakukan point ke dua dan seterusnya.Lakukan latihan sesering mungkin supaya gambarnya bisa semakin bagus dan lebih bagus lagi.


Kalau instruksinya hanya gambarlah orang atau manusia saja bagaimana mas?

Ini sangat sering terjadi,dimana bentuk instruksinya tidak terlalu detail.Hanya mengharuskan anda untuk menggabarkan bentuk manusia saja.

Jika memang instruksi atau perintahnya hanya seperti itu,silahkan lakukan hal ini supaya gambar psikotes orang yang anda buat mendapatkan nilai yang bagus :
  • Usahakan selalu menggambarkan bentuk manusia yang sedang melakukan pekerjaan
  • Boleh menambahkan bentuk lainya TETAPI bentuk manusianya harus lebih dominan/lebih terlihat dari bentuk yang lainya
  • Perhatikan point nomor 2 sampai 4 pada artikel atas
  • Hindari bentuk yang berkonotasi negatif seperti : kartu domin*,botol minuman,dan bentuk lain yang bisa menimbulkan konotasi jelek
  • Gambarlah alat kerjanya juga supaya gambarnya lebih jelas lagi ( orang sedang melakukan apanya lebih terlihat )
Dengan melakukan point-point yang saya jelaskan diatas,gambarnya akan lebih memiliki nilai atau bobot yang bagus dimata HRD nantinya.


BACA :




Demikian pembahasan tentang bagaimana cara menggmabar psikotes bentuk orang atau manusia dengan baik dan benar supaya mendapatkan nilai bagus dimata HRD.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

1/13/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Psikotes Gambar Orang atau Manusia - Cara Menggambar + Contoh.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar