Contoh Tes Wartegg / Test Gambar 8 Kotak yang Benar dan Salah

Contoh tes wartegg atau gambar 8 kotak yang akan saya berikan berisi hasil gambaran yang sudah jadi baik hasil yang benar dan yang salah.Semua yang saya berikan hanya untuk bahan belajar anda saja,tidak ada jaminan bahwa anda akan lolos jika menggunakan gambaran yang saya berikan.

Wartegg tes harus anda gambar dengan analysis yang baik supaya menghasilkan sebuah picture yang bagus dengan penilaian yang tinggi.Karena cara membaca hasil test warteg lebih kearah penilaian kepribadian dan intelegensi anda.


Tes Wartegg atau Test Gambar 8 Kotak




contoh tes menggambar wartegg test yang baik dan benar


Wartegg tes adalah sebuah soal menggambar yang berisi 8 kotak dengan pola khusus yang ada didalamnya,dimana seorang pelamar kerja harus meneruskan pola tersebut sehingga menjadi sebuah gambar utuh.

Tujuan dari test ini adalah untuk menilai atau mengukur kepribadian serta menilai tinfkat intelegensi/kecerdasan anda.Maksudnya bagaimana?

Sebuah gambar bisa menginterpretasikan atau mencerminkan kepribadian seseorang,coba bayangkan : Jika ada 2 orang ( si A kepribadianya anarkis dan si B kepribadianya feminim ) :

- Si A kemungkinan besar akan menggambarkan BENDA-BENDA seperti : pist*l,pedang,parang,orang berkelahi dan sebagainya.

- Si B kemungkinan besar akan menggambarkan : alat make up,perlengkapan bayi dan sebagainya.

Inilah kenapa saya katakan bahwa : Gambar yang anda hasilkan bisa mencerminkan kepribadian anda sendiri.


Hubunganya apa dengan pekerjaan?

Sebuah perusahaan atau tempat kerja,PASTI akan mencari calon karyawan yang terbaik bukan? Dengan cara inilah,sebuah perusahaan menyeleksi calon karyawanya,karena tidak mungkin mengetahui kepribadian seseorang dengan cara bertanya langsung ( pasti mereka akan berbohong ).


Gambar seperti apa yang bagus nilainya?

Untuk informasi ini memang tidak ada ketentuan resmi dari perusahaan atau HRD terkait,tetapi menurut pengalaman saya pribadi ketika selama 6 tahun mengikuti beberapa kali test ini,saya mendapatkan point penting,antara lain :
  • Rapih
  • Jelas
  • Objek gambarnya dengan beraktivitas
  • Tidak menyalahi POLA yang sudah ada ( point utama )
  • Tidak menggambar objeck yang berkonotasi BEGATIF
Untuk point utamanya adalah : Anda TIDAK BOLEH melenceng dari pola yang sudah ada dalam kotak ( jadi harus benar-benar mengikuti dan melanjutkan polanya ).Saya akan berikan contoh psikotes wartegg tes untuk anda :


1. Contoh Psikotes Gambar Wartegg ( yang salah/nilainya kurang )


- Yang pertama untuk contohnya adalah sebagai berikut :



bentuk gambar wartegg tes yang salah
contoh yang nilainya KURANG BAGUS


Diatas adalah bentuk gambar yang sudah jadi TAPI GAMBARNYA KURANG! Kenapa bisa begitu?

Pada kotak yang saya lingkari merah diatas adalah point yang bisa mengurangi nilai,kenapa? Bentuk awalnya adalah TITIK,dari bentuk awal seperti itu,seharusnya bisa menghasilkan banyak sekali gambar bukan?

Jika anda menggambar bentuk kartu domino seperti itu,HRD bisa saja menilai anda TUKANG JUD* lohh,ini sangat disayangkan padahal aslinya anda bukanlah orang seperti itu.Ini masuk kedalam point ( Tidak boleh menggambar object berkonotasi begatif ) seperti yang saya tuliskan diatas.


- Yang kedua contohnya sebagai berikut :


bentuk gambar wartegg tes yang salah
Contoh yang nilainya juga kurang bagus








Coba perhatikan gambaran yang saya silang dengan tinta merah,GAMBARR APAA ITU?

HRD akan bingung anda menggambar apa kalau hasilnya seperti itu.Lebih parahnya lagi,anda akan dinilai sebagai pribadi yang " NGAWUR " alias asal jadi saja kalau mengerjakan sesuatu.

Ini masuk pada point : Gambarnya harus jelas ( bentuknya apa ).

Jika anda masih belum mengerti tentang langkah yang benar serta panduan yang baik ketika menggambar test 8 kotak ini,anda bisa membaca panduanya di artikel saya yang ini :

BACA :



2. Contoh psikotes wartegg ( yang benar )


Setelah anda mengetahui point yang salah serta membaca panduan di artikel saya diatas,sekarang saya akan berikan sedikit contohnya yang benar.Kurang lebih seperti ini gambarnya :


bentuk gambar wartegg tes yang benar
ini yang nilainya termasuk bagus




Hasil diatas masuk kedalam penilaian yang bagus,kenapa?
  • Gambarnya sesuai dengan pola yang ada
  • Jelas gambarnya apa
  • Rapih
Mungkin jika sebagian besar gambarnya adalah benda kerja,nilainya akan jauh lebih bagus lagi.Jika anda masih kesulitan mencari gambarnya,silahkan anda baca artikel saya berikut :

BACA :



Dengan semua pembahasan yang sudah saya tulis baik pada artikel ini ataupun artikel yang lainya,saya harapkan anda bisa membuat sebuah gambr yang memiliki nilai bagus dimata HRD khususnya.Dan semoga anda bisa selalu lolos dalam menghadapi psikotes soal jenis seperti ini.

Demikian pembahasan tentang contoh tes gambar wartegg atau 8 kotak baik yang gambarnya benar ataupun salah.Terimakasih telah membaca,see uu.

1/06/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Tes Wartegg / Test Gambar 8 Kotak yang Benar dan Salah.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar