Komplain JNE - Barang Lama Sampai,Rusak dan Salah Kirim

Komplain JNE bisa anda lakukan ketika barang kiriman anda lama sampai atau tak kunjung datang kemudian rusak atau pecah dan bisa juga ketika paket anda salah kirim ke orang lain.Cara komplain atau melaporkan masalah pengiriman ke JNE harus dilakukan dengan proosedur yang benar supaya masalah anda direspon dan ditindak lanjuti.

Cara komplain ke JNE yang tidak sesuai prosedur biasanya akan lama direspon bahkan tidak ditanggapi sama sekali.Walaupun letak kesalahanya ada pada jasa expedisi tersebut,seyogyanya kita semua sebagai pelanggan juga harus mengikuti alur yang berlaku,dengan begitu,semua masalah akan diselesaiakan oleh mereka.


Cara Komplain JNE Express



Cara komplain ke jne ketika barang lama sampai rusak dan salah kirim


JNE kepanjanganya daru Jalur Nugraha Ekakurir adalah sebuah jasa expedisi pengirimnan barang atau paket yang bertugas mengirimkan paketan kepada seseorang yang dituju oelh pengirim paket.Jasa ini hampir tersedia di seluruh indonesia dan merupakan salah satu jasa pengiriman paling laris di indonesia.

Tahukah anda,bahwa ketika sebuah jasa expedisi mengirimkan paketan,SEMUA menggunakan jalur atau Step By Step yang terorganisir.Maksudnya adalah :

- Contohnya jika anda tempat tinggalnya di wonosobo jawa tengah dan ingin mengirimkan paket anda ke cikarang tepatnya di daerah sukaresmi,maka alur perjalanan paketnya tidak akan dari wonosobo LANGSUNG ke sukaresmi,melainkan ada jalurnya tersendiri.

Dari rentetan perjalanan paket tersebutlah mungkin terjadi beberapa kesalahan yang menyebabkan masalah.

Beberapa PENYEBAB masalah yang biasanya terjadi ketika seseorang menggunakan jasa expedisi antara lain :
  • Data server atau komputer error
  • Kelalaian dari pagawai atau man power jasa expedisinya
  • Kesalahan penulisan alamat tujuan
  • Overload ( barang peket menumpuk di gudang pusat )
Dan masih banyak beberapa penyebab terjadinya sebuah masalah alam pengiriman paket.Berikut saya akan berikan jalan keluar atau solusi jika terjadi sebuah permasalahan :


1. Cara menghubungi JNE jika barang belum sampai ( lama datang atau STOP di subgateway )


Hal ini pernah saya alami sendiri,ketika paketan saya STOP dan berhenti bergerak di sub gateway semarang.Hal tersebut menyebabkan paketan saya menjadi lama sekali sampainya.Jika anda mengalami hal serupa,baik karena barang STOP bergerak atau apapun alasanya,anda bisa lapor masalah anda dengan cara :
  • Menghubungi atau datang ke agen jne terdekat
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menghubungi agen terdekat dengan " membawa nomor resi " anda.Langsung saja tanyakan ke petugas yang berjaga,posisi paket anda sedang ada dimana dan kenapa bisa terjadi keterlambatan pengiriman.

Ini menurut saya langkah paling efektik jika masalah seperti itu terjadi.Ingat yaa,SELALU MEMBAWA NOMOR RESI berupa catatan di kertas atau foto di samartphone anda.
  • Menghubungi akun resmi JNE di media sosial
Jika mendatangi agen terdekat TIDAK MUNGKIN untuk anda lakukan ( dengan berbagai pertimbangan ),anda bisa menghubungi akun resmi mereka di media sosial.Adapun alam account resmi mereka adalah sebagai berikut :

- Account Twitter : @jnecare ATAU @jne_id ATAU akun twitter jne kota anda jika ada.

Untuk melakukan komplain,anda harus memiliki sebuah akun TWITTER juga tentunya.Jika belum punya,anda bisa mendownload aplikasi twitter dan membuat akun anda.Setelah anda memiliki sebuah akun twitter,buatlah twitt/status/postingan dengan format sebagai berikut :

" @......( alamat twitter yang anda tuju ) kemudian tuliskan komplain anda lengkap dengan resi paket supaya pihak JNEnya bisa langsung melakukan tindakan ".

Biasanya setelah anda melakukan bentuk komplain seperti ini.pihak expedisi akan melakukan kroscek dan pemantauan terhadap paket milik anda,jadi petugas gudang akan lebih mempriorotaskan paketan anda.

- Account Facebook : @JNE

Anda bisa melakukan komplain juga via FB,tetapi pihak FB sendiri menyarankan untuk anda melakukan komplain di TWITTER.


alamat akun untuk komplain ke JNE



NOTE : Jika terntaya permasalahanya karena barang OVERLOAD tau menumpuk di pusat,saya harapkan anda sebagai pelanggan untuk sedikit bersabar dan " mpengertian ",karena memang yang menggunakan jasa expedisi semacam ini sangat banyak,palagi musim liburan atau lebaran.


2. Komplain JNE barang rusak atau pecah


Jika kasusnya adalah paket yang anda terima rusak atau bahkan pecah,anda bisa melakukan komplain ke pihak expedisi,dengan catatatn :
  • Paketnya belum anda buka bungkusnya
  • Jika terlanjur dibuka ( anda harus melampirkan bukti fisik seperti foto kondisi terahir paket sebelum dikirim dan menghubungi pengirim untuk membantu melakukan klarifikasi )
Untuk point pertama ( paketnya belum dibuka ),untuk melakukan klaim lebih mudah karena paketanya masih disegel,jadi pihak JNEnya mau tidak mau harus bertanggung jawab.Yang sedikit repot adalah point ke 2 ( ketika paketanya sudah dibuka ).

Jika point ke 2 terjadi,langkah terbaik adalah anda dan si pengirim melakukan komplain bersamaan dengan melampirkan bukti-bukti fisik ( berupa foto atau vidio ),yanag biasanya setiap seseorang akan melakukan pengiriman,akan mereka foto terlebih dahulu paketanya.

Silahkan datang ke AGEN JNEnya,kemudian utarakan permasalahan anda ke atasan di tempat tersebut ( bisa manager atau supervisor ),jangan komplain ke kurirnya,karena itu urusanya leader agen disana.

Jika anda mengutarakan permasaalahan anda dengan baik dan benar,lantas sopan dan tenang,pasti responya juga akan baik dan akan mudah mencari jalan tengah untuk masalah anda.Jangan langsung marah dan memaki-maki,karena semua masalah pasti akan ketemu jalan keluarnya jika dipikirkan dengan kepala dingin.


3. Cara komplain JNE salah kirim ( tertulis terkirim tapi tidak menerima paketnya )


Masalah selanjutnya adalah : salah kirim paketan ke orang lain.Biasanya hal ini terjadi dan ketahuan ketika :
  • Sipenerima melakukan pengecekan nomor resi di website dan ternyata tertera " selesai antar dan diterima oleh ......." padahal si penerima belum menerima paketnya.
Jika hal ini terjadi,sebelum melapor,ada 1 point yang harus anda perhatikan,yaitu :
  • Pastikan si " pengirim " menuliskan alamat dengan benar

Kenapa seperti itu? Jika memang ternyata si pengirim yang salah menuliskan alamat anda,anda masih bisa melakukan komplainya,tapi biasanya anda dan si pengirim yang akan disalahkan.Jika si pengirim sudah " YAKIN " menuliskan alamat anda dengan benar,silahkan lakukan tahapan berikut ini :
  • Datangi kantor agen terdekat tempat si kurir pengirim paketan anda
  • Katakan permasalahan anda dengan kondisi kepala dingin ( tanpakan paketanta di kirim ke mana dan diterima oleh siapa )
  • Mintalah si kurir untuk bertanggung jawab dengan mengantarkan anda ke alamat orang yang salah kirim tadi
  • Kalau tidak,mintalah kurir tersebut untuk mengambil paketan anda kembali ( ingat,dengan kepala dingin dan nada suara yang selloww )
Kenapa saya selalu menekankan untuk anda selalu " tenang dan santai "? Karena,banyak sekali kasus,dimana sebenarnyamasalah itu bisa diselesaikan,berhubung menyampaikanya dengan emosi,bukanya masalah selesai,malah tambah rumit.

Walaupun mereka salah,tapi anda harus " memakluminya " karena mereka juga manusia biasa yang hanya mencari nafkah untuk keluarga mereka.Tenang,santai dan selloww,semuanya akan bisa diatasi dengan kepala dingin.


Semua langkah diatas bisa anda lakukan untuk seluruh wilayah di indonesia,baik bekasi,tangerang,semarang,surabaya,medan dan seluruh wilayah yang dijangkau oleh jasa expedisi ini.


TAMBAHAN


4. Nomor resi tidak terlacak


Ada lagi masalah ketika nomor resi yang anda terima dari pengirim " tidak terlacak " oleh sistem di website tracking resi.Sebelum melapor,anda harus perhatikan point ini :
  • Pastikan nomor resi itu valid dan benar ( salah satu angka atau satu huruf,sudah tidak boleh )
  • Pastikan anda tidak " TERTIPU " ( karena banyak kasus,nomor resi tidak terlacak akibat sepenerima mengalami penipuan dengan diberikan nomor resi palsu )
  • Pastikan website sedang TIDAK ERROR ( tanyakan ke orang lain atau cobalah mengecek di website yang lain )
Jika nomor resinya memang BENAR dan VALID ternyata memang tidak terlacak,anda bisa mencoba langkah ini :
  • Cobalah mengecek di website yang lain ( ada banyak website untuk mengecek nomor resi dan posisi paket sedang ada dimana )
  • Anda bisa melakukan cara pada nomor 1 di artikel paling atas
  • Tunggulah beberapa jam kedepan,bisa jadi nomor resinya belum di input di data pusat atau website sedang error
Jika ternyata anda " TERTIPU ",tentu anda tidak bisa menyalahkan pihak expedisi,yang harus anda lakukan adalah melaporkan tindak penipuan tersebut ke pihak berwajib.


5. Pelayanan karyawan buruk


Walaupun jarang tejadi,jika anda mendapati masalah ini,anda bisa melaporkan dan menyampaikan keluhan anda dengan cara :
  • Datang ke kantor agen terdekat dan sampaikan ke supervisor atau menager tentang karyawan mereka yang bersikap kurang mengenakan tadi ( ingat nama atau mukanya )
  • Hubungi kantor pusat dan katakan ke pihak CS tentang keluhan anda ( bisa menggunakan e-mail atau live chat di website resmi mereka )
Bentuk buruknya layanan bermacam-macam,misalnya :
  • Sikap kurir yang tidak sopan
  • Sikap admin atau penginput data kurang ajar
  • Kurir yang tidak berhati-hati ketika mengantar paket anda
  • Tatabahasa yang kurang mengenakan dari karyawan
 Dan masih banyak keluhan yang bisa anda laporkan kepada kantor pusatnya.


TIPS menghindari masalah pengiriman barang/paket saat menggunakan jasa exedisi


Ada sedikit tps dan trik supaya anda terhindar dari berbagai permasalahan pengiriman ketika menggunakan jasa expedisi,antara lain :
  • Pastikan pengirim menuliskan alamat dengan benar ( dengan mencantumkan nomor telepon aktif si penerima )
  • Pastikan pengirim dan penerima tahu " APA ITU NOMOR RESI " dan letaknya dimana
  • Selalu minta untuk menempelkan stiker " FRAGILE " dimana stiker itu fungsinya untuk memberi tahu kurir bahwa aket tersebut rawan rusak/pecah

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk melakukan komplain ke JNE ketika barang lama sampai rusak atau pecah dengan prosedur yang benar.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

12/14/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Komplain JNE - Barang Lama Sampai,Rusak dan Salah Kirim.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar