9 Tes Psikotes Kerja di Perusahaan dan Cara Mengerjakan yang Benar!

Tes psikotes kerja yang sering keluar dan diujikan di perusahaan saat melamar kerja antara lain soal gambar,matematika,logika,kepribadian dan sikologi/psikologis.Bentuk seperti ini biasanya diberikan untuk anda yang lulusan SMA sederajat,karena untuk lulusan D3 keatas proses seleksinya sedikit berbeda.

Selain cara mengerjakanya supaya bisa lulus dan diterima bekerja,anda juga bisa download contoh soal tes psikotes kerja lengkap dengan jawabanya dan dalam format PDF pada bagian bawah artikel ini.Pembahasan yang akan saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi dan bukan hasil belajar online atau sejenisnya,jadi jika ada kekeliruan,saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Tes Psikotes Kerja dan Cara Menjawabnya



contoh-tes-psikotes-kerja-di-perusahaan



Apa yang dimaksud dengan psikotes?

Sikotes adalah sebuah rangkaian tahapan seleksi untuk menjaring calon karyawan baru pada sebuah tempat kerja dengan memberikan berbagai macam soal untuk dikerjakan dengan hasil akhir sebagai penentu kelulusan.


Untuk apa tes psikotes dan apa tujuanya?

Seperti yang saya katakan sebelumnya,hal ini bertujuan untuk menjaring calon karyawan yang terbaik dari yang terbaik.Saya akan jelaskan lebih rinci untuk anda :
Jika anda mendapati sebuah informasi lowongan pekerjaan yang menyebutkan bahwa perusahaan bersangkutan membutuhkan tenaga 100 orang,maka kemungkinan besar yang akan mendaftar jauh lebih banyak dari itu.

Jika memang seperti itu,apakah perusahaan akan menerima semuanya? Hal tersebut tidak mungkin dilakukan,karena jumlah sisa karyawanya tidak akan mendapatkan posisi untuk bekerja dan perusahaan manapun juga tidak ingin membayar karyawan yang tidak bekerja.


Perusahaan mana saja yang ada psikotesnya? Apakah ada yang tidak menggunakan ini?

Tidak semua perusahaan atau tempat kerja menggunakan proses seperti ini,jadi untuk anda yang mungkin tidak terlalu suka dengan sistem yang seperti ini,anda bisa memilih tempat kerja yang tidak menggunakanya.

Lalu,tempat kerja mana yang tidak menggunakan sistim seperti ini? dan mana yang menggunakanya?

- Perusahaan yang menggunakan sistem psikotest untuk seleksi karyawan antara lain :
  • Perusahaan manufactur berskala besar ( PT Astra honda Motor,Toyota,Daihatsu,dll )
  • Perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara )
  • Perusahaan swasta ( Bank swasta,dll )
  • Perusahaan tambang ( PAMA,BUMA,CEVRON,dll )

- Tempat kerja yang TIDAK menggunakan sistem psikotest antara lain :
  • Restoran
  • Toko
  • Sopir ( pribadi )
  • Asisten rumah tangga
  • SPG atau SPB
  • Dan masih banyak lagi yang lainya

Untuk bentuk soal yang keluar adalah sebagai berikut :


1. Kraepelin/Pauli/Test Koran


Pernahkah anda melihat bentuk soal seperti ini :


cara-mengerjakan-tes-kraepelin


Apa itu tes koran? Tes koran/pauli/kraepelin adalah sebuah bentuk test yang betujuan untuk menguji daya tahan mental seseorang terhadap sebuah tekanan ( psikis ).

Bentuk soalnya seperti gambar diatas,dimana terdapat deretan angka baku ( 0 sampai 9 ) yang harus anda " TAMBAHKAN " satu persatu secara berurutan sesuai barisnya.Saya akan jelaskan sedikit bagaimana cara mengerjakanya yang baik dan benar untuk anda :
  • Anda harus menjumlahkan angkanya satu persatu mulai dari bawah ketas ( TANPA MELOMPATI ANGKA DIATASNYA ) jadi harus benar-benar berurutan
  • Anda harus mengerjakan PER-BARIS ( jika sedang mengerjakan baris pertama,anda tidak boleh mengerjakan baris disebelahnya )
  • Ketika HRD memberikan instruki untuk " PINDAH BARIS " barulah anda boleh untuk mengerjakan baris sebelahnya
  • Ada waktu untuk setiap baris ( sekitar 10 sampai 30 detik )
  • Jangan pindah baris jika HRD belum memberikan instruksi pindah
  • Jangan asal dalam menjumlahkan ( harus benar-benar anda jumlahkan angkanya )
  • Jika hasilnya adalah bilangan puluhan ( 10,11,,12,13,dst ) tulis saja angka belakanganya.satuanya saja ( jika 10 tulis jawabanya 0,jika sebelas tulisnya 1,dst )
  • Jika anda mampu buatlah grafik yang menanjak

Apa yang dinilai dari test koran/pauli/kreplin?


Ada beberapa hal yang dinilai atau dikoreksi setelah anda selesai mengerjakanya,antara lain :
  • Hasil dari penjumlahan yang anda tuliskan ( walaupun tidak mendetail semuanya dikoreksi satu persatu )
  • Jumlah baris yang anda selesaikan ( INGAT! HRD tidak selalu membuat anda mengerjakan sampai akhir,bisa saja baru sampai tengah sudah berhenti ) inilah kenapa saya katakan anda tidak boleh mendahului instruksi HRD
  • GRAFIK yang anda peroleh

Apa itu grafik tets kreaplin/pauli/koran? Bagaimana membuat grafik yang naik atau menanjak?


Grafik adalah hasil titik terjauh yang bisa anda capai dan dihubungkan dengan satu garis lurus ( silahkan lihat gambar diatas ) itulah yang disebut dengan grafik.OK lah,mungkin untuk hasil dari penjumlahan dan baris yang tidak boleh mendahului,anda sudah mengerti.

Yang menjadi masalah adalah begaimana membuat grafik seperti itu bukan? bahkan mungkin anda berfikir,apakah bisa seseorang mengerjakanya dan bisa membuat grafik seperti itu?

Jawabanya : BISA,karena saya sendiri yang sering mempraktekanya dan trik ini saya dapatkan secara otodidak ( pengalaman beberapa kali ikut sikotes pabrik ).Untuk anda yang bingung bagaimana membuat sebuah grafik,silahkan pelajari artikel ini :

Baca :



2. Menggambar 8 kotak ( wartegg test )


Apa itu tes wartegg? Ini adalah sebuah bentuk test dimana soal yang diberikan berupa 8 kotak yang berisi sebuah objek ( titik,garis,lengkungan,dsb ) dimana anda diharuskan untuk meneruskanya menjadi sebuah gambar utuh sesuai dengan imajinasi anda.

Silahkan lihat gambar dibawah ini :


cara-mengerjakan-tes-wartegg

Itulah bentuk dari testt wartegg.

Lalu bagaimana cara mengerjakan test wartegg yang baik dan benar supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus? atau paling tidak bisa lulus/lolos sikotesnya? 


Trik yang akan saya berikan bukanlah trik yang bisa menjamin 100% anda akan lulus,karena untuk jenis ini,nilai dan kesalahanya " TIDAK DIUMUMKAN ".Paling tidak,trik inilah yang bisa membuat saya diterima bekerja di beberapa perusahaan.

Cara mengerjakan tes wartegg seperti ini :
  • Harus dan wajib mengikuti " pola utama " yang sudah ada
  • Gambar harus jelas dan mudah dimengerti
  • Hindari gambar yang berkonotasi " negative "
  • Jika bisa,usahakan selalu menggambar sebuah " objek kerja " ayau ( benda yang digunakan untuk bekerja,seperti : gergaji,tang,kunci inggris,dsb

- Kenapa harus mengikuti pola utama? Karena disini adalah penilaian terhadap kepatuhan anda akan sebuah instruksi.Jika anda menggambarnya asal dan tidak mengikuti pola,anda akan dapat nilai/penilaian buruk dimana anda akan di cap sebagai pribadi yang suka membangkang/mengindahkan sebuah instruksi.

- Kenapa harus jelas gambarnya? Di point ini,tingkat intelegensi dan imajinasi anda akan dinilai.Semakin bagus dan jelas,anda akan dinilai sebagai pribadi yang yang cerdas.

- Kenapa TIDAK BOLEH menggambar yang " negatife "? Karena pada point ini,kepribadian anda akan dinilai,jika anda menggambar yang berbau dewasa,kekerasan,dan sebagainya,anda akan mendapatkan penilaian sebagai pribadi dengan kepribadian yang : kasar,anarkis,tempramental,dan penilaian buruk lainya.

- Kenapa diusahakan menggambar objek kerja? Ingat,perusahaan mencari seorang pekerja,bukan seorang cendikiawan yang cerdas nan genius.Jadi dengan menggambarkan objek kerja,secara tidak langsung anda akan mendapatkan penilaian sebagai pribadi yang rajin dan suka bekerja,dan perusahaan lebih suka tipe calon karyawan yang seperti itu.

Kurang lebih hasilnya seperti ini :


trik-mengerjakan-tes-wartegg
Ini hanya contoh,JANGAN DI TIRU!!!


Baca Juga :



3. Matematika 


Sebagian dari mereka yang mengikuti tahapan seleksi calon karyawan mungkin beranggapan bahwa ini adalah soal yang paling sulit,itu mungkin karena mengartikan kata " MATEMATIKA " seperti layaknya saat bersekolah dulu.

Tapi ketahuilah,bentuknya tidak sesulit itu.Kabanyakan dari perusahaan memberikan soal yang berupa matematik dasar saja ( walaupun ada juga yang sampai tingkatan sangat sulit ).Untuk contoh psikotes matematika kurang lebih seperti ini :


contoh-psikotes-matematika-dan-cara-mengerjakanya


Bisa anda lihat pada gambar diatas,kurang lebih dan sebagian besar yang saya temui saat mengikuti seleksi calon karyawan yaa seperti itu.Jika anda masih ingin hal yang lebih lagi supaya anda bisa lebih siap dalam mengikuti seleksinya,silahkan ikuti tips berikut ini :
  • Hafalkan sebanyak mungkin rumus matematika ( bilangan desimal,rumus bangun ruang dan datar,,rumus kecepatan dan jarak tempuh,sin,cos,tan,terema pitagoras,dan lain sebagainya )

Triknya hanya itu saja.Semakin anda hafal banyak rumus,semakin mudah untuk anda mengerjakan bentuk soal matematik seperti apapun.


4. Army Alpha Intelegency


Bentuk test yang hampir selalu keluar di perusahaan ASTRA GROUP ini sebenarnya sangat sangat mudah untuk mengerjakanya.Hanya saja,mungkin anda sudah drop dulu ketika melihat contoh soalnya,berikut contoh gambarnya "


cara-mengerjakan-tes-army-alpha-intelegency


Apa itu Test armi alpa intelegensi? Tujuanya untuk apa? test army alpha adalah sebuah bentuk test yang diberikan dan bertujuan untuk menilai atau melihat tingkat konsentrasi dan intelegensia anda.Bentuk soalnya seperti banyak bulatan di setiap nomornya dan anda harus mengisinya.


Apa yang harus di isikan pada test army alpha? Bagaimana cara mengerjakan tes armi alfa?

Untuk bisa mengerjaknya,silahkan ikuti panduan berikut :
  • HRD akan memberikan instruksi yang harus anda ikuti ( itulah jawaban untuk soal-soalnya )
  • Usahakan duduk dekat HRD supaya anda mendengar instruksinya ( di depan atau ditengah kerumunan para calon karyawan saingan anda )

Saya akan ilustrsikan sedikit untuk anda supaya anda lebih mengerti :

- HRD : Untuk soal nomor 1,silahkan tuliskan angka 5 di lingkaran pertama dan angka 15 di lingkaran terahir.

- Anda : Tulis angka 5 di lingkaran pertama dan angka 15 di lingkarang terahir ( sesuai instruksi )

Hanya seperti ini saja? Apa susahnya? anda hanya perlu memiliki pendengaran bagus dan konsentrasi tinggi saja.Jika masih kurang faham,silahkan lihat video tutorial berikut ini :





5. TIU 5


Test TIU 5 adalah sebuah bentuk tess dengan memberikan berbagai macam gambar " berpola khusus " yang harus pasangkan supaya menjadi sebuah pola yang sama dengan pola pada gambar di pertanyaanya.

Tujuanya untuk apa? Soal seperti ini bertujuan untuk menilai tingkat entelegensi atau IQ anda sampai dimana.Jika anda adalah tipe orang yang cerdas dan genius,hanya melihat gambarnya saja mungkin anda sudah bisa menebak jawabanya apa.

Tetapi untuk anda yang IQnya tidak terlalu tinggi ( seperti saya ini ),akan saya berikan sedikit panduan pengerjaanya untuk anda.

Contoh gambarnya seperti ini :


contoh 1






contoh 2


Bagaimana mengerjakanya?

Saya akan mulai dari contoh bambar 1 :
  • Silahkan lihat soal nomor 1 disana
  • Ikuti pola tersembunyi yang sudah ada yaitu " kotak pertama lingkaranya 1,kotak kedua lingkaranya 2,kotak ketiga lingkaranya 3,kotak keempat lingkaranya 4,jadi kotak selanjutnya adalah? yaapp benar sekali : kotak kelima ya kotak dengan lingkaranya 5 : D

Untuk soal nomor 2 pada contoh gambar nomor 1 :
  • Gambar pertama adalah kotak dengan tanda ( + )
  • Gambar selanjutnya,gambar didalam kotak " bertambah " menjadi ada segi tiganya
  • Gambar selanjutnya,gambar didalam kotak bertambah lagi menjadi ada gambar lingkaranya
  • Gambar selanjutnya,kotaknya bertambah lagi menjadi ada gambar kotak kecilnya
  • Berarti,gambar selanjutnya adalah : ( kotak pertama gambarnya ada 1,kotak kedua gambarnya ada 2,kotak ketiga gambarnya ada 3,kotak keempat gambarnya ada 4 ) jawabanya adalah kotak kelima ya yang didalamnya ada 5 gambar : C

Jika anda masih kurang mengerti,silahkan lihat video berikut ini :





6. Matematika Deret Angka


Bisa saya katakan jika ini merupakan bagian tersulit ( untuk saya pribadi ),kenapa? Karena bentuk soal untuk test ini sedikit rumit bahkan membingungkan.

Test matematika deret angka adalah sebuah bentuk soal dengan deretan angka " ber-RUMUS KHUSUS " yang tersembunyi didalamnya.Jika anda ingin bisa mengerjakanya,anda harus mencari rumus tersembunyi tersebut.

Contoh soalnya kurang lebih seperti ini :


cara-mengerjakan-matematika-deret-angka


Jika dengan melihat gambar diatas,anda sudah bisa mengerjakanya maka,anda tidak perlu membaca point ini,karena anda termasuk kategori yang CERDAS.Jika anda belum faham,silahkan ikuti panduan langkah mengerjakanya dibawah ini :
  • Perhatikan angka dengan warna merah muda dan biru diatas
  • Yang merah muda adalah angka rumus yang harus anda gunakan untuk mengerjakan soal titik-titik
  • Yang berwarna biru adalah " ASAL " darimana angka berwarna merah muda
  • Angka 4 menjadi 9 ditambah berapa? jawabanya ditambah 5
  • Angka 9 jadi angka 19 ditambah berapa? jawabanya ditambah 10
  • Angka 19 jadi angka 39 ditambah berapa? jawabanya ditambah 20
  • Ditambah 5,ditambah 10,ditambah 20,selanjutnya adalah ditambahkan 40,kenapa? karena semuanya " DIKALIKAN 2 " ( Lihat rumus dengan warna biru )


Jika anda masih bingung juga,silahkan lihat video saya berikut ini :





7.Gambar Orang dan Pohon


Walaupun terlihat mudah,test ini mempunyai penilaian tersendiri yang harus anda fahami dengan baik supaya bisa lolos dan diterima kerja.Jadi anda tidak boleh asal dalam menggambarnya,karena memang ada penilaianya disini.


Apa yang dinilai? Gambar yang bagaimana yang termasuk baik dan bagus?


Hal yang menjadi penilaian disini adalah :
  • Kerajinan anda dalam melakukan sesuatu ( jika gambarnya acak-acakan,anda akan mendapatkan penilaian yang jelek/pribadi anda juga tidak teratur alias berantakan
  • Kepatuhan anda dalam mengikuti instruksi ( karena terkadang ada " instruksi khusus " ketika mengerjakan soal ini
  • Daya imaginasi dan kepribadian anda

Lalu supaya bisa dikatakan bagus dan mendapatkan nilai tinggi,anda harus :


- Untuk gambaran manusia/orang
  • Gambarlah sesuai instruksi ( pernah suatu kali saya mendapati instruksi yang mengharuskan menggambar orang sedang melakukan aktivitas tetapi yang tidak mengelurkan keringat terlalu banyak ) garis bawahi hal ini,siapa tau anda juga mendapati instruksi " aneh " seperti itu nantinya
  • Kalau tidak ada instruksi,silahkan usahakan gambarlah orang utuh dari ujung rambut sampai ujung kaki
  • Gambarlah orang yang sedang melakukan aktivitas
  • Gambar harus jelas ( walaupun tidak perlu terlalu bagus juga ) 

- Untuk gambaran Pohon
  • Harus sesuai instruksi
  • Jika tidak ada instruksi,gambarlah sebuah pohon berakar TUNGGANG ( akarnya besar seperti pohon durian,manggan,dsb )
  • Gambarlah semua bagian pohon secara utuh ( ada daun,buah,batang,akar )
  • gambarnya haruslah jelas

Apa yang tidak boleh sampai digambar disini? :

  • Gambar berkonotasi " negatif "
  • Gambar yang tidak jelas bentuk dan maksudnya apa
  • Gambar yang tidak mengikuti instruksi ( jika anda instruksi ) 

Berikut contoh gambar yang sudah jadi :



contoh-gambar-pohon-saat-psikotes
contoh gambar pohon




contoh-gambar-orang-saat-psikotes
contoh gambar manusia/orang



8. Penalaran/Logika ( gambar roda gigi/gir )


Bentuk soal ini yang paling familiar adalah berupa gambar roda gigi atau gir yang saling menempel satu sama lain dengan pola gerakan yang harus anda cari sebagai jawaban akhirnya.

Apa tujuan test roda gigi/gir roda?

Test ini bertujuan untuk melihat daya lagis atau nalar anda sampai dimana.Dengan nalar yang bagus,akan bagus pula ketika anda mendapati sebuah permasalahan ketika bekerja nanti,jadi anda akan lebih bisa mencari jalan keluar atau alternatif lain ketika atasan anda sedang tidak ada ditempat.

Memang,SOP ketika terjadi sebuah masalah/permasalahan saat bekerja adalah menunggu atasan untuk instruksi selanjutnya.Tetapi hal tersebut TIDAK MUTLAK,karena sangat konyol nanti jika ada sebuah masalah serius yang harus ditangani tetapi anda hanya diam saja menunggu atasan datang.

Inilah fungsi atau gunanya daya nalar atau daya logis saat bekerja.Untuk contoh soalnya seperti berikut ini :


tes-psikotes-roda-gigi-atau-gir


Cara mengerjakanya bagaimana?


Untuk mengerjakanya,anda bisa ikuti panduan berikut ini :
  • Lihat baik-baik putaran pada roda gigi pertama ( ke kiri atau ke kanan )
  • Imajinasikan perputaran roda selanjutnya
  • Jika yang pertama berputar ke kanan,maka roda selanjutnya ( yang menempel ) PASTI KE KIRI atau arah berlawanan
  • Jika roda pertama berputar ke kanan,gunakan rumus ini ( kanan,kiri,kanan,kiri,dst )
  • Jika roda pertama berputar ke kiri,gunakan rumus ini ( kiri,kanan,kiri,kanan,dst )
  • Lakukan rumus perputaran tersebut sampai roda terahir
  • Selesai

Dengan rumus itu,anda akan lebih cepat untuk mengerjakan dan menebak arah perputaran gir roda.Karena hukum mutlaknya adalah : jika roda berputar ke kanan,maka roda yang menempel pasti berlawanan arah.


9. Kepribadian


Test kepribadian adalah sebuah bentuk soal dengan jumlah puluhan bahkan mungkin bisa sampai ratusan dengan pilihan ganda sebagai pilihan jawaban yang benar.Jika di lihat sepintas,bentuk test ini hampir mirip dengan bentuk test PPKN saat sekolah dulu.

Tujuan test kepribadian untuk apa?


Tujuanya adalah untuk menilai kepribadian anda sebagai calon karyawan.Perlu anda ketahui bahwa : PERUSHAAN LEBIH MEMILIH CALON KARYAWAN DENGAN KEPRIBADIAN BAGUS DARIPADA OTAK YANG CERDAS!

Jadi walaupun terlihat sangat mudah,anda harus berhati-hati dalam memilih jawaban yang benar.Berikut contoh soal kepribadian :


contoh-tes-kepribadian

Dengan mempelajari semua bentuk soal yang sering sekali keluar dan di teskan saat seleksi kerja atau psikotes ini,saya harapkan anda bisa jauh lebih siap dan mantap dalam mengahadapi seleksi calon karyawan nanti.

Baca juga :



Demikian pembahasan tentang tes soal psikotes kerja yang sering keluar dan diujikan saat seleksi calon karyawan lengkap dengan cara mengerjakan dengan baik dan benar supaya bisa diterima bekerja.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

11/02/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 9 Tes Psikotes Kerja di Perusahaan dan Cara Mengerjakan yang Benar!.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente