10 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa + Penjelasanya!

Pekerjaan yang menghasilkan jasa hampir sama dengan hasil berupa barang atau benda.Hanya saja,perbedaan barang dengan jassa terletak pada jenis produk yang dihasilkan dari pembuat atau penyedia kepada para konsumenya.

Daftar pekerjaan yang hasilnya berupa jasa merupakan sebuah kerjaan yang juga bisa menghasilkan uang,bahkan gambaran jumlahnya bisa melebihi kerja dengan hasil barang atau produk fisik,seperti layanan transportasi misalnya.

Pekerjaan Dengan Hasil Berupa Jasa atau Pelayanan



jenis-pekerjaan-yang-menghasilkan-jasa



Pekerjaan yang hasilnya berupa jasa atau pelayanan ( layanan ) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menhasilkan sesuatu berupa sebuah " bantuan " kepada konsumen.Dengan pengertian tersebut,bisa diambil kesimpulan bahwa jenis kerja seperti ini hasilnya adalah sebuah layanan. ( tidak berbentuk fisik ).

Saya akan perjelas sedikit supaya lebih detail :

- Coba anda perhatikan 2 buah pekerjaan ini :
  • Petani
  • Montir

Keduanya adalah sebuah profesi kerja,tetapi jenisnya berbeda.Dimana letak perbedaan jenisnya? :
  • Petani adalah sebuah profesi,dimana mereka menghasilkan sebuah produk atau barang yaitu : beras
  • Montir juga sebuah profesi yang memperbaiki kerusakan kendaraan bermotor.Tapi,apakah montir " MEMBUAT KENDARAAN BERMOTOR TERSEBUT "? Jawabanya TIDAK

Itulah kenapa " MONTIR " adalah sebuah profesi dengan hasil : JASA,
Sedangkan petani adalah profesi dengan hasil : BARANG/PRODUK.

Profesi dengan hasil berupa layanan bisa anda golongkan/digolongkan berdasarkan klasifikasi dari profesi tersebut,antara lain :
  • Ja-sa Transportasi
  • Konstruksi
  • Kesehatan
  • Pengajar/Pendidik
  • Pemasaran
  • Layanan Masyarakat
  • Dll

Setelah anda mengerti golonganya,sekarang adalah jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan sebuah jasa atau layanan,antara lain :


1. Dokter


Dokter adalah sebuah profesi dimana tugas utamanya adalah membantu seorang pasien atau penderita suatu penyakit untuk bisa sembuh.Profesi ini ( TIDAK BISA MENYEMBUHKAN ),hanya membantu saja,karena semua kesembuhan itu TUHAN lah yang memberikan.

Terlepas dari itu semua,jika di ambil sebuah kesimpulan,profesi ini jelas tidak membuat sebuah produk bukan? Melainkan hanya memberikan sebuah " pelayanan/jasa " saja.Itulah kenapa profesi ini masuk kedalam kategori pembahasan kita kali ini.


2. Tenaga Pengajar ( Dosen,Guru,Pelatih )


Selanjutnya adalah mereka-mereka yang berprofesi sebagai tenaga ahli untuk mengajarkan sebuah ilmu kepada murid-muridnya.Murid-murid yang berhasil mereka bimbing " bukan " merupakan sebuah produk yaa,melainkan itu hanya sebuah hasil dari jasanya saja.

Jika anda mengklasifikasikan profesi ini sebagai profesi yang hasilnya adalah produk/barang,maka anda secara tidak langsung menganggap bahwa para murid mereka adalah sebuah barang :).Itu salah yaa,dan jangan sampai keliru lagi.


3. Pengemudi Transportasi ( Sopir,Kusir,Masinis,Nahkoda,Pilot )


Profesi ini adalah mereka-mereka yang bertugas untuk mengemudikan sebuah alat transportasi baik umum atau personal.Kerjaan yanag mereka lakukan tidaklah membuahkan hasil berupa barang/produk fisik,melaikan sebuah layanan kepada penumpang mereka.

Walaupun terlihat mudah,tetapi tanggung jawab yang mereka emban sangatlah berat.Keselamatan seluruh penumpang ada ditangan mereka.


4. Teknisi


Teknisi adalah sebuah profesi yang bertugas untuk memperbaiki suatu permasalahan pada sebuah mesin ( benda ).Mereka tidaklah menjual barang atau produk,melainkan menjual sebuah " layanan perbaikan ".

Mungkin jika dilihat sepintas,mereka memang membuat sebuah barang lektronik atau lainya yang rusaki menjadi berfungsi kembali,tetapi itu bukanlah " membuat/memproduksi ".Jadi profesi ini tidak bisa dikatakan profesi yang hasilnya barang/produk.


5. Montir


Profesi dengan keahlian memperbaiki berbagai permasalahan pada kendaraan bermotor ini juga masuk kategori " pelayanan ",karena mereka menjual jasanya,bukan menghasilkan sebuah barang.

Jika anda pergi ke seorang montir dan meminta untuk membuatkan sebuah kendaraan bermotor,apakah itu bisa? Jangan sampai salah mengartikan,yang mana " MERAKIT " dan yang mana " MEMBUAT " yaa.


6. Tukang Pijat


Pernahkah anda temui profesi ini? Apa yang mereka tawarkan untuk anda? 

Jika tangan anda " bermasalah " dan pergi ke tukang pijat,apakah mereka menawarkan untuk membuat tangan yang baru? Tentu saja tidak.Mereka hanya menawarkan atau menjual jasanya saja atau keahlian mereka dalam mengatasi masalah tersebut saja.


7. Petugas Keamanan ( Polisi,Tentara,Satpam,Body Guard )


Profesi ini adalah berugas untuk melakukan sebuah penjagaan terhadap objek yang sudah ditentukan baik oleh atasan mereka ataupun berdasarkan sebuah perjanjian khusus.Skill,kemampuan dan keahlian merekalah yang dibayar dan menghasilkan uang.


8. Tenaga Ahli


Ini adalah profesi yang diwajibkan untuk memiliki sebuah keahlian khusus ( yang bersertifikasi ) serta menyangkut kepentingan orang banyak.Contohnya antara lain :
  • Pengamat meteorologi dan geofisika
  • Peneliti
  • Pekerja lab/laboratorium
  • Petugas Intelejen Pemerintah

Dan mungkin masih banyak lagi yang lainya.


9. Aktris/Aktor ( Public Figure )


Mereka adalah orang-orang yang menjual keahlian mereka dalam memberikan sebuah tayangan yang menghibur,baik melalui film,acara tolkshow,ataupun yang lainya.Tetapi belakangan ini,dunia hiburan tanah air seolah " dicoreng " oleh ulah mereka-mereka yang lebih mementingkan " komersil " dibandingkan sebuah tontonan yang mendidik.

Walaupun tidak semuanya seperti itu,kita semua sekarang di tuntut untuk lebih selektif dalam menonton sebuah acara di berbagai media.Jika tidak seperti itu,imbasnya selain untuk diri sendiri yang bisa terbawa arus " jelek ",anak-anak juga akan ikut " berubah " mengikuti ulah para idola mereka.


10. Reporter Media


Entah itu media cetak,media televisi,media internet ( sosial ) ataupun yang lainya,dengan kehadiran mereka,kita menjadi tidak buta akan berita-berita atau kejadian penting yang sedang terjadi di tanah air.

Secara tidak langsung,kita sebagai masyarakat terbantu,karena selain bisa mengetahui berbagai kabar penting,kita semua juga bisa sedikit " terlindungi " dari berbagai kabar-kabur yang belum tentu kebenaranya.


Sekali lagi saya tekankan dan simpulkan bahwa : Jenis pekerjaan yang berupa layanan atau jasa adalah mereka-mereka yang " menjual " keahlian atau kemampuan mereka kepada orang lain.Jadi bukan kerja yang menghasilkan sebuah barang atau produk.

Baca Juga :




Dari situ anda bisa menambahkan sendiri,jenis kerjaan seperti apa lagi yang bisa dikategorikan sebagai jenis kerjaan dengan hasil " pelayanan " mereka.

Dengan pembahsan tentang pekerjaan yang menghasilkan atau hasilnya berupa jasa diatas,sekarang anda sudah bisa untuk sebutkan tiga atau 5 contoh yang lainya.Semoga bisa sedikit membantu anda semua..Terimakasih telah membaca,see uu.

11/01/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 10 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa + Penjelasanya!.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente