Advertisement

Kisi-Kisi Tes Psikotes di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!

Kisi-kisi tes psikotes di indomaret kemudian wawancara atau interview yang akan saya berikan adalah kumpulan soal-soal yang saya temui ketika menjalani proses seleksi karyawan atau sikotes di salah satu ritel terbesar di indonesia itu.Dan saya akan jelaskan semua bocoranya dari awal mendaftar sampai anda diterima kerja dan resmi TTD kontrak atau resmi bekerja disana.

Kisi-kisi soal pertanyaan dan jawaban tes psikotes yang ada di indomaret harus dan wajib anda fahami untuk persiapan anda dalam mengahadapi serangkaian alur seleksi mulai dari psikotesnya ataupun wawancara atau interviewnya.Silahkan simak dengan baik tulisan dibawah ini.


Psikotes dan Wawancara atau Interview di Indomaret




kisi-kisi-tes-di-indomaret



Indomaret adalah sebuah perusahaan ritel yang merupakan salah satu yang terbesar yang ada di indonesia.Oleh karena besarnya dan banyaknya cabang perusahaan ini,secara tidak langsung juga mengharuskan perusahaan ini untuk mempekerjakan banyak karyawan untuk menopang kelangsungan dari perusahaan mereka.

Jika anda ingin mendaftar lowongan kerja disana,ada beberapa hal yang perlu anda fahami,salah satunya adalah : bagaimana alur atu proses seleksi karyawan disana? berikut alur prosesnya :
  • Mendaftarkan diri 
  • Mengikuti sikotes
  • Mengikuti wawancara atau interviewnya
  • Mengikuti proses trainingnya
  • Percobaan kerja di lapangan ( sesuai dengan bagian yang anda lamar )
  • TTD kontrak ( jika semua rangkaian tesnya anda dinyatakan lulus )

Untuk kali ini,saya akan memberikan sedikit bocoran tes psikotes dan wawancara yang ada di ritel indomaret.Untuk artikel lainya,anda bisa lihat di bagian bawah artikel ini.Silahkan anda simak baik-baik.


PSIKOTESNYA

Yang pertama akan saya bahas adalah sikotesnya.Ada beberapa soal yang diberikan dan keluar pada saat proses seleksi yang satu ini,antara lain :


1. Matematika Cerita


Ini adalah bentuk soal matematika cerita.Untuk bisa menjawabnya dan mendapatkan nilai yang bagus,anda hanya perlu untuk mengisinya dengan benar DITAMBAH dengan menuliskan " cara mengejakanya " di kertas kosong yang disediakan.

Jika kertas kosong tidak disediakan,anda bisa menuliskan langkah pengerjaanya di bagian belakang lembar jawaban anda.Contoh soal ceritanya seperti ini :


contoh-tes-psikotes-indomaret


Tips untuk bisa mengerjakan soal seperti adalah :
  • Anda harus hafal banyak rumus matematika dasar
  • Anda harus belajar menuliskan jawabanya dengan " langkah pengerjaanya "
  • Jangan sesekali mencoba untuk mencontek ( resiko gagal sangat tinggi )
  • Sebagian besar soal " membahas tentang UANG " jadi peajari baik-baik point ini

Memang terlihat sangat mudah yaa,TETAPI kenyataan dilapangan nanti akan berbeda.Selain karena faktor " gerogi " banyaknya saingan juga sangat menentukan.Jadi mulaillah mempelajarinya mulai dari sekarang.


2. Matematika Dasar ( penjumlahan,pengurangan,pembagian dan perkalian )


Yang kedua adalah matematik dasar.Bentuk soalnya kurang lebih seperti ini :

25.000 + 34.000 - 15.500 = ?
3 x 12.500 + 6.500 + 3.000 = ?
12 x 6 + 250 : 0 = ?
10.500 + 2.000 - 8.500 = ?


Dan masih banyak lagi.Tetapi seperti yang sebelumnya saya katakan,SEBAGIAN BESAR tidak jauh-jauh dari UANG.Mungkin karena kegiatan terbesar mereka adalah seputar jual beli,jadi seperti itu bentuk tesnya. 

Untuk bisa mengerjakan bentuk soal ini,anda hanya perlu berlatih saja dan konsentrasi.Karena ketika saya mengikuti test ini,ada seorang teman yang ditanya 3 x 10 " dia tidak bisa menjawab ".Bukan karena dia bodoh,tetapi karena saking gerogi dan mungkin karena kurang konsentrasi.


3. Test Kepribadian


Ini adalah bentuk test untuk mengukur atau menilai attitude atau perilaku anda.Bentuk soalnya seperti ini :


Saya adalah seorang yang :

a. Tetili     b Pekerja Keras
c. Mudah Bergaul    d. Suka tantangan


Saya suka jenis pekerjaan yang :

a. Butuh tenaga Extra    b. Butuh Konsentarsi Penuh
c. Diluar ruangan    d. Didalam ruangan


Saya suka pemimpin yang :

a. Disiplin     b. Tegas
c. Galak     d. Detail


Untuk bisa mengerjakan pertanyaan yang seperti ini,anda TIDAK PERLU KHAWATIR,karena hampir tidak ada jawaban SALAH dan BENAR.Ini adalah cerminan dari pribadi anda sendiri.Isikan saja sesuai dengan kata hati anda.

JANGAN TERLALU LAMA berfikir,karena selain jumlah soalnya ada banyak ( sekitar 50 ),waktu yang diberikan juga tidak lama.Jika anda terlalu lama berfikir,itu akan merugikan anda sendiri.


CATATAN!!

Sewaktu saya menjalani seleksi,memang tidak ada bentuk test seperti : KRAEPELIN/PULI,TIU 5,GAMBAR WARTEGG ( 8 KOTAK ) dan sebagainya.Hanya itu saja yang keluar.TETAPI untuk berjaga-jaga,ada baiknya anda membaca artikel saya yang lain yang membahas tentang test itu semua.


WAWANCARA/INTERVIEWnya

Kemudian,pembahasan berikutnya adalah wawancara atau interview.Tahapan ini berlangsung ketika anda dinyatakan lolos pada tahapan SIKOTES sebelumnya.Jadi jika anda ingin lolos,fahami baik-baik artikel ini dan pelajari dengan sungguh-sungguh.

Pertanyaan dan Jawaban tes indomaret yang saya temui antara lain :


1. Perkenalan Diri


Seperti layaknya inteview,pertama yang ditanyakan atau diberikan adalah : perkenalkan diri anda.

Untuk menjawab dengan baik dan benar,silahkan anda jawab seperti ini :
  • Katakan dengan PADAT,SINGKAT,dan JELAS
  • Jelaskan tempat dan tanggal lahir anda dengan lengkap dan jelas
  • Jelaskan tentang keluarga anda ( pekerjaan orang tua,berapa saudara )
  • Jelaskan tentang riwayat sekolah anda ( anda lulusan sekolah apa jurusan apa )
  • Hobi anda apa 

Jangan terlalu banyak dan bertele-tele.Intinya singkat tapi padat ( menyebutkan banyak hal tanpa terlalu banyak basa-basi.


2. Kekurangan dan Kelebihan


Kemudian yang ditanyakan adalah menyebutkan kekurangan dan kelebihan.Saat itu saya jawab seperti ini :

Kekurangan : kekurangan saya " boros "
Kelebihan : saya tepat waktu dan taat peraturan

Ketika saya jawab seperti itu,HRDnya bertanya lagi : mengatasi kekurangan anda bagimana? kalau anda melanggar peraturan nanti bagaimana?

Saya jawab seperti ini : saya atasi kekurangan " boros " saya dengan kerja keras dan mencari banyak uang.Jika saya melanggar peraturan,saya bersedia diberhentikan saat itu juga.


3. Menceritakan Pengalaman Sebelumnya


Karena sebelum melamar di indomart ini,saya sudah pernah bekerja,jadi saya ceritakan semua hal mengenai pekerjaan saya sebelumnya,mulai dari :
  • Job Desknya apa
  • Sistem shiftnya bagaimana
  • Gajinya berapa
  • Rekan kerjanya bagaimana
  • Masalah yang pernah saya hadapi apa saja
  • Langkah saya menyelesaiakan masalah tersebut bagaimana

Saya ceritakan serinci mungkin dan sedetail mungkin.


4. Alasan Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya


Kemudian HRD juga menanyakan alasan saya habis kontrak di perusahaan sebelumnya apa.Karena memang alasan saya selesai kontrak karena sudah 2 kali kontrak,seperti yang diatur dalam peraturan pemerintah,jadi saya katakan saja karena sudah 2 kali kontrak.

Kemudian HRD bertanya lagi : kenapa tidak diangkat karyawan tetap?

Saya jawab : karena tidak ada kuota diperusahaan menururt apa yang HRD perusahaan sebelumnya katakan.

HRD dari indomart sempat tersenyum sedikit mendengar jawaban saya.Saya tidak tahu apakah karena jawabanya terdengar lucu atau hal yang lain.Yang jelas saya lolos dan bisa bekerja di ritel tersebut selama 1 tahun.


5. Berapa Gaji yang Diinginkan


Kemudian saya mendapatkan pertanyaan yang terahir,yaitu : berapa gaji yang diinginkan?

Belajar dari pengalaman sebelumnya,jika ditanya pertanyaan ini,jawablah : sesuai UMR atau peraturan pemerintah ( dengan menyebutkan BESAR NOMINALNYA ) berapa rupiah.Jadi jangan cuma jawab sesuai UMR saja,kenapa?

Jika anda hanya menjawab sesuai UMR saja,HRD akan bertanya lagi : memang UMR disini berapa? itulah kenapa saya katakan anda harus menyebutkan nominalnya.Silahkan pelajari besaran UMR ditempat indomart yang anda lamar.


Dengan berbekal jawaban seperti itu dan sukses menjawab soal sikotes,saya berhak mengikuti tahapan selanjutnya,yaitu training.

Silahkan Baca :

- Proses training di indomart

- Tips supaya bisa lolos dan diterima bekerja di indomart

- Download soal latihan sikotes kerja dalam format PDF

- Jawaban interviw part 1

- Jawaban interviw part 2


Demikian pembahasan tentang apa saja soal yang keluar atau kisi-kisi tes di indomaret mulai dari psikotes dan wawancara atau interview.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

10/08/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-Kisi Tes Psikotes di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja