Advertisement

Mengatasi Situs atau Server SSCN.BKN Tidak Bisa Dibuka/Error

Cara mengatasi situs atau server sscn.bkn.go.id yang tidak bisa dibuka atau error ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika website tersebut down.Dengan beberapa tips dan trik yang saya lakukan,akhirnya saya berhasil untuk melakukan pendaftaran akun untuk mengisi lowongan CPNS tahun ini.

Solusi dan jalan keluar untuk bisa melakukan pembuatan akun di situs SSCN tidak bisa dibuka yang saya lakukan sebenarnya sederhana saja.Tetapi saya akan tetap memberikanya untuk anda,dengan harapan,anda bisa membuat akun di website tersebut.



Situs SSCN.BKN.GO.ID Tidak Bisa Dibuka



sscn-tidak-bisa-dibuka




Saya ingin sedikit bercerita tentang bagaimana susahnya untuk bisa masuk kedalam situs BKN ini hanya untuk sekedar membuat akun sebagai syarat untuk bisa mengikuti seleksi CPNS.Karena,tanpa membuat akun,anda tidak akan bisa untuk mengikuti serangkaian seleksi yang akan mereka selenggarakan.

Sebenarnya,pembukaan pendaftaranya resmi dibuka pada tanggal 26 lalu,tetapi karena saya sedikit ketinggalan informasi,saya baru tahu dan mencobanya pada tanggal 27 kemarin.Awal mulanya,saya enjoy saya ( dalam fikiran saya,asyyiikk ada pembukaan,daftar,upload,selesai ).Ternyata kanyataanya,ya TUHAN susahnyaaa.

bayangkan saja,saya mulai log in jam 7 pagi tanggal 27,sampai jam 4 sore TIDAK ADA HASIL.Hanya pemberitahuan seperti ini saja yang saya dapatkan :
  • OPENING SOON ( pendaftaran cpns belum dibuka ) --> haahh,yang lain saja sudah berhasil daftar akun,masa notifikasinya malah seperti itu saat diakses
  • Maaf jaringan sedang sibuk ( ini yang paling sering keluar,biasanya setelah mengisi captcha
  • JDBC exception on Hibernate data access: SQLException for SQL [???]; SQL state [null]; error code [0]; Cannot open connection; nested exception is org.hibernate.exception.GenericJDBCException: Cannot open connection ( ini saya sendiri ndak tau maksudnya apa,mungkin ini pesan tersembunyi dari mahluk MARS,hahaha )

Dari serangkaian notifikasi yang muncul itu,akhirnya saya melakukan beberapa tindakan yang " mungkin bisa membantu ",antara lain :


1. Menghapus cahe di web browser


Pertama yang saya coba lakukan adalah dengan menghapus cahcenya atau historinya.Setelah saya hapus,memang kecepatan web browser saya lebih ringan,tetapi masih saja belum bisa menembus situsnya.


2. Mencoba Web Browser Lain


Dengan asumsi bahwa ini dikarenakan browser yang kurang mendukung,akhirnya saya coba untuk menggunakan browser lain.Tidak tanggung-tanggung,saja sampai mengisntal 4 web browser ( google chrome,mozilla,opera mini,uc browser ) belum lagi saya juga mencoba web browser bawaan HP saya.

Dan lagi-lagi,hasilnya NIHIL.


3. Menggunakan Komputer dan Laptop


Emosi dan darah saya mulai naik,saya langsung ambil laptop dan saya juga gunakan komputer,biarlah repot dan ribet tetapi MUNGKIN saja bisa berhasil.Dan ternyata memang benar ( ada sidikit perubahan ) yang terasa.

Saya bisa masuk di situsnya dan beberapa kali " HAMPIR " berhasil menembus situsnya.Bahkan saya sempat beberapa kali sampai tahapan ke2 ( mengisi biodata ) tetapi lagi dan lagi harus gagal.


4. Mengganti Provider


Selanjutnya saya mengganti provider,waktu itu malam hari dan saya harus keluar rumah mencari konter yang masih buka.Setelah muter-muter,akhirnya saya temukan konter yang masih buka.Saya katakan bahwa saya ingin membeli kartu perdana yang koneksinya cepat,kencang dan tanpa lelet.

Alangkah terkejutnya saya mendengar jawaban penjaga konter! dia jawab : Ada mas,tapi MABARnya di TOWER.

WHATT!! ingin saya tempeleng aja tuh penjaga konter.Selain saya bukan pemain MOBA,saya juga ndak tinggal di hutan juga,jadi ndak perlu meluk tower kalau pengen internetan.Tambah naik aja darah saya ( untung nggak LETOY nih jantung saya ).

Setelah saya beli kartu perdana yang merupakan perdana " tercepat " di wilayah saya,saya coba masuk dan ternyata NIHIL juga ( mau banting laptop sayang,komputernya berat ) akhirnya saya nyalakan musik keras-keras,dan AKHIRNYAAAAAAAAA,saya ditempeleng emak saya ( TUHAN,ampuni dosaku ).


5. Ganti DNS dan Gunakan VPN


Saya juga mencoba untuk menggukanak VPN dan mencoba mengganti DNS web browser.Sedang pusing otak-atik,sepupu lewat sambil bilang ( wuihhh,VPN nih,sabun habis lagi nih ) buset,bener-bener darah naik ubun-ubun.

Kalau bukan saudara,sudah saya gaplok pakai keyboard itu orang.Kalau anda sudah pernah mengalami susahnya masuk situs SSCN yang tak bisa dibuka,mungkin anda akan faham EMOSI yang saya rasakan.

Kalau anda belum pernah ngalami emosi dan kecewanya,semoga saja TIDAKK.


6. Membiarkan Proses Loading ( dengan sedikit trik )


Waktu sudah pukul 2 pagi,kepala sudah pusing karena dari pagi hanya lihat layar komputer,ditambah suasana dan kejadian-kejadian yang tidak mendukung,akhirnya saya " PASRAH ".Saya coba kembalikan DNS dan Nonaktifkan VPN.

Saya coba berulang-ulang.Kemudian saya coba sedikit " inisiatif " dimana :
  • Ketika muncul notifikasi server sibuk atau bahasa planet mars itu : Saya TIDAK CLOSE TAB,melainkan menuliskan CAPTCHAnya lagi,lagi dan lagi 
  • Ketika sudah 15 menit terus berulang seperti itu ( SAYA CLOSE TAB dan MEMULAINYA DARI AWAL
  • Ketika " PROSES " sedang berjalan TETAPI SUDAH HAMPIR 15 MENIT tak kunjung berhasil ( SAYA CLOSE TAB dan MULAI dari awal ) kenapa? karena jika " proses " berjalan terlalu lama,selain itu TIDAK JELAS apakah akan berhasil atau tidak,waktu juga sudah terlalu larut malam

Dari beberapa kali kesempatan mengulang-ulang CAPTHCA dan buka tutup TABnya ) akhirnya,sekitar jam 3 pagi,saya sukses membuat akun dan sekarang sudah saya cetak buktinya. 


Dari pengalaman saya diatas,mungkin jalan keluar yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah : sabar dan terus mencoba ( anda bisa gunakan inisiatif yang saya gunakan juga ).Semoga pengalaman saya diatas,bisa sedikit membantu " menurunkan emosi anda " dan memberikan sedikit inisiatif juga untuk anda semua.

Baca Juga :

- Pengalaman tes CPNS tahun 2017

- Materi belajar untuk persiapan tes CPNS

- Langkah persiapan menghadapi tes cpns


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengatasi situs atau website SSCN.BKN yang tidak bisa dibuka atau error saat akan membuat akun pandaftaran.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/28/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengatasi Situs atau Server SSCN.BKN Tidak Bisa Dibuka/Error.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja