9 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error

Cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error harus anda lakukan berdasarkan dari penyebab yang menjadi akar paermasalahanya.Anda tidak bisa dan tidak boleh sembarangan jika memutuskan untuk mengatasinya sendiri.

Langkah mengatasi keyboard laptop/PC asus yang error cukup mudah untuk dilakukan sendiri tanpa peralatanan khusus.Tetapi jika langkah perbaikan yang anda lakukan sendiri seperti di bawah tidak membuahkan hasil,barulah anda serahkan ke tukang reparasi kepercayaan anda.


Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error




keyboard-laptop-asus-error



Keybord adalah sebuah komponen perangkat lunak yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka untuk mempermudah penggunaan PC bagi penggunanya.Karena ini merupakan sebuah perangkat elektronik,tentunya tidak akan lepas dari kerusakan dan eror.

Ada 2 faktor utama penyebab yang menyebabkan terjadinya eror pada keybord anda,antara lain :
  1. Faktor Software/Pengaturan Sistem
  2. Faktor Hardwarenya ( komponen perangkat kerasnya )

Dari kedua faktor yang menyebabkan hal tersebut,penanganan dan langkah memperbaikinya juga berbeda.Anda tidak boleh gegabah dan sampai salah langkah untuk hal ini.Jangan sampai kerusakan yang terjadi terletak pada softwarenya tetapi anda memperbaiki hardwarenya,itu tidak akan berhasil.

Lalu,bagaimana caranya untuk mengetahui letak kerusakanya ada dimana? apakah softwarenya atau hardwarenya?

Jawabanya ada 2 :

- Jika performa atau kinerja PC anda juga terganggu,BESAR kemungkinan kerusakanya ada pada softwarenya.

- Jika kinerja atau performa yang lain baik-baik saja,BESAR kemungkinan kerusakanya ada pada komponenya langsung.


Untuk itulah saya akan memberikan panduan atau tutorialnya untuka anda,silahkan disimak baik-baik :

UNTUK PENANGANAN PADA BAGIAN SOFTWARENYA

Jika anda rasa kerusakanya ada pada softwarenya,silahkan lakukan langkah perbaikan seperti berikut ini :


1. Perbaiki Kombinasi Tombol


Maksudnya adalah : ada kombinasi tombol pada sebuah PC yang berguna untuk " menonaktifkan fungsi keybord ".Jadi jika tombol tersebut tertekan,keybord anda secara otomatis akan TIDAK BERFUNGSI.

Tombolnya adalah : NumLck + FN.Silahkan anda coba untuk menekanya dan lihat apakah memang itulah letak kesalahanya.


2. Lakukan Pembersihan Virus


Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memindai PC anda,apakah terjangkit virus atau tidak.Ada banyak sekali pilihan anti virus yang bisa anda gunakan,antara lain :
  • Smadav
  • Avira
  • Avast
  • Kespersky
  • Neutron

Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa anda gunakan.


3. Lakukan Update Driver


Anda bisa melakukan pembaruan atau update pada driver anda,langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk menu " device manager "
  • Pilih " keybord "
  • Pada pilihan yang muncul dibawahnya ( jika anda ) klik kanan dan pilih " update driver software "
  • Pilih saja " search automaticaly........." supaya sistem mencarinya secara otomatis
  • Jika muncul tulisan " the best driver software has been instaled..... " berarti anda bisa melewati langkah ini,karena versi yang anda gunakan sudah versi yang terbaru


4. Instal Ulang Driver


Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang terhadap driver keybord anda.Driver merupakan komponen perangkat lunak ( aplikasi ) yang berguna untuk membantu kinerja sebuah perangkat keras supaya bisa terhubung dengan mesin PC.

Tanpa driver yang benar,perangkat keras anda tidak akan berjalan dengan seharusnya.Langkah untuk instal ulang driver keybord adalah sebagai berikut :
  • Masuk menu " device manager "
  • Pilih " keybord " dan klik kanan
  • Pilih " properties "
  • Pilih " Disable "
  • Tunggu sebentar
  • Kembalikan menjadi " enable "
  • Selesai


5. Instal Ulang Windows


Sangat sering terjadi,dimana fungsi dari keybord sampai eror ternyata karena " kesalahan " penggunaan versi windows.Tahukah anda,jika versi windows HARUS diikuti dengan kemampuan atau CPU+Precesor sebuah PC?

Jika CPUnya masih dikelas menengah kebawah,sangat tidak saya sarankan untuk mengggunakan versi windows yang tinggi.Anda bisa menggunakan versi windows 7 32 bit sebagai pilihan,dimana versi itu merupakan versi yang cukup ringan untuk dijalankan di berbagai merk dan spesifikasi sebuah laptop.

Langkah ini harus anda lakukan dengan hati-hati,karena PC anda bisa rusak tambah parah jika sampai salah melakukanya.Silahkan serahkan pada yang berpengalaman saja.


UNTUK PENANGANAN PADA BAGIAN HARDWARENYA

Sebenarnya,kerusakan seperti ini,biasanya penyebabnya adalah komponen hardwarnya ( keybordnya langsung ).Jika memang itu yang menjadi penyebabnya,silahkan lakukan langkaha berikut ini :


6. Bersihkan Komponen Keybord


Anda bisa membersihkan komponenya dari kotoran dan debu yang menempel.Usahakan untuk membersihkan SEMUA bagianya,baik bagian luar maupun bagian dalamnya.Anda bisa membognkarnya untuk mempermudah proses pembersihanya.


7. Bersihkan Socket Fleksible


Fleksibel adalah kabel yang menghubungkan keybord dengan mesin,sedangkan socket adalah " colokan " tempat terhubungnya kabel dengan mesin.Socket inilah yang harus anda bersihkan.Silahkan lepas socketnya dan bersihkan dengan kuas bersih kemudidan pasang kembali.


8. Jumper Jalur yang Putus


Anda bisa mengecek apakah ada arus yang putus dari kabel fleksinya.Tetapi untuk melakukanya,anda harus menggunakan alat khusus,kalau tidak salah namanya " avometer ".Jika anda tidak memiliki alatnya,anda bisa meminjam teman atau langsung ke langkah terahir saja,hehe.


9. Ganti Dengan yang Baru


Ini adalah langkah terahir yang bisa anda lakukan.Anda bisa menggantinya dengan yang baru.Tetapi anda harus pastikan untuk membeli dengan merk yang sama dengan sebelumnya.Saya sendiri belum pernah mencoba langkah ini,karena biasanya sudah terselesaikan dilangkah sebelumnya.


Baca Juga :

- Tutorial penggunaan windows 7 loader

- Perbaikan laptop panas dan hardisk bunyi " krek-krek "

- Perbaikan keybord laptopp rusak untuk merk lainya


Demikian pembahasan untuk cara memperbaiki dan mengatasi keyboard laptop asus error baik sebagian ataupun semua tombolnya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/14/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 9 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente