Acer - Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki atau mengatasi keyboard laptop ACER yang tidak berfungsi atau error baik sebagian maupun semua tombolnya bisa anda lakukan sendiri tanpa harus menyerahkanya ke tukang service elektronik.Langkah untuk memperbaikinya juga sangat mudah dan aman untuk dilakukan.

Langkah memperbaiki atau mengatasi keyboard laptop merk acer yang error atau tak berfungsi ini sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya memuaskan.PC saya sudah kembali normal dan berjalan seperti sediakala.



Memperbaiki atau Mengatasi Keyboard Laptop Acer yang Tidak Berfungsi




keyboard-laptop-acer-tidak-berfungsi



Keybord merupakan komponen yang sangat penting yang terdapat pada sebuah PC.Jika komponen ini sampai rusak,PC anda akan tidak bisa bekerja secara maksimal dan pastinya akan sangat menggangu kenyamana anda.

Walapun acer merupakan produsen laptop yang besar,kerusakan semacam ini tidak akan pernah bisa lepas dari sebuah PC,beberapa penyebab rusak atau errornya keybord laptop antara lain :
  • Karena faktor " USIA " penggunaan
  • Karena terkena virus
  • Karena kelalaian penggunaan
  • Karena faktor ketidak sengajaan seperti ( terjatuh,tersiram air,tertekan,terpukul benda keras dan lain sebagainya )

Dari berbagai faktor penyebab diatas,ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.Berikut langkah yang bisa anda lakukan :


1. Periksa Kombinasi Tombol


Yang pertama kali perlu anda lakukan adalah dengan memeriksa apakah ada kesalahan penggunaan tombol atau tidak.Maksudnya begini : tahukah anda jika pada sebuah PC ada " kombinasi tombol " yang jika tertekan baik disengaja ataupun tidak disengaja akan berakibat " macet pada keybord anda ".

Untuk merk accer,kombinasi tombol tersebut adalah : NumLck ( Numlock ).Anda bisa mencoba untuk menekan tombol tersebut baik menekanya tombolnya langsung ataupun dikombinasikan dengan tombol FN atau shift atau icon windows pada tombol anda.Silahkan anda mencobanya satu persatu.


2. Lakukan Scan Virus


Langkah selanjutnya jika langkah pertama tidak membuahkan hasil adalah dengan mencoba melakukan pemindaian virus menggunakan anti virus.Ada banyak sekali antivirus yang bisa anda dapatkan di internet,seperti :
  • Smadav
  • Affira
  • Kespersky
  • Avast
  • Newtron

Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa anda coba.


3. Update Hardwarenya


Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan update atau memperbarui hardwarenya.Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan versi terbaru dari harware tersebut ( jika memang sudah tersedia ) sedangkan anda tidak mengetahuinya.

Langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk menu " device manager "
  • Cari tulisan " keyboard "
  • Klik kanan dan pilih " scan for hardware change "
  • Silahkan lihat : jika terdapat tulisan " NO UPDATE EVAILABLE " itu artinya tidak ada versi terbaru yang perlu anda perbarui
  • Silahkan lakukan tahapan selanjutnya dibawah ini


4. Instal Ulang Drivernya


Driver adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai " jembatan " antara komponen perangkat keras dengan mesin.Untuk menjalankan fungsu komponen perangkat keras seperti keybord,anda memerlukan sebuah driver dimana biasanya sudah tersedia dan terinstal otomatis saat anda membelinya.

tetapi seiring berjalanya waktu,driver ini bisa saja crash dan rusak dengan sebab yang bisa bermacam-macam.Untuk mengetahui apakah memang benar komponen ini yang rusak,silahkan lakukan langkah berikut :
  • Masuk menu " device manager "
  • Pilih " keybord "
  • Pilih " properti "
  • Pilih " driver "
  • Klik kanan dan ubahlah menjadi " DISABLE "
  • Tunggu beberapa menit "
  • Klik kanan lagi dan kembalikan menjadi " ENABLE "
  • Selesai

Itu adalah langkah untuk mengUNINSTAL sebuah driver dan mengINSTAL kembali.


5. Bersihkan Komponen dari Kotoran


Langkah selanjutnya anda bisa mencoba membersihkan komponenya menggunakan kuas.Kotoran seperti debu bisa menjadi faktor penyebab macetnya keybord anda.Usahakan memberssihkanya TIDAK HANYA bagian luarnya saja ya,silahkan bongkar dan bersihkan sampai bagian dalan ( bagian bawah keybord ).


6. Bersihkan Socket Fleksibelnya


Saat anda membuka komponen ini,akan terlihat sebuah kabel yang MENGHUBUNGKAN antara keybord dan mesin.Itulah yang disebut dengan " socket ".Anda bisa melepasnya kemudian membersihkanya dengan kuas dan tancapkan kembali kemudian lihat hasilnya.


7. Instal Ulang Windows


Anda bisa melakukan instal ulang terhadap windows yang anda gunakan sekarang.Anda bisa menggunakan versi yang lebih rendah untuk mencobanya,kenapa? karena banyak kasus dimana keybord sering error disebabkan karena sistem windows yang TERLALU TINGGI dan tidak seimbang dengan kemampuan CPU dan Procesor PC tersebut.

Sampai tahapan ini,90% kerusakan yang anda hadapi bisa terselesaikan dengan baik.Tetapi jika masih belum membuahkan hasil,cobalah langkah terahir yang bisa saya berikan berikut ini.


8. Lakukan Jumper Kabel atau Ganti Dengan Yang Baru


Jika kesemua tahapan diatas sudah anda lakukan tetapi tidak membuahkan hasil,besar kemungkinan kerusakanya terletak di kabel fleksibelnya.Anda bisa lakukan jumper arus pada bagian yang pututs atau jika anda bukan teknisi,silahkan ganti keybord dengan yang baru.


Semua langkah diatas adalah tahapan yang saya terapkan untuk mengatasi kyboard laptop saya yang sering error dan terkadang tidak berfungsi.Dan sekarang semua permasalahan tersebut hilang serta performa PC saya kembali normal.

Baca Juga :




Demikian pembahasan bagimana cara untuk memperbaiki dan mengatasi keyboard laptop acer yang tidak berfungsi dan error baik sebagian ataupun semuanya.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu. 

9/13/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Acer - Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente