10 Cara Mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit Work 100%

Cara mengatasi atau mempercepat hp lemot padahal aplikasi sedikit ini bisa anda terapkan untuk semua merk smartphone android baik itu nokia,asus,samsung,lenovo,advan,xiaomi dan lainya.Langkah ini juga bisa untuk memperbaiki smartphone yang panas karena mungkin ram yang terlalu penuh padahal kapasitasnya banyak.

Mengatasi hp android lemot padahal aplikasi yang terpasang atau ter instal sedikit harus dilakukan dengan benar.Anda tidak perlu melakukan root pada smartphone anda karena setelah melakukan hal tersebut,banyak kasus justru gadget anda semakin lambat dan lelet dalam merespon.



HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit




hp-lemot-padahal-aplikasi-sedikit



Perangkat seluler adalah sebuah alat yang dirancang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan menggunakan bantuan jaringan internet atau sinyal saja.Seiring bertambahnya ilmu pengetahuan,kegunaan dari gadget ini juga semakin maju,yang dulunya hanya untuk berkomunikasi ( telepon dan sms ) saja,sekarang semua hal hampir bisa dilakukan menggunakan sebuah telepon genggam saja.

Mungkin inilah kenapa ada istilah " telepon pintar " atau smartphone,dimana kegunaan sebuah gadget hampir sama pintarnya dengan manusianya sendiri.Untuk menunjang hal ini,sebuah produsen dituntut untuk menyuguhkan gadget yang sesuai dengan keinginan para pengguna setai mereka,salah satunya dengan menambahkan berbagai aplikasi untuk memudahkan pengguna dan memberikan kepuasan terhadap penggunanya.

Tetapi nyatanya,semakin banyak aplikasi yang mereka ( produsen ) tambahkan,tidak dibarengi dengan " peningkatan " komponen perangkat keras atau hardwarenya.Alhasil,gadget yang tadinya bertujuan supaya penggunanya puas,berbalik menjadi bomeerang untuk mereka sendiri dimana banyak keluhan bahwa telepon yang digunakan menjadi sangat lemot padahal belum terisi banyak aplikasi.


Penyebab Lemotnya HP Padahal Aplikasinya Sedikit

Untuk anda yang mengalaminya,ada beberapa sebab yang menjadi faktor yang perlu anda fahami sebelum mengambil keputusan untuk memperbaikinya,antara lain :
  • Kapasitas RAM kecil
  • Memori Internal Kecil
  • Terkena virus ( malware )
  • File yang anda ingin gunakan/buka tidak kompatible dengan sistem telepon
  • File atau aplikasinya memang rusak
  • Ukuran file terlalu besar saat anda hendak membukanya
  • Ada kesalahan sistem atau OS yang anda gunakan

Dari berbagai faktor penyebab tersebut,anda bisa melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan kecepatan dari hp anda,antara lain :


1. Gunakan OS yang Kompatible


Maksudnya begini : ada beberapa tipe telepon yang memang hanya bisa menjalankan sistem OS tertentu saja dan tidak bisa menjalankan sistem OS yang lainya,contohnya :

- Telepon dengan sistem OS android jellybean,jika anda memaksakanya menggunakan sistem OS android KITKATT,pasti akan lemot dan sangat lambat.

Jadi anda harus faham dengan baik,telepon anda itu cocoknya menggunakan OS apa.Setelah mengetahuinya,segera lakukan upgrade dengan sistem OS yang sesuai dan jangan dipaksakan.


2. Hapus atau Uninstal Aplikasi


Jika saat telepon baru anda beli performanya baik-baik saja,kemudian sesaat setelah anda menambahkan beberapa aplikasi,performanya melambat,anda tidak ada pilihan lain selain menghapus aplikasi yang anda tambahkan sebelumnya.

Hal ini berkaitan dengan RAM telepon anda yang mungkin kapasitasnya kecil.Dan anda jangan memiliki fikiran untuk menambahkan RAM pada android atau telepon anda,karena hal itu tidakk mungkin dilakukan.Jika di laptop,hal itu masih mungkin,tetapi kalau di  telepon genggam,sampai saat ini belum anda telepon yang memiliki fitur PORT tambahan untuk RAM.


3. Tambahkan Memori External


Lambatnya sebuah telepon juga bisa disebabkan oleh " terlalu banyaknya dile yang anda simpan ".Untuk mengatasinya,anda bisa menambahkan memori EXTERNAL didalamnya,dengan catatan : memori yang anda tambahkan kapasitasnya tidak terlalu besar.

Kenapa tidak boleh menambahkan memori yang ukuranya terlalu besar? karena beda telepon,tentunya kemampuanya juga berbeda-beda.Ada yang diisi memori 16gb performanya baik-baik saja,tetapi ada pula yang baru ditambahkan memori 8gb,performanya sudah melambat.


4. Hapus Semua video yang Tidak Kompatible


Maksudnya seperti ini : ada beberapa telepon yang hanya bisa memutar video ber extensikan 3gp saja.Jika memang telepon anda demikian,jangan paksakan untuk memutar video berformat MP4 atau HD,karena hal ini bisa membuat telepon anda melambat bahkan tidak mau merespon.


5. Convert Video ke Versi yang Lebih Kecil


Atau jika anda enggan menghapusnya,silahkan CONVERT videonya menjadi format yang lebih kecil.Untuk ukuran formatnya sendiri,yang paling kecil adalah 3gp,kemudian diatasnya ada MP4,kemudian HD.


6. Ubahlah Ukuran MP3 ke yang Kecil Saja


Jika anda hobi mengoleksi musik,saran saya,selalu menyimpan file mp3 dengan ukuran yang kecil saja.Anda bisa lihat pada saat anda mendownloadnya,download saja ukuran yang kecil dan jangan terlalu besar.

Hal ini sangat erat kaitanya dengan kemapuan memori dalam menyimpan file.Semakin banyak file yang anda simpan,akan semakin membuat memori menjadi berat.


7. Ubah Semua Aplikasi menjadi Versi LITE ( jika tersedia )


Versi lite adalah sebuah versi lain dari aplikasi tersebut simana ukuran serta fitur-fitur didalamnya sudah " disederhanakan ".Hal ini bertujuan supaya penggunanya bisa tetap menikmati aplikasi tersebut tanpa harus mengakses fitur yang memberatkan telepon.

Anda pasti pernah mendengar facebook lite dan massanger lite bukan? inilah yang saya maksudkan.Jika memang aplikasi kesayangan anda tersedia versi " lite " nya,silahkan gunakan itu saja.


8. Bersihkan Cache pada Sistem


Cache adalah file " sisa " yang tidak terpakai atau tidak penting yang tertinggal ketika anda melakukan instalasi sebuah aplikasi atau berselancar di dunia maya.File tidak terpakai ini ukuranya memang kecil,tetapi jika jumlahnya banyak,hal ini bisa mempengaruhi performa telepon anda menjadi lambat.


9. Scan Virus


Anda bisa melakukan tahapan pengecekan terhadap telepon anda baik menggunakan aplikasi antivirus langsung di telepon anda ataupun menggunakan bantuan laptop atau PC.Virus bisa menjadi salah satu penyebab lambatnya kinerja telepon anda.


10. Gunakan Koneksi Internet yang Lancar


Jika proses lemotnya telepon anda berkaitan dengan penggunaan koneksi internet,misalnya : lambat dalam bermain game online atau lambat dalam membuka aplikasi online,langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti koneksi internet anda dengan yang lebih bagus.

Anda bisa menggunakan wi-fi atau mengganti kartu perdana anda dengan perdana yang memiliki koneksi bagus,contohnya : telkomsel atau yang lainya sesuai dengan koneksi si tempat anda.


Baca Juga :





Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mempercepat atau mengatasi hp yang lemot padahal aplikasinya sedikit dan tidak banyak.Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan pada telepon anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/07/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 10 Cara Mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit Work 100%.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente