Contoh Tes Psikotes Matematika di Perusahaan atau PT dan Cara Menjawabnya

Kumpulan contoh soal tes psikotes matematika di perusahaan atau PT berikut adalah hasil dari pengalaman pribadi mengikuti beberapa seleksi sikotes di bebagai tempat yang pernah saya ikuti.Saya juga akan memberikan cara untuk menjawab atau mengerjakanya suoaya anda bisa lebih mudah untuk belajar dan mempersiapkan diri.

Kisi-kisi soal tes psikotes matematika di sebuah perusahaan atau PT sebenarnya tidaklah sama persis antara satu tempat dengan tempat lainya,tetapi walaupun seperti itu.INTInya tetap sama saja dan bentuknya juga hampir sama.



Tes Psikotes Matematika Perusahaan/PT dan Cara Menjawab




Apa itu psikotest?

Pengertian sikotes adalah sebuah tahapan seleksi untuk calon karyawan baru di sebuah tempat kerja dengan menggunakan berbagai soal-soal untuk menyaring para pelamar kerja sampai mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria dari tempat tersebut. 

Tidak hanya BUMN,tetapi pihak swasta pun kerap kali menggunakan langkah ini untuk menyaring banyaknya para pelamar pekerjaan sampai tersaring yang baik dari yang terbaik.


Badan usaha apa saja yang menggunakan psikotest?

Sebenarnya tidak semua tempat atau penyedia pekerjaan menggunakan sistem ini,tetapi hampir sebagian besar menggunakanya,contohnya :
  • Astra Group
  • Totoyota Group 
  • Yamaha Group
  • Daihatsu Group
  • Bank ( BRI,MANDIRI,BCA,dll )
  • PNS ( Pegawai Negeri Sipil )
  • TNI dan POLRI
  • Ritel ( waralaba ),bahkan
  • TKI ( Tenaga Kerja Indonesia )

Ada banyak sekali badan usaha yang menggunakan sistem seleksi sikotes untuk menyaring calon pekerja mereka.


Kenapa harus psikotest? kenapa tidak langsung menggunakan bidang keahlian yang dituju?

Mungkin sebagian dari anda semua bertanya,kenapa dalam sebuah seleksi pekerjaan,harus menggunakan sistem psikotest,dimana lowongan yang dituju tidak sesuai dengan soal-soal yang dikeluarkan?

Contohnya : saat ada lowongan untuk programer misalnya,kenapa tidak langsung soal-soal tentang ilmu pemrograman dan sejenisnya? atau,ketika ada lowongan untuk teknisi mesin,kenapa tidak langsung memberikan soal-soal tentang permesinan saja?

Perlu anda ketahui,bahwa TUJUAN dari tes psikotes ada banyak,yaitu :
  • Mengukur tingkat intelegensi/kecerdasan dari calon pekerja
  • Melihat kondisi psikis calon pekerja
  • Melihat karakter dan kepribadian dari calon pekerja

Kenapa itu penting? karena,sebuah penyedia lowongan kerja,TIDAK hanya butuh orang pintar atau cerdas,tetapi orang jujur,rajin dan bertanggung jawab juga sangat mereka butuhkan.Lalu soal-soal yang sering keluar apa saja? dan bagaimana cara mengerjakanya? silahkan simak penjelsana selangkapnya dibawah ini :


1. Kreapelin/Pauli Test/Tes Koran


Biasanya keluar untuk tahapan paling awal dalam proses seleksi.Ini adalah soal dengan bentuk pertambahan bilangan dasar deret keatas atau kesamping sebanyak satu lembar penuh kertas A3.Berikut contoh gambarnya :



tes-psikotes-matematika-perusahaan



Untuk langkah menjawab soal seperti ini,ada 2 point utama yaitu :
  • Ketepatan jawaban ( jawaban harus benar jangan asal )
  • Grafik hasil akhir ( harus naik )

Jadi selain anda harus menjawab PERTAMBAHAN tersebut dengan benar,anda juga harus menghasilkan sebuah grafik yang bagus.Grafik yang bagus adalah stabil atau kalau bisa NAIK grafiknya.

Menambahkanya satu persatu secara berurutan,begini rincianya :

Anda bisa melihat pada gambar diatas,pengerjaan pertama adalah 3+1 = 4,dimana jawaban ditulis DITENGAH-TENGAN dua angka soalnya.Setelah itu anda mengerjakanya NAIK ke atas,dimana setelahnya adalah 1+9 = 10.Kenapa disana jawabanya ( 0 )?

Untuk jawaban 10,11,12,13 dan seterusnya,anda cukup menuliskan angka BELAKANGNYA saja.Jadi tidak perlu dituliskan penuh.Lalu menambahkanya bagaimana? urutanya bagaimana?

Untuk deretan pertama,urutanya adalah : 3+1,1+9,9+6,6+8 dan seterusnya.Anda TIDAK BOLEH melewati satu angkapun.Jangan coba-coba untuk curang,dimana anda mengerjakanya lompat-lompat,karena anda akan langsung GAGAL.Urutkan saja jangan sampai ada yang tertinggal ( lihat kalimat pertama paragraf ini!).

Untuk grafiknya bagaimana? anda bisa belajar pada artikel ini :

- Trik membuat grafik test kraepelin/pauli supaya bisa naik


2. Soal Matematika Cerita


Berikutnya adalah soal cerita.Soal ini bentuknya seperti sebuah cerita,dimana anda harus mengerjakanya dengan benar.Berikut contoh gambarnya :


soal-tes-matematika-psikotes



Mungkin anda semua sudah sedikit familiar dengan bentuk soal yang seperti ini,karena di sekolah sudah sangat sering sekali keluar,bahkan ujian-ujian semesterpun ada.Cara mengerjakanya : anda hrus mengerjakan dengan MENULISKAN coret-coretan rumus atau caranya di lembar kosong yang disediakan,kenapa?

Karena jika anda mengerjakanya tidak menulsikan langkahnya,DITAKUTKAN pihak HRD akan menganggapa anda mencontek.Tetapi,jika memang sekiranya tidak disediakan kertas coret-coretan ataupun malah mungkin dilarang menuliskan langkahnya,anda bisa mengerjakanya langsung.

Apakah hanya seperti itu saja bentuk soalnya? TIDAK.Melainkan ada banyak sekali varian yang akan anda jumpai,seperti :
  • Desimal
  • Kuadrat
  • Pecahan ( 1/2,2/5,dan seterusnya )
  • Luas bangun datar
  • Luas bangun ruang
  • Pytagoras

Untuk bisa mengerjakanya,anda hanya HARUS HAFAL banyak rumus saja.Semakin banyak yang anda hafal,maka akan lebih mudah untuk anda dalam pengerjaanya.


3. Deret Angka atau Angka Berderet


Ini adalah sebuah soal yang bentuknya " seolah-olah " seperti sebuah teka teki.Untuk anda yang belum pernah melihatnya,berikut contoh gambarnya :


soal-matematika-di-pt

Tanda ( ? ) adalah angka berikutnya yang harus anda jawab.Cara menjawabnya adalah : dengan mengetahui 2 point utamanya terlebih dahulu,yaitu :
  • Pola pasanganya,dan 
  • Rumusnya

Contohnya pada soal nomor 1,dimana : 94,92,46,44,22,20,10,.....

Pola pasanganya adalah : berurutan
Rumusnya adalah : dikurangi 2 kemudian dibagi 2

Hasil alhirnya adalah : 8

Silahkan anda lihat video berikut ini supaya bisa lebih faham lagi :






4. Perkalian Dasar


Bentuk soal ini pernah saya jumpai saat mengiikuti psikotes di PT YAMAHA karawang.Contohnya seperti ini :


soal-matematika-saat-psikotes-di-pt


Sekilas memang tampak mudah.Untuk mengerjakanya,anda memang hanya perlu untuk mengalikanya saja,tetapi yang menjadi masalah besar adalah " WAKTU YANG DIBERIKAN " sangat sedikit.

Gerogi dan panik adalah musuh yang harus anda atasi saat mengerjakan soal seperti ini.Anda bisa menghafalkanya terlebih dahulu untuk mempermudah saat manjawabnya.


Dari sekitar 11 kali saya mengikuti sikotest di sebuah tempat kerja,secara garis besar itulah yang keluar untuk bentuk matematikanya.Silahkan dipelajari dengan baik,supaya anda juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam seleksinya nanti.

Baca Juga :

- Trik mengerjakan psikotest gambar ( pohon,manusia,gambar 8 kotak,dll )

- Jenis sikotes gambar yang sering keluar saat psikotest di pabrik dan cara mengerjakanya


Demikian pembahasan contoh atau apa saja soal tes psikotest matematika yang sering keluar di perusahaan atau PT berdasarkan pengalaman pribadi saya.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/16/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Tes Psikotes Matematika di Perusahaan atau PT dan Cara Menjawabnya.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente