Contoh Soal Tes Psikotes Gambar di Perusahaan atau PT dan Jawabanya

Kumpulan contoh soal tes psikotes gambar yang sering keluar dan diujikan di perusahaan atau PT baik BUMN ataupun SWASTA ini akan saya jelaskan lengkap dengan bagaimana cara untuk mengerjakan atau menjawab dengan baik dan benar.Semua jenis pertanyaan yang sering keluar dan diujikan saat psikotest yang berhubungan dengan menggambar akan saya terangkap sedetail mungkin untuk anda.

Soal-soal tes psikotes gambar baik gambaran orang,8 kotak,TIU 5,gambaran gir,pohon,ataupun wartegg adalah jenis pertanyaan yang paling sering diujikan dan keluar saat proses sikotes di sebuah tempat kerja.Anda harus benar-benar tahu bagaimana cara menjawabnya supaya bisa mengerjakanya dan mendapatkan nilai yang maksimal.



Contoh dan Cara mengerjakan/Menjawab Tes Psikotes Gambar




Apa itu psikotest gambar?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang diberikan ketika proses sikotest berlangsung dimana bentuk pertanyaanya berupa serangkaian hal yang berhubungan dengan picture.Ada yang mengharuskan anda menggambar,ada juga yang mengharuskan anda menjawab sebuah pertanyaan yang berbentuk picture.


Fungsi test menggunakan gambarr apa?

Mungkin anda pernah bertanya dalam hati bahwa sebenarnya gunanya test yang seperti ini itu untuk apa sih? Padahal pekerjaanya nanti tidak ada hubunganya dengan menggambar sama sekali?

Jawabanya sederhana sebenarnya : Test ini bertujuan atau berfungsinya untuk :
  • Melihat dan mengukur daya logis anda ( LOGIKA )
  • Melihat kemampuan anda menyelesaikan suatu permasalahan sampai dimana
  • Mengukur intelegensi anda
  • Melihat kedisiplinan dan ketaatan anda terhadap sebuah perintah

Jadi dengan menggunakan picture,semua hal yang berkaitan dengan anda akan bisa di ukur dan dinilai bahkan kepribadian andapun akan bisa terlihat secara tidak langsung.

Lalu,jenis yang sering keluar itu seperti apa? ada berapa banyak? dan cara mengerjakan atau jawabanya bagaimana? Berikut kumpulan tes psikotes gambar yang sering keluar di seleksi sikotes PT atau perusahaan :


1. Army Aplha Intelegency


Test seperti ini pernah saya jumpai ketika melakukan prosesi seleksi karyawan di Pabrik SHOWA INDONESIA jababeka cikarang.Dan berdasarkan cerita beberapa teman saya,bentuk seperti ini sering digunakan untuk perusahaan besar seperti Astra Group,Toyota,Daihatsu dan sebagainya.

Berikut penampakan soalnya :


tes-psikotes-gambar



Jawabanya seperti apa? cara mengerjakan test army alpha intelegency bagaimana? 

Setelah anda menerima lembar soalnya nanti,HRD akan berbicara dengan keras di depan para peserta sikotes.Apa yang dikatakan HRD nanti,adalah apa yang HARUS anda isikan di dalam kolom-kolom tersebut.Saya ilustrasikan sedikit untuk anda :

- HRD : Nomor 1,isilah lingkarang pertama dengan angka 5,lingkaran kedua dengan angka 8,dan biarkan kosong untuk lingkarang selanjutnya
- Anda : Silahkan isikan lingkaran pertama dengan angka 5 dan lingkaran kedua dengan angka 8,sisanya dikosongkan,SELESAI.

Jadi anda hanya HARUS MENDENGARKAN dengan baik apa yang diinstruksikan HRDnya saja,kemudian ikuti perintahnya.Memang hanya seperti itu saja.Cukup mudah bukan?

Untuk lebih memudahkan anda,anda bisa melihat video panduan pengerjaanya dibawah ini :






2. Wartegg atau 8 Kotak


Ini adalah pertanyaan yang berbentuk 8 kotak dimana di masing-masing kotak sudah tersedia " bentuk " tertentu yang harus anda lanjutkan menjadi sebuah picture yang utuh.Berikut contohnya untuk anda :


soal-psikotes-gambar


Akan lebih mudah untuk anda yang pernah menjumpainya,tetapi untuk anda yang belum pernah menjumpainya,berikut cara mengerjakan atau menjawabnya :
  • Usahakan gambar yang terbentuk adalah sebuah " benda kerja " ( bisa cangkul,gergaji,obeng,tang,dan sebagainya ) intinya alat yang digunakan untuk bekerja.
  • Jika opsi " benda kerja " tidak memungkinkan dibentuk karena polanya susah,anda bisa menggambarnya dengan " objek kerja " ( mesin motor,mesin mobil,rantai motor,dan sebagainya )
  • Jika opsi tersebut juga tidak memungkinkan dibentuk karena pola terlalu susah,silahkan menggambar sesuai dengan daya imajinasi anda,tetapi HARUS PERHATIKAN point dibawah

Point atau bentuk yang TIDAK BOLEH anda gambarkan antara lain :
  • Bentuk yang berbau " dewasa "
  • Bentuk yang " tidak jelas maksudnya "
  • Benda-benda terlarang " minuman terlarang,narkot*ka,dan sebagainya )


3. TIU 5 atau Gambar Berpola


Pernahkan anda mendengar test TIU 5? Ini adalah pertanyaan dimana terdapat beberapa picture yang " berpasangan " dengan POLA tertentu kemudian anda harus mengerjakan picture berikutnya dengan POLA YANG SAMA dengan pasangan pertama.

Berikut contohnya untuk anda perhatikan :


soal-tes-psikotes-gambar


Untuk bisa mengerjakan bentuk pertanyaan TIU 5 ini,ada 1 point utama yang harus anda perhatikan,yaitu :
  • Pola pasangan gambarr pertama 

Karena pola pasangan pivture yang pertama adalah RUMUS yang berguna untuk menentukan jawaban dari picture berikutnya.Silahkan lihat pada gambr diatas ( paling atas ) :
  • Ada garis lurus keatas dengan huruf " A "
  • Kemudain menjadi garis kedua dengan huruf " B "

Rumus atau POLA apa yang digunakan picture " A " sehingga menjadi picture " B " ? Jawabanya adalah : Dibalik 180 derajat,atau diputar balik,,, Inilah POLA yang harus anda gunakan untuk menentukan piocture " C " akan menjadi seperti apa.

Jika picture " A " dibalik sehingga menjadi seperti picture " B ",maka : Picture " C " juga harus dibalik DENGAN POLA/RUMUS YANG SAMA ( diputar 180 derajat ).Dan jawabanya adalah : yang nomor 4.

Anda bisa lebih memahaminya di video berikut ini :






4. Gambar Orang atau Tubuh Manusia


Jangan anggap mudah dan sepele untuk bentuk ini,walaupun anda hanya di instruksikan untuk menggambar orang dengan utuh,ada beberapa point penting yang nyatanya sering dilalaikan oleh para peserta sikotes dan membuat mereka GAGAL dalam proses ini.

Cara mengerjakan dan menjawab bentuk seperti ini adalah :
  • Gambarlah bagian tubuh UTUH ( rambut,telinga,mata,dan bagian lainya ) harus terlihat jelas
  • Usahakan gambarlah seseorang YANG SEDANG BEKERJA atau BER AKTIVITAS
  • Gambarlah manusia yang seumuran dengan anda ( pria wanita,bebas )

Yang TIDAK BOLEH digambar adalah :
  • Bentuk " dewasa " atau yang terlihat bagian-bagian yang tidak pantas
  • Orang yang sedang tidak melakukan apapun ( tidur,duduk,melamun dan sebagainya )
  • Untuk jaga-jaga ( ikuti saja perintahnya,jangan tambahkan bentuk lain selain perintah ),tetapi anda masih diperbolehkan menambahkanya selama PERINTAH INTInya sudah tergambar
  • Hindari gambar " tidak jelas " seperti : bentuk hidung seperti huruf " V ",bentuk mulut seperti tanda " - " dan sebagainya ( tidak apa-apa jika jelek,yang penting JELAS bentuknya )


5. Bentuk Pohon


Selain bentuk orang,sering sekali keluar jenis yang " bentuk pohon ".Dimana anda diperintahkan atau diinstruksikan untuk menggambar sebuah pohon ( biasanya utuh ).Terlihat sangat mudah yaa? padahal tidak seperti itu.

Cara menjawabnya dengan benar adalah sebagai berikut :
  • Usahakan menggambar POHON yang ber AKAR TUNGGANG ( akarnya besar seperti : pohon manggan,durian,nangka,dan sebagainya )
  • Gambarlah bagianya secara UTUH ( buah ada,dahan ada,batang ada,tanah ada,akar terlihat walaupun hanya sedikit )
  • Bentuknya harus JELAS ( ingat yaa,ini pohon,bukan arsiran pensil )

Bentuk yang TIDAK BOLEH digambarkan adalah :
  • Pohon berakar serabut ( rumput,ilalang,dan sebagainya )
  • Gambar tidak jelas 
  • Bagian pohonya tidak utuh 


6. Gir atau Roda Gigi 


Pernahkan anda melihat bentuk soalnya yang seperti ini?


contoh-soal-psikotes-gambar-di-pt


Untuk bisa menjawabnya dan mengerjakanya dengan benar,anda hanya perlu MENGASAH LOGIKA anda.Kenapa? karena bentuk ini tidak ada " RUMUSnya ".Anda hanya perlu menjalankan daya nalar anda saja.

Ada sedikit tips dan trik supaya anda bisa lebih mudah dalam mengatasi bentuk pertanyaan seperti ini,yaitu :
  • Jika gir pertama berputar ke KANAN maka gir berikutnya PASTI KE KIRI

Anda hanya perlu mengurutkanya saja sampai gir terahir untuk mengetahui berputar kemanakah gir yang diminta.


7. Persamaan/Potongan/Klasifikasi Gambar


Ini adalah pertanyaan dimana ada sebuah picture " yang dipecah " kemudian anda harus menentukan bentuk yang pecah atau bagian yang mana yang jika " dirangkai/digabungkan " akan terbentuk picture semula sebelum dipecah.

Berikut contohnya :


psikotes-potongan-gambar



Terlihat pada contohnya diatas,dimana ada sebuah " picture yang dipecah ".Kemudian jawabnya bagaimana? Tinggal anda " logika " kan saja,kira-kira kalau semua bentuk itu digabung,akan menjadi bentuk seperti apa?

Jawabanya adalah : B ( bentuk bulat penuh )


Baca Juga :

- Jenis soal matematika yang sering keluar saat sikotes pekerjaan

- Trik mengerjakan test kepribadian


Demikian pembahasan contoh dan cara mengerjakan soal atau tes psikotes gambar yang sering keluar dan diujikan saat sikotes di PT atau perusahaan yang bisa anda gunakan untuk bahan belajar.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/17/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Soal Tes Psikotes Gambar di Perusahaan atau PT dan Jawabanya.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente