Contoh Soal Psikotes Matematika Deret Angka + Cara Menjawabnya

Contoh soal psikotes matematika deret angka dan bagaimana cara mengerjakan atau menjawab dibawah ini saya pelajari berdasarkan pengalaman pribadi mengikuti psikotest di berbagai perusahaan atau PT.Untuk bisa mengerjakanya atau menjawabnya,silahkan anda fahami penjelasan yang akan saya berikan dengan baik dan benar.

Contoh soal tes psikotes bentuk matematika deret angka sering sekali keluar saat test psikotest kerja jadi anda harus benar-benar tahu bagaimana supaya bisa mengisi soalnya dengan benar.Saya akan jelaskan secara detail untuk anda.



Penjelasan Lengkap Matematika Deret Angka



Apa sih test deretan angka itu?

Ini merupakan sebuah bentuk pertanyaan yang diajukan saat berlangsungnya proses seleksi karyawan dengan bentuk deretan angka dimana anda harus mengisi deretan angka terakhir yang kosong berdasarkan " rumus " tersembunyi untuk mengisinya.


Fungsi test ini apa?

Test ini bertujuan untuk melihat intelegency atau mengukur tingkat kecerdasan anda.Mohon maaf jika saya harus mengatakan ini,tetapi memang untuk anda yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata,tidak akan kesulitan dalam mengerjakan pertanyaan ini.

Tetapi untuk anda yang IQnya di bawah rata-rata,besar kemungkinan akan kesulitan saat mengerjakanya nanti.Bahkan saya sendiri juga sangat kesulitan menjawabnya karena saya termasuk orang yang tidak terlalu pintar.


Point penting sebelum mengerjakan

Ada 2 hal yang sangat penting yang harus anda lihat dengan seksama ketika menjumpai pertanyaan seperti ini,yaitu :
  • Pola pasangannya bagaimana
  • Rumus tersembunyinya bagaimana

Kenapa bisa seperti itu? karena di setiap soalnya nanti,pola pasanganya dan rumusnya akan berbeda.Jadi untuk mengerjakan pertanyaan selanjutnya,anda TIDAK BISA mengandalkan pertanyaan sebelumnya karena sudah pasti 2 point utama yang saya katakan berbeda.

Silahkan fahami video berikut supaya mengerti MAKSUD DARI 2 POINT UTAMA diatas :






Seperti yang dijelaskan di video bahwa : POLA PASANGANYA " hanya ada 2 saja,yaitu :
  • Berurutan
  • Berpasangan ( selang seling )

Yang sering membuat bingung adalah " rumus tersembunyi " yang harus anda cari,berikut beberapa contohnya untuk anda :


1. Rumus Tersembunyi " PERTAMBAHAN " dengan POLA SELANG SELING


Untuk yang pertama akan saya jelaskan adalah : rumus tersembunyi berupa tambah-tambahan,kurang lebih seperti ini gambarnya :


matematika-deret-angka


Silahkan anda lihat contohnya diatas.Seperti yang saya katakan sebelumnya jika anda harus selalu ingat 2 point utamanya.Dalam soalnya itu,berarti :
  • Pola pasanganya SELANG SELING,kemudian
  • Rumus tersembunyinya adalah : SEMUA BILANGAN DITAMBAH 1

Untuk mengisi jawaban yang kosong,anda hanya tinggal mengikuti " pola pasanganya " dan gunakan rumus tersembunyinya.Perhatikan dengan seksama gambar diatas,maka anda akan faham.Jika tidak,silahkan belajar melalui video diatas.


2. Rumus Tersembunyi " PERTAMBAHAN " dengan POLA BERURUTAN


Hampir mirip dengan nomor 1 diatas,hanya saja bedanya,pola pasanganya berurutan ( urut ) dan tidak selang seling.Berikut gambar contohnya untuk anda :


soal-matematika-deret-angka



Lagi dan lagi,selalu ingat 2 point utamanya dulu,berarti :
  • Pola pasanganya berurutan
  • Rumusnya adalah : SEMUA BILANGAN DITAMBAH ANGKA GANJIL!

Untuk mengerjakanya,anda tinggal " mengurutkanya " saja secara berurutan dengan menambahkan dengan rumus tersembunyi yang sudah kita temukan.Karena ini polanya urutan,jadi anda harus benar-benar urut dan jangan sampai ada yang terlewatkan yaa.


3. Rumus Tersembunyi " PERKALIAN " dengan POLA BERURUTAN


Kemudian selanjutnya adalah pertanyaan yang menggunakan " rumus " perkalian dengan pola pasangan berurutan.Berikut gambarnya untu anda :


contoh-soal-matematika-deret-angka



Ingat lagi,2 point utamanya,berarti :
  • Pola pasanganya berurutan
  • Rumusnya adalah : di KALI 2 langsung di TAMBAH 1,DITAMBAH 2,DITAMBAH 3 dan selanjutnya untuk maju ke nomor selanjutnya

Untuk bisa mengisi dan menjawab kolom kosong selanjutnya,silahkan ikuti " pola pasangan dan rumusnya " saja.Jadi :

3 dikalikan 2 hasilnya kan 6,langsung saja ditambahkan 1,jadi hasilnya 7
7 dikalikan 2 hasilnya kan 14,langsung saja ditambah 2,jadi hasilnya 16
16 dikalikan 2 hasilnya kan 32,langsung saja ditambah 3,jadi hasilnya 35
35 dikalikan 2 hasilnya kan 70,langsung saja ditambah 4,jadi hasilnya 74

Berdasarkan POLA+RUMUS tersebut,jawaban yang kosong adalah :

74 dikalikan 2 hasilnya kan148,langsung saja ditambah 5 ( kan rumusnya begitu,setelah dikalikan 2,ditambah 1,2,3,4 dan seterusnya ) karena sebelumnya sudah ditambah 1,2,3,4,maka,yang ini ya ditambah 5,jadi hasilnya = 148 + 5 = 153


Apakah soalnya nanti akan sama persis seperti itu?

Tidak!,itu semua terserah HRDnya saja ingin menggunakan POLA atau RUMUS yang seperti apa.Ada banyak sekali kemungkinan-kemungkinan bentuk pertanyaan yang akan diajukan anti.Tetapi yang terpenting adalah : Anda sudah mengerti " TRIK " nya untuk menjawabnya.


Bagaimana caranya supaya sekali lihat bisa tahu POLA+RUMUSNYA?

Mungkin anda bertanya seperti itu,dimana dengan hanya sekali melihat,anda sudah lengsung bisa menentukan POLA dan RUMUSNYA seperti apa.Untuk bisa melakukan hal tersebut,anda hanya perlu : Berlatih dan terus berlatih.

Dengan sering berlatih,anda akan semakin terasah.Anda bisa mencarinya di google gambar-gambar atau pertanyaan seperti ini.Silahkan di cprint untuk bahan belajar anda.


Baca Juga :

- Kumpulan soall Matematik yang sering keluar saat sikotes kerja

- Kumpulan soall gambar ( pohon/orang ) yang sering keluar saat sikotes kerja


Demikian pembahasan kumpulan contoh soal tes psikotes matematika bentuk deret angka dan bagaimana cara menjawab atau mengerjakanya dengan benar karena test ini sering sekali keluar saat sikotes kerja.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/18/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Soal Psikotes Matematika Deret Angka + Cara Menjawabnya.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente