Alur Pendaftaran BKK SMKN 2 Bekasi Sampai Kerja

BKK SMKN 2 Bekasi adalah sebuah perantara atau penyalur lowongan pekerjaan dengan cara daftar atau mendaftar yang sangat mudah untuk para pencari kerja.Alur proses dari awal pendaftaran menjadi member sampai resmi bisa diterima bekerja juga terbilang cukup transparan dan jauh dari kesan menipu atau penipuan.

Tatacara pendaftaran di BKK SMKN 2 kota Bekasi sampai resmi menjadi member adalah modal utama yang wajib anda lakukan jika ingin mengikuti proses seleksi calon karyawan sebuah PT atau perusahaan yang sedang membuka lowongan disana.Panduan dan tutorial dibawah saya berikan untuk anda yang ingin mendaftarkan diri di sekolah tersebut.



Panduan Mendaftar di BKK SMKN 2 Kota Bekasi Dari Awal Sampai Resmi Bekerja








Seperti yang saya singguhng diawal,bahwa di bkk smk 2 bekasi ini anda bisa mengikuti seleksi psikotes jika ada sebuah lowongan pekerjaan TETAPI harus mendaftarkan diri dan menjadi member dahulu disana.Tanpa menjadi member,anda tidak diperbolehkan mengikuti sikotes tersebut.


Pakaian yang digunakan bagaimana?

Untuk anda yang ingin mendatangi langsung sekolah tersebut entah untuk menanyakan lowongan ataupun ingin mendaftarkan diri secara manual atau langsung,ada baiknya menggunakan pakaian yang sopan dan santun,seperti :
  • Menggunakan sepatu
  • Menggunakan celana panjang sopan ( kalau bisa celana bahan,kalau tidakpun tidak apa-apa yang penting sopan )
  • Menggunakan kemeja

Selain dari pakaian yang selayaknya anda guanakan,ada hal penting lain yang harus anda perhatikan,yaitu :


Berkas yang dibawa apa saja?

Dokumen dan berkas juga jangan sampai tertinggal.Adapun berkas-berkas dan dokumen yang sering ditanyakan antara lain :
  • Ijasah ( asli atau  fotokopi ) 
  • SKHUN ( asli dan fotokopi )
  • KTP ( asli dan fotokopi )
  • SKCK ( asli dan fotokopi )
  • Transkrip Nilai ( asli dan fotokpi
  • Kartu Kuning 
  • Daftar Riwayat hidup
  • Sertifikat ( kalau ada )

Anda bisa membawa aslinya untuk jaga-jaga kalau-kalau ditanyakan.Tetapi perlu saya ingatkan bahwa : PENAHANAN BERKAS SEPERTI IJASAH tidak diperbolehkan.Jadi jika nanti ada oknum yang ingin menahan ijasah anda,JANGAN BERIKAN!.


Untuk anda yang mungkin sibuk dan tidak ada banyak waktu untuk datang atau mungkin takut jika sudah jauh-jauh datang ternyata TIDAK ada lowongan tersedia,anda bisa menggunakan SISTEM ONLINE untuk mendaftarkan diri dan melihat lowongan apa saja yang ada disana.Silahkan ikuti panduan dibawah ini :


1. Buka Website Resminya


Langkah awal adalah dengan membuka alamat web situs resmi mereka,dialamat : https://bkk-smkn2kotabekasi.com

Akan terlihat halaman seperti dibawah ini :


alur-pendaftaran-bkk-smkn-2-bekasi


Kemudian :
  • Klik " lowongan " pada bagian pojok kanan atas
  • Akan muncul sederetan nama perusahaan yang sedang membuka lowongan ( jika halamanya kosong,berarti sedang tidak ada lowongan )
  • Pada opsi " Lihat Detail " adalah berfungsi untuk melihat persyaratan dan keriteria yang harus anda penuhi
  • Pada opsi " Daftar " adalah berfungsi untuk mendaftarkan diri anda jika menemukan perusahaan yang sesuai

Silahkan anda lihat-lihat dan baca-baca,manakah perusahaan yang paling sesuai dengan anda,khususnya pada bagian " PERSYARATANYA ".Manakah yang anda bisa masuk disana.


2. Daftar Diri dan Isikan Biodata


Jika anda sudah menemukan PT atau perusahaan yang anda cari,silahkan klik " DAFTAR ".Maka akan muncuk halaman seperti ini :


cara-daftar-bkk-smkn-2-bekasi


Silahkan anda isikan semua kolom kosong dengan benar,sesuai dengan data diri anda.Jangan sampai salah apalagi asal dalam mengisinya.Jika sudah,klik " KIRIM ".Selanjutnya adalah :


3. Download Bukti Pendaftaran


Selanajutnya,anda akan dibawa ke sebuah halaman untuk mendownload atau unduh BUKTI pendaftaranya.Kurang lebih seperti ini :


lowongan-bkk-smkn-2-bekasi


Silahkan klik " download " atau " OK " dan simpan file tersebut.Didalam file tersebut berisi : sebuah dokumen berbentuk PDF yang tertulis data lengkap anda dan BARCODE khusus kepesertaan anda.


4. Cetak/Print Bukti Pendaftaran ( Bisa Juga di Screenshoot )


Jika filenya sudah anda simpan,silahkan untuk mencetak dan print bukti tersebut.Sebenarnya hanya di screenshoot saja sudah bisa/menunjukan file downloadnya saja bisa,HANYA SAJA untuk berjaga-jaga,alangkah baiknya jika anda cetak bukti pendaftaran itu.

Siapa tahu,petugasnya nanti malah meminta bukti fisiknya,kan repot kalau harus bolak-balik.


5. Verifikasi Kepesertaan Member


Setelah anda mendapatkan bukti pendaftaran ONLINE,sesegera mungkin untuk melakukan verifikasi.Bisa 1 sampai 3 hari,dan kalau bisa jangan terlalu lama,KENAPA? karena takutnya kuotanya keburu penuh oleh pendaftar yang lain.

Langkah verifikasi datanya juga mudah,yaitu :
  • Datang ke sekolahnya
  • Temui petugas BKKnya
  • Tunjukan bukti pendaftaran
  • Petugas akan memprosesnya lebih lanjut di komputer mereka
  • Selesai


6. Psikotes Tahap Pertama ( Awal )


Setelah anda resmi menjadi member,beberapa hari kemudian ( jika test sikotes dimulai ) anda akan diperbolehkan mengikutinya.Soal-soal tes untuk pertama kali ini biasanya adalah matematika ( baik kreapelin/pauli ataupun matematik sederhana ).

Anda harus lolos jika ingin mengiktui tahapan selanjutnya.Sistemya GUGUR,jadi yang lolos dan tidak,akan langsung di umumkan.Untuk membantu anda belajar,saya sudah memberikan beberapa latihan soal-soal di bagian bawah artikel ini.


7. Wawancara/Interview User 


Setelah anda dinyatakan lulus,selnjutnya adalah mengikuti tahapan wawancara dengan user atau HRDnya.Untuk tempat berlangsungnya tes ini,bisa di sekolahnya bisa juga di perusahaanya langsung.Anda ikuti instruksi saja dari pihak BKKnya.

Saya juga sudah sediakan beberapa artikel yang membahas tentang jawaban interview yang baik dan benar yang bisa anda jadikan bahan belajar nanti.


8. Medical Chek Up


Jika tahapan sebelumnya,anda juga dinyatakan lolos,anda akan mengikuti tahapan medical.Ini adalah tahapan pemeriksaan organ tubuh anda ( apakah ada yang sakit atau tidak ).Untuk bagian-bagian yang diperiksa antara lain :
  • Tensi Darah
  • Cek Darah
  • Mata
  • Uri*e
  • Rontgen ( paru-paru )

Secara umum,bagian yang diperiksa adalah itu.Tetapi,beda perusahaan beda pula kebijakanya.Ada kemungkinan anda akan diperiksa dengan lebih detail lagi.


9. On The Job Training


Ini adalah tahapan penentu jika anda dinyatakan lolos dan lulus semua tahapan sebelumnya.Anda akan mengikuti UJI COBA bekerja diperusahaanya.Jika anda GAGAL dalam tahapan ini,maka kesempatan anda untuk diterima juga akan sirna.

Tetapi jika anda diterima pada tahapan ini,99% anda akan diterima di perusahaan tersebut.Ada sedikit tips untuk anda supaya bisa duterima jika mengikuti tahapan training,yaitu :
  • Selalu tepat waktu
  • Tunjukan kesungguhan bekerja yang besar
  • Ikuti semua perintah atasan
  • Ikuti peraturan dan jangan sampai melanggar

Sebenarnya sederhana,tetapi banyak sekali para pencari kerja yang merasa bahwa jika sudah pada tahapan ini,mereka akan diterima.Padahal TIDAK BENAR,dimana tahapan ini juga masih banyak yang GAGAL.


10. TTD ( Tanda Tangan Kontrak Kerja )


Jika semua tahapan bisa anda lalui dengan baik maka,anda akan diberikan kesempatan untuk taken kontrak kerja.Inilah tahapan dimana anda bisa dikatakan " resmi diterima kerja ".Jadi jika belum sampai tahapan ini,tolong lakukan semuanya dengan semaksimal mungkin.

Lama waktu kontrak kerja juga bermacam-macam ( tergantung PTnya saja ).Jika anda beruntung,anda akan mendapati perusahaan dengan kontrak kerja pertama langsung 2 tahun,tetapi jika anda kurang beruntung,biasanya kontrak kerjanya hanya 1 tahun bahkan mungkin hanya 6 bulan.


Baca Juga :

- Jenis soal matematika yang sering keluar saat psikotes

- Cara mengerjakan tes kreapelin/pauli/tes koran

- Download kumpulan soal-soal tes sikotes

- Download kunci jawaban sikotes gambar wartegg


Demikian pembahasan tentang lowongan kerja di BKK SMKN 2 kota Bekasi dan cara daftar atau mendaftarnya dengan baik dan benar.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/25/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Alur Pendaftaran BKK SMKN 2 Bekasi Sampai Kerja.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente