Tugas Operator Produksi ( Wewenang dan Gaji yang Diterima )

Tugas operator produksi - macam dan jenisnya ada banyak contohnya operator prudiksi dan operator PPIC atau warehouse ( gudang ) kemudian pekerjaan yang mereka kerjakan juga berbeda-beda tetapi wewwenang dan gaji yang diterima hampir sama saja perhitunganya.Pembagian tugasnya dan apa yang mereka kerjakan juga berbeda,sesuai dengan alat atau mesin apa yang mereka pegang sebagai tanggung jawabnya.

Saya akan jelaskan macam-macam operator yang ada di pabrik atau perusahaan lengkap dengan apa saja tugas mereka dan apa saja yang mereka kerjakan.Silahkan anda fahami artikel ini supaya anda mengerti dengan detai mengenai pekerjaan ini.



Tugas Operator Produksi Berdasarkan Jenisnya




operator-produksi



Pengertian operator adalah seseorang yang bertugas untuk menjalankan atau mengoperasikan sebuah alat kerja baik berupa mesin atau hanya dengan menggunakan tangan untuk menyelesaikan job desk yang menjadi terget atau tanggung jawab mereka.

Mungkin sebagian dari anda berfikir kalau operator adalah orang yang kerjanya berdiri selama berjam-jam mengerjakan pekerjaanya,ITU SALAH BESAR.Jenis perusahaan juga berpengaruh dalam hal ini,dimana operator perusahaan manufactur berbeda dengan operator perusahaan jasa atau textil.


Jenis-Jenis Perusahaan


Sebelum ke pokok pambahasan,terlebih dahulu anda harus mengerti jika perusahaan itu ada banyak sekali macamnya,dalam artian BIDANG yang mereka kerjakan atau produk yang mereka hasilkan berbeda.

Hal ini perlu anda ketahui supaya jika anda hendak melamar di pabrik Manufacturing misalnya,anda tidak membayangkan pekerjaan sebagai opratr di perusahaan textil,karena mesin dan prosesnya sudah pasti berbeda.Adapun jenisnya adalah sebagai berikut :

1. Perusahaan Manufactur


Ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufanturing atau perakitan.Bisa merakit sebuah sepeda motor,merakit mobil,merakit pesawat,dan perakitan yang lainya.

2. Perusahaan Textil


Perusahaan ini bergerak dibidang textil atau kain sebagai bahan dasar pembuatan pakaian atau sejenisnya.

3. Perusahaan Makanan


Perusahaan ini bergerak dibidang pembuatan makanan,bisa berupa pembuatan roti,ice cream,makanan ringan dan lain sebagainya.


Dan masih banyak lagi jenisnya.Jadi mulai sekarang,anda harus selektif dan mengerti jika ada sebuah lowongan sebagai operattor,anda harus tahu untuk perusahaan apa lowongan tersebut.Jadi selain anda bisa menyesuaikan dengan kriteria yang anda miliki,anda juga bisa memilah apakah pekerjaan itu cocok untuk anda atau tidak.

OK,setelah anda mengerti,sekarang kita langsung ke pokok pembahasanya.Saya akan menjelaskan 2 macam oparator yang biasa ada disebuah perusahaan baik itu manufacturing,textil,makanan,dan sebagainya,yaitu :



OPERATOR PERODUKSI


Tugas operator produksi itu gimana? Sesuai dengan namanya,tugas mereka adalah semua hal yang berkaitan dengan proses produksi.Tahukah anda,jika dalam SATU PROSES produksi dari barang mentah menjadi barang siap edar atau siap jual memerlukan serangkaian proses?

Dan di setiap prosesnya,terdapat operatorr yang bertugas menjalankan pekerjaanya dengan baik.Ada beberapa bagian atau posisi di sini,operator produksi tugasnya adalah :


1. Assembling


Biasanya proses ini terdapat pada perusahaan perakitan atau manufactur.Proses ini berlangsung disebuah ruangan ber AC ( tapi tidak selalu ).Tugas dari operator asembling adalah :
  1. Melakukan pemasangan part dengan bantuan CONVIYER atau meja berjalan.

Walaupun mungkin terdengan enak dimana ruanganya ber AC,tetapi sebenarnya proses kerjanya sangat melelahkan.Anda harus bekerja dengan posisi berdiri sampai 8 jam ( dipotong waktu isirahat ).Selain itu setiap anda ingin pergi ke kamar kecil atau kamar mandi,anda harus MENUNGGU GILIRAN,kenapa?

Karena " conviyer " atau meja berjalan TIDAK BOLEH berhenti ditengan proses selain waktu istirahat.Jadi jika anda ingin pergi ke kamar kecil,anda harus menunggu leader atau sub leader menggantikan proses anda.



2. Die Casting atau Molding


Ini adalah sebuah proses dimana barang mentah DILEBURkan menjadi cair supaya bisa dicetak.Bahasa yang sering digunakan untuk proses ini adalah " bagian peleburan ".Tugas dari operator die casting adalah :
  1. Melakukan peleburan bahan mentah menjadi cair


Hanya dengan membaca deskripsinya saja,saya yakin anda sudah terbayangkan bahwa pada bagian ini SUHUnya sangat tinggi dan panas.Memang benar seperti itu,biasanya mereka-mereka yang bertugas di bagian ini,memiliki baju khusus yang berbeda dengan operatorr lainya.

Selain baju seragam khusus,biasanya mereka-mereka pada bagian ini mendapatkan uang tambahan atau makanan tambahan saat istirahat ( tidak semua perusahaan seperti ini ).Anda tidak perlu takut,karena sefety nya sudah pasti dijamin oleh perusahaan bersangkutan.



3. Machining


Proses ini adalah sebuah proses untuk melakukan pembentukan terhadap barang yang sudah melalui tahap pembentukan setelah proses die casting.Proses ini ada di PT SHOWA jababeka cikarang,dimana saya pernah bekerja dan menempati posisi ini.

Tugas dari operator machining adalah :
  1. Melakukan pembentukan atau pengeboran barang produksi yang sudah dicetak menjadi benda proses awal


Pada bagian ini,anda akan mengoperasikan 1 atau 2 buah mesin.Dimana masing-masing mesin memiliki fungsi yang berbeda.



4. Final Inspeksi


Dari proses sebelumnya yang sudah saya jelaskan,mungkin proses ini bisa dikatakan yang paling ringan dan biasanya wanita yang menempati bagian ini.Tugas operator final inspeksi adalah :
  1. Memastikan barang jadi sesuai kriteria perusahaan untuk dijual


Memang kerjanya ringan,tetapi tanggung jawabnya sangat besar.Proses ini bisa dibilang bagian QCnya atau Quality Control.Jadi jika anda mendapati sebuah lowongan bertuliskan " operatorr quality " berarti ini bukan bagian staffnya yaa.Kalau bagian staf nya beda lagi,itu bukan termasuk kategori operatorr.



5. Mesin Press


Dari namanya saja anda sudah bisa menebaknya bukan? Tugas dari operator mesin press adalah :
  1. Melakukan press terhadap barang produksi


Mungkin jika anda melihat mesinya,akan terlihat sangat menakutkan dan beresiko sangat besar.Memang resikonya tinggi,tetapi sekali lagi saya tekankan bahwa perusahaan sudah pasti memikirkan tentang safety atau keselamatan pekerjanya.

Jika anda mendapati perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tentang safety,anda bisa laporkan kedinas terkait atau pejabat terkait untuk ditindak lanjuti.



6. Molting


Biasanya proses ini ada di perusahaan makanan seperti ice cream.Proses ini adalah melakukan pencampuran bahan-bahan menjadi satu dan menghasilkan barang siap packing.Tugas operator molting adalah :
  1. Mencampurkan berbagai bahan-bahan kedalam sebuah mesin sehingga menjadi barang jadi


Untuk bagian ini,jika perusahaanya masih menggunakan tenaga manual ( tenaga manusia ) anda harus siap fisik,karena untuk mencampurkan bahan-bahanya anda harus mengangkatnya dengan kedua tangan anda,dimana dalam sekali proses pencampuran,membutuhkan berpuluh-puluh kilogram bahan mentah.



7. Packing atau Pengemasan


Mungkin sebagian besar dari perusahaan sekarang melakukan proses ini menggunakan mesin.Tetapi tetap masih ada yang menggunakan tenaga manual ( manusia ) untuk melakukan prosesnya.Tugas operator packing adalah :
  1. Melakukan pengemasan barang yang sudah jadi


Hal utama yang diperlukan dibagian ini adalah " kecepatan ".Karena proses ini harus dilakukan dengan cepat untuk bisa mencapai terget yang dibutuhkan perusahaan.



8. Welding


Jika anda asing dengan bahasa ini,dalam bahasa indonesia,ini berarti " LAS ".Tugas operator welding adalah :
  1. Melakukan proses pengelasan baik menggunakan bantuan robot ataupun secara manual ( las CO atau las ARGON )

Untuk bisa mendapatkan bagian ini,anda sebelumnya diwajibkan memiliki skill atau pengalaman yang dibuktikan dengan menggunakan sertifikat ( tetapi tidak semua perusahaan ).Ini masuk kedalam kategori pekerjaan yang butuh skill khusus.

Kenapa harus memiliki skill? karena selain resiko " sakit mata " yang tinggi,prosesnya juga terbilang sulit.Jika anda tidak mengerti tehknik yang benar,bukan tidak mungkin hasil las anda akan mudah patah dan rusak.


OPERATOR PPIC atau GUDANG

Jika sebelumnya adalah bagian produksi,maka kali ini adalah bagian gudang atau PPIC ( warehouse ).Di bagian ini,operatornya juga ada banyak mengikuti tugas yang mereka harus lakukan,adapaun macamnya adalah sebagai berikut :


9. Trolly Man atau Delivery Part


Ini adalah proses dimana barang mentah atau bahan,dikirimkan ke bagian perakitan atau asembling.Tugas operator delivery part adalah :
  1. Mengantarkan barang siap rakit ke bagian assembling

Pengirimanya becamam-macam,ada yang menggunakan trolly ( ini kenapa disebut trolly man ) dan ada yang menggunakan kendaraan khusus ( seperti forklift ).


10. Forklift atau Handclift 


Pernahkan anda melihat sebuah kendaraan seperti sepeda motor dengan memiliki 2 cakar didepan sebagai tangan untuk mengangkat sebuah barang? itulah yang dinamakan forklift.Untuk handliftnya hampir sama fungsinya,hanya bentuknya saja yang berbeda.

Tugas dari operator forklift adalah :
  1. Melakukan bongkar muat barang baik itu barang mentah ataupun barang siap edar


Hampir sama dengan welding,untuk bisa mendapatkan posisi ini,anda harus memiliki skill khusus dan mempunyai SIO forklift.


Wewenang Operator Produksi 



Ada beberapa hal yang menjadi kewenangan daripada operatorr sebuah perusahaan,antara lain :
  1.  Melarang orang lain mengoperasikan mesin yang menjadi tanggung jawabnya
  2.  Meminta perbaikan dan perawatan jika ada indikasi mesin memerlukanya
  3.  Menolak perintah atasan yang melanggar SOP berkaitan dengan pengoperasian mesin
  4.  Melakukan pengecekan terhadap kondisi mesin yang menjadi tanggung jawabnya
  5.  Mengisi lembar pengecekan berkala
  6.  Mengoperasikan mesin 

Jika anda seorang operatorr,anda harus mengetahui apa yang menjadi kewengangan anda ini.Karena jika terjadi kesalahan yang berkaitan dengan hal tersebut,andalah orang yang akan dimintai pertanggung jawaban.


Gaji Operator Produksi Berapa?



Untuk hal gaji atau upah yang diterima seorang operatorr tentu saja banyak faktor yang harus diperhatikan.Karena faktor-faktor inilah yang menjadi penyebab PERBEDAAN jumlah uang yang mereka terima.

Adapun beberapa faktor tersebut antara lain :
  1. Wilayah ( karena beda wilayah,UMR atau UMKnya akan berbeda )
  2. " Golongan dari perusahaan " golongan 1 dan golongan 2 akan berbeda UMRnya
  3. Jumlah tunjangan lainya ( lemburan,uang transport,uang intensif,dll )


Saya harap anda mengerti dan faham hal diatas sebelum membicarakan permasalahan upah.Tetapi secara keseluruhan,perhitungan gajinya sama saja,yaitu :

- UMR/UMK + Golongan Perusahaan + Tunjangan lainya = Total gaji yang diterima.

Jika anda ingin data yang lebih spesifik dan detail,selain anda harus mencari tahu " golongan perusahaanya,anda juga harus mencari tahu UMR atau UMK wilayah dimana perusahaan itu berdiri.Kemudian jangan lupa untuk menanyakan kepada karyawanya langsung mengenai berapa jumlah tunjangan lainya.

Jadi sekarang saya harapkan anda sudah mengerti bahwa yang namanya operatorr itu jenisnya ada banyak sekali dan tugas atau apa yang dikerjakanya juga berbeda,sesuai dengan bagian masing-masing.Untuk lebih membantu anda,berikut saya tuliskan beberapa artikel lainya.

Baca Juga :

- Kesejahteraan karyawan di perusahaan apa saja?

- Penjelasan tentang SPG dan SPB,lengkap dengan gajinya


Demikian pembahasan tentang tugas seorang operator produksi serta apa jobdesk yang harus mereka kerjakan dan lakukan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/07/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tugas Operator Produksi ( Wewenang dan Gaji yang Diterima ).

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente