Perbedaan SPG dan SPB serta Tugas Yang Harus Dilakukan

Perbedaan SPG dan SPB terletak bukan hanya pada pengertianya saja melainkan tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan juga beda.Untuk anda yang mungkin ingin mendaftarkan diri atau menerima tawaran bekerja di posisi ini,silahkan fahami penjelasan dibawah dengan bai agar anda mengerti dan salah mengartikan kedua istilah pekerjaan tersebut.

Dalam dunia pekerjaan khususnya untuk para pencari kerja yang belum memiliki cukup pengalaman atau bahkan untuk mereka yang sudah berpengalamanpun terkadang masih tidak mengerti beda antara SPB dengan SPG.



Bedanya SPG dengan SPB Serta Apa Saja Tugas Yang Mereka Kerjakan




perbedaan-spg-dan-spb



Pengertian SPG


S-P-G itu apa? apa sih S-P-G? = Adalah kepanjangan dari Sales Promotion Girl dimana ini diperuntukan dan khusus untuk anda yang berjenis kelamin wanita atau perempuan.Jika anda pernah menjumpai sebuah acara dan melihat beberapa cewek dengan baju seragam sama ( baju berspondor produk tertentu ) dan menawarkan barang atau produk,itulah yang dinamakan dengan S-P-G.


Pengertian SPB


A-P-B itu apa? apa sih S-P-B? = Adalah kepanjangan dari Sales Promotion Boy dimana ini siperuntukan dan khusus untuk anda yang berjenis kelamin laki-laki atau pria.Hampir sama dengan penjelasan diatas,bedanya mereka-mereka yang memakai seragam sponsor adalah cowo,itulah yang dinamakan S-P-B.


Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaanya terletakk pada jenis kelamin.lalu apakah hanya itu saja bedanya? Secara garis besar seperti itu,karena untuk job desknya tidak terlalu jauh berbeda.


Tugas SPG ( Sales Promotion Girl ) dan SPB ( Sales Promotion Boy )


Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka? dan apa yang mereka kerjakan?.Seperti yang saya tuliskan sebelumnya bahwa letak perbedaan utamanya adalah di jenis kelaminya saja.untuk jobdesknya sendiri tidak jauh berbeda ( yang wanita untuk menarik pembeli pria dan  begitupun sebaliknya ) inilah kenapa ada pria dan wanita yang bisa menjalani profesi ini.

Untuk tugasnya adalah sebagai berikut :

1. Membantu mempersiapkan produk yang akan mereka jual di stand
2. Harus bisa membuat pengunjung tertarik dan ingin membeli produknya
3. Menawarkan produk ke orang-orang
4. Mencapai terget penjualan
5. Menjaga stand mereka ( bersih dan nyaman )
6. Melakukan pelayanan dengan ramah
7. Berperan aktif untuk kenaikan penjualan produk


Intinya seperti seorang sales penjualan pada umumnya saja.hanya saja,biasanya mereka tidak berkeliling untuk memasarkan produknya,melainkan hanya di sekitar stand saja.Walaupun mungkin sesekali mereka akan diberikan instruksi untuk berkeliling ( jika penjualan di stand dirasa masih kurang ).


Hal yang tidak boleh S-P-G/S-P-B lakukan


Selain daripada perkerjaan yang harus mereka kerjakan,ternyata ada pula beberapa hal yang DILARANG dan tidak boleh mereka lakukan,antara lain :

1. Tidak ramah dengan pembeli
2. Bertengkar dengan sesama rekan kerja
3. Duduk diam dan tidak aktif menawarkan produknya
4. Menggunakan telepon saat bekerja ( kecuali jika memang sangat penting )
5. Memberikan harga DIATAS harga yang sudah dianjurkan perusahaan
6. Memberikan potongan harga melebihi batas maksimum yang telah ditentukan
7. Merayu pembeli dengan hal-hal yang tidak sepantasnya
8. Menawarkan produk lain selain produk dari perusahaan atau sponsor


Sekarang anda sudah mengerti apa yang dimaksud dengan SPG dan SPB.Pekerjaan yang mereka harus lakukan juga sudah saya jelaskan diatas.Jika anda berminat atau mungkin ingin melamar pekerjaan untuk posisi ini,ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.


Kriteria menjadi seorang S-P-G dan S-P-B


Kriteria yang saya maksudkan adalah " syarat " tetapi ini bukan mengenai berkas-berkas yang harus disiapkan yaa.Ini lebih kepada bagaimana untuk bisa menjadi seorang SALES yang handal.Berikut kriteria yang harus penuhi :


1. Berpenampilan baik ( goog looking )


Saya yakin pasti setiap anda melihat mereka,kesan pertama yang anda berikan adalah : waahh cantiknya,wahh gantengnya ( walaupun tidak selalu seperti itu ).Tahukah anda jika hal ini merupakan penilaian awal ketika anda melamar pekerjaan disini.

Tentu saja hal ini bukan tanpa tujuan.Ini bertujuan supaya pengunjung atau calon pembeli bisa melihat produk yang mereka tawarkan ( melalui perantara penampilan mereka yang menarik ).



2. Mampu menjelaskan produk ( supaya pembeli tertarik )


Tidak hanya sekedar bisa menjelaskan,tetapi seorang SALES dituntut untuk bisa membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk mereka dengan bermodal kata-kata saja.Jadi anda tidak perlu heran kalau menjumpai mereka dan melihat mereka sangat pandai dan lihai " merayu ".



3. Mampu membuat pengunjung merasa yakin untuk membeli


Setelah pengunjung merasa tertarik,hal selanjutnya adalah bagaimana caranya pengunjung bisa merasa yakin untuk membeli produk tersebut.Bagian ini,tingkatan " ilmu " nya lebih tinggi daripada point nomor 2 diatas,hihi.

Ketika anda sudah bisa membuat seseorang yang tadinya tidak ingin membeli kemudian berniat untuk membeli bahkan dalam jumlah banyak,anda bisa disebut " MASTER OF SALES " atau masternya SALES ( ini ungkapan karangan saya sendiri ).

Tetapi memang itu benar adanya.Jika anda tidak memiliki penampilan fisik yang menarik tetapi bisa melakukan pint nomor 3,silahkan datang melamar kerja dan tunjukan kehebatan anda didepan supervisor atau manager.Saya sangat yakin 90% anda akan diterima.




TAMBAHAN


Berapa gaji SPG dan SPB


Untuk gaji dan upah yang mereka terima adalah sebagai berikut :

  • UMR ditambah bonus dari hasil penjualan


Tetapi tidak semua seperti itu,karena beda perusahaan,akan berbeda pula kebijakan yang diberikan.Anda harus tanyakan mengenai hal ini.Jangan sampai kerja keras anda tidak dibayar dengan upah yang layak.


Demikian penjelasan perbedaan SPG dengan SPB serta apa saja tugas yang mereka kerjakan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.


8/08/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Perbedaan SPG dan SPB serta Tugas Yang Harus Dilakukan.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente