Kisi-Kisi Tes Psikotes dan Wawancara PT KAI ( Kereta Api Indonesia )

Kisi-kisi tes psikotes dan wawancara atau interview PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) ini merupakan pengalaman pribadi dimana soal-soal dan pertanyaan yang diberikan sebagian bisa saya selesaikan.Ini sangat penting untuk anda yang mungkin sebentar lagi akan mengikuti proses seleksi calon karyawan di salah satu perusahaan transportasi terbesar yang ada di indonesia.

Mungkin ini bisa dibilang " bocoran soal " tes PT KAI yaa,walaupun sebenarnya ini hanya pengalaman pribadi saja,tetapi paling tidak,anda jadi ada sedikit gambaran akan seperti apa proses seleksi dan soalnya nanti.Silahkan disimak baik-baik supaya anda faham dan mengerti.



Kisi-Kisi Psikotes dan Interview PT Kereta Api Indonesia




kisi-kisi-tes-pt-kai



Kareta Api Indonesia adalah sebuah perusahaan yang dikelola oleh negara atau BUMN yang bergerak dalam bidang transportasi darat ( kereta ).Jika dilihat secara keseluruhan,prusahaan ini bisa dibilang salah satu yang terbesar yang ada di indonesia.

Hampir semua wilayah di indonesia ada jenis transportasi masal yang menurut saya tercepat dan ternyaman ( tergenatung kelas yang anda gunakan ) saat ini.Hal utama yang paling membuat tranposrtasi ini sangat diminati adalah tidak adanya kemacetan lalu lintas yang akan terjadi ( tentunya diluar masalah tekhnis ) yaa.

Karena besarnya perusahaan ini,secara tidak langsung juga berdampak pada kebutuhan karyawan yang besar juga.Inilah kenapa perusahaan ini sering sekali membuka lowongan pekerjaan untuk para pencari kerja supaya mereka bisa berkesempatan menjadi salah satu karyawan disana.

Jika anda dalam waktu dekat ini akan melangsungkan test disana,berikut beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda gunakan dan terapkan supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa diterima bekerja disana,aminn.


1. Seleksi Administrasi


Ini merupakan seleksi paling awal dimana anda harus mengisikan semua data pada form kosong yang ada di website resmi mereka.Jika anda ingin bisa lolos ke tahap selanjutnya,saran saya adalah :
  • Pastikan semua data diisi dengan benar ( jangan sampai ada yang salah sedikitpun )
  • Saat mengupload berkas usahakan dengan ukuran kecil tetapi kualitas gambarnya bagus
  • Pastikan semua data " SAMA " terutama pada nama dan tanggal lahir yang biasanya antara KTP dan SIM atau ijasah berbeda
  • Jangan sekali-kali mengisikan data dengan berkas yang tidak benar ( hasil scan,dll )


Intinya anda harus benar-benar serius dan sungguh-sungguh.Anggap saja anda sedang melamar ke calon mertua anda,hehe.


2. Seleksi Kesehatan Awal


Jika anda dinyatakan lolos pada tahapan pertama,anda akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa anda berhak mengikuti seleksi selanjutnya yaitu : medical check up yang pertama.

Pastikan anda sudah tahu jadwalnya ( jam ) dan lokasinya ( DAOP berapa ) sebelumnya.Setelah anda sampai disana,ada beberapa bagian tubuh yang diperiksa saat proses ini,dan supaya anda bisa dapat nilai bagus,berikut penjelasanya :

  • Berat Badan dan Tinggi Badan



Kalau ini tipsnya badan anda PROPORSIONAL saja.Jadi antara tinggi dan berat seimbang,tapi jika badan anda tidak seperti itu,dicoba saja karena banyak juga yang badanya tidak proporsional tapi bisa lolos.

Kriteria tinggi merupakan yang paling penting,kalau tidak salah adalah 160 atau 165 untuk pria ( saya agak lupa ) dan 155 untuk wanita.


  • Gigi



Sebenarnya saya sendiri tidak mengerti bagaimana kriteria yang bagus,tetapi saya pribadi mengakalinya dengan menambal semua gigi saya yang bolong.Saat melakukan penambalan gigi,saya sempat berfikir " apa iya harus begini? jangan-jangan ini tidak perlu,kan rugi ".

Setelah saya pikir lebih matang,saya ambil positifnya saja,toh kalau ini tidak perlu,itung-itung memperbaiki gigi saya saja ( tidak rugi juga wong untuk diri sendiri ).Kalau anda berfikiran seperti saya,silahkan lakukan penambalan giginya,jika anda berfikiran ini tidak perlu,ya ndak usah dilakukan ( tapi saya lebih menyarankan untuk melakukanya ).

Untuk anda yang kondisi giginya bagus,jangan lupa bersihkan karang giginya,intinya kondisi gigi dan mulut anda normal dan sehat,hanya seperti itu saja.

  • Mata



Ada 2 jenis pemeriksaan untuk bagian ini,yaitu :

- Menggunakan huruf yang berjarak kurang lebih 3 meter dengan menutup satu mata

- Menggunakan buku yang banyak terdapat warna-warna campur didalamnya

Proses ini bertujuan untuk melihat apakah mata anda ada minus atau plusnya dan melihat apakah anda buta warna atau tidak.Untuk yang minus atau plus,anda bisa lakukan trik " menghafal hurufnya " terlebih dahulu dirumah ( tetapi ingat,hurufnya tidak pasti sama dan bisa berbeda ),kalau tidak salah namanya snellen chart manual.

Langkah tersebut saya anjurkan untuk anda yang memang benar2 sudah tidak bisa melihat dengan jarak seperti itu.

Untuk yang buta warna,dengan sangat berat hati saya harus katakan : ini tidak ada triknya selain anda mewakilkan diri anda dengan orang lain ( tapi ini pasti ketahuan dan anda bisa kena blacklist selamanya ).Jika anda buta warna,saran terbaik saya,sembuhkan atau lakukan terapi supaya kondisi bisa lebih baik,walaupun saya sendiri tidak tahu apakah jenis kelainan mata ini bisa diatasi atau tidak.

  • Fisik



Bagian yanag diperiksa adalah seluruh anggota ( untuk pria ) kalau wanita saya kurah faham karena saya laki-laki.Pemeriksaan ini untuk melihat apakah anda punya bekas tatao dan tindik atau tidak.Selebihnya adalah melihat apakah tubuh anda normal atau tidak.

Inti pemeriksaanya adalah seperti itu.Jadi untuk anda yang memiliki tato,saran saya segera hapus saja.Dan jika anda memiliki tindik,silahkan cari jalan keluar untuk menutup lubang bekas tindik anda ( untuk laki-laki ).

Seingat saya,sistem seleksinya menggunakan SISTEM GUGUR,dimana pengumumanya langsung hari itu juga dan jika anda lolos,anda diperbolehkan mengikuti tahapan selanjutnya.Tapi ini saya masih lupa-lupa ingat,semoga saja saya tidak salah.


3. Tes Matematika dan Logika Penalaran


Jika anda berhasil dalam tahapan sebelumnya,anda akan menjumpai ini,yaitu saatnya berpusing-pusing ria untuk mengerjakan berbagai macam soal-soal.Bisa saya simpulkan,inilah proses paling berat,karena memang disinilah BANYAK sekali peserta yang gugur dan tidak lolos.

Adapun soal yang keluar kurang lebih seperti ini :


a. Kraeplin/Pauli

Ini adalah jenis pertambahan angka yang berderet keatas sebanyak satu lembar kertas yang sangat lebar.Inti untuk penilaianya supaya bisa mendapatkan hasil yang bagus adalah " grafiknya ".Semakin bagus grafiknya,kesempatan lulus anda akan semakin besar.Silahkan lihat gmabr dibawah,itu adalah bentuk soalnya nanti :


kreaplin



Jika anda tidak tahu cara mengerjakanya,pada artikel bawah sudah saya berikan tutorialnya.Silahkan belajar.


b. Matematika Bentuk Cerita

Untuk yang ini,saya yakin anda semua sudah mengerti karena di sekolah pun bentuk seperti ini sangat sering keluar.Untuk supaya anda lebih jelas lagi,saya berikan contohnya :

" amir berkendara dari kota A ke kota B dengan jarak 50 km,jika amir berkendara dengan kecepatan 10km perjam,kemudian beristirahat selama 20 menit ditengah perjalanan,berapa jam amir akan sampai jika berangkat pukul 7 pagi? "

Bagaimana? sering menemuinya bukan? untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus,trinya adalah sebagai berikut :

  • Hafalkan rumus-rumus
  • Hafalkan persamaan jarak ( kilometer,meter,dll )
  • Hafalkan persamaan berat ( kilogram,gram,dll )


Semakin banyak rumus yang anda hafalkan,akan semakin membantu anda dalam mengerjakan soalnya.


c. Soal Bentuk Gambar ( TIU 5 )

Ada 2 jenis model gambar yang harus anda selesaikan,yaitu :

- Menggambar pohon

Cara mengerjakanya adalah : anda mengambar pohon berakar tunggang ( pohon mangga,pohon rambutan,dll ) dengan lengkap ( terlihat buahnya,daunya,batangnya,dan akarnya ).

- Meneruskan gambar berpola

Akan ada beberapa kotak kalau tidak salah 8 kotak,dimana didalam kotak itu sudah terdapat " satu pola " entah itu titik,garis melengkung,garis miring,dsb.Tugas anda adalah meneruskan gambar tersebut menjadi gambar utuh ( bebas ).

Untuk bisa mendapatkan nilai bagus,silahkan anda gambar menjadi " BARANG KERJA ".Maksudnya barang kerja adalah barang-barang atau benda yang sering digunakan untuk bekerja,cotohnya : palu,gergaji,cangkul,dll.

Kalau ada pola yang sangat susah dibuat gambar kerja,silahkan gambar saja sesuai dengan imajinasi ( yangpenting nyambung dengan pola yang sudah ada ).


d. Psikologi Dasar

Ini adalah bentuk soal dimana bertujuan untuk melihat psikologis anda apakah dalam kondisi baik atau tidak.Anda akan dipersilahkan memilih jawaban antara ( benar atau salah ) saja.Untuk contohnya,kurang lebih seperti ini :

- Ketika saya menjumpai lampu merah dijalan,saya tetap meneruskan laju kendaraan.

jawabnya adalah : SALAH

Silahkan pilih jawaban tersebut.


4. Tes Wawancara atau Interview


Jika tahapan sebelumnya anda dinyatakan lulus,tahapan berikutnya adalah wawancara atau interview langsung dengan petugas penyeleksi dari perusahaanya langsung.Ada beberapa pertanyaan yang diajukan atau ditanyakan kepada saya,antara lain :

  • Perkenalan diri : silahkan anda perkenalkan diri anda dengan singkat padat dan jelas.Jangan terlalu bertele-tele,cukup : nama,usia,lulusan apa,jurusan apa,saudara ada berapa,pekerjaan orang tua dan hobi.
  • Menjelaskan perbedaan motor 2 tak dan motor 4 tak ( silahkan pelajari ini siapa tahu ini juga ditanyakan kepada anda )
  • Menyebutkan 15 menteri yang ada di indonesia ( nama dan menteri apa )
  • Menyebutkan dengan lantang PANCASILA dengan sikap seperti tentara ( berdiri tegap dan katakan dengan lantang )
  • Motivasi kerja apa? ini sudah saya jelaskan diartikel lain yang ada dibawah artikel ini


Semua pertanyaan dan perintah sudah saya lakukan dengan baik,tetapi ada 1 PERTANYAAN DILUAR PERKIRAAN yang mereka tanyakan,yaitu :
  • Jika anda sedang bertugas dan orang tua anda " sekara* " di rumah sakit,apa yang akan anda lakukan?


Saya kaget bukan main,karena baru kali ini saya mendapati pertanyaan interview seperti ini.Sempat terdiam beberapa saat,tetapi kemudian mereka para penyeleksi berkata " kalau sampeyan bisa jawab,sampeyan lolos ".

Tambah keringat dingin dan serasa ingin pingsan.Jika anda ingin mengetahui jawaban yang benar untuk ini,silahkan ketik " ikuti via email " yang ada dibagian paling bawah website ini.Kemudian silahkan email kesaya dan tanyakan,saya akan balas email anda langsung dari email saya pribadi.


5. Medical Check Up Terakhir


Jika anda lolos pada tahapan sebelumnya,selamat,anda berhasil maju ketahapan terakhir ( proses seleksi yaa ) yaitu cek kesehatan.Lohh mas,kan diawal proses sudah? memang benar,tetapi ini pengecekanya lebih detail lagi tidak seperti diawal.

Hal yang diperiksa dan di cek saat tahapan medical ini adalah :
  • Tensi Darah
  • Urin*
  • Rontgen


Selain itu,ternyata ada pemeriksaan ke2 yang SAMA persis dengan proses medical awal.Tetapi mau dikata apa,saya ikuti saja.Karena ada masalah,saya dinyatakan tidak lolos.Sebenarnya saya tahu kalau kondisi badan saya tidak sehat,tetapi saya paksakan saja ikut dan memang benar,hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan.

Oleh karena itu,saya tidak bisa lagi memberikan penjelasan lebih lanjut,semoga sedikit penjelasan saya diatas sudah bisa membantu anda semua.Sesuai yang saya katakan,ada beberapa artikel yang mungkin bisa berguna untuk anda,antara lain :

Baca :

- Cara mengerjakan kraeplin.pauli dengan baik dan benar

- Cara mengerjakan test matematika sikotes part 1

- Cara mengerjakan sikotes part 2

- Cara menjawab wawancara/interview

- Menjawab pertanyaan " motivasi kerja "


Demikian penjelasan tentang kisi-kisi tes psikotes dan wawancara di PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) yang bisa saya berikan.Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.


8/03/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-Kisi Tes Psikotes dan Wawancara PT KAI ( Kereta Api Indonesia ).

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente