Kisi-Kisi Tes Psikotes dan Wawancara PT KAI ( Kereta Api Indonesia )

Kisi-kisi tes psikotes dan wawancara atau interview PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) ini merupakan pengalaman pribadi dimana soal-soal dan pertanyaan yang diberikan sebagian bisa saya selesaikan.Ini sangat penting untuk anda yang mungkin sebentar lagi akan mengikuti proses seleksi calon karyawan di salah satu perusahaan transportasi terbesar yang ada di indonesia.

Mungkin ini bisa dibilang " bocoran soal " tes PT KAI yaa,walaupun sebenarnya ini hanya pengalaman pribadi saja,tetapi paling tidak,anda jadi ada sedikit gambaran akan seperti apa proses seleksi dan soalnya nanti.Silahkan disimak baik-baik supaya anda faham dan mengerti.



Kisi-Kisi Psikotes dan Interview PT Kereta Api Indonesia




kisi-kisi-tes-pt-kai



Kareta Api Indonesia adalah sebuah perusahaan yang dikelola oleh negara atau BUMN yang bergerak dalam bidang transportasi darat ( kereta ).Jika dilihat secara keseluruhan,prusahaan ini bisa dibilang salah satu yang terbesar yang ada di indonesia.

Hampir semua wilayah di indonesia ada jenis transportasi masal yang menurut saya tercepat dan ternyaman ( tergenatung kelas yang anda gunakan ) saat ini.Hal utama yang paling membuat tranposrtasi ini sangat diminati adalah tidak adanya kemacetan lalu lintas yang akan terjadi ( tentunya diluar masalah tekhnis ) yaa.

Karena besarnya perusahaan ini,secara tidak langsung juga berdampak pada kebutuhan karyawan yang besar juga.Inilah kenapa perusahaan ini sering sekali membuka lowongan pekerjaan untuk para pencari kerja supaya mereka bisa berkesempatan menjadi salah satu karyawan disana.

Jika anda dalam waktu dekat ini akan melangsungkan test disana,berikut beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda gunakan dan terapkan supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa diterima bekerja disana,aminn.


1. Seleksi Administrasi


Ini merupakan seleksi paling awal dimana anda harus mengisikan semua data pada form kosong yang ada di website resmi mereka.Jika anda ingin bisa lolos ke tahap selanjutnya,saran saya adalah :
  • Pastikan semua data diisi dengan benar ( jangan sampai ada yang salah sedikitpun )
  • Saat mengupload berkas usahakan dengan ukuran kecil tetapi kualitas gambarnya bagus
  • Pastikan semua data " SAMA " terutama pada nama dan tanggal lahir yang biasanya antara KTP dan SIM atau ijasah berbeda
  • Jangan sekali-kali mengisikan data dengan berkas yang tidak benar ( hasil scan,dll )


Intinya anda harus benar-benar serius dan sungguh-sungguh.Anggap saja anda sedang melamar ke calon mertua anda,hehe.


2. Seleksi Kesehatan Awal


Jika anda dinyatakan lolos pada tahapan pertama,anda akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa anda berhak mengikuti seleksi selanjutnya yaitu : medical check up yang pertama.

Pastikan anda sudah tahu jadwalnya ( jam ) dan lokasinya ( DAOP berapa ) sebelumnya.Setelah anda sampai disana,ada beberapa bagian tubuh yang diperiksa saat proses ini,dan supaya anda bisa dapat nilai bagus,berikut penjelasanya :

  • Berat Badan dan Tinggi Badan



Kalau ini tipsnya badan anda PROPORSIONAL saja.Jadi antara tinggi dan berat seimbang,tapi jika badan anda tidak seperti itu,dicoba saja karena banyak juga yang badanya tidak proporsional tapi bisa lolos.

Kriteria tinggi merupakan yang paling penting,kalau tidak salah adalah 160 atau 165 untuk pria ( saya agak lupa ) dan 155 untuk wanita.


  • Gigi



Sebenarnya saya sendiri tidak mengerti bagaimana kriteria yang bagus,tetapi saya pribadi mengakalinya dengan menambal semua gigi saya yang bolong.Saat melakukan penambalan gigi,saya sempat berfikir " apa iya harus begini? jangan-jangan ini tidak perlu,kan rugi ".

Setelah saya pikir lebih matang,saya ambil positifnya saja,toh kalau ini tidak perlu,itung-itung memperbaiki gigi saya saja ( tidak rugi juga wong untuk diri sendiri ).Kalau anda berfikiran seperti saya,silahkan lakukan penambalan giginya,jika anda berfikiran ini tidak perlu,ya ndak usah dilakukan ( tapi saya lebih menyarankan untuk melakukanya ).

Untuk anda yang kondisi giginya bagus,jangan lupa bersihkan karang giginya,intinya kondisi gigi dan mulut anda normal dan sehat,hanya seperti itu saja.

  • Mata



Ada 2 jenis pemeriksaan untuk bagian ini,yaitu :

- Menggunakan huruf yang berjarak kurang lebih 3 meter dengan menutup satu mata

- Menggunakan buku yang banyak terdapat warna-warna campur didalamnya

Proses ini bertujuan untuk melihat apakah mata anda ada minus atau plusnya dan melihat apakah anda buta warna atau tidak.Untuk yang minus atau plus,anda bisa lakukan trik " menghafal hurufnya " terlebih dahulu dirumah ( tetapi ingat,hurufnya tidak pasti sama dan bisa berbeda ),kalau tidak salah namanya snellen chart manual.

Langkah tersebut saya anjurkan untuk anda yang memang benar2 sudah tidak bisa melihat dengan jarak seperti itu.

Untuk yang buta warna,dengan sangat berat hati saya harus katakan : ini tidak ada triknya selain anda mewakilkan diri anda dengan orang lain ( tapi ini pasti ketahuan dan anda bisa kena blacklist selamanya ).Jika anda buta warna,saran terbaik saya,sembuhkan atau lakukan terapi supaya kondisi bisa lebih baik,walaupun saya sendiri tidak tahu apakah jenis kelainan mata ini bisa diatasi atau tidak.

  • Fisik



Bagian yanag diperiksa adalah seluruh anggota ( untuk pria ) kalau wanita saya kurah faham karena saya laki-laki.Pemeriksaan ini untuk melihat apakah anda punya bekas tatao dan tindik atau tidak.Selebihnya adalah melihat apakah tubuh anda normal atau tidak.

Inti pemeriksaanya adalah seperti itu.Jadi untuk anda yang memiliki tato,saran saya segera hapus saja.Dan jika anda memiliki tindik,silahkan cari jalan keluar untuk menutup lubang bekas tindik anda ( untuk laki-laki ).

Seingat saya,sistem seleksinya menggunakan SISTEM GUGUR,dimana pengumumanya langsung hari itu juga dan jika anda lolos,anda diperbolehkan mengikuti tahapan selanjutnya.Tapi ini saya masih lupa-lupa ingat,semoga saja saya tidak salah.


3. Tes Matematika dan Logika Penalaran


Jika anda berhasil dalam tahapan sebelumnya,anda akan menjumpai ini,yaitu saatnya berpusing-pusing ria untuk mengerjakan berbagai macam soal-soal.Bisa saya simpulkan,inilah proses paling berat,karena memang disinilah BANYAK sekali peserta yang gugur dan tidak lolos.

Adapun soal yang keluar kurang lebih seperti ini :


a. Kraeplin/Pauli

Ini adalah jenis pertambahan angka yang berderet keatas sebanyak satu lembar kertas yang sangat lebar.Inti untuk penilaianya supaya bisa mendapatkan hasil yang bagus adalah " grafiknya ".Semakin bagus grafiknya,kesempatan lulus anda akan semakin besar.Silahkan lihat gmabr dibawah,itu adalah bentuk soalnya nanti :


kreaplin



Jika anda tidak tahu cara mengerjakanya,pada artikel bawah sudah saya berikan tutorialnya.Silahkan belajar.


b. Matematika Bentuk Cerita

Untuk yang ini,saya yakin anda semua sudah mengerti karena di sekolah pun bentuk seperti ini sangat sering keluar.Untuk supaya anda lebih jelas lagi,saya berikan contohnya :

" amir berkendara dari kota A ke kota B dengan jarak 50 km,jika amir berkendara dengan kecepatan 10km perjam,kemudian beristirahat selama 20 menit ditengah perjalanan,berapa jam amir akan sampai jika berangkat pukul 7 pagi? "

Bagaimana? sering menemuinya bukan? untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus,trinya adalah sebagai berikut :

  • Hafalkan rumus-rumus
  • Hafalkan persamaan jarak ( kilometer,meter,dll )
  • Hafalkan persamaan berat ( kilogram,gram,dll )


Semakin banyak rumus yang anda hafalkan,akan semakin membantu anda dalam mengerjakan soalnya.


c. Soal Bentuk Gambar ( TIU 5 )

Ada 2 jenis model gambar yang harus anda selesaikan,yaitu :

- Menggambar pohon

Cara mengerjakanya adalah : anda mengambar pohon berakar tunggang ( pohon mangga,pohon rambutan,dll ) dengan lengkap ( terlihat buahnya,daunya,batangnya,dan akarnya ).

- Meneruskan gambar berpola

Akan ada beberapa kotak kalau tidak salah 8 kotak,dimana didalam kotak itu sudah terdapat " satu pola " entah itu titik,garis melengkung,garis miring,dsb.Tugas anda adalah meneruskan gambar tersebut menjadi gambar utuh ( bebas ).

Untuk bisa mendapatkan nilai bagus,silahkan anda gambar menjadi " BARANG KERJA ".Maksudnya barang kerja adalah barang-barang atau benda yang sering digunakan untuk bekerja,cotohnya : palu,gergaji,cangkul,dll.

Kalau ada pola yang sangat susah dibuat gambar kerja,silahkan gambar saja sesuai dengan imajinasi ( yangpenting nyambung dengan pola yang sudah ada ).


d. Psikologi Dasar

Ini adalah bentuk soal dimana bertujuan untuk melihat psikologis anda apakah dalam kondisi baik atau tidak.Anda akan dipersilahkan memilih jawaban antara ( benar atau salah ) saja.Untuk contohnya,kurang lebih seperti ini :

- Ketika saya menjumpai lampu merah dijalan,saya tetap meneruskan laju kendaraan.

jawabnya adalah : SALAH

Silahkan pilih jawaban tersebut.


4. Tes Wawancara atau Interview


Jika tahapan sebelumnya anda dinyatakan lulus,tahapan berikutnya adalah wawancara atau interview langsung dengan petugas penyeleksi dari perusahaanya langsung.Ada beberapa pertanyaan yang diajukan atau ditanyakan kepada saya,antara lain :

  • Perkenalan diri : silahkan anda perkenalkan diri anda dengan singkat padat dan jelas.Jangan terlalu bertele-tele,cukup : nama,usia,lulusan apa,jurusan apa,saudara ada berapa,pekerjaan orang tua dan hobi.
  • Menjelaskan perbedaan motor 2 tak dan motor 4 tak ( silahkan pelajari ini siapa tahu ini juga ditanyakan kepada anda )
  • Menyebutkan 15 menteri yang ada di indonesia ( nama dan menteri apa )
  • Menyebutkan dengan lantang PANCASILA dengan sikap seperti tentara ( berdiri tegap dan katakan dengan lantang )
  • Motivasi kerja apa? ini sudah saya jelaskan diartikel lain yang ada dibawah artikel ini


Semua pertanyaan dan perintah sudah saya lakukan dengan baik,tetapi ada 1 PERTANYAAN DILUAR PERKIRAAN yang mereka tanyakan,yaitu :
  • Jika anda sedang bertugas dan orang tua anda " sekara* " di rumah sakit,apa yang akan anda lakukan?


Saya kaget bukan main,karena baru kali ini saya mendapati pertanyaan interview seperti ini.Sempat terdiam beberapa saat,tetapi kemudian mereka para penyeleksi berkata " kalau sampeyan bisa jawab,sampeyan lolos ".

Tambah keringat dingin dan serasa ingin pingsan.Jika anda ingin mengetahui jawaban yang benar untuk ini,silahkan ambil filenya disini : Jawaban yang bernar untuk pertanyaan diatas.

5. Medical Check Up Terakhir


Jika anda lolos pada tahapan sebelumnya,selamat,anda berhasil maju ketahapan terakhir ( proses seleksi yaa ) yaitu cek kesehatan.Lohh mas,kan diawal proses sudah? memang benar,tetapi ini pengecekanya lebih detail lagi tidak seperti diawal.

Hal yang diperiksa dan di cek saat tahapan medical ini adalah :
  • Tensi Darah
  • Urin*
  • Rontgen


Selain itu,ternyata ada pemeriksaan ke2 yang SAMA persis dengan proses medical awal.Tetapi mau dikata apa,saya ikuti saja.Karena ada masalah,saya dinyatakan tidak lolos.Sebenarnya saya tahu kalau kondisi badan saya tidak sehat,tetapi saya paksakan saja ikut dan memang benar,hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan.

Oleh karena itu,saya tidak bisa lagi memberikan penjelasan lebih lanjut,semoga sedikit penjelasan saya diatas sudah bisa membantu anda semua.Sesuai yang saya katakan,ada beberapa artikel yang mungkin bisa berguna untuk anda,antara lain :

Baca :

- Cara mengerjakan kraeplin.pauli dengan baik dan benar

- Cara mengerjakan test matematika sikotes part 1

- Cara mengerjakan sikotes part 2

- Pertanyaan dan jawaban interview untuk fresh graduate atau baru lulus SMA SMK

- Menjawab pertanyaan " motivasi kerja "


Demikian penjelasan tentang kisi-kisi tes psikotes dan wawancara di PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) yang bisa saya berikan.Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

55 komentar

55 komentar untuk Kisi-Kisi Tes Psikotes dan Wawancara PT KAI ( Kereta Api Indonesia ).


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
M

Ikuti via email

Balas Hapus
.
Unknown

Ikuti via email

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Maksud saya ikuti via email itu :

- Isikan alamat email anda di kolom " FOLOOW BY EMAIL " di bagian bawah artikel ( bawah sendiri )
- Klik Submit

Dengan begitu,setiap saya menulis artikel,anda akan menerima notifikasi

Atau anda bisa menuliskan alamat email anda di kolom komentar,nanti saya kirimkan via email pertanyaan khusus yang saya maksud didalam artikel.

Balas Hapus
.
Unknown

farasraharja@gmail.com

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sudah saya kirimkan.

Balas Hapus
.
hadi nugraha

nugrahah971@gmail.com

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Done.

Balas Hapus
.
Unknown

elgaromadani3@gmail.com

Balas Hapus
.
Unknown

andi.dimas22@gmail.com

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk jawabanya,sudah saya sediakan di artikel.Silahkan anda ambil saja.

Balas Hapus
.
kornandus ginting

kornandusginting04@gmail.com

Balas Hapus
.
pujihartono.id

mdzikrullah834@gmail.com

Balas Hapus
.
Unknown

septianrizqi8@gmail.com

Balas Hapus
.
Muhammad Rifki

muhrifky2201@gmail.com

Balas Hapus
.
Unknown

Ahmad.ghofur08g66@gmail.com

Balas Hapus
.
Anonim

mas izin bertanya, saya sehari hari harus menggunakan kacamata apakah masih bisa lolos? dan benarkah saat seleksi di haruskan berambut pendek?

Balas Hapus
.
Anonim

apakah yang berkacanata bisa lolos?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk pertanyaan terkait rambut pendek,benar,biasanya memang diharuskan untuk potong rambut pendek ( di info lowongan biasanya tertulis ),jika tidakpun,biasanya peserta akan potong rambut sebagai inisiatif supaya terlihat rapih.

Untuk kacamata,DIPERBOLEHKAN TETAPI TIDAK SEMUA DIVISI ( contohnya dulu saya melamar sebagai masinis,TIDAK DIPERBOLEHKAN ).

Itu semua akan tertulis di informasi lowongan,apa yang harus dibawa,digunakan,dipatuhi dll.

Balas Hapus
.
Anonim

katanya maksimal mata minusnya 2,5 ka tetapi saya minusnya 3+, dan saya memilih jurusan ppka SLTA apakah masih bisa?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau hitam diatas putihnya memang tidak bisa,tapi saran saya DICOBA SAJA,,rezeki tidak ada yang tau.Toh kalau gagal,anda tidak akan dipenjara atau terkena masalah.Terus berjuang saja,jangan menyerah sebelum mencoba.KEEP FIGHT!!

Balas Hapus
.
Unknown

Untuk pemeriksaan urin yang dipastikan apa saja ya (perempuan/laki") sama atau beda ta dicek bagian fisiknya? terimakasih:)

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Pemeriksaan urine itu biasanya mengecek apakah ada indikasi pemakaian obat tertentu atau mengkonsumsi hal yang tidak diperbolehkan.Untuk yang dicek bagian fisiknya beda antara laki-laki dan perempuan.

Balas Hapus
.
Unknown

Maaf Mas izin bertanya, kalau boleh tau waktu kesehatan akhir gagal di bagian apa ya Mas ? Terima kasih sebelumnya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

saya ada indikasi sakit paru-paru.

Balas Hapus
.
Unknown

Baik Mas, terima kasih
Semoga sehat selalu Mas

Balas Hapus
.
Puji Hartono

baik mas,terimakasih banyak

Balas Hapus
.
Anonim

permisi pak mau tanya untuk pendaftaran pramugari KAI itu bisa dilihat dimana ya? lalu bulan apa kira2 dibuka pendaftarannya? terimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Silahkan update terus website recrutment kai yaa.

Balas Hapus
.
Unknown

Maaf Mas, kalau untuk yang memiliki ambeyen apakah masih bisa masuk Mas ?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ambeynya parah tidak? nanti akan ditanya mengenai riwayat sakit yang pernah dialami.Ikuti saja,,soal nanti diterima atau ditolak,fikir nanti.Sekarang maju saja yaa.

Balas Hapus
.
Syza

untuk pertanyaan terakhir yang soal orang tua sekarat,
jika memang saya hanya tinggal berdua dengan ibu saya dan amit-amit ibu saya sekarat, maka harus jawab apa?
bapak saya sudah meninggal dan kakak saya sudah berumah tangga, otomatis tidak ada orang lagi di rumah kecuali saya dan ibu

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Buat mbak syza,jawabanya TETAP SAMA seperti yang saya jelaskan,kenapa? Karena mungkin dari ratusan bahkan ribuan penumpang,ada BANYAK yang sedang mengalami mbaknya sekarang dan ingin cepat sampai dirumah naik kreta.Gitu yaa.

Tidak mungkin kalau penumpang mengalah dengan kondisi petugas,yang ada adalah petugas yang harus rela berkorban untuk penumpangnya.

Balas Hapus
.
Anonim

Kak aq mau tanya, pas kakak daftar harus ada kewajiban fasih bahasa inggris ngak?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

memang sempat ditanya bisa bahasa inggris atau enggak,tapi kalau WAJIB FASIH,waktu saya daftar,tidak harus.

Balas Hapus
.
Anonim

Izin bertanya pak, apakah perokok bisa lolos tes kesehatan?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Bisa,banyak kok yang perokok.

Balas Hapus
.
Anonim

Saya ingin mendapatkan jawaban tentang matematika nya kak email saya : cherlly150204@gmail.com

Balas Hapus
.
Puji Hartono

sudah saya share di artikel,pada menu bagian psikotes kerja, silahkan dicari yaa.

Balas Hapus
.
NANDEOH

mas, berkas apa aja yg harus dibawa pas wawancara

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Berkasnya nanti di beritau waktu pemangilan.

Balas Hapus
.
Anonim

tes nya pake bahasa inggris atau bahasa indonesia ka?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

bahasa indonesia

Balas Hapus
.
Unknown

meyfareeda30@gmail.com

Balas Hapus
.
Unknown

Misi mas saya mau tanya,di dalam tes wawancara nya ada tes bahasa inggrisnya ga ya mas? Terimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

ada, tapi biasanya ditanya atau dilihat latar belakang pendidikan + nilai nya. Tidak langsung sertamerta ditanya pakai bahasa inggris.

Balas Hapus
.
Unknown

salambila86@gmail.com

Balas Hapus
.
Unknown

pazahra722@gmail.com

Balas Hapus
.
venoandi123@gmail.com

permisi mas, bagi yang baru lulus SMA/SMK banyak yang tidak tau jurusan apa saja yang bisa jadi masinis?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kan akan tertera di informasi lowonganya ( SMA jurusan apa saja, SMK apa saja ) tinggal ikuti saja itu. Pasti akan dituliskan di website KAI resmi jika ada loker.

Balas Hapus
.
Anonim

permisi pak mau tanya, kalo mau daftar PT KAI apakah langsung datang ke tempatnya atau mengisi formulir melalui informasi lowongannya/link?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

langsung ke website resmi pt kereta api indonesia.

Balas Hapus
.
Anonim

Izin bertanya mas, jika menjadi prama/prami apa wajib bisa berbhs inggris

Balas Hapus
.
Puji Hartono

gak wajib,tapi karna persainganya ketat sekali,biasanya yang dipilih itu terbaik dari yang paling baik.

Balas Hapus
.
Adinug

Izin bertanya mas untuk wawancara boleh saya di share ke email saya
adinugrohodi1403@gmail.com

Terimakasih 🙏🙏

Balas Hapus
.
Puji Hartono

untuk kunci jawabanya sudah saya tuliskan lengkap. Silahkan klik tulisan berwarna biru pada bagian pembahasan interviewnya, nanti jawabanya akan muncul dan bisa kalian download.

Balas Hapus