15 Cara memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Pernahkah anda mengalami keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 atau win 8 juga di windos 7 baik itu error sebagian ataupun tidak bisa mengetik huruf sama sekali? Hal itu penyebabnya ada banyak seperti virus atau pengaturan terkunci.

Cara memperbaiki memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi ini berlaku untuk hampir semua merk pc seperti acer,asus,toshiba,dell dan merk lainya,karena secara garis besar letak kesalahanya hampir sama persis.

Karena fungsi keyboard yang sangat penting,kali ini saya akan menjelaskan dengan detail dan lengkap supaya anda bisa mengatasi kerusakan tersebut tanpa harus buru-buru membawanya ke tukang service elekteronik.



Mengatasi/Memperbaiki Keyboard lapotop Tidak Berfungsi pada Windows 10,8 dan 7




memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi




Keyboard adalah sebuah papan huruf dan angka yang berfungsi untuk menjalankan program di perangkat laptop sesuai dengan arahan dari penggunanya.Performa dari sebuah keybord tidak bisa dilepaskan dari Mouse ( baik jenis touch ataupun manual ).

Karena fungsinya yang sangat penting,komponen ini sangat vital dan wajib berfungsi dengan baik.Jika ada kerusakan,sudah pasti kinerja laptopnya dan bahkan pekerjaan anda akan sangat terganggu.


Jenis-Jenis Kerusakan pada Keybord :


Ada 2 jenis kerusakan yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna perangkat keras ini,yaitu :

  1. Kerusakan hanya pada sebagin tombolnya saja
  2. Kerusakan di semua tombolnya

Penyebab Kerusakan Keyboard 


Sebab kenapa sebuah papan keybord bisa rusak juga berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan yang mana yang anda alami.Adapun faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada papan keybord antara lain :
  • Ada kerusakan pada mesinya
  • Ada crash dibagian sistem/pengaturanya
  • Ada sedikit kelalaian ( bisa berupa kecelakaan kecil ataupun salah menekan tombol )
Secara garis besar,hal diatas bisa dibagi menjadi dua jenis,yaitu :


1. Jika kerusakanya sebagianya saja :


Menurut pengalaman saya pribadi,untuk jenis kerusakan yang seperti ini,biasanya 95% terletak pada komponenya langsung.Jadi hampir tidak ada kaitanya sama sekali dengan OS atau sistem dan pengaturanya.


2. Jika semuanya rusak dan tidak berfungsi :


Untuk yang satu ini bisa disebabkan oleh komponenya,bisa juga oleh sistem atau pengaturanya.Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan dari ke2 hal tersebut? berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.


Mengatasi Keyboard Laptop Error/Rusak Sebagian

 



keyboard-laptop-error-sebagian



Untuk permasalahan ini,biasanya saya menggunakan 3 langkah sederhana saja,tetapi walaupun sederhana,langkah ini 99% selalu berhasil saya terapkan untuk para pelanggan saya.

Jenis kerusakan seperti ini,sangat jarang terjadi KARENA MESIN,sepengalaman saya,letak masalah jika hanya sebagain tombol yang rusak atau error biasanya ada di bagian keybordnya ataupun pengaturan sistemnya.

Silahkan lakukan langkah sederhana berikut :


1. Periksa Tombol NumLck


Walaupun kemungkinanya hanya sedikit,anda bisa memeriksa tombol NumLck apakah tidak sengaja tertekan.Anda bisa menekan tombol ( NumLck + FN ) secara bersamaan.Lihat apakah ada hasilnya atau tidak.


2. Restart Komputer


Langkah yang paling sederhana adalah dengan melakukan restart pada perangkat komputer anda.Silahkan matikan komputer beberapa menit lalu nyalakan kembali.

Jika ini berhasil,berarti tadi terjadi crash pada sistem.Kemungkinan besar adalah komputer anda dipaksa untuk melakukan kinerja berat seperti : main game,edit vidio yang hal tersebut memang membutuhkan kinerja komputer yang bagus.

banyak pengguna yang memaksakan kinerja komputer mereka dengan kerja berat padahal spek atau spesifikasinya belum mendukung.


3. Bersihkan Papan Dari Debu


Sebab yang sering menyebabkan hal ini terjadi biasanya karena banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada papanya.Anda bisa bersihkan dengan kuas baik untuk bagian luar dan dalamnya.

TTidak melakukan bongkar? Lakukan langkah sederhana saja :

Bersihkan dengan tissu atau cootonbud yang diolesi dengan alkoh0l,atau cairan permbersih komponen listrik.DILARANG MENGGUNAKAN AIR untuk membersihkanya!

Untuk bagian luar,anda bisa langsung membersihkanya,tetapi untuk bagian dalam,anda harus membuka/membongkar keybordnya dulu.Tenang saja,anda bisa mencari tutorial pembongkaran PC anda di youtube.


4. Lepas Baterai 


Langkah berikutnya,anda bisa mencoba untuk melepaskan baterainya.Terkadang,baterai yang sudah rusak atau drop bisa membuat kinerja pc anda eror.

Tidak perlu takut pc anda rusak,lakukan ini HANYA UNTUK TESTING saja sekitar 1 atau 2 menit dan lihat hasilnya.Jika masih tetap tidak bisa,lakukan langkah berikutnya.


5. Lakukan REBOOT pada Sistem


Jika langkah diatas tidak membuahkan hasil,anda bisa menggunakan langkah ini,caranya adalah sebagai berikut :

  1. Nyalakan PC anda
  2. Saat sedang loading ( tekan F8 berulang-ulang sampai masuk menu reboot ) tombol yang ditekan bisa berbeda tergantung dari merk yang anda gunakan
  3. Setelah masuk menu,pilih saja " reboot "
  4. Tunggu proses selesai
Proses ini bisa diartikan reset/restart versi penuh.Jika mematikan dan menghidupkan pc anda adalah restart versi soft,maka dengan langkah ini,pc anda akan melakukan restart dengan full.

Sistem akan refresh total.Langkah ini efektif jika memang kerusakanya adalah karena over pemakaian.


Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sama Sekali untuk Mengerik Huruf



Jika anda sudah melakukan cara diatas tetapi tidak berhasil,maka anda bisa melakukan cara ini,karena cara ini paling efektif bahkan untuk kerusakan laptop yang tidak bisa digunakan untuk mengetik huruf atau rusak seluruh tonbolnya.

Berikut langkahnya :


6. Gunakan Keybord External

Keyboard external adalah keybord yang bisa dipasang sendiri dengan mencolokan kabel usb sebagai perantaranya.

Bentuknya sama seperti keybod pc pada umumnya,hanya saja untuk menggunakanya,anda harus mencolokan kabel usb.

Bentuknya seperti ini :


memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi




Anda bisa meminjam milik teman anda,jika tidak punya,lakukan trik saya berikut ini :
  • Pergilah ke toko komputer 
  • Bilang saja mau beli keybord external
  • Silahkan anda coba
  • Jika tidak berhasil,berarti kerusakan BUKAN DI KEYBORD melainkan lainya
  • Jika langsung bisa,sudah bisa dipastikan itu keyboard anda minta ganti
Jika memang ternyata setelah diganti dengan berbagai macam keybort tetap tidak bisa,silahkan lanjutkan membaca artikel ini.


7. Restart Sistem Driver ( Software )


Driver adalah sebuah software yang dirancang untuk membantu menjalankan sebuah fungsi perangkat keras yang terpasang di PC.Contohnya jika anda ingin memasang modem,pasti anda harus menginstal DRIVERnya dulu,baru modemnya bisa terbaca dengan baik.

Ini juga berlaku untuk papan keybord,jika drivernya rusak,kinerja papanya juga akan terganggu.Untuk mengtasinya,lakukan langkah berikut :
  • Klik " start " pada pojok kiri bawah PC anda
  • Pilih " my computer "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " hardware "
  • Pilih " device manager "
  • Cari dan klik kanan pada tulisan " keybord "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " driver "
  • Pilih " DISABLE "
  • Tunggu sebentar kurang lebih 2 menit
  • Ubah jadi " ENABLE " lagi
  • Restart PC anda
  • Selesai

Jika langkah ini tidak berhasil dan anda ingin mengembalikan driver seperti semula,anda cukup mengulangi langkah diatas,saat klik kanan drivernya,pilih " Rool Back Driver ",restart PC anda,selesai.


8. Update Sistem ( software )


Jika setelah anda restart sistemnya tetap tidak bisa,lakukan update.Update ini hampir sama persis seperti aplikasi ponsel yangt meminta update karena ada versi terbaru.

Anda juga bisa melakukan UPDATE atau pembaruan terhadap sistem keybord anda.Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk menu " device manager " ( klik icon windows di pojok kiri anda.dan tulis saja device manager )
  2. Cari dan pilih " keybord "
  3. Klik kanan dan pilih " scan for hardware change "
  4. Jika terdapat notifikasi atau pop up windows anda sedang memperbarui
  5. Tunggu saja proses sampai selesai

Jika pop up yang keluar bertuliskan bahwa sistem sudah yang paling update,maka anda tidak perlu melakukan hal ini.


9. Periksa Soket Fleksible

Langkah ini harus dilakukan dengan membongkar pc anda.Jika tidak bisa,serahkan kepada yang ahli.Tetapi sebenarnya caranya tidak terlalu sulit ( kalau hanya bongkar keybortnya saja ).

Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah soket terpasang dengan baik atau tidak.

Banyak kasus kerusakan terjadi akibat soket ternyata lepas atau longgar,entah karena bekas terjatuh atau mungkin karena pemakaian yang sudah lama.

Berikut penampakan gambarnya :

 


bersihkan-socket-laptop
bisa dilepas dan dipasang sesuka hati tanpa alat



Cobalah membongkar papan keybord anda.Akan terlihat sebuah sambungan kabel atau yang sering di sebut dengan " socket ".Jika memang terlepas,silahkan pasang kembali,tetapi jika masih tertancap dengan sempurna,silahkan lepas dan bersihkan.

Anda bisa membersihkanya dengan kuas atau pembersih telinga bayi dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih atau tiner.Setelah dirasa bersih,silahkan pasang/tancapkan kembali dan lihat hasilnya.


10. Lakukan Instal Ulang Windows


Instal ulang windows sebenarnya langkah penanganan utama jika pc anda terkena virus.Lalu kenapa saya tuliskan?

Bisa saja kerusakan pada pc anda itu karena virus,jadi dengan langkah ini,pc anda akan terbebas dari segala bentuk malware yang mungkin tanpa senagaja masuk kedalam sistem pc anda.

Langkah melakukan instal ulang windows sebenarnya tidak terlalu sulit,tetapi TIDAK AKAN SAYA TULISKAN,kenapa?
  • Penginstalan windows sebaiknya menggunakan instalasi windows yang original atau istilahnya premium ( jangan yang bajakan )
  • Kesalahan instal bisa mengakibatkan pc anda MATI TOTAL
  • Kebanyakan versi premium itu yang punya tukang service ( yang bagus yaa,jangan yang abal-abal )
Jadi,jika anda ingin melakukan tahapan ini,silahkan serahkan kepada yang memang benar-benar faham dan mengerti.


SAMPAI DISINI BELUM NORMAL? 99% saya yakin itu kerusakanya ada di bagian mesin.Tapi bagian yang mana?


11. Silahkan Ganti Hardisknya


Hardisk adalah komponen seperti memory.Didalam komponen ini hampir seluruh sistem ataupun file berkas anda tersimpan.

Anda bisa mencoba untuk menggantinya,silahkan pinjam milik teman atau memakai trik saya seperti langkah nomor 6 diatas.

Kerusakan pada bagian ini biasanya ditandai dengan bunyi seperti berdecit ketika pc dimatikan atau bunyi kasar ketika pc dihidupkan.Itu biasanya yang bunyi adalah hardisk yang sudah mulai rusak.


12. Cek Arus menggunakan Multimeter/Multitester


Ini sebenarnya adalah langkah awal yang dilakukan oleh teknisi ketika terjadi kerusakan pada mesin elektronik.

Dengan bantuan alat ini,anda bisa mengukur tegangan yang ad di pc anda apakah normal atau tidak.Langkahnya sebagai berikut :
  • Pastikan anda memiliki alat multitester/multimeter
  • Matikan pc anda ( jangan dihidupkan )
  • Tempelkan kutub - dan + pada komponen
  • Pastikan jarum BERGERAK
Jika tidak bergerak,maka ada jalur yang putus,silahkan lakukan jumper.Kalau bergerak apakah normal?

Tidak juga,bergeraknya itu harus sesuai ambang batas normal,kalau melebihi,berarti ada yang konslet dan biasanya multitester anda akan berbunyi.Itu tandanya ada yang SHORT jalur.


13. Cek Pakai Power Supply


Jika TIDAK ADA jalur yang putus,silahkan anda cek menggunakan power supply.Langkahnya sebagai berikut :
  • Siapkan power supply
  • Seting volt sesuai ketentuan batas normal ( laptop biasanya maksimal arus/voltnya itu 11-12 ohm,kalau ponsel biasanya 3,7 seperti yang tertulis pada baterainya )
  • Colokan kutub - dan + pada bagian kutub baterai
  • Jika terjadi konslet,maka power supply akan berbunyi
  • Itu tandanya anda harus membongkar dan melakukan pengecekan lebih mendalam


14. Bawa ke Tukang Service


Ini adalah langkah terakhir jika semua tahapan diatas tidak membuahkan hasil.tetapi percayalah,si tukang service juga akan melakukan tahapan-tahapan diatas lohh.Jadi ppilihanya ada ditangan anda sekarang,ingin menggunakan langkah perbaikan yang mana.


15. Ganti PC Baru


Maaf,bukan bermaksud apa-apa,hanya saja TIDAK SEMUA kerusakan bisa ditangani oleh tukang service.Jika memang sudah sampai tahapan tukang service tidak membuahkan hasil,itu berarti kerusakanya sudah parah sekali.

Langkah paten ya ganti saja dengan yang baru.


Note : Untuk kerusakan keybord,jarang sekali sampai harus ganti pc baru,paling mentok yaa ganti keybord atau melakukan jumper pada arus yang putus jalur saja.


Perbaikan untuk papan keybord hampir ada kesamaan untuk perbaikan HARDISK YANG BERISIK dan BERBUNYI KREK-KREK.Dan hampir sama juga untuk perbaikan GAGAL BOOTING ( SELALU MATI SAAT AKAN START UP ).

Demikian pembahasan mengenai bagimana cara untuk memperbaiki dan mengatasi keyboard yang tidak berfungsi untuk semua versi windows baik 10,8 ataupun windos 7 ketika ditekan atau dipencet tidak bisa untuk mengetik.Semoga bisa bermanfaat.Terimakasih telah membaca,see uu.

Tanpa komentar

0 komentar untuk 15 Cara memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar