Keyboard Laptop Tidak Berfungsi - Ditekan/Pencet Tak Bisa

Cara memperbaiki dan mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi atau ketika ditekan tak bisa mengetik ini bisa anda lakukan untuk mengembalikan keybord yang error sebagian atau seluruhnya.Langkah ini bisa anda terapkan untuk semua sistem operasi baik windows 7,8 ataupun windos 10.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi yang akan saya jelaskan merupakan pengalaman pribadi ketika laptop asus dan acer saya terkena masalah serupa.Langkah ini terbukti work 100% mengembalikan fungsi keybord saya menjadi normal kembali dan bisa untuk mengetik lagi.



Mengatasi/Memperbaiki Keyboard lapotop/PC Tidak Berfungsi




keyboard-laptop-error-sebagian-dan-semuanya



Keyboard adalah sebuah papan huruf dan angka yang berfungsi untuk menjalankan program di perangkat laptop sesuai dengan arahan dari penggunanya.Performa dari sebuah keybord tidak bisa dilepaskan dari Mouse ( baik jenis touch ataupun manual ).

Karena fungsinya yang sangat penting,komponen ini sangat vital dan wajib berfungsi dengan baik.Jika ada kerusakan,sudah pasti kinerja laptopnya dan bahkan pekerjaan anda akan sangat terganggu.


Jenis-Jenis Kerusakan pada Keybord :


Ada 2 jenis kerusakan yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna perangkat keras ini,yaitu :

  1. Kerusakan hanya pada sebagin tombolnya saja
  2. Kerusakan di semua tombolnya

Penyebab kerusakan pada keybord :

Sebab kenapa sebuah papan keybord bisa rusak juga berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan yang mana yang anda alami.Adapun faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada papan keybord antara lain :


1. Jika kerusakanya sebagianya saja :

Menurut pengalaman saya pribadi,untuk jenis kerusakan yang seperti ini,biasanya 95% terletak pada komponenya langsung.Jadi hampir tidak ada kaitanya sama sekali dengan OS atau sistem dan pengaturanya.

2. Jika semuanya rusak dan tidak berfungsi :

Untuk yang satu ini bisa disebabkan oleh komponenya,bisa juga oleh sistem atau pengaturanya.Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan dari ke2 hal tersebut? berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.


Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

 



keyboard-laptop-error-sebagian



Untuk permasalahan ini,biasanya saya menggunakan 3 langkah sederhana saja,tetapi walaupun sederhana,langkah ini 99% selalu berhasil saya terapkan untuk para pelanggan saya.Langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Bersihkan Papan Dari Debu


Sebab yang sering menyebabkan hal ini terjadi biasanya karena banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada papanya.Anda bisa bersihkan dengan kuas baik untuk bagian luar dan dalamnya.

Untuk bagian luar,anda bisa langsung membersihkanya,tetapi untuk bagian dalam,anda harus membuka/membongkar keybordnya dulu.Tenang saja,anda bisa mencari tutorial pembongkaran PC anda di youtube.


2. Cek Arus dan Lakukan Jumper dengan Kabel


Jika langkah pertama tidak membuahkan hasil,bisa saya pstikan ada putus arus di kabel atau fleksibelnya.Anda bisa mengeceknya dengan melakukan tes sambungan arus menggunakan alat yang bernama MULTIMETER,dan jika terbukti ada arus yang putus,lakukan penjumperan.

Jumper adalah sebuah langkah menambahkan kabel untuk menyambung arus yang putus di sebuah komponen.Jika anda bukan seorang terknisi,silahkan lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Ganti Papan dengan Yang baru


Sebenarnya sangat jarang sekali saya melakukan ini,biasanya hanya sampai pada tahapan nomor 2 diatas,permasalahanya akan terselesaikan dan papan keybordnya bisa berfungsi kembali.Tetapi jika anda bukan seorang terknisi elektronik,saya sarankan untuk tidak melakukan ini.

Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.Sebelum membeli yang baru,saya tekankan untuk memilih produk yang ORIGINAL dan ASLI.Jangan sekali-kali membeli barang KW,karena keawetanya tidak akan tahan lama.


Kenapa hanya 3 langkah itu saja? karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa kerusakan jenis ini 95% terletak pada komponenya,bukan pada settingan atau sistemnya.lalu untuk kerusakan di semua tombol bagaimana? silahkan lakukan langkah dibawah ini :


Keyboard Error/Rusak di Semua Tombolnya


Jika kerusakanya terjadi di semua tombol papan keybordnya,langkah perbaikan yang bisa anda lakukan antara lain :

1. Perbaiki Sistem Driver ( Software )


Driver adalah sebuah software yang dirancang untuk membantu menjalankan sebuah fungsi perangkat keras yang terpasang di PC.Contohnya jika anda ingin memasang modem,pasti anda harus menginstal DRIVERnya dulu,baru modemnya bisa terbaca dengan baik.

Ini juga berlaku untuk papan keybord,jika drivernya rusak,kinerja papanya juga akan terganggu.Untuk mengtasinya,lakukan langkah berikut :
  • Klik " start " pada pojok kiri bawah PC anda
  • Pilih " my computer "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " hardware "
  • Pilih " device manager "
  • Cari dan klik kanan pada tulisan " keybord "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " driver "
  • Pilih " DISABLE "
  • Tunggu sebentar kurang lebih 2 menit
  • Ubah jadi " ENABLE " lagi
  • Restart PC anda
  • Selesai

Jika langkah ini tidak berhasil dan anda ingin mengembalikan driver seperti semula,anda cukup mengulangi langkah diatas,saat klik kanan drivernya,pilih " Rool Back Driver ",restart PC anda,selesai.


2. Lakukan REBOOT pada Sistem


Jika langkah diatas tidak membuahkan hasil,anda bisa menggunakan langkah ini,caranya adalah sebagai berikut :

  1. Nyalakan PC anda
  2. Saat sedang loading ( tekan F8 berulang-ulang sampai masuk menu reboot ) tombol yang ditekan bisa berbeda tergantung dari merk yang anda gunakan
  3. Setelah masuk menu,pilih saja " reboot "
  4. Tunggu proses selesai

Langkah ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada sistem PC anda.


3. Update Sistem Hardwarenya 


Anda juga bisa melakukan UPDATE atau pembaruan terhadap sistem keybord anda.Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk menu " device manager " ( klik icon windows di pojok kiri anda.dan tulis saja device manager )
  2. Cari dan pilih " keybord "
  3. Klik kanan dan pilih " scan for hardware change "
  4. Jika terdapat notifikasi atau pop up windows anda sedang memperbarui
  5. Tunggu saja proses sampai selesai

Jika pop up yang keluar bertuliskan bahwa sistem sudah yang paling update,maka anda tidak perlu melakukan hal ini.


4. Periksa Tombol NumLck


Walaupun kemungkinanya hanya sedikit,anda bisa memeriksa tombol NumLck apakah tidak sengaja tertekan.Anda bisa menekan tombol ( NumLck + FN ) secara bersamaan.Lihat apakah ada hasilnya atau tidak.


5. Bersihkan kotoran


Anda bisa lakukan permbersihan kotoran yang ada dan menempel pada papan keybord anda.Lakukan pada bagian luar dan dalam papan tersebut.


6. Periksa Soket Fleksible

 


bersihkan-socket-laptop
bisa dilepas dan dipasang sesuka hati tanpa alat



Cobalah membongkar papan keybord anda.Akan terlihat sebuah sambungan kabel atau yang sering di sebut dengan " socket ".Jika memang terlepas,silahkan pasang kembali,tetapi jika masih tertancap dengan sempurna,silahkan lepas dan bersihkan.

Anda bisa membersihkanya dengan kuas atau pembersih telinga bayi dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih atau tiner.Setelah dirasa bersih,silahkan pasang/tancapkan kembali dan lihat hasilnya.


7. Lakukan Langkah Untuk Kerusakan Tombol Sebagian ( DI atas )


Anda juga bisa melakukan lanngkah perbaikan seperti halnya kerusakan pada sebagian tombolnya saja.Langkah tersebut juga bisa diaplikasikan untuk kerusakan jenis ini.Langkahnya sudah saya tuliskan di bagian atas,silahkan lakukan dan lihat hasilnya.


8. Bawa ke Tukang Service


Ini adalah langkah terakhir jika semua tahapan diatas tidak membuahkan hasil.tetapi percayalah,si tukang service juga akan melakukan tahapan-tahapan diatas lohh.Jadi ppilihanya ada ditangan anda sekarang,ingin menggunakan langkah perbaikan yang mana.


Perbaikan untuk papan keybord hampir ada kesamaan untuk perbaikan HARDISK YANG BERISIK dan BERBUNYI KREK-KREK.Dan hampir sama juga untuk perbaikan GAGAL BOOTING ( SELALU MATI SAAT AKAN START UP ).

Demikian pembahasan mengenai bagimana cara untuk memperbaiki dan mengatasi keyboard yang tidak berfungsi ketika ditekan atau dipencet tidak bisa untuk mengetik.Semoga bisa bermanfaat.Terimakasih telah membaca,see uu.


8/25/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Keyboard Laptop Tidak Berfungsi - Ditekan/Pencet Tak Bisa.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente